Long Term Test – Kawasaki Z250 2013 KM 3900 Onward


0b106-tmp_-515148074

 

Tidak terasa si Baby Shiro Z sudah berusia 7 bulan sejak Maret 2013 lalu tiba di rumah, KM yang sudah ditempuh mencapai 3900an…dipakai nyaris tiap hari kecuali di hari penghujan hehehe.

image

Saat pertama kali datang...

Si Shiro ini adalah motor impian KBY dari dulu, dalam arti inilah moge entry level (250cc) pertama yg KBY miliki setelah dulu dulu hanya punya motor 150cc (old cbr) dan cc maksimum 200 (Tiggy lawas gen 1)…sisanya cuma bisa ngeces dan ngeces kalo liat 250cc ke atas..hehhee.

Alhamdulillah kesampean beli juga, ngecesnya dah ilang :D. Djadi, apa impresi KBY seputar si Baby Shiro Z sejauh ini? Cekidot ulasannya lads…

Harga
Tidak murah, tapi tidak kemahalan juga walau jika kita bicara harga yg pantas untuk produk ini mustinya bisa bermain di 40jt kecil, lha wong kita tau rata2 produk otomotif di Indonesia kan overpriced.

Penampilan/ Appearance
Tak bisa dipungkiri, di kelasnya (sesama gen naked bike rentang cc 150-250cc) si Z250 ini mempunyai paket terlengkap antara penampilan dan mesin. Dari sisi penampilan (wow effect) hanya bisa ditandingi oleh Byson dan PNS. Lads bisa jatuh cinta pada pandangan pertama and it doesnt take a genius to say it has a wonderful appearance. Sangat sangat jarang yang bilang penampilan si Z ini jelek, kecuali para haters, seperti pepatah bilang haters will always hate sebagus apapun desain rival, hehe.
image

image

image

image

Mesin
Jika kita bicara kondisi standar atau modifikasi ringan semacam penggantian air filter dan knalpot, maka hampir bisa di katakan si Z dan kembarannya (Ninja 250FI) adalah raja jalanan di kelasnya…
Walau torsi dan tenaga di raih di kitiran mesin tinggi, tapi percaya deh, kenikmatan berkendaranya akan sangat didapat saat kita menggebernya…semakin tinggi RPM, ibarat mesin VTEC pada Honda, maka tendangannya makin menggila, tidak ada istilah coitus interruptus jika jalanan memungkinkan…nikmat! Hehehe.
Some might say jika mesin yg ditanamkan di bodi si Z berkarakter lemah di RPM bawah, well, tidak salah, tapi jika tau trik menggantung RPM, maka gejala lemah atau telat di putaran bawah tidak akan terlalu annoying buat ridernya.

Selain itu, ada satu hal yang tidak didapatkan di rivalnya, karakteristik suara 2 silinder! Yeap…bonus ini tidak bisa diakalin oleh 1 silinder, kecuali nambah 1 silinder lagi biar mirip suaranya 😀
Jika kita menggantinya dengan knalpot aftermarket, maka deruman suaranya di putaran atas ibarat cressendo pada musik…merdu didengar hehehe. Apalagi yg 4 silinder kali yah…

Riding Position
Z250 setangnya didesain sedemikian rupa agar feeling turingnya di dapat, karena somehow si Z ini memang aslinya adalah klan naked bike/sport touring bike walau kita tahu bahwa si Z ini hanya perubahan bentuk dari Ninin 250FI.
Dengan setang ala fat bar ciri khas motor turing, posisi mengendarai lebih nyaman dibanding saudara tuanya, sehingga tidak cepat pegal, tapi buat KBY sih rasa pegal tetap ada, terutama dibagian telapak tangan, apapun motornya.
KBY memang cepat pegal di area tersebut, tapi tidak untuk bahu dan pinggang sperti yg biasanya dikeluhkan biker lain.

Pengalaman Berkendara
7 bulan sudah si Shiro ini dikendarai, nyaris tiap hari, yah namanya juga lagi masa bulan madu hehehe…kecuali kalau lagi pengen aja pinjem skupifi istri, R4? Wah maaf ya Kuro (panggilan si jazz motuba) belakangan ini KBY pake hanya saat wiken pas jalan-jalan bersama keluarga, sisanya dipake sama bini aja.

Postur Shiro menurut KBY pas, tidak terlalu tinggi, kaki juga menapak ¾ ke tanah, tidak membuat ridernya kesusahan, hanya memang jika dibandingkan dengan old cibi kunyit remasol punya KBY dahulu, agility si Shiro masih dibawah si Cibi. Karakter chassis milik Z memang membuat kelincahannya berkurang saat meliuk-liuk di kemacetan, butuh effort lebih untuk menaklukkannya.

Saat dibawa turing ke Bandung dan Puncak bersama teman-teman dari J-Bikers, hal tersebut memang terbukti, saat tikungan, bodi kudu di banting agar si motor nurut untuk menikung.
image

Performa
Secara detail, si Shiro sudah pernah di tes oleh blogger senior lek IWB beberapa waktu lalu, akselerasi dan top speed dalam jarak tertentu (+/- 500m), ulasannya ada disini. Sedangkan KBY hanya sempat mengetes top speed dengan raihan 137,7 menurut GPS, sedangkan menurut speedo saat itu hasil lirikan sesaat adalah 142++…sebenarnya pernah lebih tapi hanya sesaat dan lupa GPS-nya gak dihidupin hehehe..148++ dengan trek yang tidak memungkinkan lagi untuk dipacu. Mungkin suatu hari bisa dapat yang real lagi dengan tetap mengutamakan safety comes first.

image

Top speed 137.7 km/jam

Konsumsi BBM
Selama dipakai, KBY selalu menghitung perolehan konsumsi BBM, karena sudah menjadi kebiasaan, di R4 pun demikian. Hasil konsumsinya di awal-awal pemakaian itu variatif, sempat dapat 1:17 terparah, lalu stabil di 1:18-19, waktu itu belum di servis pertama, menurut KBY sih relatif wajar, karena jeroan mesin masih pada seret seperti perawan, sehingga kinerja mesin masih agak berat. Setelah dilakukan servis pertama termasuk penggantian oli dan filternya (total oli 2,3 liter jika termasuk filter), performa menjadi lebih enak dan konsumsi bbm pun menurun (dalam arti tidak terlalu haus lagi). Sekarang perolehannya menjadi 1:20-21…terbaik di dalam kota pernah 1:23, terbaik saat turing pernah 1:26.
Oia pengisian bbm jenis ron 95, pernah V-Power di 700km pertama, kemudian mencoba pertamax plus karena ternyata lebih enak di performa dan efisiensi bbm. Pemakaian P+ hanya sampai di 3400 km saja, karena terakhir saat turing ke Bandung September awal lalu Ron 95 sudah tidak masuk akal harganya dan akhirnya mencoba Pertamax saja untuk pengisian berikutnya.

Berdasarkan spek, seharusnya kompresi 11,3 itu pasnya atau idealnya meminum Ron 95, tapi setelah KBY tes dengan jarak sudah mencapai 500 km, tidak ada penurunan performa sama sekali, akselerasi masih top, kitiran atas masih kenceng, malah 1:23 itu didapat pakai Pertamax loh, sesuatu yang tidak pernah diraih oleh P+ atau V-Power. Hasil ini membuat KBY berpikir bahwa Ron 95 itu overkill untuk mesin si Z, lebih kencang tidak, lebih irit juga tidak, sehingga yang pas itu ya Ron 92.

Itulah lads, ulasan KBY sejauh ini selama memakai si Baby Shiro Z sehari-hari. Pernah keujanan, kepanasan jarang, soalnya berangkat pagi, pulang maghrib wkwkwkwk…

Oia, ubahan apa saja yang sudah dilakukan pada si Shiro? Nanti KBY akan membahasnya di artikel terpisah lads.
So, thanks for reading and enjoy ur weeekend lads..

Bonus:
image

image

Note: bukan orang yang sama 😀

 

Tentang Kobayogasblog

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Diskusi, Kawasaki, Sharing dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

114 Balasan ke Long Term Test – Kawasaki Z250 2013 KM 3900 Onward

  1. july berkata:

    hinggap manis rapi di podium..berhak atas banyak previlige, kalungan bunga+welcome drink..hahahaha..

    Suka

  2. ipanase berkata:

    aku pngen njajal @ 4 klep 125 cc ini 😦 rurrr rurrr pasti 😀
    megison baru 11.000 an nih

    Suka

  3. genbuz berkata:

    wuiiiih… Matap mas Bro, kapan bisa kebeli…? Hehe…
    Riding style nya kira2 nyaman mana ama foto paling bawah mas Bro…? Tolong komparasi nya…

    Suka

  4. wiro gak pake sableng berkata:

    komen dulu baru baca.

    Suka

  5. macantua berkata:

    Irit banget odometernya om… Hehehehe

    Suka

  6. marley yusuf berkata:

    7 bulan cuma 3900?? emang perhari dipake berapa km kira2?? motor ane yang bnr2 jarang di pake 10 bulan udah masuk 7000n,,,

    Suka

  7. masshar2000 berkata:

    motornya byk amat yak…

    Suka

  8. july berkata:

    utk cornering mirip vixxen ato scorpio standart ya..stang agak ditekan ke bawah, bokong geser ke kiri/kanan, gas diurut langsam..

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Iya mirip2, keknya tipikal sport touring memang harus digituin.
      Badan juga harus ke depanin, kalau gak bodynya gak ikut miring, lurus aja maunya wkwkwk…

      Suka

  9. johan berkata:

    wew……
    bonuz nya bikin kering tenggorokan

    Suka

  10. Kirain bonusnya yg pake kerudung…. Ga taunya dibawah masih ada lagi…xixixixi
    Nitip bang…
    =================

    Cara membedakan ikan koki jantan dan betina….!!!

    Suka

  11. Ping balik: Nasib Biker Keren, Panas Gak Keujanan, Ujan Gak Kepanasan :D | KobaYogas

  12. ari berkata:

    bonuse bikin segerr… serasa nyemplung neng kali

    Suka

  13. Mase berkata:

    kepala ane jadi pusing om lihat papan catur kayak gitu…

    Bengkel: mesinnya mbrebet karena tutup bensin di tutup stiker

    Suka

  14. gc133hijrah berkata:

    Set dah 7 bulan baru 3900km.
    Vario Ane juga baru dr bulan maret 2013 kemarin, saat ini udah 15rebu koma kecil, makanya biasanya hampir tiap 5tahun ganti motor. 😀
    ni motor ga pernah kemana-mana nih.

    Suka

  15. iwak banaran berkata:

    bro komparasi z250 modifan dan originalnya tidak fair bro..

    kalo dilihat lihat… z250 yg di naiki anak dan istri bro terkena efek sinar,.. warna putih nya jadi kurang tajam..

    sedangkan disisi lain,
    z250 itu yg tanpa rider dgn spion biru…
    terlihat barusan di cuci trus di poles..
    pencahayannnya juga beda.. tidak terlalu over sunlight bath..
    jadi nya terlihat over handsome..

    Suka

  16. jaelan.. berkata:

    yg pegang ban….adddduh tinggal jleeeeb akh..

    Suka

  17. KenunK berkata:

    Olinya pakai apa om?

    Suka

  18. HirRo berkata:

    Soal desain relatif kaya’a mas ..
    Ane bukan haters tau fb ..
    Tp menurut ane soal desain kawak z ini cakep’a di batok headlamp ..
    Dan buruk’a d shourund yng nutup’n mesin ..

    Btw, ini yang punya warung murid’a rider tua yah (blog) pake acara bonus2 .. ^^

    Suka

  19. HirRo berkata:

    Klo sang rival yang berfairing jujur masih cakep’n ninja 250fi ..
    Cbr terlalu kalem banget ..

    Suka

  20. Leopold S berkata:

    mantepp. ditunggu artikel modifannya bro….

    Suka

  21. HirRo berkata:

    Wakakakaakaaa ..
    Sorry Komen kemarin kga kebaca kayak’a cz lupa dimana gua komen’a ..
    Hhaaa .. ^^

    Suka

  22. megalodon150 berkata:

    liat motornya bikin merinding, serem abis 😀

    Suka

  23. Bonn Djoovy CBSF berkata:

    telat komen om… ngiler liat bonuse 😀

    Suka

  24. Jeremy Clarkson berkata:

    Asikkkkk. Kurang banyak pakenya tapi. hahahaha. Kantornya deket yak, 7 bulan baru segitu kilometernya.Masalah selipan, bandingin nyelipnya sama old cbr….motor bebek aja masih kalah selipannya sama tuh motor, kecuali bantingan setangnya yak..mwahahahaha

    Suka

  25. testing ama Ninja SS or R gimana om?

    :mrgreen:

    Suka

  26. Eddie Dhimitri berkata:

    antisipasi musim ujan broo spatboar belakang nyiprat……aplikasi yg cucok pakai spatboar apa yah,,,,,

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Halo, si mzbro pake Z juga kah? Atau Ninja? Agak sulit sih ya, standarnya aja dah nyiprat, kalau mau kreatif, bikin dari semacam plastik lentur yang sistemnya kaya laci, bisa ditarik dan disimpan dibalik spakbor saat tdk diperlukan.
      Duluuu banget saya pernah lihat modifikasi ini kalo ga salah di otomotif ya…cuma dimana2nya saya gak ingat, sori…hehe

      Suka

  27. Mas Sayur berkata:

    woow….137,70 km/h..
    fantastic..

    Suka

  28. Sailorman berkata:

    Tulisan yg bagus!
    Z250 masukin APBN 2014 deh… Mudah2an terealisasi. Amin.

    Suka

  29. Ping balik: Pojok Sharing: Perpindahan Pengalaman Berkendara | KobaYogas.com| Your Automotive Blog

  30. Ping balik: Pojok Sharing: Honda Scoopy FI Ganti Aki… | KobaYogas.com| Your Automotive Blog

  31. Ping balik: Testimoni… Apa Kata Mereka Tentang MV Agusta Brutale 1090R | KobaYogas.com| Your Automotive Blog

  32. Ping balik: Pojok Opini: Punya Barang (Kendaraan) Terbaru is All About Pride | KobaYogas.com| Your Automotive Blog

  33. izhan berkata:

    mantap gan artikelnya, motor ini cocok utk yang tubuh tinggi

    Suka

  34. Ping balik: Jadwal Penggantian Oli Mesin, Baiknya Setiap Berapa KM? | KobaYogas.COM

  35. Ping balik: First Ride Benelli TNT 250, Suaranya Merdu Performanya Kok Kaya Gitu? | KobaYogas.COM

  36. Ping balik: Review Harian Yamaha MT 25, Layak Menjadi Sport 250 cc 2 Silinder Terbaik Di Kelasnya..! | KobaYogas.COM

  37. Ping balik: Kawasaki Z250 FI Warna Hijau Doff Ini Gahar Juga Euy..! | KobaYogas.COM

Tinggalkan Balasan ke Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) Batalkan balasan