Sharing Retune Dastek Piggy Back di Si Kuro at SS Performance Bandung


image

Holla lads,

Lupa kapan terakhir KBY melakukan retune piggy back dari Dastek yang sudah nempel di si Kuro kurang lebih 4 tahun lamanya. Kebetulan ada “panggilan” dari sahabat KBY, Kang Ronny SS yang akrab dipanggil Siauw Siauw, yang juga owner SS Performance Shop berlokasi di Jl. Supratman No. 40 Bandung.

Masih ingat test ride singkat CB1000R di artikel KBY lalu? Betul sekali, Kang Siauw ini owner CB1000R tersebut. Nah, karena si Kuro lagi dibawa ke Bandung oleh permaisuri, ajakan tersebut langsung diiyakan oleh KBY, dan sang permaisuri pun ‘kena getahnya’ karena oleh KBY diminta bawa Kuro kesana hihihi…

“Beneran nih mang? Ciyusan?” tanya KBY melalui BBM…
“Ciyusan atuh, buru bawa kadieu” jawab Kang Siauw.
Segera KBY minta tolong ke permaisuri melalui BBM untuk membawa si Kuro ke Jl. Supratman No 40 tersebut. Cerita punya cerita, mesin Dyno yang pernah dipesan tempo hari rupanya sekarang sudah terinstall rapih di bengkel tersebut.

Singkatnya, si Kuro sampai di SS dan disambut oleh owner yang juga eks pembalap dan langganan juara Jazz OMR beberapa tahun lalu itu. Melalui tangan kanannya, Kang Teddy Jusman alias Kang Didu yang juga manager tim balap HBC (Honda Bandung Centre), si Kuro mulai dinaikkan ke mesin Dyno dan setting ulang alias retune pun dimulai.
image

image

Sebelum mendapatkan hasil akhir, yuk intip sejenak spek yang dimiliki oleh si Kuro sampai dengan saat ini.

Tipe Kendaraan: Honda Jazz i-DSI CVT 2005 (MoTuBa neh :D)
Mesin: Tipe L15A, SOHC 8 valve 87dk @5800 dan 128Nm @2800 (spek pabrik)
Modifikasi pada mesin
– Porting and Polished
– Papas head 0,5mm
– Header dari VTEC 2007
– Down Pipe dari Kansai tipe resonator
– Centre Pipe custom RKK uk 1 ⅝”
– Muffler Greddy/ Trust tipe Beat Max Ti
– Air Filter tipe replacement dari K&N
– Reamer Throttle Body
– Bobok Intake

Dulu, saat pemasangan awal dastek piggy back, dengan spek tersebut di atas plus dastek, hasil yang ditorehkan mencapai 100,3 dk dengan RPM dilihat pada 6000 di RUN 5 setelah sebelumnya sebesar 88,9 dk di RPM 5500 (abaikan angka pada RPM 6000 karena kurvanya sudah menurun).

image

Hasil Dyno di RS Tuning Veteran Jakarta beberapa tahun lalu

Sedangkan Torsi maksimalnya sebesar 127,3 Nm didapat pada RPM 4500 setelah sebelumnya hanya 116,1 Nm di RPM 5000.

image

Torsi yang didapat saat Dyno pertama di RS Tuning

Nahhh karena tujuan retune ini bukan untuk menambah daya si kuro, namun hanya ‘mengembalikan’ settingan paramater yang mungkin sudah acak acakan selama beberapa tahun kemarin akibat lama tidak dilakukan retune, maka hasil akhir pada power atau torsi bukan tujuan utamanya. Yang penting settingan kembali enak dan yang paling penting lagi, membantu seorang sahabat dalam meracik settingan mapping yang pas, yang tentunya akan berguna ke depannya bagi pelanggan SS Performance.

Berapa hasil test si Kuro setelah di retune oleh SS Performance melalui tangan dingin Kang Didu? Apakah menurun seiring bertambahnya usia si Kuro? Atau tetap? Atau malah meningkat? Akan KBY sharing di artikel selanjutnya ya lads…have a good nite all, and thanks for reading…

Bonus: Penampakan si Dastek
image

image

Tersembunyi dengan manis dibalik laci dashboard

Bonus jumat malam (bukan malam jumat :D)
image

Posted by KobaYogas from WordPress for Android

Tentang Kobayogasblog

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Dyno, Sharing dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

60 Balasan ke Sharing Retune Dastek Piggy Back di Si Kuro at SS Performance Bandung

  1. july berkata:

    *1st

    Suka

  2. Michael berkata:

    Yuhuuuuuu……..

    Suka

  3. macantua berkata:

    Atuh lain kuro deui ai ungu bodas kitu ma

    Suka

  4. july berkata:

    selamat pagi semuanya..bukak sithik Jazz..!

    Suka

  5. megalodon150 berkata:

    ah teu beja beja ka bandung teh ;-D

    Suka

  6. Hmmm… Mengenai artikel no comment dah, coz ga punya mobil. Kalo ttg bonusnya, harusnya pake lingerie tuh. Bajunya jelek,jadi kurang pas dibagian breast nya… Musti di fix dikit.. Sekian dan terima kasih 😀

    DISTICHODUS…………!!! Masih mahal nih…!!!

    Suka

  7. uyo berkata:

    pengen ke ss permformance….

    Suka

  8. orong-orong berkata:

    Wasyem, ra nguati tenan bonuse

    Ada-ada saja Lorenzo ini

    Suka

  9. Jeremy Clarkson berkata:

    wah ada yang mau tumpah. hahahahhaa. wah setiap mau tune up bawa ke bandung ya.

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Gak kok, di jakarta juga ada langganan, tp emg kebeneran aja anak bini lg pd liburan disana, jd sekalian hehe. Kalau emg pas lagi di bandung n kebetulan saat servis, pasti ke SS…

      Suka

  10. masshar2000 berkata:

    bonuse lama2 b**il neh….kebiasaan pake blogspot sih yg punya lapak…

    Suka

  11. aRya berkata:

    haloo om kobay,
    itu udh papas head berarti udh non subsidi yah om??
    intake manifold blm di bobok yaa om??

    #nunggu update selanjutnya tentang si kuro ahh.

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Oia lupa, intake dah di bobok, tar di update deh…
      Nahhh asiknya pake dastek, ada mapping yg bisa di set utk premium hehehe…tetep cihuy tarikannya. Singkatnya mappingnya memang diset utk pengisian premium, disesuaikan…
      Tapi tetep paling cihuy ya pake Ron 95…tapi khusus nyentul aja settingan itu mah hehe…tinggal geser tuas aja.

      Suka

  12. Go Jay berkata:

    Jadi lupa apa yang habis dibaca setelah scroll ke bawah.. Aada yang mau tumpeh-tumpehhh… Aseeem..

    Suka

  13. wongndeso94 berkata:

    Honda Jazz,,, dulu bpk pernah mau beli tp suspensi anjlok. Gak jd,

    Suka

  14. itu whp atau hp? habis berapa bro?

    Suka

  15. ari berkata:

    tambah kencang

    Suka

  16. july berkata:

    request bro..review utk old cbr remasol nya jg boleh brow..jgn lupa si remasol nya sdh jajan apa aja. Mantab khan ?

    Suka

  17. Mase berkata:

    ya ampun dua silinder

    Suka

  18. genbuz berkata:

    numpang nyimak mas Kobay… Yg penting hadir… Hehe…

    Suka

  19. old legion berkata:

    ga gitu ngeh ma artikelnya, nonton bonusnya aja! Suegerrr!

    Suka

  20. Bonn Djoovy CBSF berkata:

    Gk ngerti soal R4 om… cuma ngerti bonusnya aj wkwkwk..

    Suka

  21. genbuz berkata:

    absen siang.

    Suka

  22. aRya berkata:

    masih menunggu updatenya si kuro om,hehehehe

    Suka

  23. RT berkata:

    Dapet brp detik om 402 mtr ? hasil dyno mbl ane hampir mirip mobil ente..kira2 dgn HP dan torsi segitu dapet brp detik ya ?

    Suka

  24. al berkata:

    Om, mo nanya,,, masang dastek skr kena brp ya kira2?? Btw, pake piggyback bisa minum premium tetep ngerak kan di ruang bakar? Sering carb clean ngga om? … Ane tiap hari lewat ss ngiler pngen masang piggy blm ksampean mlu,, mantep soalnya harganya,,hhehe. Tp overall worth ga om masang piggy buat harian?

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Sekarang? keknya 6,5 juta tipe Q+….
      Tentu, namanya pakai premium pasti keraknya akan lebih banyak dari Ron 92 atau Ron 95…

      worthy bingit pasang PB mah menurut ay…

      Suka

      • al berkata:

        wow, mantap harganya,,hhehe…
        brarti kalibrasi PBnya tiap 4 taunan ya?
        klw retune gtu kena brp biasanya om?
        pasang PB bsa naik 12dk an ya.. mantep dah..

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        PB murni tanpa ubahan apapun paling 4-5dk…
        Ga juga sih tergantung duitnya ada pa gak,mau 6 bulan skali juga gpp hehhe

        Suka

  25. Ping balik: Mencoba Yamaha NMax Pakai BBM Pertalite, Kok Ga Enak? | KobaYogas.COM

Tinggalkan Balasan ke Mase Batalkan balasan