Pengetahuan Dasar Seputar Fungsi Transmisi Automatic Pada Roda 4 (Part 2 Selesai)


image

Kobayogas.com – Hola lads? Gimana weekend nya? Happy? Hehe…
Setelah membahas fungsi dasar PRNDSL pada transmisi otomatis CVT milik Honda Jazz GD3 i-DSI di artikel ini, KBY akan melanjutkan sharing tentang mengaktifkan fitur 7 speed-nya masih di mobil yang sama…cekibrot lads..

Jika pada artikel lalu KBY sudah sedikit menjelaskan kalau si transmisi CVT milik Honda Jazz ini bisa berubah menjadi manual 7 kecepatan dengan mengaktifkan fitur 7 speed mode dan mengoperasikan tombol paddle shift/ steer matic yang terdapat di area setirnya.

7 speed mode ini bisa dioperasikan secara fully automatic ataupun semi manual dan manual mode. Bagaimana caranya? Simak ya lads.

Mengaktifkan fitur 7 speed mode/ steer matic

Pastikan posisi tuas ada di posisi D atau S, selain di posisi itu maka fitur 7 speed mode tidak akan mau aktif.Tekan tombol yang ada di setir (lihat gambar), jika aktif/ on, maka akan terlihat indikator angka 1 di speedometer. Artinya 7 speed mode aktif dalam mode full otomatis. Full otomatis maksudnya, kita hanya tinggal injak gas dan rem, maka si ECU transmisi yang akan mengatur naik atau turunnya si gigi virtual ini.
image

image

Mode semi manual

Tekan paddle shift atau lambang (+) atau (-) pada setir (lihat gambar), maka huruf M akan muncul yang artinya mode manual sudah aktif. Gigi akan naik hanya pada RPM tertentu (RPM tinggi) saat kita menginjak gas dalam dan akan turun secara otomatis saat kita menurunkan kecepatan sampai dengan berhenti. Buat KBY, mode ini sangat berguna saat di tol lengang atau di sirkit. Nyossss lah pokoknya hehee.

image

image

Mode manual

Pengaktifkannya sama seperti mode semi manual di atas, hanya pengendara yang total mengendalikan kapan mau naik gigi atau turun gigi melalui tombol (+) dan (-) yang berada di setir. Asiknya, jika kita lupa menurunkan gigi ke posisi lebih rendah saat melakukan deselerasi sampai dengan berhenti, maka ECU yang akan mengambil alih tugas kita, jadi tidak perlu kawatir. Mode ini asik digunakan di tol, serasa bawa mobil F1 lads hehe…

Penggunaan fitur tersebut berlaku sama, baik saat tuas berada di posisi D maupun S, yang membedakan hanya karakternya, posisi S lebih sporty, gigi berpindah di RPM lebih tinggi untuk respon mesin yang lebih sigap.

Begitulah lads, sharing dari KBY seputar transmisi otomatis sejauh yang KBY tau dan alami sendiri dari Honda Jazz MoTuBa milik KBY. Semoga bermanfaat dalam memahami prinsip dasar kerja transmisi AT pada umumnya dan fungsi lebih lanjut dari transmisi CVT Honda Jazz pada khususnya. Last, thanks for reading lads, happy resting n buona notte..

mangga digeber lads…

Baca juga artikel lainnya lads…

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Agar Lads Makin Tahu, Honda, Sharing dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

82 Balasan ke Pengetahuan Dasar Seputar Fungsi Transmisi Automatic Pada Roda 4 (Part 2 Selesai)

  1. Blacketel Matesih berkata:

    Mantap Bro, jadi tau.

    Suka

  2. bocahmeler berkata:

    eaaa, bonus bikin pusing kurang darah 😀 😀

    Suka

  3. Mase berkata:

    uuuuuuwaaaooowwwwww….. ih gemesiiinnnnn…..
    #eh….

    Suka

  4. xbal berkata:

    bonusnya bikin gatahan 😡

    Suka

  5. genbuz berkata:

    wuiiih… Juos tenan kalo gitu Bro, oh iya top speed pernah nyampe berapa kpj Bro… Nggawe ngiler wae…

    Suka

  6. Leopold S berkata:

    haduhhhh…. bikin puyeng…airbagnya keren..
    gw ga pernah bisa komen dg baik di blog ini

    Suka

  7. iwak banaran berkata:

    waduh bonusnya overprice

    Suka

  8. numpang_lewat berkata:

    ehem…ehem….

    Suka

  9. ninja150ss berkata:

    bonuse marai cenut-cenut…

    Suka

  10. ninja150ss berkata:

    bonusnya bertransmisi manual 4 percepatan dgn double stik oper gigi……
    mak nyuooozzzz larinya

    Suka

  11. Mas Sayur berkata:

    woaaaaa….mau komen apa aku tadi…. jadi buyar semua … itu bonus masih manual apa otomatis,sich… 😉

    Suka

  12. wiro gak pake sableng berkata:

    bonuse dobel gardan ki

    Suka

  13. july berkata:

    klo saya paling suka nyetir manual, 13 transmisi percepatan+10 roda..hahahaha *customer delivery order

    Suka

  14. ari berkata:

    bonusnya matik apa manual tuh 😀

    Suka

  15. Bonn Djoovy CBSF berkata:

    Weekend ane galau om..hehe

    .. bonuse no komen ahh.. fantastic 4.. jozz gandhozz kotozz kotozz

    Suka

  16. genbuz berkata:

    numpang lihat bonusan mas Bro, dari kemarin bingung mau pilih yg mana.

    Suka

  17. DAF berkata:

    jazznya idsi atf vtec om?

    Suka

  18. DAF berkata:

    dah pernah gnt valve body transmisi blm??

    Suka

  19. masshar2000 berkata:

    widih..udah dot.com rupanya…
    siap go international…iklan…iklan…wkkwkwwwkk
    http://masshar2000.wordpress.com/2013/10/30/penipuan-online-hati-hati-orang-yang-satu-ini/

    Suka

  20. HirRo berkata:

    Cek bonus ..

    Suka

  21. megalodon150 berkata:

    ah matic, ane mah “real man use 3 pedals” :mrgrenn: coz gak kebeli mobil matic 😀

    Suka

  22. nurman berkata:

    Maaf om saya newbie mau tanya
    Kok padlle shiftnya jazz saya kalo tekan + ga bisa nambah ya, kira2 iyu kerusakan bagian apa atau saya yang belum paham

    Suka

  23. apritos berkata:

    kyak gini ini yang mantap

    Suka

  24. oneheart berkata:

    mas, kalo jazz 2004 A/T triptonicnya sama seperti itu juga ngga?

    Suka

  25. Tuink berkata:

    gan. Ada yg bilang kalo pake mode manual bisa bikin maticnya cepet jebol. Benar ga yah? Dulu sering pake mode manual pas mo ke bandung. Sekarang paling pake mode S saja.

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Saya pake dah 10 taun, tahun ini. Fine2 aja, yg ptg mah ganti oli jangan telat tranny otomatis mah.

      Sama jangam buru2 kalau mindahin dr D ke N, N ke D, D ke R, biarkan 1 detikan setelah mobil berhenti, baru pindah

      Suka

      • handoyo berkata:

        sy suka mindahin D ke N waktu masih jalan, sebelum berhenti.
        beban rem berkurang, kopling lebih awet tentunya.
        artinya kalo m ngerem yah ngerem ,transmisi ke N aja, kecuali kalo pas speed yg tinggi ngerem,buat dapet engine brake pake triptronic lebih ok
        bagaimana menurut abang ?

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        gpp, cuma pastikan aja remnya selalu pakem 🙂

        Suka

  26. Fauzian Rizqi berkata:

    bused dibilang motuba 😀

    Suka

  27. Fauzian Rizqi berkata:

    btw ane kira yang ada “itu” nya … maksudnya 7-speed mode cuma yang VTEC doang ._.

    Suka

  28. terry berkata:

    nice info bro, yg saya msh bingung apabila hbs mengunakan paddle shift mau balik ke otomatis lg gmna carany? mksd saya apabila hbs pakai paddle shift trus parkir di mall trus pulang dr mall mau pakai matic lg gmna carany? tks

    Suka

    • wawan berkata:

      Siang pak brow.. saya punya jazz vtec 2005 yg sudah gitu stir nya. Cuma saya tekan 7 speed mode pada D dan S gak mau keluar indikator manual angka 1 dst di layar. Kira kira masalah dimana ya? Rusakkah sistem matic nya atau hanya ada kabel atau apa yg mesti diperbaiki? Trimakasih sebelumnya. Mohon bisa dijawab disini atau email atau sms 08124613375.

      Suka

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s