Impresi Singkat, Kawasaki ER6F… Alias Ninja 650


image

Holla lads,

Masih ditempat yang sama (bengkel JDM), kali ini KBY mencoba duduk di motor milik om Joddy sang pemilik bengkel JDM…sayangnya om Joddy sedang tidak di tempat, jadi KBY gak bisa minta ijin buat tes singkat dan nanya-nanya banyak modifikasi yang sudah dilakukan sang owner.

Pun begitu, KBY mencoba sharing impresi seperti apa yang KBY dapat saat mencoba duduk di atas Kawasaki Ninja 650cc alias ER6F ini.

Sangat mudah ditebak, dari kacamata awampun dapat diketahui bahwa Ninja 650 ini bodinya setali tiga uang dengan versi naked-nya yaitu ER6N, persis seperti Ninja 250FI dengan Z250. Dibangun dari platform yang sama namun dengan sensasi dan feel yang berbeda. Untuk ER6N-nya sendiri, KBY sudah sempat tes milik om Fatur di sini. Namun untuk Ninja 650-nya sendiri belum, jadi KBY tidak tahu bagaimana perbedaan dari sisi rasa berkendaranya.

Selintas, jarak pijak kaki dari posisi duduk ke tanah tidak ada perbedaan dengan ER6N, namun karena Ninja 650 milik Om Joddy ini setangnya sudah diganti dengan merk Bikers, maka perasaan yang didapat oleh KBY adalah bahwa Ninja 650 ini lebih merunduk, entah jika setangnya masih standar ya…karena merunduk maka terasa lebih pendek bagi pengendaranya.
image

image

Jika sama-sama standar, maka KBY rasa, N650 ini akan lebih terasa nyaman dibanding adiknya, si N250FI dikarenakan posisi setang yang lebih tinggi. Sedangkan dari sisi performa, seharusnya ER6N lebih baik karena lebih ringan 5kg (204kg vs 209kg), namun seperti N250FI vs Z250, untuk kecepatan tinggi, streamline N650 seharusnya lebih baik dari ER6N karena mempunyai fairing dan windshield untuk pengendara menyembunyikan kepalanya saat kecepatan tinggi.

Dari sisi selera, KBY lebih suka N650 dari ER6N, karena walaupun sporty tapi masih mengakomodir kenyamanan bagi pengendaranya. Kalau lads sendiri pilih mana?

Cekidot penampakannya lads…
image
image

image

Dan ini speknya yang diambil dari website Kawasaki Indonesia.

Spesifikasi
FRAME
Suspensi Depan New High-Tensile Steel dengan Dual Pipe Perimeter Frame
Rem Depan Semi Floating 300mm
Rem Belakang Single 220mm
Ban Depan 120/70ZR17M/C (58W)
Ban Belakang 160 / 60ZR17M / C (69W)
Panjang x Lebar x Tinggi 2.100 mm x 770 mm x 1.180 mm
Jarak Poros Roda 1.410 mm
Jarak ke Tanah 130 mm
Berat 209
Kapasitas Bensin 16 Liter
Trail 130 mm
ENGINE
Tipe 4-Stroke, Parallel Twin Engine
Maksimum Power 53 Kw (72 IPS) / 8.500 rpm
Torsi Maksimum 64 N.m (6.5 kgf.m) / 7.000 rpm
Diameter x Langkah 83 x 60 mm
Volume Silinder 649 cc
Valve System DOHC, 8 Valve
Sistem Bahan Bakar Fuel Injeksi : diameter 38 mm x 2
Sistem Pengapian Digital System
DRIVETRAIN
Jumlah Transmisi 6 – Speed
Primary Reduction Ratio 2.095 (88 / 42)
Rasio Gigi Ke-1 2.438 (39 / 16)
Rasio Gigi Ke-2 1.714 (36 /21)
Rasio Gigi Ke-3 1.333 (32 / 24)
Rasio Gigi Ke-4 1.111 (30 /27)
Rasio Gigi Ke-5 0.966 (28 / 29)
Rasio Gigi Ke-6 0.852 (23 / 27)
Final Reduction Ratio 3.067 (46 / 15)
Kopling Wet Multi – Disc

Kalau yang ini speknya gimana?
image

image

Posted by KobaYogas from WordPress for Android

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Artikel ringan, Sharing dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

74 Balasan ke Impresi Singkat, Kawasaki ER6F… Alias Ninja 650

  1. july berkata:

    25 poin..

    Suka

  2. orong-orong berkata:

    dari depan kelihatan sangar banget

    Suka

  3. wtf170 berkata:

    projie nya masuk di desain….good

    Suka

  4. july berkata:

    vote er6n..efisiensi pemakaian di kota besar. Lbh repot tentunya utk er6f dikepadatan lalin kota besar.

    Suka

  5. ari berkata:

    headlampnya sangar

    Suka

  6. ninja150ss berkata:

    amoy emang bener2 muulluuuusssss……

    Suka

  7. Bonn Djoovy CBSF berkata:

    mogeh maning om, tpi bonuse b’rasa ada yg kurang..qiqiqi

    Suka

  8. Bonn Djoovy CBSF berkata:

    baru nyadar, mogehnya pke full fairing, bonuse full fairing wkwk

    Suka

  9. genbuz berkata:

    hadeeeh… Nggawe ngiler wae…

    Suka

  10. hiu23 berkata:

    baru buka.. langsung disuguhin foto paling atas, spontan langsung teriak.. “uwidiiiihh.. mantap!!”… turun ke bawah.. baca.. n liat foto paling bawah,, langsung komen, “bisa diturunin lagi ga neng………………………… mic-nya.. hahaha”. berapaan kang itu?? (cewenya?).. bukan, maksudnya motornya?? hahaha..

    Suka

  11. hiu23 berkata:

    baca komen.. projie apaan si? hahaha.. #TKI kaga gaul.. 😛

    Suka

  12. lexyleksono berkata:

    Dah punya Ninja 650, jadi aku pilih yg bawah aja..

    Suka

  13. Eddie Dhimitri berkata:

    masih kalah sangar ama z800……………….heheee(pecinta z,,xxixixixi)

    Suka

  14. RiderAlit berkata:

    ER6N atau ER6F? Pilih bonusnya aja 😀

    Suka

  15. iwak banaran berkata:

    BRO kok tambah ndut aja hehe…dulu perasaan kecil deh..

    btw thx sudah review er6f tapi dibutuhkan bgt test ride nya… dan komparasi kenikmatan dibanding er6n ato z250

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Thanks udah mampir ke warung…
      Sayang ER6F nya gak smpt di tes…
      Next mungkin aja bisa tes yang om Lexy hihihi…beliau sudah ngasih lampu hijau, cuma waktunya aja yg lom ada…

      Suka

  16. iwak banaran berkata:

    another hot affordable motor

    Suka

  17. setia1heri berkata:

    sadis penampakan e 😀

    Suka

  18. numpang_lewat berkata:

    dari penampakan wajahx, om kobay sebenarx pengen meminang nih motor…

    Suka

  19. Eddie Dhimitri berkata:

    bos bonusnya..yg agak2 nakal dikit dong heheeee

    Suka

  20. Aa Ikhwan berkata:

    gimana kl dibandingkan dengan ninja hatori :mrgreen:

    Suka

  21. iwak banaran berkata:

    Kobayogas responded: November 6, 2013 at 9:04 PM

    Iyesss…msh bisa dikejar harganya walao kalo udah tembus 80jt lebih sih buat ay jelas lari ke mobil
    ———–
    mobil kalo sudah lebih dari 2 ya ga perlu lah beli mobil lagi hehe…
    mending beli super bike, ato investasi tanah,

    lagian kby sudah ada mobil biru,
    next plan
    z800 ya mas bro hehe…
    trus ditulis review hariannya…
    suka duka nya z800…

    Suka

  22. iwak banaran berkata:

    kalo dilihat dari foto nya kby ngeces bgt ma nih mtr hhehe..

    kby lebih gagah kalo naik er6f ketimbang z250…

    sudah saatnya naik kelas bro…

    lebih ANGKER trust me

    Suka

  23. iwak banaran berkata:

    naik moge cocoknya pake celana pendek…

    hOT! tampilannya
    hot selangkannggannya

    Suka

  24. Ping balik: Pojok Test Ride: Full Review Honda CBR 250R 2011 – Part II (End) Design dan Handling Plus Video | KobaYogas.com| Your Automotive Blog

  25. Ping balik: Pojok Opini: Punya Moge Beneran Itu Truly Exciting… However.. | KobaYogas.com| Your Automotive Blog

  26. Ping balik: Test Ride Moge itu Mengasyikkan Sekaligus Beresiko Lads… | KobaYogas.com| Your Automotive Blog

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s