Ketika Fashion Berseteru Dengan Function…


image

Keren? Banget..Nyiprat? Pasti 😀

Terinspirasi dari salah satu komen di blog sahabat sebelah – soal spakbor belakang motor yang nyiprat-nyiprat terutama di hari penghujan, membuat KBY tergelitik ingin bahas artikel seputar spakbor pada motor, khususnya motor sport yang bentuknya cenderung eksotis/ menawan. Ketika suatu fesyen (gaya/model) berseteru dengan fungsi, mana yang lebih di dahulukan?

Tak pelak, desainer suatu kendaraan, dalam hal ini motor, seringkali memutar keras otaknya, bahkan dipaksa mengeluarkan seluruh kreatifitasnya untuk membuat desain motor yang enak/ indah dilihat tanpa melupakan fungsinya.

Bicara motor jenis sport, katakanlah yang punya desain menarik, atau kita kerucutkan lagi moge, baik moge entry level yang dimulai dari 250cc ke atas, mutlak mempunyai desain yang sophisticated, karena salah satu nilai tambah sekaligus nilai jualnya ya ada di bentuk atau desain. Berlaku untuk semua motor sport, baik lawas maupun modern.

Saat desain yang sudah ciamik dibenturkan dengan fungsi – dalam artikel ini adalah fungsi spakbor – maka harus ada yang mengalah, dalam arti, mana yang mendapat porsi lebih banyak, fungsional (spakbor) biar gak nyiprat, atau desain secara keseluruhan?

Tidak sedikit motor yang punya desain ciamik menjadi wagu saat big boss sang desainer memutuskan bahwa fungsi (spakbor atau sari guard atau mud guard) harus tetap maksimal, kalau sudah begini, desainer bisa apa? Hehehe…

Menurut KBY sih, kalau dari awal desain motor sudah disetting sporty, maka kepantasan desain lah yang wajib mempunyai porsi terbanyak, tapi bukan berarti fungsi dilupakan sama sekali, tetap ada namun porsinya dikurangi demi desain yang pantas…hasilnya apa? Ya mau gak mau memang harus pasrah saat di hari penghujan, toh dari awal menurut opini KBY, motor-motor seperti ini tidak di desain untuk hujan hujanan atau dipakai di musim hujan (kalau kehujanan lain cerita).

Kalau sudah begitu ya bijak bijaknya kita sebagai owner lah, jika melakukan modifikasi yang mencopot spakbor, ya tau diri jangan ngebut kalau ada genangan, pikirin kendaraan belakang, beda cerita kalau kehujanan, mau bebek atau motor sport semua juga nyiprat, jangan komplain lah kalau kecipratan, namanya juga hujan, ya pasti basah, kecuali hujan duit, semua bisa jadi kaya 😀

KBY sendiri tau konsekuensi itu, makanya memodifikasi spakbor tanpa mencopot full dudukan No Pol, karena dudukan No Pol lah sebagai pengganti spakbor. KBY juga kalau lewat genangan suka pelan-pelan, lebih karena sayang aja kolong jadi kotor kalau nyiprat, bonusnya, pengemudi belakang juga jadi aman…

image

Sebelum...

image

Sesudah

Pilihan lain, ya ga usah beli motor yang suka nyiprat nyiprat. Atau gini aja, sekalian aja motor-motor yang desain standarnya berspakbor minim dilarang dijual di Indonesia, gimana? Setuju? Kan kayaknya ga cocok dipake disini…jadi biar aja penduduk Indonesia tau motor-motor keren hanya dari internet. Dan yang punya motor-motor berspakbor wagu, dilarang untuk dimodif, ketauan modif ditilang setuju? Hehehe…

Jadi, Desain Keren vs Fungsional? Emang susah ketemu lads…

Motor keren jadi wagu:

image

Keren...

image

Jadi wagu... 😦

image

Spakbor apa yaaa...

Motor yang jadi lebih keren:

image

Sebelum...

image

Sesudah...

image

Keren kan? Tapi nyiprat tuh 😀

image

Motor yang dari sananya memang cocok ber-mud guard:

image

Pakai mud guard karena memang genre dual purpose

Motor-motor keren tapi nyiprat lads…
image

image

image

image

Bonus: Jinri Style 😀
image

image

Watermark abal-abal 😀

Posted by KobaYogas from WordPress for Android

Iklan

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Artikel ringan dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

95 Balasan ke Ketika Fashion Berseteru Dengan Function…

  1. genbuz berkata:

    pertamaaaaaax….!!!

    Suka

  2. genbuz berkata:

    keduaaaaax….!!!

    Suka

  3. genbuz berkata:

    ketiaaaaax…!!!

    Suka

  4. genbuz berkata:

    aseeeek… Podium sudah di aman kan saat nya baca2…

    Suka

  5. genbuz berkata:

    betul Mas Bro, kalo anak muda suka yg nyiprat2, kalo dah tua boro2 munchrat, paling juga meler…

    *Sorry effect bonus…

    Suka

  6. wisnu3ds berkata:

    malem amir mas kobays reales nya…hahaha…

    Suka

  7. Eddie Dhimitri berkata:

    klo menurut akyu….spatboar yg multi…………di sisi lain bisa amanin yg bonceng,,di sisi lain buat gaya….akala2n aja hand madelah,,,,,,pakai kardus dulu di atur2 bentuknya pas2in dan minta pendapat teman sebelum di bikin finishing pakai plat yg tipis…di sambungkan dg dudukan plat nomor (sambungan tertutup plat nomor nantinya)..pas musim hujan pasang musim kemarau lepas lagi..aman kan

    Suka

  8. masshar2000 berkata:

    sial disini dapet bensin campur mulu…
    btw yg putih keren…( gambar no 2 dari bawah )…
    keterangannya…lebih nyiprat lebih bagus…
    https://masshar2000.wordpress.com/2013/11/07/kekuatan-sebuah-blog/

    Suka

  9. Bonn Djoovy CBSF berkata:

    scroll ke bwah liat bonus, lgsung komen dehh..
    bonuse jozz om wkwkwk

    Suka

  10. isal berkata:

    Nah yg merepotkan tuh yg spakbor dilepas. Mungkin biar berasa di MotoGP kali ya…

    Suka

  11. didovanowek berkata:

    kalo gak nyiprat ya gak gaul om 😦

    Suka

  12. ninja150ss berkata:

    naahhh ini bonuse bener2 joozzzz….
    tp syg msh tocil….
    yg toge donk om kobay….

    Suka

  13. Bapak'e Salma berkata:

    kalau buka artikel disini yang saya lihat bonusnya dulu, baru baca 🙂
    http://megipro09.wordpress.com/2013/11/07/andai-saja-aku-juara-part-1/

    Suka

  14. wongndeso94 berkata:

    Si gold pake buntut wereng. kalo hujan pelan-pElan hehe

    Suka

  15. H3 berkata:

    Bawa shampoo skln, hjn lgsg keramas….air cipratan ban blkg..
    Apalagi lht bonus nya……kramas 2x….wk.wk.wk.

    Suka

  16. didovanowek berkata:

    sambil bleyer” kalo di perempatan lamer klop dah ngalaynya om 😀

    Suka

  17. Mase berkata:

    yang penting keren….

    Suka

  18. motogokil berkata:

    sebenernya bisa sih dibikin keren juga fungsional, tapi harga-nya jadi nggak murah. Kalo dah gini nggak bakalan laku banyak…rugi dong dana risetnya.
    Bagi yang masih mem”bebek”, bisa mampir di sini http://motogokil.com/2013/11/08/diy-lebih-rinci-dan-mudah-ganti-rante-mesin-kamprat-bebek-honda-c100/

    Suka

  19. monkeymotoblog berkata:

    wah, Z250nya udah pake tail tidy ya om? ER6 saya juga mau pake, tapi begitu tau nyipratin soulmate yang dibonceng dibelakang, jadi urung deh

    http://monkeymotoblog.wordpress.com/2013/11/08/bahas-suzuki-thunder-250-part-2/

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Iya udah pake…ya kalo ternyata ketemu jalanan bejek terpaksa pelan pelan dulu hehhee…
      Kalau mau keluar rumah tau jalan becek, gak jadi keluar pake si Z kekekkek…

      Suka

  20. ari berkata:

    bonusnya nyiprat juga ngak ya??? 😀

    Suka

  21. Mas Sayur berkata:

    hahaha…
    ketahuan modif di denda…

    kalimat ini yg bikin lucu…

    bakalan susah tukang modif spak bor :mrgreen:

    Suka

  22. poltergeisth13 berkata:

    maaf loh om gak maksud apa2, kalo boleh saran gak usah dikasih gambar cewe hot lah.thakns . . . .

    Suka

  23. Farrel berkata:

    Damn I love BMW 😀

    Suka

  24. Farrel berkata:

    Heheheh yg GS itu cakep banget lewat off road juga bisa dan sdh dibuktikan oleh tim ekspedisi “Ring of fire”

    Suka

  25. Reza Rider Xeon berkata:

    Mantab bonuse, ane harus nabung utk bli pulsar 200ns soale keren

    Suka

  26. Farrel berkata:

    Iya mas mas aku juga dah nonton ekspedisinya. But one thing for sure, BMW makes me fallin love dibanding “bonusya”

    Suka

  27. Farrel berkata:

    Dan nggak cuma BMW, motor” disini jauh lebih cakep dari yg paling bawah, just my opinion

    Suka

  28. RiderAlit berkata:

    Kebutuhan atau keinginan 🙂

    Suka

  29. guwehdodol berkata:

    nyiprat itu masalah besar,karena kita di indonesia,makanya itu spakbor kebanyakn motor lokal gede-gede
    solusinya sih itulah,mud guard,cuma bentuknya yang selama ini kita lihat mencitrakan kewaguan,sementara diavel make mudguard ga ada yang bilang wagu

    well,menurut saya sih karena ddesain mudguardnya menyatu ke keseluruhan motornya,bahahahah

    oh dan sedikit saran dari saya

    ini blog otomotif kan?
    mending ga perlu masukin bonus-bonus foto cewe gitu deh
    karena saya(dan mungkin beberapa orang lain) ke sini buat baca soal otomotif
    bukan paffing ga jelas liat foto cewe
    dan agak sedikit merendahkan martabat cewe,kalo menurut saya…..

    btw,itu scorpion rednya fullsys atau slip-oon doang?
    original?
    bisa bisikin harganya ga?

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Nah iya, desainnya dibuat menyatu dan mengalir jadi pas/ pantas aja…

      Soal bonus…hmmm..sbnrnya buat komen komen lucu aja sih hehe..
      Ask audience aja ya…

      Scorpion lokal, slip on…harga 850rb sudah smp rumah…

      Suka

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s