Modifikasi Kawasaki Z250 FI part 2 – Sektor Exhaust dan Pengereman


image

Holla lads,

Ketemu lagi di artikel modifikasi Kawasaki Z250 FI, kali ini bagian keduanya. Menyambung dari artikel sebelumnya (Part 1) KBY akan melanjutkan cerita modifikasinya sbb: ….

6. Knalpot
Suara mendesing Z250 FI saat digeber dirasa sangat mengganggu telinga, terlalu anyep maksudnya :D, dan karakter 2 silindernya jd ga keluar wkwkwk…Knalpot custom yang pertama dipakai adalah  buatan bengkel knalpot di rd inten duren sawit yang sdh cukup terkenal buatannya di kalangan bikers.
Usia 1 minggu pakai, dapat link karya anak bangsa yg bikinan replikanya sangat mirip dan rapih…yo wis lah yg lama KBY lepas, pesan yang model Scorpion untuk Z250 FI. Awalnya pengen knalpot yg ori, tapi harga yg gak masuk akal bikin KBY batal memesan. Masa knalpot motor aja lebih mahal dari muffler ori Greddy beat max Ti KBY yang nempel di si Kuro? Keknya gak rasional aja hehe.
Ya sudah dengan harga yg sangat affordable, scorpion kw1 untuk Z250 FI dipesan, pikirannya saat itu kalau butut ya buang sial aja hehhe, ternyata buatannya memang mirip dan rapi, suaranya garing, respon mesin pun terasa ada perbedaan terutama di kitiran atas, memang afdalnya sih di dyno biar angka kenaikannya sahih. Yang jelas suara khas 2 silindernya jadi keluar…wrrrrr… kalau kata lek IWB mah hehehe..
image

exhaust pertama dari chuenk ims

 

imageimage

image

lin youtube-nya lads…

7. Klakson
Walau gak secempreng klakson bebek tapi suara klakson Z250 FI  ini masih dirasa kurang jantan dibanding sosoknya. Klakson merk FER yang dikenal sebagai supplier oem BMW pun dipilih, karena suaranya yang memang BMW banget, kencang nan elegan ehehe.
image
8. Geser TPS (Throttle Position Sensor)
Penggantian knalpot after market di mesin be- injeksi seperti Kawasaki Z250 FI ini bukan tanpa konsekuensi, unlike mesin karbu, mesin injector memang lebih “ribet” nyetelnya. Tanpa penyetelan ulang, maka knalpot sering “nembak” akan dialami para penggunanya.
Cara murah meriah ada beberapa tips, diantaranya adalah:
1. Geser TPS, dgn menggeser beberapa derajat, maka mixture bbm akan lebih pas, suara batuk pun bisa berkurang jadi hanya berdehem saja ehehe
2. Tutup AIS (lupa tepatnya apa, tp sptnya Air Induction Sensor), afaik, ada 2 titik yg ditutup, 1 dibawah jok, 1 lagi di depan diantara 2 busi, akhirnya yg didepan ditutup menggunakan roller mio, jadi masih ada lobangnya sedikit.
imageimage
9. Selang rem braided
Dari hasil diskusi sesama ninja user, konon selang rem Z250 FI jika dipakai turing jauh, suka mengembang akibat panas sehingga ke performa rem jadi bagel. Atas alasan tersebut beberapa rekan ninja user mengganti selang rem braided tahan panas dengan merk antara lain HEL, KTC dan TDR. Pilihan jatuh ke TDR karena harganya yg sangat terjangkau, selain itu buat KBY, membuat penampilannya jadi lebih menarik ehehe..
imageimage
10. Adaptor foot steep
Awalnya smpt pengen ganti full set footstep untuk Z250 FI, tapi setelah dipikir ulang toh yang dibutuhkan sebenarnya hanya merubah posisi footstep lebih ke belakang sedikit, jadi akhirnya dipilihlah adaptor foot step.
Posisi footstep Z250 FI yg jadi agak kebelakang membuat posisi riding jd lebih mantap, terutama posisi kaki sehingga membuat pengendaraan pd kecepatan tinggi lebih maknyus. Trade off-nya, krn posisi riding jadi sedikit membungkuk, telapak tangan lebih cepat kebas jika terkena jalan yg macet dan sering mengerem, apalagi bila berboncengan, yah resiko modifikasi sih.
imageimage
11. Dudukan plat nomor belakang
Sebenarnya spakbor/dudukan plat nomor belakang bawaan standar Z250 FI sudah cukup manis, dasar gatel, digantilah dengan yg model custom seperti pd foto. Hasilnya memang wow effect nya dapet banget, kaki2 yg cukup kekar dan ban yg lebar lebih terlihat. Trade off-nya? Nyiprat ke punggung kalau becek mas bro hehehe.
image
Selesai? Belum…tar kepanjangan ah kalau disatukan hehehe..simak di artikel selanjutnya ya lads…thanks for reading 🙂
image

Tentang Kobayogasblog

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Diskusi, Modifikasi, Sharing, Tes Produk dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

164 Balasan ke Modifikasi Kawasaki Z250 FI part 2 – Sektor Exhaust dan Pengereman

  1. orong-orong berkata:

    tenaga naik signifikan

    Suka

    • Sport Cruisser berkata:

      Aku godai perbus dimari nyumbang suara blog lho. Harus terima kasih iki bloger kncone perbus ricaricason. Ngiahahaha

      Suka

      • Kobayogas berkata:

        Hahahaha…Mas Tiggy bisa aja, iya deh aku suwun ya, makasih loh dah mau main ke gubukku ini…
        Gada apa pa nih, pisang goreng belum matang hehehe

        Suka

  2. macantua berkata:

    jajan banyak…… hehehehhe

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Lumayan, mrintil mrintil taunya banyak juga ngahahaha…

      Suka

      • macantua berkata:

        Tah itu wabah modif tu gitu tuh…

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        Enya euy, hese anti racuna, utg dompet sok teu pinuh wae, jd katulung ngahahaha

        Suka

      • macantua berkata:

        Kaerem ku kosongna dompet. Turutan ah hahaha

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        Enya wkwkwkk…awas kartu gesek menghantui…kudu mikir bulan depan bayarna, jadi bisa ditahan tah modif wkwkkwk

        Suka

      • macantua berkata:

        Untung kartu gesekna limitna leutik. Mun hanteu ma geus bablas hahaha

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        Tah eta, ngahaja ku sayah teu menta nambah nambah limit, angger weh da duit batur, bener? Antep weh sakitu ngahahahahaha

        Suka

      • macantua berkata:

        Sarua we nganjuk eta mah hahahh

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        Komo onderdil Mazda mah mahal, *teu nyambung 😀

        Suka

      • macantua berkata:

        Nyingsieunan wae… Jiga Honda teu mahal wae *lirik si kuro. Kaalaman make accord83.

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        Hahaha sok weh bandingkeun, kelas nu sarua, filter olina weh heula lah, Honda mah tipe apapun 38-42rb…sok beraha jeng tina? 😀

        Suka

      • macantua berkata:

        Hahahaha heueuh oge sih kela ah colek2 om azizy heula nu geus lila pake sugan dpt merk subtitusi xixixixi

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        Hahhaha…jaba hese aksesoris plus performance partna (Mazdaspeed)… dina ayana ge teu murah tea…hihihi

        Suka

      • macantua berkata:

        Ek stelan sutandar we mang. Sieun karacunan wabah modif deui *lirik si Maung nu geus amburadul jiga tikotok diceker2 hayam

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        Hahhaa heureuy ketang ah, kudu siap atuh, wajar lah mobil kolot. Si kuro wae geus mulai minta loba jajan. Tapi alhamdulillah, saya dpt barang rare cigana, dibanding teman teman seangkatannya, Kuro paling kuat, yg lain udah ganti kaki kaki, tie rod ball joint laher, bushing lower arm, dll…alhamdulillah si kuro mah nagen geus 8 taun ngan menta bushing lower arm aja unggal 2 tahun, ngan 400rban sepasang inc pasang. Laher nagen, sama sekali gada bunyi2 nguung nguuung, pdahal kurang di siksa bagaimana di sentul, geus 4x turun dalam 2 tahun…
        Alhamdulillah pisan…
        Ngan motor kipas AC kerek jajan kamari, teu bisa di benerin, kudu ganti, wajar 8 taun, yg laen 5 taunan hehe…

        Suka

      • macantua berkata:

        Awet…. Eta matak percaya ka Honda t…. Bheula numpak nu kolotna lbh ti umur sorangan ge ngeunaheun keneh… Komo si kuro nu ngora saumur budak esde…

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        Cuma memang yg nyebelin itu APM sini, kualitasnya banyak yg downgrade euy, padahal diluar mah kualitas perakitan dan material top lah, ciga mazda, presisi. Dirakit didieu mah parah, loba teuing nyokot bati (untung) ngahahhaa…
        Cuma kaki kaki yg mahal itu kelas civic ke atas, wajar, link nya banyak, cuma masih dibawah mitsu sama mazda lah harganya…hehe

        Suka

      • macantua berkata:

        Hahahaha…. Ngabejaan we… Da tiap tahun t aya target “cost reduction” mang. Hampir kabeh pabrikan Jepun kitu. Salah satuna nya eta “lokalisasi”. Gawean urang nya eta part lokal kirim deui ka jepun. Bahkan pabrikan jepun oge nyomotan brg ti china. Jd tong aneh ai produksi thn2 ngora kualitasna jauh dihandap. Contoh we di maung nu klahiran awal, gen 2 nepi ka revo ayeuna. Feelingna ge beda jauh…

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        Matakna lebar pisan rek dileupas teh…dina aya rejeki mah ning nambah…cang tantu meunang nu kuat deui ciga si Kuro…

        Suka

      • macantua berkata:

        Hese mang ai geus bogoh mah. Tah si maung. Si babeh ma geus geuleuheun ningalina nitah jual wae genti nu 2cyl pake sarung plus kerudung. Ngan anger we da bogoh kumaha deui. Kukut we sabejadna…

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        Enya, ciga ka awewe nya, ari geus bogoh ya dikawin ngahhahha

        Suka

      • macantua berkata:

        Eta pisan. Kendaraan ma jiga awewe. Jodo2an…

        Suka

  3. july berkata:

    lek kob, stickernya kuat nahan panas knalpot ?

    Suka

  4. ninja150ss berkata:

    woww….manteb….
    #hasem ketinggalan brita maneh

    Suka

  5. genbuz berkata:

    ini motor udah keren apalagi ganti ban cacing pasti tambah luar biasa…… Ekekekekekek…

    Suka

  6. Sport Cruisser berkata:

    Ini toh bloger kncone feyek perbus. Tak eek dimari yo. Ngahahaha

    Suka

  7. Sport Cruisser berkata:

    Feyek mana feyek perbus ricason? Huhuhu

    Suka

  8. ali*32 berkata:

    geser TPS na kumaha? ane sih cuma nutup lobang AIS diatas cylinder head.. sesama knalpot KW1 jangan saling mendahului :mrgreen:

    Suka

  9. petirabang berkata:

    Hmm emang baik hati mas kobay ini, selalu kasih bonuss nyuss…

    Suka

  10. ali*32 berkata:

    minuman penyegar tenaga, pelemas dompet :mrgreen:

    Suka

  11. old blade berkata:

    ngs mang kr uing weh z250 mh,ente mh meuli empi agustusan 😆

    Suka

  12. old blade berkata:

    om om,toket na leutik nya 😆

    Suka

  13. ari berkata:

    suaranya jadi lebih gahar…..

    Suka

  14. beatfi berkata:

    Mangstab modifnya gan…
    wah bonusnya jozz kotoz kotoz mbledar!!!!

    Suka

  15. subaru berkata:

    kyaaa empunya blog pedopil masang foto anak dibawah umur.. (kabur)

    Suka

  16. woko berkata:

    total modif part1+2 habis berapa om???

    bonusnya wp/amoy/kimcil ya?
    mauuuuuuu
    wekekekekek 🙂

    Suka

  17. old blade berkata:

    om om,ari ente resep na anu tokecang 😆

    Suka

  18. Zbul's berkata:

    Itu photo nabila jkt48 msh kls3 smp.hmm ada si tiger jadul bikin malez…kabur

    Suka

  19. wtf170 berkata:

    gak nyangka….ternyata penggemar Nabilah Jkt48 jg to…….ahahaha

    Suka

  20. Reza Rider Xeon berkata:

    Apa kpn bli yak #ngarep

    Suka

  21. abalabal berkata:

    mntapp nih… 😀

    Suka

  22. Bonn Djoovy CBSF berkata:

    Sangar tenan..
    btw.. udah abis brp nih om ?? (sory ane kepo om..hihi)

    Suka

  23. masshar2000 berkata:

    hobinya jajan..eh mosip maksud inyong…cabe-cabean…wkkwkkk

    MOTOGP – rossi ingin pedrosa juara dunia

    Suka

  24. Haryanto berkata:

    itu nalpot kw nya slip on apa fullset? brapa DC nya masbroh?

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Masih slip on masbroh, kena 850rb sdh smp rumah…tapi jangan beli ditempat saya beli ya, kualitasnya dah menurun, saya dah 2x mengecewakan teman karena gak sesuai dengan promo…saya mungkin beruntung karena dapat barang bagus mulus mirip…
      Salah satunya yg kecewa itu mas smartfaiz yan…tapi itu bukan rekomendasi saya sih hehe…

      Suka

  25. Duinnn berkata:

    Akhirnya ganti nama jadi kuro, kepanjangannya kuro-kuro ninja. sudah slametan belum? hehe
    Bonuse JKT48, sotosop bukan ya?

    Suka

  26. bocah_koplak berkata:

    Bedeh replynya susul menyusul sampai ga bisa dibaca di hp.
    Btw om koba butuh header tuh, kekecilan header orisinalnya, sy pesen di kawasaki fatmawati (dl 900rban).
    Terus setting ecu yg jos di kawasaki depok lama, hasilnya tokcer belum tentu nembak selama 2 bulan, kl mulai batuk saatnya berkunjung ke depok lama lg.
    Suara scorpion cocok utk street fighter blarrr blarrr … Hehehehe

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Ah sumpeh header dr kawasaki ada? Apa dia mesen dr tempat laen? (Bukan ori kawasaki kamsudnya).
      Waduh ke depok yah, jauh amadddd kekkeke…
      Lekbro pake nininFI?

      Suka

      • bocah_koplak berkata:

        Dibuatin sih, ga tau mesen darimana. Bahan stainless kualitas lumayan udh dipakai 5 bulan blm kuning kromnya.
        Iya bro saya pake ninin FI, muffler termignoni karbon.
        Ga perlu piggyback2an kl cuma ngatasi nembak2, kecuali mesin udh diacak2 ga std.

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        Nembak pasti ada kok di FI mah, gakan ilang, hanya bisa diminimalisasi sajah, sejauh ini lom pernah denger ada yg gak nembak hehehe..pake PB aja masih nembak

        Suka

    • Leopold S berkata:

      ini maksudnya SSM (Super Sukses Motor) Kawasaki Fatmawati, yg punya cabang SSM Kartini Depok.
      kalau ke depok kejauhan coba ke Fatmawati, cari chief mechanicnya.
      Bianka dulu distel-in sama dia, tanpa PB. nembaknya minim…

      Suka

  27. fnaufala berkata:

    rincian biaya om

    Suka

  28. sulhan berkata:

    ane skrg 2tak lover……
    mayan gie mesra2 nya ama nsr 150r jadul……

    Suka

  29. sulhan berkata:

    tunggangannya juga jadul kang apalagi org nya……^_^
    buat harian aja biar tampil beda ane nyari passion bukan utk show off di jln kasian pengguna jln yg lain tp ada crita lucu sempat ktemu bpk2 pas lagi di warung mlh ditanyain emang honda pernah kluar seri nsr 150r?…. ini motor yg 2tak ya???…… saya kira ini cbr lawas
    hehehehehehehehe………^_^ ane mesam mesem aja

    Suka

  30. Monkeymoto berkata:

    Wuih, mayan juga om kobay modipnya. Gak pasang cover radiator om? Nanti bikin artikel juga ah tentang modip er saya, biarpun cuma pasang frame slider, ganti spion, sama pasang cover radiator doang

    http://monkeymotoblog.wordpress.com/2013/12/04/ketemu-motor-antik-dkw-tahun-1960/

    Suka

  31. surya berkata:

    jozzzz gandozzzz

    Suka

  32. surya berkata:

    knalpotnya yg warna hitam sekilas lihat bikin merem melek,, mirip kluaran akrapovic yak… awal liat belum baca artikel behh mantab pisan ngomong di dlm hati,,, ehhh stelah baca artikel trnyata lokalan nyak..?? muehehe
    tapi walaupun lokalan mah termasuk jozzzz lah… blh tau gk om hrga knalpotnya brapa ?
    mantab…

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Hahhaa.. setelah ditimbang timbang, gak worthy om buat motor aja harganya jutjutan hehehe…masa mahalan knalpot motor aftermarket dari mobil sama sama aftermarket juga 😀
      Teori kepanasan keujanan sompal, somplak, baret dll berlaku jadinya … sayang banget kan, kecuali duitnya bener bener berlebih, gak pake mikir dah hehehe…
      Harga 850rb slip on om…

      Suka

  33. rama berkata:

    itu tuh yg sewidak limo style nguehehe

    Suka

  34. ™Zablenx™ berkata:

    kira2 itu si shiro mau dilepas berapa kang….????

    Suka

  35. Ping balik: Gallery Video Exhaust Kawasaki Z250 « KobaYogas.com

  36. ipanase berkata:

    10 juta menguap 😀

    Suka

  37. HirRo berkata:

    Mas itu foto’a nabila jkt 48 yah??

    Suka

  38. Ping balik: Vaya Con Bios My Darling … MV Agusta Brutale 1090R | KobaYogas.com| Your Automotive Blog

  39. henry berkata:

    Mas bro lam kenal.. di part1 cerita kalo headlamp nyala bareng.. itu panjang pendek or dibikin pendek smua? Tq

    Suka

  40. Ping balik: Full Review Test Ride Honda CBR 250R 2011 – Part 1 Impresi Berkendara | KobaYogas.com| Your Automotive Blog

  41. Dimas berkata:

    Om kobay, adaptor full step bs order dimana? Haturnuhun

    Suka

  42. Ping balik: For Sale: Kawasaki Z250 FI Tahun 2013 « KobaYogas.COM

  43. Ping balik: Modifikasi Kawasaki Z250 (Part 1) – Lebih Dari Cukup Untuk Harian | KobaYogas.COM

  44. Adrian berkata:

    Bang abis berapa tuh modif z250 hehee

    Suka

  45. tony berkata:

    Mas, itu knalpot slip on atau fs ya? Klo slip on apa harus pake piggyback biar gk nembak mas? Mohon pencerahanya mau masang akra soalnya

    Suka

  46. Ping balik: Benelli Tornado 302 Hadir Di EICMA 2015, Desain Ciamik..Penantang Kuat Di Kelas 300cc? | KobaYogas.COM

  47. Ping balik: Kawasaki Z250 FI Warna Hijau Doff Ini Gahar Juga Euy..! | KobaYogas.COM

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)