The 2013 Motorcycles Awards – Versi KBY


image

Hellow lads,

2013 Motorcycles Awards Versi KBY di Tahun 2014 nih…Berhubung belakangan ini sudah tidak terlalu konsentrasi ke roda 4, jadi sudah tidak terlalu mantau perkembangannya, maka KBY mencoba menilai produk-produk roda 2 sejauh yang KBY ketahui. Catat, sejauh yang KBY ketahui loh yah. Mengesampingkan faktor 3S dan resale value, KBY berkonsentrasi kepada harga, kualitas produk, penampilan, mesin serta fitur yang ada di tiap produk. Produk diambil dari website masing masing APM, dimana berarti produk produk tersebut masih ada atau masih dijual di tahun 2013. Selain itu, hanya produk dengan harga psikologis sampai dengan 65 juta saja yang masuk penilaian, berarti Moge medium – flagship tidak akan dibahas disini.

Tidak mudah memang, dan akan ada saja pro dan kontra, bebas saja, toh ini hanya award buatan KBY bukan lembaga survey hehehe. KBY berusaha menjelaskan secara brief kenapa produk tersebut bisa menang, sulit, karena harus dibekali pengetahuan yang cukup, namun KBY berusaha sebaik mungkin lads. So mohon maaf jika masih jauh dari kata memuaskan ya…

Kategori Skutik

1. Skutik entry level: TVS Dazz
Para kandidat: Honda Beat, Yamaha Mio-J, Suzuki Next

TVS Dazz menurut KBY layak mendapatkan award ini karena memiliki lebih dari sekedar syarat untuk bertarung di kelas ini. Harga yang sangat-sangat kompetitif membuat Dazz layak dipinang oleh para new buyer. Tidak hanya itu, kualitasnya dibuat tidak main-main, begitu pula fiturnya yang lengkap dan penuh gimmick. Setuju?

TVS Dazz

2. Medium Skutik: Yamaha Mio Soul GT
Kandidat: Honda Spacy, Suzuki Skydrive

Soul GT hanya menang tipis dari Skydrive yang ada di posisi kedua, wajah gantengnya serta tubuh atletis mengalahkan SKydrive yang menang fitur dan bodi proporsional. Jika saja kaki kakinya lebih proporsional, maka kemenangan mutlak sudah pasti jadi milik Soul GT. Sedangkan Spacy walau tidak kalah dari sisi fitur namun harus puas di posisi tiga.

Mio GT street-purple

3. Retro Style  Skutik: Honda Scoopy FI
Kandidat: Yamaha Fino FI, Suzuki Lets

Honda Scoopy FI masih terlalu kuat untuk dijungkalkan oleh rival, paket yang mendekati sempurna adalah kemenangan mutlaknya. Fitur, desain dan akomodasi menjadi poin penting pada penilaian ini. Fino dan Let’s harus puas berada pada posisi dua dan tiga.

Scoopy FI Chic Cream

4. Life Style Skutik: Yamaha X-Ride

Kandidat: –

Jelas sudah kenapa X Ride menjadi pemenang, karena dia hanya bertarung sendirian, jika ada Zoomer X mungkin ceritanya akan lebih seru di kelas ini.

yamaha-x-ride

5. Big Skutik: Vario 125
Kandidat: Yamaha Xeon GT 125, Suzuki Hayate, SYM Shark 125

Penyegaran yang dilakukan Yamaha terhadap Xeon menurut KBY masih belum dapat menggeser singgasana Vario 125, hanya mendekati sih iya, menggeser belum bisa. Hayate yang tidak melakukan penyegaran apapun hanya bisa meramaikan suasana. Vario mempunyai amunisi yang sangat lengkap untuk bertahta di kelas ini.

Vario 125 Idling Stop Nitro Blue

6. Skutik Premium Medium: PCX 150
Kandidat: SYM 150, Minerva GTR150

PCX menang karena pada kelas 150, produk SYM dan Minerva tidak dapat berbicara banyak. Kandidat lain juga tidak ada pada kategori ini. SYM menempati posisi kedua disusul GTR150 dari Minerva.

PCX-150---Glamour-White

Kategori Bebek

1. Bebek Entry Level: Yamaha Force
Kandidat: Honda Revo Fit, Absolute Revo, Suzuki Shooter, Yamaha Vega RR, TVS Neo XR

Muncul di kuartal ketiga tahun 2013, Yamaha Force mengacak-ngacak pasar bebek entry level termasuk saudara sekandungnya Vega RR, dengan performa yang sangat baik dan model yang menawan. Suzuki Shooter dan Absolute Revo menempati posisi dua dan tiga di kelas ini.

Yamaha Force

2. Bebek Medium:  TVS Rockz
Kandidat: Yamaha Jupiter Z1, Honda Blade Series, Suzuki Axelo, TVS  Rockz, Honda Supra X 125 PGM FI

Kelas ini sangat banyak kandidatnya dan membuat pusing KBY dalam memilih pemenang. Akhirnya setelah mandi kembang 7 rupa di tengah malam , dilihat dari fitur, teknologi mesin, gimmick, desain, dan thinking out the box, TVS Rockz keluar sebagai pemenangnya. Walau bukan pemilik desain yang terbaik, namun secara keseluruhan TVS Rockz menang cukup telak berkat fitur, gimmick dan teknologinya. Honda Supra X 125 di posisi kedua dan Yamaha Jupiter Z1 di posisi ketiga.

rockz-normal

3. Bebek Ayago: Suzuki Satria FU150
Kandidat: Kawasaki Athlete 125, Honda CS1 125, Jupiter MX 135, TVS Tormax 150.

TVS Tormax 150 melawan dengan gigih terhadap Suzuki Satria FU150 sedangkan kandidat lain hanya bisa menyaksikan pertarungan sengitn antar keduanya. Sejujurnya Tormax menang dari sisi teknologi suspensi dan mesin yang sudah mengadopsi cairan pendingin, begitu juga dengan fitur yang ada pada bagian dashboardnya, namun di garis finis, Satria menaklukkan Tormax walau hanya dengan perbedaan tipis. Jika saja TVS merenovasi desainnya menjadi ayago tulen, mungkin ceritanya akan berbalik. Jupiter MX melenggang sendirian di posisi tiga.

Motor-Suzuki-Satria-Fu-Terbaru

Kategori Sport
1. Sport Entry Level: Honda Verza 150
Kandidat: Suzuki Thunder 125, TVS RTR 160

Verza sebenarnya hanya menang tipis dari RTR berkat teknologi injeksi dan desain yang lebih menawan secara keseluruhan. Mesin uang Honda di entry level sport ini sepertinya masih akan sulit dikalahkan dari sisi penjualan pada tahun 2014.

Verza 150 CW Marine Blue

2. Medium Sport Naked 150-180: Yamaha NVL
Kandidat: Yamaha Byson, Honda New Megapro, Honda CB150, TVS RTR 180, Minerva X Road 150S

Ini dia kelas paling gemuk dan paling heboh, NVL sang pemenang tidak menang mutlak dari yang lain terutama dari CB150R. Berkat mesin, desain dan fitur yang mumpuni lah, maka NVL berhak mendapatkan mahkota di kelas ini. . Posisi kedua disikat CB150 dengan perolehan poin cukup tipis dari sang juara. Di lain sisi, sang pemilik tubuh atletis dan wajah ganteng yaitu Byson harus puas dengan posisi ketiga akibat mesinnya yang tidak ada perkembangan dan hanya menang tipis dari TVS RTR 180.

NVL motor-motogp

3. Medium Sport Fairing 150-200: CBR150R

Kandidat: Minerva R150 New VX

Siapa kompetitor terkuat CBR di kelas ini? Betul, tidak ada. Yamaha R15 masih belum diperkenalkan secara resmi oleh YIMM. Jika jadi dilokalkan pada tahun 2014, dan CBR masih impor, secara value for money maka R15 akan menjadi pemenangnya. Tanpa belum munculnya R15 dari Yamaha, Minerva R150 tersenyum manis melenggang ke podium 2.

CBR150R.Repsol

4. Medium Sport 150cc Fairing – 2 Stroke: Kawasaki Ninja 150RR

Jelas sudah pemenangnya, tidak ada rival sepadan karena para kompetitor tidak ada yang bermain di sini. RR pun melenggang sendirian.

Ninja RR

5. Medium Sport 200-225: Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS
Kandidat: Honda Tiger, Yamaha Scorpio, KTM Duke 200

KB PNS memang fenomenal, muncul di kelas sport yang cukup bergengsi dengan amunisi cukup lengkap, kelemahan PNS hanya masih pada sistem karburator saja. Secara keseluruhan, kompetitor hanya bisa menghela nafas panjang. Gagah, ganteng dan kencang disertai teknologi mesin yang mumpuni adalah modal kuatnya.  KTM Duke sendiri kalah telak dari sisi harga yang jauh dari kata kompetitif sehingga membuat dirinya ada di posisi buncit setelah Tiger dan Scorpio.

bajaj_pulsar_200ns_bikes

6. Sport 250 – Naked Bike: Kawasaki Z250 FI
Kandidat: Suzuki Inazuma 250

Z250 FI memang ‘memiliki’ jalanan Indonesia. Kecerdikan KMI dalam membuat produk naked berbasis Ninja 250 membuat senyum lebar di para petingginya. Secara keseluruhan, Z250 memiliki paket terlengkap,fitur memadai, mesin kencang, bodi atletis, sorot mata tajam dan garang serta positioning harga yang cukup pas, membuatnya sulit dilengserkan jika kompetitor tidak mempunyai produk yang secara paket sama dengan Z250.

Z250 Kobay

7. Sport 250 – Fairing: Kawasaki Ninja 250 FI
Kandidat: Honda CBR 250R, Megelli 250 RE & RV

Kelas moge entry level ini memang unik, yang dilihat adalah value for money. Dengan duit yang dikeluarkan oleh buyer, apakah sesuai dengan paket yang didapat? Ninja menjawab keinginan para buyer di kelas ini. CBR250 sendiri bukanlah produk buruk, namun jika tidak dilakukan pembenahan pada desain dan mesin dimana poin tersebut yang menjadi pilihan para buyer, maka CBR harus puas ada di posisi buncit, karena Yamaha R25 siap launching di tahun 2014. Tanpa adanya Yamaha, maka Megelli otomatis berada di peringkat 3.

wpid-detail-ninja-250r30.jpg

Demikian lads, hasil penilaian dari KBY akan seluruh line up kendaraan roda dua yang ada di tanah air, mudah-mudahan tidak ada yang terlewat. Kritik dan saran yang membangun tentu KBY terima dengan tangan terbuka for the sake of information and knowledge. Atau ada tambahan dari lads sekalian? Mangga digeber…

Selamat kepada para pemenang ya… dan ada satu lagi, siapa yang dapat menebak BIKE OF THE YEAR 2013 dengan tepat akan mendapatkan stiker http://www.KobaYogas.com versi cutting (free ongkir ke seluruh nusantara) dan pulsa Rp. 25,000 – 30,000 (disesuaikan dengan providernya). So nantikan siapa pemenang BIKE OF THE YEAR 2013 versi KBY pada artikel selanjutnya.

Thanks for reading ya lads…

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Diskusi, Opini, Sharing dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

148 Balasan ke The 2013 Motorcycles Awards – Versi KBY

  1. Bonn Djoovy CBSF berkata:

    Pertamax Kahh??

    Disukai oleh 1 orang

  2. ArGa berkata:

    Motor gue dapet award jg bang 😀

    Suka

  3. v4hn berkata:

    senengnya motor ane menang di sport medium naked (padahal ga dapet apa-apa juga :lol:)

    Suka

  4. july berkata:

    vote nvl for bike of the year ’13..

    Suka

  5. abgtua berkata:

    hamdalah ninja ane masuk ke 250 cc fairing hehehee

    ane nebak bike of the yearnya kbp 200 ns 😀
    tuh motor kan cikal bakal blog kby. wong tulisan pertama kok:D

    Suka

  6. kudik berkata:

    Bike of the year 2013 goes to :
    Honda PCX 150

    Alasannya :
    Itu motor yang saya pake, hi hi hi

    Suka

  7. july berkata:

    dan jika hari ini ada orang yg baek hati ; memaksa saya utk beli motor+membereskan transaksinya, maka saya akan pilih Ninja150L..hahahaha..*daydreamer

    Suka

  8. green_coffee berkata:

    vario wtf bozz

    Suka

  9. david ds berkata:

    Untuk kelas medium sport naked 150 – 180 … peringkat kedua brubah ga boss ? hehehe …

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Hahahaha… Om David kocak nih…
      Yah karena faktor durabilitas serta reliabilitas memang tidak dimasukkan ke dalam faktor penilaian, karena butuh sekian lama dalam pembuktiannya, maka peringkat tidak akan berubah 😀
      Makasih masukan dan komennya hehe

      Suka

      • david ds berkata:

        Untuk ukuran seorang insurance agent yg merangkap sbg bike lover … pak boss ini termasuk orang yg ruuuaaarrr biasa … ga tertarik untuk menulis hal-hal yg berkaitan dgn asuransi kendaraan kah boss … entah soal asuransi kehilangan, kecelakaan etc termasuk soal tata cara claimnya …. hehehe … jd saya bisa numpang blajar … kan itu jg msh seputar dunia otomotif … maap yaa kalo ngarep banget … hehehe lagi ah …

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        Bukan agent, tapi employee hehehhe…ada,di blog lama, maaf lom sempet di copas di blog ini. Nanti yah ada waktunya hehehe…
        Tq loh masukannya.

        Suka

  10. ali*32 berkata:

    ngiringan kuis ah…

    BIKE OF THE YEAR : Kawasaki Bajaj Pulsar 200 NS

    lumayan pulsa pulsa.. :mrgreen:

    Suka

  11. old blade berkata:

    kampreeettt,tunggangan sndiri menang d kelas nya 😀 lirik sikupi sma z250 😛

    Suka

  12. er purpone berkata:

    bike of the year : yamaha new vixion..

    Suka

  13. denz berkata:

    Ane vote z250 aja ah.. gede tapi kompak.

    Suka

  14. mas huda berkata:

    TVS tinggal jemput bola aja tuh ke masyarakat biar lebih dikenal

    Suka

  15. bocahmeler berkata:

    kurang “Bonus of the year 2013”

    Suka

  16. asyiiiilk… motorku dapet award jugaaa….
    http://ferboesrichardson.wordpress.com/

    Suka

  17. Papa Afnhy berkata:

    anak tiriku dapet gelar juga: soul gt….
    Bike of the year buat saya z250.

    Suka

  18. Utan Svaffel berkata:

    bike of the year: vario wtf iss… fitur premium yg terjangkau soalnya, dan fungsional jg

    Suka

  19. gc133hijrah berkata:

    Motor ane vario 125, suzuki shooter, n tvs rockz masuk podium semua….
    Ente reliable article brooo… Salute…
    Ane pikir yg masuk cuma mopang aja…

    Suka

  20. ariipod berkata:

    bike of the year 2013 : honda verza 150

    Suka

  21. ariipod berkata:

    motor ane masuk nominasi, heheheee..

    Suka

  22. andikakusumaharyanto berkata:

    Big scooter 125…krang satu kandidatnya mas bro, SYM SHARK 125….secara harga dan fitur bersaing kok, kenyamanan boleh lah diadu…..waduh INAZUMA ku kalah nehh dari Z250 wakakakakak

    Suka

  23. bike of the year jelas yg paling fenomenal to mas bro, kawasaki bajay Pulsar 200 Naked Sport

    Suka

  24. BiKe oF tHe YeAR 2013
    ane coba tebak…
    Vario 125 ISS bos….. teknologi , penjualan , model fisiknya oke punya semua bos…..

    Suka

  25. genbuz berkata:

    bike of the year saya pilih nvl kang, kenapa…? Karena saya pengguna supra x helm in… Hehe…

    Suka

  26. ahmadfaisolat berkata:

    montor mimin teknologi dewa, colek gas dikit langsung terbang ngga masuk nominasi? wah ini pasti ada konspirasi honpret jadul yamatot lemot, wkwkwk :mrgreen:

    vote honda BeAT buat jadi juara Bike of The Year 2013 deh Om 😉

    Suka

  27. damar berkata:

    bike of the year ane megang z250 aja deh bang haha. btw tema blognya baru ini

    Suka

  28. subaru berkata:

    bike of the year… z250
    no problemo berarti , ninja fairing melepuh, KBP200NS air radiator botchor, baut slek, finishing kurang bagus, aftersales masih kurang (liat di grup kaskus), NVL isu asep putih (walau punya gw ga ada).. menurut ane sih bike of the year juga mesti menunjukkan plus disitunya ga cuman performa or tampang.
    oya..z250 bagus kalo item doff :mrgreen:

    Suka

  29. ari berkata:

    mantep suhu 😀

    Suka

  30. ™Zablenx™ berkata:

    Udah setahun gak mampir ke warung bang kobay….tampilan serba repsol….orange,met tahun baru kang

    Suka

  31. Duinnn berkata:

    Bike of the year 2013 honda cb150sf sampai saat ini beritanya masih fenomenal sampai ada salamnya segala.
    bebek entry + kawasaki edge
    bebek medium + kawasaki zx130
    skutik medium + honda vario 110

    Suka

  32. Leopold S berkata:

    verde ga menang nih hiks….

    Suka

  33. bolang berkata:

    vario wan tu faif iss cbs helm in komplit deh

    Suka

  34. Aan Kiye berkata:

    huaaaaaaaaaaa…
    motorku gak temasuk nominasi
    Aseek..Aseek.. Josss :mrgreen:

    Suka

  35. wkwk…
    motor ngebul gue gak ada lawan !

     

    😀

    Suka

  36. Bonn Djoovy CBSF berkata:

    klo cbsf facelift lg nanti, kaki2 kekar+tutup tengki rata, ane jamin nvl bakal nyungsep perlahan, secara gk ada lgi value dri nvl , dan om bakal milih cbsf sebagai medium sport naked 150-180, imho lho om.. 🙂

    Suka

  37. Ady cuy berkata:

    Bike of the year ……

    New v-ixion

    Suka

  38. Ady cuy berkata:

    Bike of the year

    new v-ixion om …

    Suka

  39. danisubject berkata:

    sport touring gimana 😀 . kalo gabungin sama sport ,megapro ga keliatan jauh di bawah .

    Suka

  40. Duinnn berkata:

    Kalau di website resminya masih ada, kalau masalah produksinya tidak tahu om.

    Suka

  41. samepackbowlong berkata:

    bike of the year : kawasaki bajaj pulsar 200ns
    valuenya dapet bgt, harga cuman sedikit diatas tetangga yg 150cc tapi dapetnya jauh lebih muantap, sampe tumpeh~tumpeh gan…

    Suka

  42. mariodevan berkata:

    Kemarin mau buat artikel.serupa tapi gak sempet2… motor gue si xeong gak masuk nominasi…. hiks…

    Suka

  43. Mase berkata:

    ikutan ah…saya nebak Kawasaki Bajaj Pulsar 200 NS

    Suka

  44. orong-orong berkata:

    woh ramenya, kebo tidak dilirik sama sekali, padahal motor paling safety loh karena lemotnya
    http://sarikurnia980.wordpress.com/2014/01/03/cukup-pakai-knalpot-racing-nvl-bisa-lebih-galak/

    Suka

  45. petirabang berkata:

    Bike of the year pasti Kawak N250 FI….
    kalo dia lwt pst di lirik ma cewe2…. hehehe

    Suka

  46. RvP berkata:

    Bike of the year pilih yg aman aja pilih yg punya warung si baby shiro z 😀

    Suka

  47. thebardhan berkata:

    bike of the year jatuh ketangan NVL kang karena ay pke pio 😀

    Suka

  48. Ping balik: Inilah Dia.. BIKE OF THE YEAR 2013 Versi KobaYogas.com « KobaYogas.com| Your Automotive Blog

  49. maho maho berkata:

    harusnya hondet rc211v mark marques yg dpt award. kan dia yg jurdun thn ini …

    Suka

  50. Ping balik: Official Test Ride Eklusif: New Honda Vario 110 PGM FI 2014 – Fashion Alert! | KobaYogas.com| Your Automotive Blog

  51. gandaaaaaaaa berkata:

    lifestyle skutik PCX.. im vote now.. 😀

    Suka

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s