Vaya Con Bios My Darling … MV Agusta Brutale 1090R


DSC_0656

3 hari sudah KBY melewatkan hari bersama Monster bernama MV Agusta Brutale 1090R, bagaimana kesan dan opini KBY?

KBY – Arti judul di atas adalah Arriverdci alias Sayonara atau Farewell dimana dalam bahasa Sunda artinya Pileuleuyan… aka Selamat Tinggal … Terima kasih Brutale 1090R telah menemani KBY selama tiga hari.

Sungguh aneh, nyali dan skill riding buat KBY bertambah cukup signifikan, karena saat kembali menunggangi Z250 milik om Kries J-Bikers Minggu malam lalu, KBY berani gas pol sampai limiter di lalu lintas yang relatif cukup padat. Malah merasa 250 cc 2 silinder jadi tidak ada apa-apanya hehehe. Gawat.. gawaattt

Lupakan, paragrap di atas hanya intermezzo saja, ga usah dibahas hehe. Kita konsen ke Brutale 1090R aja, bagaimana opini KBY tentang sosok eksotis dari F4 naked version ini:

Desain
Tak pelak, nyaris apapun merknya kalau Italia punya selalu ada sentuhan seni dibalik desainnya, walau seni tersebut tidak harus selalu bagus di mata setiap orang karena bisa saja beda sudut pandang. Buat KBY dari setang ke belakang no complain, hanya bentuk headlamp teardrop aja yang gak kena di hati.

Setiap lekuk tubuhnya tidak ada yang "percuma"

Setiap lekuk tubuhnya tidak ada yang “percuma”

Desain lampu yang sangat cantik

Desain lampu yang sangat cantik

Apalagi saat remnya menyala

Apalagi saat remnya menyala

DSC_0672

Signature Brutale

Signature Brutale

Ergonomi
Sangat baik, lebih baik dari Kawasaki Z250 milik KBY yang sudah awarahum dan Honda VFR yang sempat KBY tes, namun menyerupai adiknya si Brutale 675. Walau setang agak sedikit ke depan tapi tidak bikin pegal. Throttle gas pun cukup ringan, lebih ringan dari Z250, padahal sama-sama belum DBW.

Jarak pijak yang tinggi tidak menyulitkan KBY dalam menapak, pada saat saat tertentu KBY berani turun satu kaki seperti menaiki Motocross/ supermoto. Itu karena bodinya yang cukup ringan untuk badan yang masuk kategori bongsor, chasisnya pun well balance. Pun begitu saat sudah berjalan, zig zag selap selip tidak menyulitkan, pada kecepatan tinggi juga stabil.

image

image

Performa
Sepertinya untuk kelas 650cc ke atas tidak perlu dipertanyakan ya, semua rata rata powerful, yang membedakan hanya karakternya saja. Brutale 1090 cukup halus dijalankan pada kecepatan rendah sampai sedang, namun hati hati dengan gasnya lads, karena dia siap terbang sejak RPM bawah.

Tenaga: 142 HP@10300 RPM

Torsi: 112 Nm@8100 RPM

Top Speed Klaim: 265 km/ jam

Berat: 183 kg

Seat Height: 825 mm pada settingan shock terendah

Ground Clearance: 140 mm

Ban Depan-Belakang: 120/70/17 – 190/55/17

Fitur dan Kenyamanan
Fiturnya malah tidak selengkap adiknya, F3 dan Brutale 675. Tidak ada mapping banyak, hanya tersedia sport yang siap menerbangkan lads sekalian dalam satu kejapan mata. Gear position ada, penunjuk suhu mesin, RPM, speedo, informasi waktu servis, odometer,
Sayang… Pendar warna biru mengaburkan warna hitam LCDnya, sehingga menyulitkan untuk melihat info yang ada di speedometer. PR nih kalau kata KBY buat MVA.

Suspensi USD Marzocchi didepan dan Sachs progressive preload adjustment dibelakang cukup membuai, moderate bantingannya, stabil saat menikung dan kecepatan tinggi. Putaran gasnya walau belum DBW tapi cukup enteng dan tidak membuat lengan kanan cepat lelah. Yang nyeri justru ruas jari tangan kiri apalagi di kemacetan, kerasnya minta maaf.

Wow Effect
Dengan desain seperti itu, sulit bagi orang orang untuk tidak terkesima, paling tidak membuat untuk bertanya dan setelah tau mereknya, akan betah melihat-lihat secara detail dari lekuk lekuk Brutale.

image

image

Harga
Adakah suatu karya seni atau barang eksotis yang murah? Mimpi hehhehe. Tidak murah dan sulit bagi KBY untuk mengatakan Brutale 1090 seharga Rp. 425 juta ini overpriced. Ada hal hal yang sulit masuk nalar sehingga harganya menjadi tinggi. Nama, sejarah, komponen, desain, teknologi bisa membuat suatu barang pantas dihargai tinggi sebagaimana MV Agusta. Satu hal yang pasti, lads akan merasa sangat sangat spesial berada di atasnya… 🙂

Sekilas pandang: Harga OTR 435 juta. Tersedia tipe 1090R, 1090RR, 1090 RR Corse dengan rentang harga 425 s/d 545 juta. Selain Brutale 1090 , Moto Arte menyediakan Brutale 675, Brutale 800, F3, F4, F4R, F4RR, Rivale dan Dragster 800. Bisa di dapatkan di Moto Arte Indonesia Jl. Sultan Iskandar Muda No. 168 Telp 021 726 5889 dengan Mas Inggar atau Rio.

Bye bye Brutale 1090R… Terima kasih atas pengalaman yang tak terlupakan… Special Thanks to: Mase Yahya, Om Stephen dan Moto Arte Indonesia Team..

image

image

Link Video:

link HP

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Moge, MV Agusta, Tes Produk, Test Ride dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

96 Balasan ke Vaya Con Bios My Darling … MV Agusta Brutale 1090R

  1. Otogadget berkata:

    1

    Suka

  2. r6stunt berkata:

    gak nyobain f4rr skalian om?? 🙂 :$

    Suka

  3. ipanase berkata:

    berummmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm

    Suka

  4. unilovian berkata:

    Brutalle apakah sama dengan Buas??

    Suka

  5. #034 berkata:

    Hmm… Over all i highly prefer deavy to brutale.. Even they are neibor.. But seems they have diffrnt taste..even i never been experienced drivin’ with him(brutale). knowing from how ur steps touching the ground, it shows it is less comfrtable then deavy..

    Heey..checkitbrota’ the video is stunning!
    http://prestigesotomobile.wordpress.com/2014/02/18/cirebon-punya-gawe/

    Suka

  6. Bonn Djoovy CBSF berkata:

    siape tuhh pke kaos kutang?

    Suka

  7. subaru berkata:

    fork depannya pake marjuki ga jauh beda ama sepeda gw, pede nih kalo ketemu brutale di lamer 😎

    Suka

  8. siaanangke berkata:

    si shiro di jokul, disinyalir yang punya warung bakal indener pertamax *25…. :mrgreen:

    Suka

  9. Netral berkata:

    Plat nomer depan ditempel dimana om kobay?

    Suka

  10. warungasep berkata:

    Wah kapan ya,bisa naikin itu motor,hihi…
    Minimal bisa foto selfi bareng…. 😀
    http://warungasep.wordpress.com/2014/02/19/5-merk-rokok-terlaris-di-warungasep/

    Suka

  11. genbuz berkata:

    bawa Brutale di jalan raya, ibarat kondangan ngegandeng Luna maya ya kang… Hehe…

    Suka

  12. Otogadget berkata:

    Karya seni yg indah!

    Suka

  13. ninja150ss berkata:

    mongtor mahal berkonde y? tp ga da yg mencaci,tp mtr honda dicaci maki fby,apa krn murah???
    hahhahaha…..
    tuh stop lamp kl nyala jg kyk syeempaakk….

    piss

    :mrgreen:

    Suka

  14. zulfi berkata:

    Motor sempet di tes kemana aja bang? Gampang overheat nga? Temen ada yg punya f4 senna…jalan dr rumah dia di cengkareng ke tempat ane di sudirman park aja kudu beberapa kali stop gara2 overheat

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Dari rumah duren sawit ke pancoran, kena macet di pS gembrong gak smp overheat. F4 bisa jadi lebih panas karena pake fairing… Jamin panas pisan lah hehehe…

      Suka

  15. вееиТоЯ berkata:

    foto paling atas,,, olinya bocor ya om???
    padahal masih baruuu…

    wkwkwkwkwk
    peace!!!

    Vm,

    Suka

  16. вееиТоЯ berkata:

    baby shiro dh pindah tangan y om???

    wew…

    keburu anjlok…

    hahahaha

    Suka

  17. tomcat berkata:

    moge sexseeh…siga nafa urbach keur parawan

    Suka

  18. sampai bertemu lagi di garasi :mrgreen:

    Suka

  19. petirabang berkata:

    Walah… Tak kirain di peliara selamanya ??

    Suka

  20. petirabang berkata:

    No komen lah buat Brutale, dah pasti Juozzz… Tinggal nunggu review made in Italy satunya nih yg belum kesentuh, Benelli….

    Suka

  21. bikerkampung86 berkata:

    buzyyeeet……..
    itu mesin dlm keadaan nyala bisa stabil tanpa standar samping ya……
    http://bikerkampung86.wordpress.com/2014/02/19/moment-unik-ketika-di-jalan/

    Suka

  22. Bonsai Biker berkata:

    pinjem dong 😛

    Suka

  23. enoanderson berkata:

    Waww, , Bener2 bikin “Brutale Iman” si MV Brutale ini. . . 😀

    Suka

  24. dadot berkata:

    manteb nih motor, ban belakang gambot banget, bener2 perhatian pada printilan yang tiada tara 😀

    Suka

  25. ditna berkata:

    brutale 800 lg kang yg d test ride,,

    Suka

  26. Sigit berkata:

    so long, farewell, au revoir..

    Suka

  27. hihihi berkata:

    kurang pas sama peleknya aja, kelihatannya kurang mewah, yg lainnya josss….. imho

    Suka

  28. Maskur berkata:

    suangaaaaaaaar

    Suka

  29. paman sam berkata:

    cuman bisa mimpi mliki motor ni 😀
    Namanya aja dah brutal harganya ikut brutal xixixi…. Motor ga ada rangkanya.smuanya mesin 😀

    Suka

  30. old blade berkata:

    nunggu nmp dualpurpose tayang 😀

    Suka

  31. ari berkata:

    karena keseringan naik moge….Z250 pun terasa hampa tenaganya 🙂

    Suka

  32. Farrel berkata:

    Lampu belakangnya emang cantik keliantannya imho kaya Audi ato BMW.

    Suka

  33. Wong Ndeso 94 berkata:

    Enak naik moge trz #mengeni 😀

    Suka

  34. Ping balik: Test Ride: My First 15,5KM With CBR 250R 2011 | KobaYogas.com| Your Automotive Blog

  35. Om kobay manasin motor brutale sambil pake kaus kutang sesuatu bingits…:D

    Suka

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s