Full Review Test Ride: Honda PCX 150 2013 – Enjoy The JoyRide


DSC_0412

Honda PCX hadir di Indonesia sebagai pengisi kelas pasar skutik Premium dengan harga “terjangkau”. Seperti apa rasa berkendara Honda PCX 150 dalam kondisi standar ini?

Kobayogas.com – Selesainya berkunjung dari PARJO, KBY bertugas mengantarkan pulang sahabat yang setia menemani putar putar disana, dari nemenin milih milih di lapak Respiro, nemenin moto-moto Mobilio dan Datsu Go+ sampai motoin KBY nunggangin Vespa GTS 250ie. Udah gitu, ditagih minjem PCX 150 nya pulak 😀

Beberapa waktu lalu, KBY pernah juga mengetes Honda PCX 150 versi IU milik om Fatur J-Bikers. Namun kondisinya saat itu sudah tidak standar lagi. Ban diganti battlax dan suspensi menggunakan milik YSS. Yang KBY rasakan saat itu bantingannya firm, cukup jauh dari kesan nyaman yang digemborkan PCX itu sendiri. So kali ini KBY berkesempatan ngetes PCX dalam kondisi standar dan full video hehehe.

Desain

Tak perlu diperdebatkan, bodi dan lekuk tubuh PCX terutama dari samping akan membuat siapapun suka. Abaikan sisi belakang yang mirip Honda Spacy, bisa dimaafkan lah. Tampil elegan dan mewah tanpa mengurangi kesan sporty tak dapat dipungkiri adalah nilai jual PCX. Pembeli rela inden 4-6 bulan adalah bukti sahih PCX disukai banyak orang yang mampu membelinya 😀

DSC_0413 DSC_0418

Akomodasi dan Fitur

Yess… ini juga kekuatan dari PCX, satu helmet full face bisa masuk ke dalam bagasinya, tanpa susah payah. Sedangkan “boss feature” pada fairing kiri kanan PCX dapat membuat pengendaranya menjulurkan kaki dengan nyaman dan terlihat seperti bos yang sedang santai. Sayangnya ruang kaki untuk boss feature ini masih terlalu kecil, untuk kaki KBY sih pas, namun bagi lads yang bertelapak kaki panjang, ujung sepatu terlihat nongol banyak hehehe.

ISS, SSS, rem tangan dan ACG Starter, you name it…wis lah pada tahu semua ya, wong ada di Vario. Sayang pada speedo tidak ada fitur jam, walau kecil tapi cukup useful. Asiknya, semua hal yang sifatnya membuka, terpusat pada satu titik, kunci kontak. Selain untuk menyalakan mesin, terdapat pula tombol untuk membuka jok dan tutup tangki. Asik saat melihat tutup tangkinya terbuka lads.

DSC_0411 DSC_0410

Ergonomi dan Pengendaraan

Joknya empuk walau belum super empuk, pada kondisi tertentu, tonjolan yang berada di tengah jok yang berfungsi sebagai penopang bokong malah mengganggu, tapi it’s not a big deal though. Segitiga ergonominya santai, cukup membuat betah berlama-lama siapapun yang berada di atas joknya. Dengan tinggi 163cm, kaki KBY dapat memijak tanah dengan baik. Saat mencoba dibonceng, KBY merasa seperti dibonceng Honda Vario dengan kualitas yang lebih baik, menandakan suspensi nyamannya bekerja dengan sempurna.

DSC_0423

kaki menapak aman dan mantap

DSC_0416 DSC_0422

Tenaganya sendiri lebih dari cukup, settingan mesin yang terasa baru teriak saat gas diputar agak dalam ditujukan untuk kenikmatan berkendara saat stop dan go, biar tidak terlalu menghentak hentak. Putar gas lebih banyak, maka kubikasi 150 cc-nya akan ditunjukkan kepada sang pengendara, powerful. Sebagai informasi KBY butuh waktu agak lama untuk menyusul PCX 150 yang sedang melaju kencang saat dulu menggunakan CBR 150 2004 Kunyit Remasol Edition. Mengindikasikan bahwa PCX 150 sanggup dipacu kencang. Pengereman bagaimana? Cakram Hidraulis 3 Piston di depan apa gak cukup? Mumpuni sangat lah hehehe.

DSC_0428 DSC_0427 DSC_0421 DSC_0417

Soal getar, nah ini dia, sepertinya memang karakteristik matik yah, walau terdeteksi minim tapi pada beberapa kondisi seperti saat harus memutar gas setelah melewati polisi tidur getarannya cukup terasa. Hal ini pun dialami pada Honda PCX IU milik om Fatur, malah terasa lebih parah. Getar berlebih tersebut katanya salah satu indikasi bahwa CVT sudah saatnya untuk dibersihkan.

Bicara rasa berkendara, sebenarnya tidak jauh beda dengan Vario, intinya setelah kita menghabiskan duit 36,8 juta dan beberapa saat  mengendarainya, yasudah, gitu aja, gregetnya hanya ada di awal, saat sudah berkendara ya gitu, hambar. Sisanya adalah pride yang berbicara, dan kadang kala hal seperti itu yang memang pantas dihargai mahal. Siapa tidak bangga numpak PCX toh? 🙂

Spek Singkat

Mesin: 4 Langkah SOHC

Tenaga: 13,1 PS

Torsi: 13,1 NM

Kapasitas BBM: 5,9 L

Harga

On the road saat ini adalah Rp. 36,8 juta saja… Bro Adit menebusnya saat harganya masih Rp. 34 juta, hanya karena tidak ingin menunggu terlalu lama, dia berani upping 2 juta untuk dapat barang yang ready stock. See? How people willing to pay more for a PCX. Opini KBY sih masih overpriced karena dibilang terlalu spesial juga gak ya. Untuk sosok PCX dengan segala kelebihan dan kekurangannya, harga yang pantas ada di Rp. 32-33 juta, top. Yet, should you have a bunch of money, just go on.

Fakta: Versi APM tersedia hanya 3 warna, Putih, Hitam dan Merah. Harga rondonya masih tinggi, 2012 dihargai 31-33 juta tergantung kondisi. Rasa berkendara dibandingkan Vespa (kata pemilik Vespa sekaligus PCX) lebih “asyik” naik Vespa. Oia…Bro Adit harian milih pake Mio 😀

Special thanks: Om Adit Belut atas pinjaman PCXnya yang kinyis kinyis dan foto-fotonya yang ciamik

Silakan ditatap videonya sepuasnya ya…

Kasih bonus deh

sama aku enakan mana dilihatnya?

sama aku enakan mana dilihatnya?

Tentang Kobayogasblog

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Honda, New Product, Sharing, Tes Produk, Test Ride, Vespa dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

107 Balasan ke Full Review Test Ride: Honda PCX 150 2013 – Enjoy The JoyRide

  1. july berkata:

    makin top review’nya..monggo Lek Kob c[_]

    Suka

  2. ndiks berkata:

    Maknyosss….

    Suka

  3. ali Zibbeni berkata:

    Ahhh bonus nya sudah pernah, ganti dunk gan haha

    Suka

  4. r6stunt berkata:

    kenapa daritd bonusny selalu berbaju biru????????
    btw ni cbr/vfr versi matic y?
    #lirik facia ny,,,,,,,,,

    Suka

  5. noveri22 berkata:

    Jadi kesimpulannya feel naik PCX udah kaya naik vario yg di upgrade

    Suka

  6. rezaholic berkata:

    tinggal brugman nih

    Opini: Kenapa yah suzuki brugman bisa murah banget?

    OPINI: Suzuki Brugman, Wait And See Aja!

    Suka

  7. KUDA jingkrak berkata:

    pernah liat 1x di daerah x-deres… Ngeliat yg bawanya enak bangad dan santay… Kyak sdng dduk di mobil xixixi 😀

    Suka

  8. Bonn Djoovy CBSF berkata:

    dikit lagi nih om, ane akan julukin ente raja testride wkwkwk

    Suka

  9. KUDA jingkrak berkata:

    ciri khas om KBY… Sendal kodok,clana pendek ma rompi jg x yaaa 😀
    Mungkin sifat orangnya x ya.. Santai enjoy dan ga mau ribet… 😀

    Suka

  10. touringrider berkata:

    Weleh. Makin ngeces

    Suka

  11. dadot berkata:

    waduh bingung nih milih picek ama si prima ya *ceritanyalagipunyabunchuang :mrgreen:

    Suka

  12. Aan Kiye berkata:

    Tuh.. kan, gak ngajak2..

    Suka

  13. MbahManten berkata:

    Salah satu matic impian, tapi mahil. Nunggu Vario 150nya, kayak apa coba besok. Bisa dapat 2 Vario.

    Suka

  14. sijidewe berkata:

    om kobay lago sibuk memilih dan memilah kayaknya nih heheh 😆

    Suka

  15. Gokil sekali berkata:

    Vario bore up, pke baju gede hehe

    Suka

  16. gc133hijrah berkata:

    Jika brugman 200 dibawah 30jt, vario 150, pcx 150 udah ga ada bayangannya lg d kpala ane

    Suka

  17. st3v4nt berkata:

    Fitur SSS apaan yak ? 😀

    Suka

  18. Jeremy Clarkson berkata:

    Kalo Burgman 26juta mau ambil gak? apa masih tetep primavera? hehhee

    Suka

  19. Sigit berkata:

    bonusnya.. kalem..

    Suka

  20. rdx berkata:

    jika burgman 25 jt,, bagaimana nasib si pcx ini,,

    Suka

  21. warungasep berkata:

    Wuih tiap minggu ganti motor… Tajir bingiiiit nih om kobay,hihihi…

    http://warungasep.wordpress.com/2014/03/10/prolog-cerita-the-man-never-dies/

    Suka

  22. smartfaiz berkata:

    Komen sandale wae ahh…. sandal sejuta umat… persis sandalku 😆

    Suka

  23. Mas Sayur berkata:

    wooh.. yang IU ada “fitur” getar juga , to..? 😉

    Suka

  24. Farrel berkata:

    Wah nyaman ya sayang msh kemahalan mnurutku, jd cukup Mio sporty. Oya, temn om itu Mio thn brp?

    Suka

  25. Farrel berkata:

    Iya om thn 2005, wah sama dong tp punyaku thn 2007.

    Suka

  26. petirabang berkata:

    di lht dari samping sih oke…. di lihat dari belakang ?

    Suka

  27. cahyadip berkata:

    Pengalaman saya pake pcx150 ini sd skrng di km 6000an terpakai, nyaman buat jalan jauh juga (ajeg dan balance serta wheelbase yg lebih panjang daripada vario125).
    Buat meliuk2 asik sekali serta saat idle walaupun jinjit tdk terasa beratnya (disain manteb). Kalo vario125 impresi saat jalan seperti tdk balance serta terasa pendeknya jarak duduk thd stang.
    Masalah getar CVT, memang pcx150 disain rumahnya gampang kemasukan kotoran (tdk seperti disain vario110).
    Saya ganti rollernya pake sliding roller (lebih minim getar)….sekian kang he he

    Suka

  28. Ping balik: Pojok Opini: Pilihlah Vespa Jika Lads Suka Skutik Retro Berkarakter… | KobaYogas.com| Your Automotive Blog

  29. Ping balik: Pojok Opini: Pilihlah Vespa Jika Lads Suka Skutik Retro Berkarakter… | KobaYogas.com| Your Automotive Blog

  30. Ping balik: Tematis Vespa: My First 35.1 KM Ride With Azzurro Marechiaro Vespa Primavera (Part I) | KobaYogas.com| Your Automotive Blog

  31. Ping balik: Tematis Vespa – Test Ride Review: Handling dan Braking Vespa Primavera Azzurro Marechiaro(Part II Habis) | KobaYogas.com| Your Automotive Blog

  32. Ping balik: Exlusive Daily Test Ride: Honda PCX 150 2012 (Part I) | KobaYogas.com| Your Automotive Blog

  33. Ping balik: Tematis Honda PCX 150 2012: Performa, Suspensi, Handling, Konsumsi BBM dan Harga (End) | KobaYogas.com| Your Automotive Blog

  34. Ping balik: Akhirnya PCX Versi AHM Resmi Hadir, Tapi Belum Ada Kepastian Harga… | KobaYogas.com| Your Automotive Blog

  35. Ping balik: All New Honda PCX 150 2014: Kupas Tuntas Performa, Handling, Kenyamanan dan Harga « KobaYogas.COM

  36. ni motor gw pake punya temen, kegedean body, udah kaya jetski, wkwkwkw..
    mending mio klo ini sih..

    Suka

  37. rafen berkata:

    mending kymco bang, ga ada getaran,tarikan atas,bawah,okkk, . . Coba test drive motor KYMCO bang di jamin ga nyesel..tks

    Suka

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)