Tematis Vespa – Test Ride Review: Handling dan Braking Vespa Primavera Azzurro Marechiaro(Part II Habis)


jazz dan primavera

Kobayogas.com – Melanjuti artikel kemarin lads, masih seputar handling dan diteruskan dengan braking impression, mangga siapa tahu bermanfaat nambah nambah knowledge..

Handling (Continued)
Awalnya, pengendalian memang terasa kaku, maklum sudah terbiasa bawa SkuPang..walau menurut KBY jika dibandingkan LX dan S bahkan GTS series, Primavera sudah jauh lebih baik, cukup penurut dan mendekati kemudahan riding milik SkuPang.

Primavera

Dengan setelan tekanan ban yang sebelumnya sudah KBY sesuaikan dengan feeling berkendara, bantingan suspensinya sudah moderate dan dapat diterima. Masih agak keras, terutama saat melintasi jalan beraspal jelek atau sambungan jalan seperti pada flyover misalnya…tapi pada akhirnya diketahui ternyata tekanan bannya masih terlampau tinggi.

Di kemacetan, memang agak sulit meliak liuk diantara mobil mobil awalnya, namun setelah cukup beradaptasi, hal tersebut cukup mudah dilakukan, walau tetap belum semudah SkuPang. Pada jalan mulus, disinilah perbaikan suspensi oleh Piaggio berperan, gak lebay, tapi suwer, nggeleser mulus, stabil sekaligus nyaman. Addicted!!

Mungkin KBY harus mencoba PCX agak jauh sebagai komparasi bagaimana kenyamannya saat melaju di atas aspal mulus. Yang jelas, Scoopy yang suspensinya termasuk nyaman, harus mengaku kalah.

Braking
No offense Primavera, but your brake at the front is awful… Betul, awalnya KBY beropini mungkin karena kanvasnya belum bedding in, wong KM masih Nol. Namun setelah berjalan nyaris 40 km pun masih terasa sama. Nyelosor bin nyelonong.

primavera discbrake

KBY yang terbiasa mengandalkan pengereman dengan porsi rem depan lebih banyak, terkejut saat menarik tuas rem depan, bisa dibilang hampir tidak ada efek kecuali kita menariknya lebih kencang lagi atau memadukannya dengan rem belakang. Jadi teringat Vespa jadul yang remnya di kaki hehehe. Untuk performa rem belakangnya sendiri tidak ada komplen. Lebih dari cukup.

Sebenarnya hal ini bertolak belakang dengan hasil test ride Steve Farrel dari Visordown yang mengatakan rem depannya cukup baik. Mungkin ada perbedaan kualitas kanvas rem antara eropa punya dan rakitan Vietnam. Keknya sih gitu. Kalau mau pakem katanya pakai merk Malossi, testimoni kawan bilang pakem banget tapi 3 bulan habis. 160rb dalam waktu 3 bulan? Hmmm… Really something.

Brake lever Primavera

Untuk pengereman, even Scoopy is slighty better than Azzurro, oia mirip Vario gen 1 deh karakter rem depan Azzurro, masih agak nyelonong walau sudah ditarik full, harus dibantu rem belakang. Penasaran apakah jika sudah 100 km masih seperti itu karakter remnya…

Oke lads, itulah pengelaman First Ride sejauh 39 kilometer bersama Vespa Primavera. Sayang Azzurro masih di opname euy, padahal kangen bingit mau riding lagi.. Kecanduan 😀

Mangga digeber … Thanks for reading and sharing lads..

KobaYogas from WordPress for Android

Tentang Kobayogasblog

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di New Product, Sharing, Test Ride, Vespa dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

86 Balasan ke Tematis Vespa – Test Ride Review: Handling dan Braking Vespa Primavera Azzurro Marechiaro(Part II Habis)

  1. otogadjet berkata:

    Assalamualaikum…

    Suka

  2. otogadjet berkata:

    D opname brapa hari?

    Suka

  3. otogadjet berkata:

    Masih penasaran sm gambar k3.
    apa yg ada d balik cover deket suspensi depan?

    Suka

  4. hayyu motor berkata:

    Pada saat di starter, apa langsung jreng dan tidak mengeluarkan suara kasar, mas?

    Suka

  5. Mas Odi berkata:

    dibanding R25, sisi cantiknya motor ini paling dicari :mrgreen:

    Suka

  6. aripitstop berkata:

    Rem ganti sandal jepit pasti jos

    Suka

  7. noveri22 berkata:

    Om itu masih ada saklar lampunya ya?

    Suka

  8. st3v4nt berkata:

    Seperti sudah di duga….

    Suka

  9. Fitready berkata:

    vario gen 1 mmc di rumah rem depan pakem gan, malah pas nyoba vartec iss cbs temen rem depan nyelonong & sering mau nyruduk kendaraan didepannya.

    Suka

  10. curut ngepot berkata:

    reviewnya kok sama persis spt naikin punya liberty adik ane gan cuman bedanya di liberty waktu stater ada bunyi bletak kencriing criiing! 🙂

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      ini juga masih ada sih tapi gak sekenceng sukupi atau beat… hehehe

      tapi somehow saya suka bunyi bletak, berkarakter… kalau gada bunyi serasa aneh malah wakakaka…dah biasa matik lain juga bunyi kecuali Vario dan PCX

      Suka

  11. genbuz berkata:

    Hadir kang…

    Suka

  12. Sigit berkata:

    kok opname?

    Suka

  13. 0yoo berkata:

    kl yg liberty brp hargane?

    Suka

  14. ali*32 berkata:

    remnya ABS..
    Asal Berenti Sukur..
    :mrgreen:

    Suka

  15. Mase berkata:

    jooosss motor mahal

    Suka

  16. r6 berkata:

    owwwww…. gass polll om…………. wkwkwkkwkw awas dlosorrr. la rem depan ngloyor wae….. wkwkwkwkkwkwk

    Suka

  17. batosay234 berkata:

    Eta remnya agak masuk angin kang, saruwa sama punya abdi primapera. Trus abdi bawa keberes dikerokin, pakeman deh… 😀

    Suka

  18. bintang kecil berkata:

    Udah mas .. Diterima saja segala kelebihan dan kekurangannya .. Tetap ditunggu riview berikutnya .. Juu◦°˚°◦os♐gandoos⌣… 😀

    Suka

  19. AryoBlackstar berkata:

    semoga juga bisa punya..
    om kobay… bagi benih pohon duitnya dong…

    BOXX : Skuter Elektrik Unik nyentrik dan sangat as the box banget

    Suka

  20. mogesan berkata:

    Salam kenal Om kobay. Kampas rem merk Malossi habis dalam waktu 3 bulan itu jalan brp km? Kalo jalan 2000-3000km sih ya murah juga,

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Betul, kita jangan patokan ke bulan yah, ke jarak tempuh, makasih. 3 bulan itu teman saya jerambah kemana mana, harian bisa 40-50km PP, weekend bisa 60-70km katanya.
      Kalau kita pukul rata 50km/hari x 30 hari = 1500km… 3 bulan dah bagus donk yah berarti hehhee…

      Suka

  21. dedisuryana berkata:

    rem-nya ABS.. Agak Blong Sedikit 😀 jadi was-was juga nyetir Vespa rada seruntulan. mungkin inilah kenapa, Vespa-an enakan santai tanpa grasak-grusuk hehehe

    Suka

  22. petirabang berkata:

    Pdhl udh cakram kan, kok msh nyelonong ?

    Suka

  23. thedeadbone berkata:

    om tes bbm nya dong…motor woles nih kalo ngirit emang kudu dibungkus buat nemenin vespa kumbang babe ane

    Suka

  24. ari berkata:

    ternyata lampunya ngak AHO 🙂

    Suka

  25. RPMspeed berkata:

    yang depan kalipernya ditambah 2 ato 4 om .biar kaya preestel (freestyle) 😀

    —————————————
    Ganti Shroud CB150R-mu

    Modifikasi Ganti Shroud Honda CB150R

    Suka

  26. Maskur berkata:

    mantaaaaaaap bosss

    Suka

  27. Kuda putih berkata:

    mannttaabbb
    mau tau ninja karbu vs ninja fi kencengan mana?? ne jawabnya http://adiezz86gasspoll.wordpress.com/2014/03/25/33/

    Suka

  28. fachruldeanca berkata:

    Mantep om kobay 😀 btw itu lampunya belum AHO yakk?

    Wujud asli dari Yamaha tricity terungkap sudah

    Suka

  29. Leopold S berkata:

    Coba kasi tau Vespa, pakai nama resmi Azzura saja. Lebih keren itu. primavera kok jadi inget nama liga sepakbola ya..

    Rem ga dicek dulu bro, waktu persiapan delivery kadang lolos ga distel

    Suka

  30. hihihi berkata:

    bodinya gimana kang, banyak besinya kaya vespa jadul atau udah banyak plastiknya ?

    Suka

  31. agus herianto berkata:

    Numpang nyundul bro… Primavera ane juga klo di rem nyelonong aje..n mau tanya juga koq ane ga dpt buku manualnya yak..
    Cmn dpt buku garansi,toolkit doank..

    Suka

  32. Ping balik: Akhirnya, Plat Nomor Polisi dan Buku Manual Primavera Datang Juga | KobaYogas.com| Your Automotive Blog

Tinggalkan Balasan ke dedisuryana Batalkan balasan