Pojok Test Drive: KIA Rio 2013 MT Limited Edition


Kia Rio

Grill Tiger Nose… Signature produk KIA saat ini

KIA Rio hadir dengan misi meramaikan kelas sesak yang dipimpin Honda Jazz… Cukupkah amunisi mobil yang satu rancang bangun dengan Hyundai Gran Avega ini?

Kobayogas.com – Finally… artikel mobil lagi hehehe…Beberapa waktu lalu di Bandung, KBY berkesempatan untuk mencoba mobil hatchback 1400cc andalan KIA, yaitu KIA Rio MT Limited Edition. Kebetulan Rio ini dimiliki oleh adik ipar KBY yang dulu menebus si Baby Shiro Z250 milik KBY..

Desain
Garis guratan signature Peter Scheyer mantan kepala desain Audi begitu membekas pada lekuk tubuh KIA Rio. Bahkan KBY pribadi menyebutnya sebagai baby Audi A3, Audi banget lah pokoknya. Gagah, tampan, futuristik sekaligus sophisticated. Dari sisi bentuk, tidak ada keluhan bagi KBY, dilihat dari sisi manapun, ganteng. Tak salah jika desain ini memenangkan Reddot desain pada tahun 2012 silam.

Kia Rio

Sudah terdapat sensor mundur

Kia Rio

Velg standar sudah 16″ – Paket limited edition

Interior

Kia Rio

Bentuk Dashboardnya sederhana

Kia Rio

Pemilihan padu padan warna cerah malah membuat efek cheapy, tombolnya lengkap

Kia Rio

Tombol-tombol lengkap dan terlihat modern, terdapat steering switch untuk MID

Bicara kualitas material kabin, terlihat KIA Indonesia berusaha menekan harga agar dapat terjangkau oleh konsumen Indonesia. Sebagai merek ‘pinggiran’ (non jepang), memang hal tersebut yang menjadi salah satu nilai jualnya.

Plastik interior biasa saja, cukup baik dan lebih baik dari beberapa merek Jepang, hanya desain dashboard yang monoton membuat cepat bosan, untungnya bentuk serta tata letak tombol yang sporty bisa menjadi penyejuk hati.

Fitur
Tanpa adanya ABS dan EBD, fitur gimmick lainnya cukup mumpuni dan lengkap untuk menghibur hati. Audio walau masih single DIN tapi sudah multi read termasuk colokan USB. Suaranya yang dikeluarkan dari 4 speakernya lumayan, cukup lah .

Justru gimmick paling banyak ada di seputaran MID. Lengkap ada konsumsi BBM rata rata, real time, sisa jarak tempuh, trip A dan B, eco indicator, Gear Position sampai petunjuk arahan perpindahan gigi yang pas pada setiap posisi gigi atau kecepatan. Bentuknya anak panah, seperti yang terlihat dalam foto. Oia KIA sudah memberikan bonus sensor parkir untuk produk ini.

Kia Rio

Panah kiri menunjukkan posisi Gear dan arahan waktu perpindahan gigi. Panah kanan adalah konsumsi bbm rata rata

Kia Rio

Setelah beberapa saat average bbm berubah menyesuaikan driving style

Mesin dan Performa

Walaupun tidak buruk dan cukup memadai, tapi dengan kubikasi mesin yang hanya 1400 cc menurut KBY agak nanggung ya… karena bodinya itu sudah menyiratkan mobil kencang… sayang banget kalau lagi lari kenceng disusul sama mobil yang bentuknya biasa aja misalnya hehhe.. Harusnya desain berbanding lurus dengan performa.

Mesin Gamma 1,398 cc DOHC dual CVVT 94 PS@6000 dengan torsi 124,5 Nm @4700. Sayangnya mesin ini seperti mesin Hyundai dan KIA lainnya cukup sensitif dengan BBM, sebenarnya isi premium tidak masalah, tapi sekali dapat yang busuk maka suara dan gejala knocking (ngelitik) akan mudah terdengar.Idealnya memang Ron 92, pasti berasa lebih joss.

Tarikan ataupun tenaga awal cukup, tidak menghentak hentak dan berlangsung smooth, paling enak sih saat cruising di gigi dua atau 3 dengan RPM di atas 3000, tenaga terasa penuh dan siap dilesatkan. Berhubung jalanannya tidak mendukung untuk full throttle maka top speed pun tidak bisa dikail… Namun saat berjalan dengan kecepatan 60-80 km/ jam, Rio tenang dan nyaman dikendarai…

Kia Rio

Transmisi manualnya sudah 6 speed

Handling dan Stabilitas

Handlingnya patut dapat jempol, begitu juga dengan stabilitasnya, walau memang harus dilakukan tes lebih comprehensive lagi agar didapatkan impresi total. Hal ini terbantu oleh velg ukuran 16″ dan ban 195/55/16, pas untuk mendapatkan handling yang baik, namun trade off nya adalah konsumsi bbm pasti.  Suspensinya mirip mirip keluarga Honda, firm… mengisyaratkan mobil dengan pengendalian dan kestabilan di atas rata-rata. Bagi yang kurang suka mungkin akan terasa kurang nyaman, tapi buat KBY sih pas.

Akomodasi & Visibilitas

Ruang kaki belakang tidak terlalu luas, namun cukup lah bagi keluarga kecil dengan penghuni rata-rata bertinggi 160-170 cm. Tersedia banyak glove box dan bagasi yang cukup lapang. Namun tingginya bibir bagasi agak menyulitkan untuk memasukkan maupun mengeluarkan barang yang berat. Pastikan hal ini tidak menjadi masalah buat lads ya…

Visibilitas ke belakang terbatas

Visibilitas ke belakang terbatas

Ruang kaki belakang lumayan

Ruang kaki belakang lumayan

Tapi kalau jok dimundurkan menjadi sempit

Tapi kalau jok dimundurkan menjadi sempit

Kia Rio

bibir bagasi tinggi

bibir bagasi tinggi

Harga dan Value For Money

Harga merujuk dari website KIA adalah sbb:

– Tipe MT 6 Speed Rp. 184,500,000

– Tipe AT 6 Speed Rp. 198,500,000

Menilik dari desain, teknologi mesin, fitur gimmick dan kualitas berkendaranya, KBY of opinion kalau KIA Rio ini diset dengan harga mepet dengan valuenya… andai saja diberikan fitur safety lebih lengkap, maka value for moneynya akan dahsyat. Pun begitu, pastikan lads tidak bermasalah dengan resale valuenya, mengingat ini brand non Jepang.

Mangga digeber … Thanks for reading and sharing lads..

KobaYogas from WordPress for Android

Tentang Kobayogasblog

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di KIA, Test Drive dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

91 Balasan ke Pojok Test Drive: KIA Rio 2013 MT Limited Edition

  1. wiro gak pake sableng berkata:

    absen.

    Suka

  2. puguh05 berkata:

    naksir mobilnya, saingan sama hyundai avega yg baru,,,
    kalo masalah jok baris kedua, mobil apapun (yg pernah dipake) bener2 musuhan sama yg dibelakang supir kalo bapakku yang nyetir :mrgreen:

    Suka

  3. Wahyu berkata:

    Bodi belakangnya gw suka mas
    Meskipun hanya semacam VW Golf wannabe 😀

    Suka

  4. Nelvian berkata:

    entah kenapa belakangan, para desainer bikin kaca belakang dengan visibilitas rendah…
    misal CRV RM, Fiesta, Rio dan lainnya…

    Suka

  5. Red Satellite berkata:

    Untuk desain rio memang sangat baik..
    Tapi tirsi mobil ini sangat payah, sehingga termasuk boros di kelasnya. Bahkan dibanding dengan mesin 1.5L rio relatif lebih boros terutama yg MT..

    Suka

  6. bintang kecil berkata:

    Ni mobil termasuk maknyuss dikelasnya, kalo saya sih no problem dg 1400cc, seingat saya air bag nya cm satu yg di sopir yaa? Selebihnya maknyuss ..

    Suka

  7. bintang kecil berkata:

    Ni mobil termasuk maknyuss dikelasnya, kalo saya sih no problem dg 1400cc, seingat saya air bag nya cm satu yg di sopir yaa? Selebihnya maknyuss .. …

    Suka

  8. nbsusanto berkata:

    bentuk kia rio memang uapik banget.. jujur disini desain brand jepang kalah..
    mengenai mesin.. umm.. keren sik 6 speed.. tapi dengan power di bawah 100 hp rasanya agak gimana gitu soalnya rata-rata pake 5 speed..

    Suka

  9. bintang kecil berkata:

    Kalo saya sih lebih seneng yg kia rio mas, toh mesinnya juga sa.ma, yaa selera aja kali yaa .. Avega juga bagus sih

    Suka

  10. KUDA jingkrak berkata:

    tampak depan manis… Blakangnya sih slera aja x ya heeee… Yg jlas saya gak suka nih mobil.sebab ga ica belinya wkwkwkwkwkwk 😀

    Suka

  11. ridertasik berkata:

    ngantuk om baca nya #akurapopo :mrgreen:

    Suka

  12. cahyadip berkata:

    Saya pernah pake All New Picanto dari october 2012 sd november 2013 (1 tahun lebih) dan kemudian ganti ke honda freed…tampaknya produk KIA yg ini kenyamanan. Dan performanya masih beda kelas (dibanding produk jepang) imho

    Suka

  13. ari berkata:

    horee….artikel mobil 😀

    Suka

  14. motobikerz berkata:

    Pameran Ducati Superbike Owners berakhir Minggu 6 April
    http://motobikerz.com/archives/2846

    Suka

  15. ari berkata:

    mobil kia yang di indo fiturnya banyak yang di sunat…contohnya saja carens

    Suka

  16. wtf170 berkata:

    wewww…6 speed

    Suka

  17. dimas ramadhan berkata:

    hehe sori kang kalo gak salah rio ada abs nya deh, cmiiw, cuma emang sih yang disayanginnya airbagnya cuma satu ._.
    kalo yang saya denger denger sih dari forum di kaskus kenapa tarikan awalnya biasa aja soalnya settingan ecu disesuai’in sama kualitas bensin indonesia kang ._. cmiiw lagi hehe

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Iya bener akhirnya dapet juga spek mayan lengkap, ada ABS tapi gak disebut ada EBD, di literature lain ada EBD bahhh kok gada yang konsisten gini yak 😦

      Suka

  18. Aluvimoto berkata:

    kerenan versi sedannya
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    sayang jadi taksi 😆

    Suka

  19. initial_d berkata:

    sekarang malem jumat yah….ampun dah ……

    Suka

  20. 4G92Mivec berkata:

    Huhuhu…mobil idaman saat ini 🙂
    Mantab!

    Mau Mobil Jadi Unyu-unyu, Pakai Velg Rilakkuma 🙂

    Suka

  21. jonfis fandy berkata:

    160-170 cm nyamannya yah? Gw 177 kurang enak dong kira2?

    Suka

  22. Bonn Djoovy CBSF berkata:

    gedean tenagane mobilio om klo cuma sgitu.. ya kan?

    Suka

  23. AryoBlackstar berkata:

    Mobil korea lumayan.. kalo motor korea malah nyungsep…

    ____________________________________

    Proses bikin Part Aftermarket Nih..

    Produk Aftermarket Bagaimana Cara Buatnya?

    Majalah Motor dan Komputer Bulan April 2014

    (Magz Update) Majalah Motor dan Komputer Bulan April 2014

    Modif NVL New Vixion Lightning Gaya StreetFighter, Sangar, kekar

    (Modifikasi) Modif NVL New Vixion Lightning Gaya StreetFighter, Sangar, kekar

    Kuliner Mboyolali, Jadah Goreng Maknyuus

    ( Kuliner Mboyolali ) Jadah Goreng yang Maknyusss

    Suka

  24. dreamer berkata:

    Secara umum, menurut saya mobil korea emang coba nawarin value. Setuju sama KBY, untuk rio ini fiturnya masih kurang. Agak susah saingan sama kompetitor Jepangnya.
    Sebagai mantan pengguna Livina, Vios, plus sekarang pake City E a/t, jelas saya sama sekali ga tertarik dg Rio. Udah keenakan sama power 118 ps nya City plus paddle shift. hehehe….
    Tapi untuk urusan motor, selara saya sama kayak om KBY: primavera biru langit! masih belum nemu tukang plat nomor palsu.

    Suka

  25. genbuz berkata:

    hadir kang.

    Suka

  26. mariodevan berkata:

    kurang gimana gitu ya??krn masih ada hyundai avega kompetitor dari korea lainnya…

    Honda Mobilio Sabet Otomotif Award “Car of the Year”

    Suka

  27. cHuRuTzZZ berkata:

    mobil mobil kia tahun 2004 keatas sebenernya value for moneynya dapet, modelnya juga udah ga kalah keren koq, bahkan ane bilang lebih keren ini…..tapi ya itu harga secondnya kalah ama jepang,,,sbenernya perkaranya karena merk aja sih menurut ane, soal kenyamanan ama mobil jepang yang harga secondnya sekelas rasanya jauh masih enakan korea….kenyamanan mobil korea itu berada ditengah tengah mobil jepang ama eropa,,, coba aja bandingin naik taxi yg pake limo lama ama taxi kia rio yg lama, pasti keliatan banget bedanya enakan rio, walaupun kalah model, tapi skr modelnya nggak kalah lagi…..

    Suka

    • cHuRuTzZZ berkata:

      memang rata2 produk kia akselerasi awalnya agak boyo, tapi begitu masuk 2500 RPM keatas dah kayak orang ngamuk tuh mesin, cepet naiknya, apalagi ditol lurus

      Suka

  28. Sigit berkata:

    hmmm.. #manggutmanggut

    Suka

  29. Andrian berkata:

    asekk-aseekk aseeekk…ngiri ana ma blogger yang satu ini test ride mulu 😀

    Suka

  30. tempe berkata:

    Iya om, Klo hyundai memang sensitif soal bbm. Bahkan picanto adik juga begitu diisi premium timbul suara ngelitik..

    Suka

  31. Axelin21 berkata:

    perlu di ralat tuh…
    http://www.kia.com/id/MODELS/Cars/Rio_RHD/index.htm

    kia rio tenaganya 107 ps, Gamma 1.4 Gasoline Engine 107 ps / 13.8 kg.m..
    Trus ada ABS nya karena saya sendiri udah pake, hehehehe

    Suka

  32. rahmadya berkata:

    banyak amat gigi nya .. jadi pusing. sy ambil yang matic

    Suka

  33. cupcake berkata:

    ikut nyimak

    Suka

  34. heru berkata:

    sorry bro, Rio sudah ada ABS dan EBD

    Suka

  35. anne berkata:

    Baby shiro apaan a ?hehehheheheh

    Suka

  36. Ping balik: First Drive: Kia Sportage 2.0 Diesel CRDI – Torsi Mantap Handling Jempolan | KobaYogas.COM

Tinggalkan Balasan ke genbuz Batalkan balasan