Bore Up Mesin? Bukan Tidak Boleh..Tapi Hati-hati Lads…Honda Old CBR 150 Repsol Edition


AGV, Monster and CBR

Kobayogas.com – KBY ingin sharing pengalaman saat memiliki Honda Old CBR 150 Repsol Edition di tahun 2012 lalu. KBY menebus si Oren dari juragan tengil pengusaha muda yang sukses mas bro Seno sang pemilik Vespa S 150, CBR 600 dan Ducati Diavel  yang pernah KBY tes beberapa waktu lalu.

Begini ceritanya, masbro Seno ini sembalap amatir, hobinya disalurkan di Sentul dan sempat mengikuti beberapa seri kejurnas (kelas apa KBY lupa) serta sempat juga menyabet gelar rookie of the year bersama Old CBR besutannya. Karena ingin menebus CBR 250 yang baru launching di 2011, Seno ingin melepas old CBR nya karena tidak ada yang ngurus, gayung bersambut, KBY yang tebus.

Saat pertama kali dibawa pulang

Saat pertama kali dibawa pulang dari tempat Seno, langsung merasa ganteng up to 75%

Namanya motor balap, speknya sudah tidak standar lagi, berikut yang KBY ingat ya:

  • Mesin sempat bore up 200 cc, saat ditangan KBY sehernya ukuran 50 jadi berapa tuh? 😀
  • CDI BRT 6 step – remote
  • Knalpot DBS Thailand

KBY lupa soal jetting jettingannya… ora urus, yang penting motor idaman dari jaman kuliah bisa ketebus hehehe… Nah saat menebus, bro Seno sebenarnya sudah wanti wanti kalau oli harus sering dilihat, minimal seminggu sekali karena sering menguap. Disini fatalnya kelalaian KBY… Serasa ngurus mobil, oli si Oren hanya di cek dua minggu sekali kadang sebulan sekali.

Bersama si sulung

Bersama si sulung

Hingga pada suatu ketika, kelalaian KBY dan kontribusi kecerobohan mekanik langganan bro Seno mengakibatkan mesin mati… gara-garanya saat menyeting CDI di bengkel, si mekanik lupa ngecek oli, padahal oleh owner bengkel sudah diingatkan, dan KBY pun terlupa karena asik ngobrol dengan Sentot eh Seno… Alhasil saat sedang cruising di kecepatan 80-90 km/jam, tepat di atas jembatan Slipi tiba-tiba mesin si Oren stall… tenaga ngempos dan langsung bunyi klotok klotok hadir… KBY pun harus rela mengendarai si Oren sampai kantor dengan bunyi klotok-klotok dan confirm itu seher dah jebol…

bersama si bungsu

bersama si bungsu

Saat mampir dulu ke bengkel terdekat untuk isi oli, semuanya sudah terlambat, satu liter oli tertelan semua ke mesin si Oren, tanpa sisa, ini artinya tidak ada pelumas sebelumnya di dalam mesin si oren.. hadeuhhh… akhirnya KBY memanggil Paul, mekanik langganan yang sekarang buka bengkel PITLINE untuk bedah si oren di rumah… ini temuan Paul; Water jacket tertutup hasil bore up dan babetan pada silinder head, jadi yang seharusnya air radiator mengalir ke sana untuk mendinginkan mesin terhambat, sehingga pendinginan mesin mengandalkan oli saja. Jajan deh ngorek tabungan habis nyaris 6 juta saat itu untuk mengembalikan mesin si Oren ke standar lagi…

Saat dibongkar sama Paul

Saat dibongkar sama Paul

Thus… kalau lads ingin melakukan bore up dan sejenisnya, banyak bertanyalah pada mekanik yang mengerjakannya, apa yang Do’s and Don’ts sehingga tidak mengalami kejadian seperti yang KBY ini.. Karena kebelet ingin menebus si Z 250, si Oren pun di lepas dan sekarang berada di tangan yang tepat… 🙂

No Honda No Sex

Mangga digeber … Thanks for reading lads..

KobaYogas from WordPress for Android

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Bengkel, Honda, Modifikasi, Sharing dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

122 Balasan ke Bore Up Mesin? Bukan Tidak Boleh..Tapi Hati-hati Lads…Honda Old CBR 150 Repsol Edition

  1. onk berkata:

    Coblos FBH,, (hihihi)

    Suka

  2. antena_Gidil_parabola^^ berkata:

    cbr old… hmmm

    Suka

  3. isal berkata:

    Yg penting jgn lupa nyoblos kang, klo perlu coblos’e dibore up ampe 600cc..heuheuheu..

    Suka

  4. cahyadip berkata:

    Wow bore up edition, saya ngga pernah otak2 mesin kecuali “ganti merek” he he
    BTW nice share kang…(which make you the nice guy wk wk)
    http://cahyadip.wordpress.com

    Suka

  5. gundra berkata:

    WoW “NO HONDA NO SEX”

    Suka

  6. ridertasik berkata:

    ini salah satu bukti motor oprekan ga cocok buat harian,jln umum bukan sirkuit kan 😆

    Suka

  7. ridertasik berkata:

    dari cbr 150 ke z250 upgrade motor kereeen donk,nah dari z250 ke vespa apaan ya nama nya buahahahahahahahaha 😆

    Suka

  8. Bonn Djoovy CBSF berkata:

    akankan jdi honda family again?/

    Suka

  9. motogokil berkata:

    memang jika untuk harian, versi standar pabrikan paling jiss
    jika di-oprek maka pasti ada yang dikorbankan, salahtaunya adalah oli

    Suka

  10. jhonspeaks berkata:

    keren om bonus fotonya hahaha

    Suka

  11. nbsusanto berkata:

    motorku honda..jadi.. *efek liat gambar terakhir* 😆

    Suka

  12. Lovemotobike berkata:

    ternyata dulu fbh 😆

    motor korekan emang ga ada enak-enaknya buat harian…walaupun bisa kenceng, tapi kalo keseringan bisa rentan jebol/rusak

    daripada ngebore up motor, mendingan ngebore down perut aja, lebih septi :mrgreen:

    ————————————————-
    syereem gan cbrnya, 180 kmpj

    http://lovemotobike.com/2014/04/09/rekor-top-speed-cbr-150-fi-di-youtube-tembus-180-kmjam-0-170-kpj-cuma-35-detik-gendeng-tenan/

    Suka

  13. prasetyo676 berkata:

    Pabrikan dah melakukan perhitungan matang saat merancang mesin.

    nitip, Honda LS125, slim tapi keren.
    http://prasetyo676.wordpress.com/2014/04/09/honda-ls-125-slim-dan-keren/

    Suka

  14. aripitstop berkata:

    Wow…keren dapet 200kpj
    Ajiiiib

    Suka

  15. gc133hijrah berkata:

    Ane mau bore up, tp yg aman aja, alian engine swap. Udah pernah di megapro ane, pk mesin tiger half cut. Nanti juga vario ane mo ane bikin half cut pk mesin pcx 150. Bahkan ngerjainnya di ahass lo….

    Suka

  16. Mase berkata:

    ajibbbb…nyoblos dulu ah sambil bawa supra fit…honda juga kan neng eh…

    http://satuaspal.com

    Suka

  17. ninja150ss berkata:

    aku yo due honda berarti 1 aliran sm yg bawah donk???

    Suka

  18. achmadarif berkata:

    setahu ane cbr 150 utk durability max 170 cc
    klw r15/nvl/R125 max 188 cc klw lebih dari itu jdi water jacket

    Suka

  19. bonusnya…???
    huaasyeemm FBH only 👿

    Suka

  20. genbuz berkata:

    hadir kang…

    Suka

  21. iso ngalhke nsr sp ane dulu gak ya..130 kpj aja dah serem padahal gas belum mentok

    Suka

  22. gc133hijrah berkata:

    Pm ane aja kang @daerah bogor. Itu ahass bintang 4. Udah pernah bikin cs1 engine swap pk mesin cbr150 juga. Bahkan masuk tabloit m+, makanya ane jd tertarik buat engine swap half cut disana, waktu itu biayanya 6jt, mesin baru semua.
    Ga enak kalo dikasi tau d kolom komentar.

    Suka

  23. nivikoko berkata:

    Kunyit remasol sudah bore up om… Dilelang sama orang yang tepat?? Siapa yooo.. Wkwkwkkwkw

    Suka

  24. nelvian berkata:

    ada penampakan stream, wagon idaman waktu jaman sd dulu…

    Suka

  25. d-santo berkata:

    klo diliat sih kayaknya bukan potongan sembalap. jadi yaaaaa. gitu dehhhhh. ronpal kabeh…. wkwkwk….

    Suka

  26. wtf170 berkata:

    kl piston diameter 50 jd 110cc an…kayak shogun lama….
    lawong diamter seher cbr standar 63,5 kok….ngahahaha

    Suka

  27. Aditya berkata:

    Haha b0nus.e ngeri 😀
    Sengaja ditonj0Lkan 😀

    Suka

  28. Mas Dani berkata:

    hmm 6 juta hmm…

    Suka

  29. enoanderson berkata:

    R2 kepengenan ane nih om…. 😀
    *ngiler dah 😛

    Suka

  30. jonfis fandy berkata:

    no honda no sex? wah diluar negeri emang honda dikenal sebagai mobil rice..eh lupa lagi ganti nickname 😆

    Suka

  31. Pamiarsa Tea berkata:

    Wooww.. lumayan ageung jajan na Kang.. Choplok atuh mereun..

    Suka

  32. ari berkata:

    wah….ternyata dulu keluarga honda 😀

    Suka

  33. wtf170 berkata:

    bukan bikin kok …tp beli sepaket…banyak toko yg jual…blok+piston keramik SRP….yg asli wtf ane simpen…jadi kl pengen balik standar cepat

    Suka

  34. gc133hijrah berkata:

    @wtf170.
    Total jendral abis berapa tuh? Kalo ga enak nyebut harga pm ane kang……..
    Ane perkirakan kalo full pcx 150 buat vario wtf ane bakalan abis 4jutaan-5jt….. Mesin asli pcx baru. Beda sama dulu megapro 200cc ane, ane ga ganti head sama rasio gigi, tetap pk asli mpro yg 5 speed, tp gearset pk tiger…. Hasilnya…. Tiger asli kalah…. 😀
    Karna wtf kan ga kaya megapro yg ada rasio giginya…… Ane udah pake per cvt pcx sama roller 15gramnya suzuki, masih berasa kurang torsinya buat nanjak panjang…. @tangkuban perahu.
    Solusi dr mekanik ane ya engine swap half cut lagi, biar aman buat harian dengan penguapan oli yg tetap standar. Cuma 4jutanya itu yg ga asik…… Kalo ada reviewnya kang wtf170 asik juga tuh, udah berapa lama pk wtf bore up, trus kekurangannya apa dll dll
    hahaha….. Motor matik itu kaya android aja, harus d upgrade…
    Soalnya ane biasa pk yg 200cc…. 😀

    Suka

    • william berkata:

      ahaha tau nih yang di cibinong ya bengkelnya? itu mahal banget emang.. mending beli sendiri paketannya tapi pasang tempat lain, tapi emang dia punya bengkel canggih itu yg bikin mahal, udah gitu kalo ga salah prosesnya lama sama dia bisa 2 minggu lebih kemungkinan dia riset dulu sana sini. cuma masih ragu nih mw bore up WTF ke paketan pcx ato 170nya SRP.. kayanya sih ambil paketan PCX ntar, tapi buat CVT ambil custom dari SRP. sisanya mampir ke cibinong beli ecu unlimitednya biar joss.. @om kobayagos ngeboreup emang bikin keringet dingin soale ga bisa sembarang ditinggal emang.. kalo bisa dipantengin.. kalo mekaniknya payah sih gitu deh akibatnya.. btw setting CDI emang hati2 temen ane gara2 pengapiannya kegedean seher pecah… saran sih setting juken ke brtnya langsung, kalo ane sih naekin 1 step fjetnya, sama limit rpm naekin.. sisanya jgn diutak atik..

      Suka

  35. Ping balik: Review Old CBR 2004 Repsol Edition – Kelebihan dan Kekurangan dan How To Buy « KobaYogas.COM

  36. er berkata:

    utk mesin yg memakai radiator, sangat riskan sekali utk bor up sampe menutup water jacketnya, kl water jacketnya di tutup, lah trus airnya lewat mana?(modifikasi yg keliru), harusnya water jacketnya di geser, bukan di tutupi.modifikasi mesin utk harian, mmg sangat terbatas sekali, tidk bisa bore up extreme, mending main kompresi dan pengapian, jauh lebih aman. Salam bikers…

    Suka

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s