Appearance Review: Kawasaki Ninja RR Mono 250 cc


Merunduk lads

Merunduk lads

Kobayogas.com – Rasa penasaran akan sosok asli Kawasaki Ninja RR Mono pupus sudah… Hari Senin 14 April kemarin, KBY berkesempatan melihat, meraba dan menumpaki produk terbaru Kawasaki yang masuk kategori fenomenal ini. Dengan sudah melihat sedekat itu, apa opini KBY terhadap sosok Ninja RR Mono?

Berlokasi di dealer milik Kawaindah Perkasa area Pasar Rumput Jakarta, dengan mengendarai si Azzurro saat jam makan siang, KBY tiba di lokasi pas bingit dengan turunnya hujan yang cukup deras namun sebentar, untungnya Azzurro KBY masukkin parkiran agak menjorok ke dalam, jadi aman 😀

Sebelumnya, sang pemilik dealer, Koh Homi menginformasikan bahwa ada dua unit RR Mono di dealernya, satu warna merah dan satu lagi warna hijau, yang merah sudah siap kirim, kalau beruntung KBY bisa melihat yang merah. Karena berangkat menjelang makan siang, KBY pasrah kalau tidak sempat melihat unit berwarna merah. Ternyata sampai lokasi yang merah masih ada namun sudah naik ke atas pick up, koh Homi pun siap-siap berangkat. Atas ijin beliau, KBY boleh stay dan foto-foto, “Asal jangan lo bawa pulang aje ye, dah punya orang tuh..” ujarnya dengan logat betawi kental.. KBY nyengir doang.

Desain

Sosoknya memang gagah, walau jika gagah beneran, masih lebih gagah P2NS, beneran loh. Ini karena tubuhnya yang ramping, hanya sedikit lebih besar dari Ninja RR 2 stroke. Secara keseluruhan bodynya aduhai, dibanding KRR sih jelas menang ini ganteng dan sportynya. Jikalau RR Mono memang diproyeksikan sebagai pengganti KRR, maka KRR bisa pensiun dengan tenang karena penggantinya dari sisi desain jauh lebih modern, lebih dinamis dan lebih ganteng.

Dari depan, parasnya debatable dan bukan selera semua orang, kadang terlihat gagah kadang pula terlihat culun.. Oia baru ingat, wajahnya seperti robot Voltus V… hehe.

Voltus

RR Mono

RR Mono

Kualitas perakitan tak seburuk yang dikira, semuanya wajar, setang rapih, celah antar part pun rapat. Catatan KBY ada pada tutup plastik rangka kiri dan kanan yang terlalu mudah dicabut, untungnya masih ada baut yang menahan sehingga kekhawatiran lepas saat berjalan bisa ditepis.  Lampu sein yang menonjol keluar… hmmm aneh sih, kenapa gak disamakan dengan kakaknya ya yang menempel tipis di bodi. Harus hati hati di jalan raya walaupun dibuat dari bahan yang lentur.

RR Mono

Nongol, kurang safety untuk selap selip

Nongol, kurang safety untuk selap selip

Speedometer, benar yang dikatakan Ipan P7, mungil bingit, KBY ragu apakah saat berkendara nantinya bisa terlihat cukup jelas atau tidak, kurleb seperti miliknya Byson namun ini lebih pipih. Sayang karena accu dicabut, KBY tidak bisa melihat penampakan speedometer saat menyala. Dari sisi belakang, bentuknya cukup proporsional, buritan yang tinggi menonjolkan sosok motor sporty. Lubang knalpotnya pun sedap dipandang.

Speedometernya mungil

Speedometernya mungil

Tangkinya jika dibandingkan dengan milik kakaknya, Ninja 2S dan Z 250, jelas terlihat lebih mungil, karena kapasitasnya pun dipangkas menjadi hanya 11 liter saja. Letaknya sengaja diposisikan agak ke atas, tujuannya menurut brosur, agar lengan bagian dalam bisa ‘bertumpu’ pada tangki saat berbelok rebah.. Jadi misalnya belok rebah ke kanan, lengan kiri bagian dalam akan bertumpu pada tangki… yang KBY tangkap sih seperti itu, coba ah kapan-kapan pake apa tapi ya, masa si Azzurro 😀

Samping tangki dilapisi plastik

Samping tangki dilapisi plastik

Jok pengendara juga bisa dibilang relatif kecil, let alone jok boncenger, hanya sejengkal lebih dari tangan KBY saat diukur. Nyaman? Ya harus dicoba sih, testing is believing. Footpeg menganut sistem las langsung pada sasis, bukan tipe baut. Terdapat plastik pada sisi kiri kanan tangki, sebenarnya sih jadi mengaburkan otot-otot rangka trellis, tapi tujuannya agar paha dapat menjepit tangki dengan nyaman.

Jok RR Mono

jok boncenger mini

jok boncenger mini

Footstep kembali menggunakan alas rubber seperti Ninja karbu, bagusnya tidak akan merusak alas kaki kita lads. Selain itu juga mengurangi efek slip pada alas kaki. Spion ciri khas Kawasaki, lancip dan sporty look, bisa dilipat dengan mudah seperti kakaknya jika dibutuhkan. Harusnya Yamaha bisa belajar banyak dari Kawasaki untuk desain spion 😀

Foot Step dilapisi karet

Foot Step dilapisi karet

Ergonomi

Jelas, RR Mono ini diset sebagai motor yang sport ridingnya kental sekali alias racy, walau setang tidak berada di bawah yoke, namun posisinya ada sedikit dibawah tangki sehingga memang merunduk. Kekerasan kopling ada pada posisi moderate, tidak terlalu keras namun juga tidak lembut.

Kaki KBY yang menggunakan sepatu kerja dengan alas tipis, mau tak mau harus jinjit…tinggi KBY sendiri 163 cm. Soal pegal atau tidak, memang harus tes jalan, percuma jika hanya diam saja hehehe.

Posisi riding racy

Posisi riding racy

Masih jinjit aje :D

Masih jinjit aje 😀

Kelengkapan lain

Bohlam menggunakan merek Osram Bi-Lux dengan daya 60/55 watt. Seharusnya sih cukup terang. Ban depan belakang memakai Dunlop, ukuran depan 100/80/17 sedangkan belakang berukuran 130/70/17. Velgnya sendiri menggunakan Enkei.

Bohlam lampu Osram Bi-Lux 60/55

Bohlam lampu Osram Bi-Lux 60/55

Velgnya sudah enkei

Velgnya sudah enkei

Suspensi belakang sudah menggunakan link yang dinamakan Kawasaki sebagai Uni-Trak, nahh begini memang harusnya 😀 dengan 5 penyetelan ketinggian. Ukuran garpu depan mirip dengan kakaknya, yaitu 37mm saja.

Ciri khas link Suspension

Ciri khas link Suspension

Opini

Jika berniat mencari motor yang moge look, sebenarnya RR Mono ini masih kurang besar, dia masih agak terlalu mungil untuk dikategorikan moge, bahkan untuk entry level. Namun jika hal tersebut tidak jadi masalah, maka RR Mono layak dipinang bagi pencinta motor sport. Harga saat ini Rp. 39,9 juga cukup mengingat info yang KBY dapat, mesinnya mentah mentah mengadopsi milik KLX 250 yang dikenal punya torsi joss itu. Kualitas plastiknya cukup tebal saat KBY coba ketok-ketok. KBY sendiri gimana? Belum dapet chemistry nya lads 🙂

Tentang Kobayogasblog

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Kawasaki, New Product, Opini, Sharing dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

88 Balasan ke Appearance Review: Kawasaki Ninja RR Mono 250 cc

  1. debelleh berkata:

    siang om..

    Suka

  2. ipanase berkata:

    aku kapan ya

    Suka

  3. debelleh berkata:

    Baru saja kemaren ay ganti olie si bokek ke kawasaki margonda liat si mono, display speedo nya itu loh, Gak bakalan keliatan kalo udah jalan kecil pake banget.

    Suka

  4. debelleh berkata:

    Kalo setangnya terlalu menunduk info dari mekanik kawak bisa dibalik katanya…….(kiri jadi kanan donk)

    Suka

  5. ninja150ss berkata:

    yg fotoin itu sp bang??
    kan mampir sndr to?
    jgn2,spg nya yg disuruh motoin

    😀

    Suka

  6. KUDA jingkrak berkata:

    jangan oom…. Ingat umur klo mo minang si mono…. Tkut berurusan sama tukang urut melulu ntar xixixixi 😀

    Suka

  7. leave a reply berkata:

    jadi ambil ini apa R25 nih om?

    Suka

  8. leave a reply berkata:

    jadi ambil ini apa R25 nih om?….

    Suka

  9. baris93 berkata:

    belum dpt kemistri..? faktor usia kah..? hehe..

    mnrt ane nie motor pas gak terlalu gde buat harian,
    dan memiliki jok paling romantis buat pacaran..

    mboncengen pacar orang jga boleh..

    Suka

  10. cahyadip berkata:

    Wow merabanya itu lho….nyari kemistri nya qi qi
    http://cahyadip.wordpress.com/2014/04/15/i-want-molot/

    Suka

  11. z250 owner berkata:

    tahan iman sampe mei 😀

    Suka

  12. gc133hijrah berkata:

    Ane udah pernah nyobain nih motor @dealer motorave cibubur, kayanya sengaja buat tes, ane nanyain klx 150l, malah ditawarin nyobain ninja rr mono keliling2 dealer aja. Just 1 word aja, “Respect”. Ane ga sanggup bawa rr mono buat harian. Setang dibawah segitiga macam megelli 250, bikin susah belok, dan membungkuk, ni motor buat yg langsing ajalah…..

    Suka

  13. ali*32 berkata:

    buat yg badan kurus enak kali yee.. kalo badan segede ane, naik Z250 aja berasa kurang gede :mrgreen:

    Suka

  14. motobikerz berkata:

    Chevrolet Spin Activ resmi diluncurkan GM Indonesia
    http://stephenlangitan.com/archives/86920

    Suka

  15. bams berkata:

    keren.. lampu depan mirip empunya blog,
    wups, didudukin voltus V sampe bolong plastik jok nya, smoga yg empunya ga baca..
    ohya, dapet bonus helm KBC ipan gogon series gak ???

    Suka

  16. RPMspeed berkata:

    Tampan dan pemberani hahahha 😀

    ———————————————
    Test Ride New Supra X
    http://rpmsuper.wordpress.com/2014/04/15/sensai-berkendara-new-honda-supra-x-125-fi/

    Suka

  17. genbuz berkata:

    biar jinjit tapi masih keliatan keren kang…

    Suka

  18. jackalride berkata:

    kok mas kobay kelihatan tambah gendut ya… ups
    _________________________________
    Bocoran mengenai dua motor sport AHM yang masih misterius

    Bocoran misterius dua motor sport AHM

    Suka

  19. kodokijo berkata:

    Bro, ngomongin Voltus V jadi inget masa lalu nih, hiks… baru sadar kalo skrg udah bangkotan, hiks… Megaloman nya mana bro? wkwkwkwkwkwkwk… iya bro, emang ramping nih motor. Bakalan banyak alay di jalan nih. Tenaga gede body semlohay, eh, langsing…hehehe…

    Suka

  20. d-santo berkata:

    cepet pinang om. nemenin si shiro..

    Suka

  21. ari berkata:

    daripada ini ane tetep milih ninin double silinder 😀

    Johammer J1, Motor Listrik Bertampang Siput Laut

    Suka

  22. adi_blackvixy berkata:

    Bukannya RR mono ini stangnya emang di bawah yoke ya om..?
    Klo ga salah ane di awal2 bacanya begitu..

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Sori sepertinya salah pemahaman, betul penjepitnya yang berada dibawah yoke, tapi posisinya melengkung ke atas, jadi kalau dibilang tidak berada dibawah Yoke, betul… karena posisinya (tangan kita) jadi di atas Yoke.

      Suka

  23. ridertasik berkata:

    jgna bakal nyeri cangkeng mun touring tasik-jakarta :mrgreen:

    Suka

  24. boneka berkata:

    Eleh eleh eta robot voltus V aya keneh wae gambarna,

    Kolot pisan euy, 😛

    Suka

  25. nubi berkata:

    Tenkuken…!!!

    Suka

  26. Reza Rider Xeon berkata:

    Kayaknya cocok nih nemenin beat ane…. 😀

    Suka

  27. KomMotor berkata:

    Edass.. manggih motor di dealer bisa dibahas sadetail kituh…
    Sakalian weh.. taranjangan motorna Kang…
    Salut lah Pak Ketu.. 😀
    http://komputermotor.com/2014/04/16/video-kartun-motogp-austin-2014-gak-bosenin-kayak-racenya-d/

    Suka

  28. warungasep berkata:

    Siiip yamaha kudu kursus nyieun spion ka kawasaki,hahhahaha..spion spion mio dimotor sport… 😀
    http://warungasep.wordpress.com/2014/04/16/sungguh-malang-nasib-honda-cs1-ini-gan/

    Suka

  29. motor batangan berkata:

    Hmm.. Di foto dan saat gue liat launchingnya setang di bawah yoke/triple clamp/segitiga atas ah. Siapa yg salah nih?

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Si Om gak salah, tapi saya juga benar, clampnya dibawah yoke, tapi posisinya tetap di atas karena bentuk stangnya naik ke atas, gak lurus sejajar…hehehe

      Suka

  30. Ping balik: Intermezzo: Link Video Kawasaki Ninja RR Mono by Kobayogas.com | KobaYogas.com| Your Automotive Blog

  31. bikerkampung86 berkata:

    keerrrreeen…….
    sayang pas kmaren ane gak sempat test ride

    Suka

  32. Ping balik: Official Price Kawasaki Z250SL – 38,9 juta Non ABS – 44,9 juta ABS | KobaYogas.com| Your Automotive Blog

  33. Ping balik: Meet Kawasaki Z 1000 – Cadas Bingit Tampangnya…!! | KobaYogas.com| Your Automotive Blog

  34. aprasakti berkata:

    Gak cocok buat ane nih kayanya, gan

    Suka

  35. Andre berkata:

    Siang mas KBY, pengen dong riview tes ride rr mono nya. Klo bisa sekalian video tes ride nya juga hehehee. Saya kepincut nih sama rr mono. Tp sebelum beli pengen nya sih di pastikan dulu semuanya 😀 soalnya nih daerah saya di medan gak pernah sekalipun terlihat melintas di jalan ni rr mono, di showroom kawak nya juga gak bisa tes ride, di youtube suara rr mono nya di geber tanggung. Jd kurang puas dah saya. Ya kalo bisa sih mas. Klo gak bisa juga gpp hahahaa 😀

    Suka

  36. My computer warning to open your site. Are you sure it is viruses free?

    Suka

  37. Ping balik: Komparasi Singkat KTM RC200 vs Kawasaki Ninja RR Mono, Mana Paling Pas Karakter Mesinnya? | KobaYogas.COM

  38. Ping balik: Hot dan Pedas: Speedometer Honda New CS1 K56 Full Digital..! | KobaYogas.COM

  39. Ping balik: Promo Menarik Pembelian Kawasaki Ninja RR Mono di Palembang | KobaYogas.COM

  40. fani berkata:

    robot voltus..voltus V sahabat kita semua..yang angkatan 80an pasti nyambung.. 🙂

    Suka

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)