Menjelang Peluncuran Yamaha R25.. R25 vs CBR vs Ninja, Siapa Pemenangnya?


wpid-r25-prototype-2013-11-21-1.jpg

Sebagaimana Yamaha R15, Yamaha R25 yang juga merupakan klan dari YZF R series begitu dinantikan kemunculannya oleh para pencinta roda dua tanah air. Spesial karena ini pertama kalinya Yamaha menggelontorkan motor berkubikasi 250 cc 2 silinder DOHC dengan status lokal!!

Kobayogas.com – Spy shot Yamaha R25 sudah merajalela di jagad blog sphere, walau hanya sepenggalan namun sudah bisa membuat euforia paling tidak di kalangan penggemar roda dua. Belum lagi info terbaru yang mengatakan R25 akan meluncur bulan Mei ini. Mengapa begitu dinantikan?….

Ini adalah artikel ke sekian yang KBY buat untuk R25, selebihnya bisa diintip di sini dan di sana…Mirip seperti kasus Yamaha R15, R25 merupakan motor pertama Yamaha yang dibuat di Indonesia dengan kubikasi terbesar setelah Scorpio. selain itu, labelnya yang masuk ranah premium membuat penasaran para penikmat roda dua yang jumlahnya massive ini. Bedanya, R15 sudah bisa dinikmati bentuk dan desainnya lebih dahulu karena sudah hadir di India beberapa tahun lampau, sedangkan R25 merupakan motor yang benar-benar baru dibuat, dimana kemungkinannya sangat besar bahwa Indonesia akan menjadi world premier launching Yamaha R25.

wpid-wpid-yamaha-r25-india-launch.jpg

Kubikasi, desain dan power membuat Yamaha R25 disetarakan dengan dua pabrikan besar lainnya yang sudah lebih dulu bermain di kelas yang KBY sebut sebagai Moge entry level. Betul, Kawasaki dan Honda sudah terlebih dahulu terjun bersama Ninja 250 (karbu dan Injeksi) dan CBR 250. Loh CBR 250 pantesnya vs RR Mono bro…betul jika dari sisi mesin, tapi dari sisi harga CBR naik ke atas…So pasnya ya bertiga ini.

Walau spesifikasi lengkap belum ada tapi KBY akan coba membahas ketiganya, simple, tanpa perbandingan angka-angka rumit agar lebih mudah dicerna terutama bagi KBY sendiri 😀

Desain

Belum ada rilis dan official pictures yang menunjukkan dengan jelas sosok Yamaha R25, oleh karena itu yang paling mendekati adalah model konsep serta renderan milik lek dap Joe MotoBlast… Dari sisi ini, terlihat R25 sebanding dengan Ninja FI, namun R25 pastinya akan terlihat lebih segar karena Ninja dan CBR belum melakukan facelift sehingga R25 mendapatkan poin penuh dengan 5 bintang, Ninja 4,5 bintang dan CBR 3 bintang.

new-render-yamaha-r25-2014honda_cbr250r_2014wpid-detail-ninja-250r30.jpg

Mesin

Sekali lagi, spesifikasi mesin R25 belumlah gamblang, oleh karena itu KBY ambil spek prediksi yang mendekati yang diambil dari autos.maxabout.com, dari sini jika benar adanya, maka Yamaha R25 akan menjadi yang terkuat (35 hp dan 28 Nm) dari Ninja dan CBR. Ditambah jumlah silinder yang dobel, berarti suara yang dihasilkan akan khas sebagaimana multi silinder lainnya, sesuatu yang tidak dapat diraih oleh mesin silinder tunggal. Raihan 5 bintang pantas diberikan untuk R25 jika seperti itu, kedua adalah Ninja dengan 4,5 bintang dan CBR dengan 3,5 bintang.

wpid-all-you-need-to-know-about-yamaha-r25.jpg

Harga

Disebutkan bahwa R25 akan dilepas dengan harga tidak lebih dari 50 juta, sehingga perkiraan akan bermain di 47-49 juta. Jika demikian, maka Yamaha R25 akan berada diantara CBR dan Ninja. Dengan spesifikasi sementara yang ada maka bisa saja R25 meraja disini dari sisi penjualan, mengingat faktor kejenuhan dapat mendera di market karena selama ini hanya ada papan atas Ninja dan CBR saja

Fitur

Jika rumor yang dihembuskan benar adanya, maka  Yamaha R25 harus berlapang dada, karena suspensi belakang kompetitor sudah menganut sistem link yang lebih baik dari pada konvensional. Ninja dengan Uni-Trak, Honda dengan Pro-Link. Link pada suspensi ini bukan sekedar pemanis atau sesuatu yang dibuat agar terlihat keren, jika useless untuk apa pabrikan membuang uang dan waktu demi riset Suspension Link? Untuk keseharian mungkin tidak akan terlalu signifikan, tapi jika sudah turun sirkit atau banyak tikungan, maka Link akan sangat terasa manfaatnya.

Ini seperti kita membicarakan gigi 6 pada roda dua, mau dipakai kapan dan dimana? Ya terserah yang punya, mau kecepatan 50-60 dan memakai gigi 6 tidak masalah. Bukan berarti gigi keenam itu harus dipakai saat kecepatan di atas 100 km/jam kan? Jika gigi 6 tak berguna, untuk apa pabrikan membuatnya? Ibarat menyebutkan fitur pada gadget juga, tidak harus dipakai fiturnya tapi wajib ada…hal seperti ini yang akan menambah value suatu produk.

Dari beberan singkat di atas, posisi puncak masih dipegang Yamaha R25, kedua Ninja FI dan ketiga CBR. Mari berharap R25 masih bisa berbenah dengan menggunakan Monocross pada suspensi belakangnya, agar sebagai produk yang muncul belakangan, bisa menjadi raja di kelasnya, bukan produk yang nanggung…

Ciri khas link Suspension

Link UniTrak Kawasaki

Pro-Link milik Honda

Pro-Link milik Honda

Monocross Yamaha

Monocross Yamaha

Lebih dan kurangnya seputar komparasi, KBY mohon maaf ya…Mangga digeber lads….

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

Iklan

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Diskusi, Honda, Kawasaki, New Product, Opini, Yamaha dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

107 Balasan ke Menjelang Peluncuran Yamaha R25.. R25 vs CBR vs Ninja, Siapa Pemenangnya?

  1. machalesana berkata:

    pertamax

    Suka

  2. Dzk berkata:

    Mungkin untuk awalnya r25, maklum ephoria produk baru dan fresh

    Suka

  3. jauaeotz berkata:

    kuanggeur eta c monocross nyak mang kobay haha

    Suka

  4. motobikerz berkata:

    pesan bro..

    Simak secara detail Yamaha Vixion “Daytona Proven Performance” saat berlaga di IP 150 Indoprix 2014 http://motobikerz.com/archives/3924

    Suka

  5. tile berkata:

    klo performa r25 vs ninja fi kmngkinan 11 12 krn kduanya sma2 mnganut 2 slinder, klo disegn r25 mngkin msih bsa sdikit diatas ninja fi tp klo performa blum tntu diatas ninja fi mengingat ninja fi mng sngat superior diperformanya dbnding motor 250 cc lainnya,.tp mw r25 atw ninja fi yg lebih kencang hnya beda tipislah mnurut ane krn spesifikasi mesinnya hmpir mirip..!?!

    Suka

  6. dax berkata:

    Om kobay galau nampaknya….ayooo om ntar launching langsung ambil R25nyaa…just forget the Z 😀

    Suka

  7. adityaprad berkata:

    Juosz dikupas tuntas oleh kang k0bay

    Suka

  8. genbuz berkata:

    sing penting elegan kang…

    Suka

  9. RPMspeed berkata:

    menang ninja 😀

    ———————————–
    Teknologi LED Display di Velg
    http://rpmsuper.wordpress.com/2014/04/30/putar-film-di-velg-dengan-led-screen/

    Suka

  10. Gillar berkata:

    abdimah nyekel KTM RC250 weh lah….. wkwkwkwk

    Suka

  11. cahyadip berkata:

    Penasaran dgn teknologi disain dua silindernya r25, crossplane kah? Belum ada yg meripiu 🙂
    Kalo iya crossplane, kelebihan dan kekurangannya apa tah?
    Skrng mulai umum parallel twin…
    http://cahyadip.wordpress.com

    Suka

  12. cahyadip berkata:

    Satu lagi wak, bisakah di upgret/bore-up/square-up/stroke-up menjadi 300cc?

    Suka

  13. cahyadip berkata:

    Waduh salah kamar uyyy wkkkk wkkk

    Suka

  14. ali*32 berkata:

    ngke sore ka CP moal? ningali nu (silinder) jomblo..
    :mrgreen:

    Suka

  15. numpang_lewat berkata:

    wah.wah….yg lg galau menunggu kelahiran dedek baru..#eh salah
    menunggu brojolx R25…
    sptx lbh keren si zhiro tuh om…???
    hehehe…
    piss….FBY jgn ngamuk

    Suka

  16. numpang_lewat berkata:

    eh…salah ketik
    shiro ya om, bukan zhiro.
    hehehe

    Suka

  17. Bro_Jol berkata:

    bused tadi malem pada ngga tidur apa?? nonton real madrid yah..wkwkwk..
    pagi2 komentator udah ninggalin jejak begini..
    Liat spyshot2 R25 kenapa ya aku kok kurang sreg??
    kok masih ada kok nya itu loh

    Suka

  18. myf berkata:

    Baca diwarung TMC & IWB kayaknya positif gk pake link suspensi blkang kang kobay, bentuknya juga positif cupu sport touring kayak biasa, trus buat apa kemarin dipajang prototypenya , padahal model jauh banget……asli kecewa kang….mungkin cuma engine yg sesuai harapan……motor kampret lg nih yg keluar, dikelas 250cc kalo sy boleh nilai, desain terbaik ada di ninja mono, lebih proporsional sebagai motor berfairing. Drpada pusing, ngayal dulu beli rangka r15, modif dikit pasangin bodi r125, pasangin engine r25…josss….

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Hehehe bisa jadi itu anglenya kurang jos…kita lihat foto aslinya aja, kalau foto asli masih kurang, ya kudu liat langsung kadang langsung suka lebih cakep loh…gak semua fotogenic…

      Suka

  19. 2wheel lover berkata:

    Motor semprot tnpa link/monocross the asa kmh q2 kang,mun dina tuangeunmah siga sayur asem t make bukur/sayurana… 🙂
    Tp salutlah kuringmah kanu ngadesign r25 na,kasep euy .

    Suka

  20. Om kobay udh main2 tebak aja nih soal desain..
    Menurut ane, desain mah masih kabur om..
    Jd blm layak utk menaruh R25 di posisi puncak..
    Lagian ninja250 FI juga desainnya masih bisa dibilang fresh lah utk motor 250cc, masih ga ketinggalan jaman istilahnya.. 😀

    Suka

  21. bdt berkata:

    1thn ke depan msh kawak sih,

    thn ke 2 plg r25 seimbang ama kawak

    thn ke 3 kawak refresh model, cbr mbuh

    Suka

  22. bdt berkata:

    kata fb smart khan kelas ini adalah segment org cerdas toh ?

    jadi agak susah 1 merk mendominasi kelas ini, yach plg 11-12 komposisinya.

    iklan kejuarann di kelas ini ngak ngaruh, kecuali emang fb tulen

    Suka

  23. r6 berkata:

    om kobay galau gara gara mono cross dan lampu sein wkwkwkwkwkwk
    itu bisa di atur om.. wkwkkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkkwkwkwkkwkwkkwkkwkwkwkwkwkwkw

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Pesanan khusus yah hehehe

      Suka

      • Bro_Jol berkata:

        Ada pertanyaan kalau ada motor 250cc fairing fitur komplit seperti
        banana arm, twinspar, twin silinder, stang di bawah yoke atau dari pada kepanjangan mending bayangin deh motor r125 2014 versi eropah USD loh + fitur sportnya full spek komplit tuh..nah di bikin 250cc..
        kalau kemahalan lokalin saja dan harga misal muncul di kisaran 65 jt, laku ngga??
        tapi fiturnya full spek persis yg di idam2kan biker 250, gimana laku ngga ya? toh paling banter yg di modif tinggal knalpot doank yg lain dah sep..sep..gimana??

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        Laku kok… Bukan laris ya.. Kan kelasnya premium… Kalau R125 sulit laku disini, org liatnya masih kapasitas mesin

        Suka

      • Bro_Jol berkata:

        nah itu dia belum ada yg berani bikin..pasar sih makin sempit tapi laku..sayang

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        Biar bagaimanapun laris adalah yg dituju, kecuali kaya MV Agusta, mereka menjaga keeklusifitasan produknya, walau permintaan banyak tetep mereka gak bikin lebih banyak, kalau mau ya nunggu….

        Suka

  24. cadoxs berkata:

    Tangki gambot tpi kondom bisa jdi bc kyak jman bison…
    Lounching kawak jkt barat mall apa om,sekalian cuci dompet sma mata sapa tau bisa ketemu bloger ganteng2x kaya om…hehehe

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Central Park itu loh..sebelah citra mall kalau ga salah. Saya lom tentu dateng, kerjaan lg banyak. Gak bisa balik tenggo keknya…

      Ada Vandra MMblog disana bro…dia datang

      Suka

  25. frunze berkata:

    om, om, om, “berharap R25 masih bisa berbenah”, nah ada harapan berbenah buat kawasaki dan (terutama) honda nggak? :mrgreen:

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Ngeliat trendnya sih kawasaki yang bakal cepet merespon, mgkin saat ini lagi on going, tggal nunggu aja spy shoot dan kabar face lift Ninja…mungkin loh ya….

      Suka

      • frunze berkata:

        honda yang luar biasa kenceng merespon perubahan trend skutik sama bebek cc 1/8 liter, kesannya agak masa bodoh ya sama perkembangan trend 250cc? in my humble opinion, kalo ninja di facelift tapi harganya masih lebih tinggi, apa nggak gimana gitu kesannya? tapi kalo rumor suspensi belakangnya bener bener terjadi, yaa, masih lebih value ninja sih :mrgreen:

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        Konsumen disini berani bayar lebih asal sesuai dengan valuenya…begitu jg saia… Hehehe

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        Di kelas ini maksudnya

        Suka

      • frunze berkata:

        saya juga gitu sih :mrgreen:

        Suka

  26. gilaroda2 berkata:

    Wes siap2 kie, silakan inden masbro! 🙂

    Suka

  27. Bonn Djoovy CBSF berkata:

    yayaya… gak bisa bobo nih si om xixixi 😀

    Suka

  28. Mase berkata:

    sapa ya..

    Suka

  29. tempe berkata:

    motornya aja belum ada masak sudah dibandingin om?

    Suka

  30. motorohim berkata:

    mungkin hanya eforia sesaat aja R25 ini, desain tetep milik kawasaki. mesin bolehlah R25 ini.
    http://rohimmoto.wordpress.com/2014/04/15/penantian-yzf-r15/

    Suka

  31. Karis berkata:

    dg monocrossnya scorpio sama gak om? R25

    Suka

  32. hulssay berkata:

    bingung milihnya..

    nitip ya kaka..
    http://www.hulssay.com

    Suka

  33. Ilham E Sancaya berkata:

    Nambah satu lagi om, kemungkinan swing arm pakai almu seperti punya R-15.

    Suka

  34. Ping balik: Pojok Opini: Ini Sebabnya Mengapa Yamaha R25 Tidak Bisa Murah… | KobaYogas.com| Your Automotive Blog

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s