Suzuki Ertiga Diesel Sedang Uji Coba BBM Diesel Indonesia…


Ertiga

Kobayogas.com – Mesin uang baru Suzuki Indomobil Sales (SIS) yakni Suzuki Ertiga, sedang mempersiapkan mesin barunya selain bensin, yaitu Diesel. Mesin Diesel yang identik dengan lemot dan cumi-cumi alias ngebul belakangan ini sudah mulai bergeser paradigmanya. Masih mesin ciptaan Rudolf Diesel yang bertorsi badak, hemat namun teknologi saat ini membuatnya lebih powerful dan lebih bersih… akan kah Diesel yang disematkan pada Ertiga nantinya menuai sukses? Kemungkinannya sangat besar…

Dikabarkan Ertiga akan memakai mesin diesel berkode D13A serupa dengan Ertiga diesel di India, memiliki kapasitas 1,248 cc dengan kombinasi pengaplikasian teknologi turbo yang sedang hit belakangan ini, Variable Geometri Turbo (VGT)… dengan adanya VGT tenaga bisa lebih besar dibanding turbo konvensional, selain itu keunggulannya adalah, gejala turbo lag akan sangat minim terdeteksi.

Mesin uang Suzuki

Mesin uang Suzuki

D13A mampu menghasilkan tenaga sebesar 90 dk/4000 RPM dan torsi badak sebesar 200 Nm!.. Dijamin dengan torsi sebesar itu bisa lebih hemat bbm terutama saat kondisi stop n go, gas tidak perlu diinjak lebih dalam untuk menggerakkan mobil. Sedangkan tenaga yang dihasilkan, jelas lebih besar 15 dk dari rival terdekat, Chevrolet Spin (artikel di sini), bukti bahwa Ertiga Diesel secara spek akan lebih unggul.

Mampu berlari kencang walau diraihnya cukup lama

Mampu berlari kencang walau diraihnya cukup lama

Mengingat biaya pembuatan mesin diesel itu nyaris dua kali lebih mahal dari bensin karena materialnya yang lebih tebal dan lebih kuat guna menahan kompresi yang tinggi, prediksi KBY, Ertiga Diesel awalnya hanya akan tersedia dalam transmisi manual saja agar harga jualnya masih bisa terjangkau dan bersaing dengan kompetitor, sebagaimana Chevy SPin Diesel 1.3 yang juga hanya tersedia dalam transmisi manual… Jika sukses diterima masyarakat, maka versi otomatis akan terbuka lebar ke depannya…

Prediksi KBY, maksimal harga diesel akan diset pada angka 195 – 200 juta. SIS bilang, paling cepat tahun depan Ertiga diesel akan mengaspal di Indonesia, itu jika principal Jepang memberikan lampu hijau….Well Spin, ready to brace yourself?

Mangga digeber lads….

source of origin: Majalah AutoBild

Tentang Kobayogasblog

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Suzuki dan tag , , , , , . Tandai permalink.

76 Balasan ke Suzuki Ertiga Diesel Sedang Uji Coba BBM Diesel Indonesia…

  1. kudo78dk berkata:

    Nah ini yg ditunggu2 versi diesel ertiga…. tambah naksir habis nih ane….
    http://78deka.wordpress.com/2014/06/07/tvs-draken-initial-bomb-untuk-membuka-pasar-tvs/

    Suka

  2. fncounter berkata:

    Byuh…. diesel lagi…. bosan asap itemnya

    Suka

  3. antonube berkata:

    hayang uy ngageber rtilu…

    Suka

  4. smartfaiz berkata:

    Pas.. saya juga lagi bikin artikel soal ertiga diesel dari sisi lain… komsumsi solar ngeriiii 1:17 bahkan bisa sampai diatas 1:20 untuk luar kota

    Suka

  5. potretbikers berkata:

    Mantab nich, kalau sudah pakai Diesel….#Mencoba menyisihkan pasukan Mobilio 😉

    Aktifitas ngeBlog, tersendat gara-gara Indosat!!!

    Suka

  6. blade_us berkata:

    nitip driving report saingannya om 🙂

    Review Honda Mobilio E CVT

    Suka

  7. wtf170 berkata:

    cring….cring….cring….is**u pant**r …nyaris tak terdengar……(iklan jadul)

    Suka

  8. genbuz berkata:

    hadir kang…

    Suka

  9. jebhe berkata:

    bujug 90dk di 4000rpm

    Suka

  10. denz berkata:

    Mending pake diesel, ketemu tanjakan gmn jg gk tll takut. Mesin di set buat pemakaian 20 tahun tanpa penggantian part kl dirawat dg baik & benar, paling kalibrasi doang kl diitung pun lebi murah dari perawatan mesin bensin. Gk ada tune up, ganti busi. Sekalinya pake diesel langsung kepincut. Cobian we mang!

    Suka

  11. nbsusanto berkata:

    vgt.. jadi inget panjero semprot..

    Suka

  12. gilaroda2 berkata:

    irit, irit, dan irit, bikin iri, josss…..:D

    Suka

  13. Mase berkata:

    Jooossss

    Suka

  14. Maskur berkata:

    wah pilihan baru bediesel
    ###masih naksir kijang LGX diesel tetep

    Suka

    • Wahyu berkata:

      Bapak saya punya kang
      LGX diesel 2004 last model
      Unitnya diedel yg last model jarang kang
      Dari toyotanya srndiri saat itu emg kesulitan mendatangkan mesin 2L dieselnya
      Masi bandel sampe sekarang, perawatan gampang dan jarang bgt bermasalah, yg pnting rajin bersihkan filter sama kuras priming pump
      Getaran lebih halus dari panther LS dan tarikan atas lebih unggul, tapi tetep kalah irit 😀
      Oia seperti kuda diesel, minim asap ketika filter sehat, gk ngebul kayak panther
      Skrg jadi barang simpenan, lebih sering make ertiga GL
      Tapi ya itu, klo buat jalan2 ke tawangmangu enak kijang diesel nanjaknya
      Pernah ditawar temen bapak 170juta gak dilepas

      Suka

  15. Farrel berkata:

    Hmm mesin diesel cc kecil nih kaya Hyundai i20

    Suka

  16. bayu collin junior berkata:

    mass kobay ..ertiga telat ngluarin yg disel kburu kemkan mobil belo..coba dlu dh kluar.ku ga ambil yg R3 metic..

    tadiny mau ambil kia sportag ..gagah sih gagah tu mobil.tpi takut 3S ny yg susah..beli suzuki.beli honda,beli toyota .beli apa aja mobil klo d tempat ku mau servic tetep aja jarakny sama-sama 30 km..mklum desa

    Suka

  17. curut ngepot berkata:

    test drive om biar tau impresinya

    Suka

  18. Yuyus berkata:

    wah, bakalan ikutan menghabiskan kuota solar bersubsidi nih mobil, nambahin beban APBN dech…

    Suka

  19. Bob berkata:

    Tetep XENIA yg paling josss.saya suka ngebut makanya pilih XENIA EXTRA AMAN EXTRA NYAMAN IRIT BBM.

    Suka

  20. Bob berkata:

    XENIA 1000 CC TOP SPEED 145 KPH. XENIA 1300 CC TOP SPEED 175 KPH. KALAU DI KILIK DIKIT BISA 205 KPH.SPEEDOMETER XENIA MENTOK 180 KPH CUMA MERENDAH SAJA. ASLINYA BISA LEBIH DARI ITU. MOBILIO ERTIGA LEWAT. TOYOTA SAJA MENGAKUI XENIA LALU MINTA BUATIN AVANZA KE DAIHATSU.

    Suka

  21. Bob berkata:

    BERHARAP XENIA DIESEL LAHIR PAKAI MESIN DAIHATSU TAFT GT DIESEL 2800 CC YANG LEGENDARIS.WUZZ WUZZ BISA LEWAT FORTUNER PAJERO.

    Suka

  22. oreo berkata:

    kalo 90dk masih kurang tinggal ganti ECU nya dgn aftermarket …stage 2 ganti injektor plus ganti kampas kopling heavy duty dll , lihat tuh innova diesel monster sampe 400dk 800nm

    Suka

  23. dee berkata:

    dulu saya gak suka dengan mesin diesel, trutama dngan suaranya, skarang dikarenakan tetangga beli fortuner vnturbo, suara diesel itu jd menu wajib tiap pagi (tetangga manasin mobil), klau gak denger shari aja kyak ada yg hilang (lebay)

    Suka

  24. ken39 berkata:

    harus komen yah ? 😛

    Suka

  25. ane rasa diesel cocoknya di mobil suv, bus, truck, traktor n lokomotif diesel… :mrgreen:

     

    Suka

  26. ari berkata:

    mantap pakai VGT…kalah sama innova yang mesin dieselnya masih teknologi jadul,ane sih berharap next innova bisa pakai VNTurbo….kalau si ipah pakai VNT pasti ane pesen tuh ipah VNT 😀

    Suka

  27. Eko Wahyudin berkata:

    Akhirnya… kalo launch-nya maksimum desember.. saya beli ertiga… kalo gak saya ambil spin.
    *Bosan dg bensin

    Suka

Tinggalkan Balasan ke Kobayogas Batalkan balasan