Head To Head Honda New Jazz GK5 vs Sang Nemesis New Toyota Yaris…! (Part I)!


Jazz vs Yasir

Kobayogas.com – Hola lads, jika di dunia roda dua kita mengenal nemesis dan rival abadi antara Honda vs Yamaha, maka di dunia roda empat pun demikian pula. Tepatnya di kelas yang sumpek yaitu mini MPV/ Small Hatchback  terdapat 2 nemesis yang saling kejar mengejar untuk memimpin market share… Honda Jazz GK5 2014 vs New Toyota Yaris 2014..!!

Dalam perjalanannya, sepemantauan KBY, hanya sekali dua Toyota Yaris dapat mengungguli penjualan Honda Jazz, all time 10 years, di Indonesia, itupun tidak pernah lama karena selalu tersusul kembali oleh Jazz. Oleh karena itu, KBY beropini bahwa tim marketing Toyota pastinya pening bukan main karena baru kali ini produknya tidak pernah menguasai pasar secara mutlak di kelasnya 😀

Tanpa bermaksud mengesampingkan merek lain seperti Ford Fiesta, Suzuki Swift, Nissan March, Mazda 2, Hyundai Gran Avega dan Kia Rio namun memang hanya dua merek di kelas ini yang berdarah-darah dalam pertempuran mencapai yang terbaik, baik dari sisi produk maupun market share. Agar fair, KBY akan mengadu antara New Jazz RS vs New Yaris TRD Sportivo.. All rite lads, let’s get it on…

DESAIN

1. Eksterior

Jika Yaris sebelumnya kalah telak oleh model Jazz GE8 karena lama hanya ganti stripping eh minor change saja dari tahun ke tahun, tapi tidak untuk kali ini. Wajah baru New Yaris benar-benar mempesona, jauh dari Yaris sebelumnya yang mirip marmut siap loncat…  Kali ini wajah Yaris benar benar sporty dan garang, meski serupa dengan kakak-nya yang sedan (Vios) namun itu merupakan keunggulannya. Lebih panjang, lebih lebar, wheel base memanjang namun tinggi bodi lebih rendah, membuat New Yaris lebih dinamis.

Desain buritan dengan lampu rem yang meninggi kini terlihat lebih sporty namun efeknya malah terlihat lebih mungil dari belakang, mirip seperti Ford Fiesta. Balutan body kit di sekujur tubuh Yaris dari TRD membuat pesona garangnya lebih menonjol. Tidak ada yang salah dari desain ini, maknyusss… Toyota telah berhasil membuat Revolusi pada desain New Yaris.

Bagaimana dengan New Jazz? Pada dasarnya, Jazz sudah lah berbasis sporty sejak kelahiran New Jazz GE8 alias generasi kedua, sehingga kemunculan New Jazz GK5 tidak lah terlalu dramatis, namun bukan berarti buruk. Soal desain Honda masihlah salah satu yang terbaik di dunia, tak terkecuali untuk Jazz GK5 ini (detail pembahasan desain Jazz GK5 sila klik di sini). Yang KBY sangat suka adalah, Honda berevolusi dan mendengar keinginan pencinta Jazz, yaitu dengan memberikan dual keen eyes pada tiap sisi lampunya, total berjumlah 4. Dual headlamp memang mencerminkan kemewahan dan bentuk sipitnya mengguratkan nuansa sporty yang khas.

Lampu belakangnya pun mewah, dari atas hingga ke tengah, efek lebarnya buritan lebih terlihat dibandingkan New Yaris yang justru mengesankan mobil menjadi kecil. Kalaupun ada kelemahan, menurut KBY adalah sektor samping yang terkesan gambot dan kental aroma MPV instead of hatchback.

2. Interior

Desain dashboard asimetris Jazz memang nyeleneh, terkesan tidak beraturan meski terkesan modern, namun desain steering dan meter clusternya patut diacungi jempol. Di lain sisi, desain dashboard Yaris looks tidy and clean, normal dan bersahabat, namun bentuk kisi-kisi AC yang mengotak mengesankan mobil jadul seperti corolla DX, desain meter cluster dan steeringnya pun biasa saja meski terlihat modern.

Mengingat desain adalah selera dan keduanya mempunyai desain yang ciamik, maka nilai untuk sektor ini imbang:

Bintang: Jazz 4,5 of 5. Yaris 4,5 of 5

FITUR, GIMMICKS dan AMENITIES

Jazz berusaha keras untuk melengkapi dirinya dengan senjata pada fitur yang lebih komplit agar valuenya bertambah mengingat Yasir terkenal akan fitur dan gimmicknya yang murah hati. Kali ini Jazz menawarkan fitur yang menurut KBY signifikan antara lain:

  • LED Projector Head Lamp with Auto Levelling
  • Fog lamp with Integrated LED position lamp
  • Side skirt
  • LED Brake lamp
  • Tailgate Spoiler
  • Paddle Shift
  • Cruise Control
  • Start Stop Ignition
  • MID/ MIL dengan cluster terpisah
  • Audio Steering Switch
  • Smart Key, Immobilizer + ALarm
  • Reclining rear seat
  • Tilt and Telescopic Steering
  • Advance Audio Video 6.1″ System

Bagaimana dengan New Yaris? Yaris ingin lebih memanjakan penumpangnya, oleh karena itu konsentrasi kepada kenyamanan audio dan gimmick adalah andalannya…

  • Advance Information & Entertainment System; Toyota Move (Internet), Toyota Navigation (GPS) dengan Air Gesture
  • AC Digital Auto Climate Control
  • Projector Head lamp
  • Fog lamp
  • DRL terpisah
  • Audio Steering Switch
  • Start Stop Button
  • MID
  • Body Kit TRD
  • Seat design by TRD
  • Tilt Steering
  • Smart Key, Immobilizer, Alarm
  • Reclining Rear Seat (to be confirmed)

Untuk area ini, keduanya nyaris berimbang, tergantung potential buyer mana fitur yang dirasa penting dan mewakili keinginan, bagi KBY sendiri kekuatan Jazz GK5 yang tidak dimiliki Yaris ada di:

  • Tilt and Teleskopik Steering
  • LED Projector – LED Brake lamp
  • MID dengan cluster terpisah
  • Paddle Shift
  • Cruise Control dan
  • Reclining Rear Seat

Sedangkan kekuatan Yaris yang tidak dimiliki Honda Jaz GK5 adalah sbb:

  • Fitur Audio yang super komplit
  • AC Digital + Auto Climate Control
  • Reclining Rear Seat (to be confirmed)

Bagian amenities KBY tidak bahas lebih lanjut karena pada brosur Yaris pun minim info, harus melihat langsung untuk mendapatkan info apa yang Yaris miliki di area ini. Oleh karena itu penilaian hanya ada pada Fitur dan Gimmick.

Bintang: Jazz: 5, Yaris: 4,5

AKOMODASI dan FLEKSIBILITAS KABIN

Sebagai hatchback yang juga menopang aktivitas keluarga, jelas faktor akomodasi juga memegang peranan penting lads, kita lihat sejauh mana keduanya sanggup mengakomodir kebutuhan perjalanan satu keluarga.

All New Honda Jazz

Ini dia senjata Honda Jazz sejak gen I, mampu melipat rata lantai dengan sempurna kedua jok belakang sehingga dapat menambah daya angkut bagasi. Alas jok belakang dapat diangkat guna mengakomodir membawa barang yang tinggi, sebut saja pot dan tanamannya. Kapasitas bagasi All New Jazz denganmenggunakan standar perhitungan VDA (Verband Der Automobile Industries) adalah sebesar 363 Liter.

Jazz

Bagasi luas dan jok tengah terlipat rata

Bagasi luas dan jok tengah terlipat rata lantai

All New Toyota Yaris

Kapasitas bagasi New Yaris sudah lebih besar dari previous Yaris, kini bagasinya dapat memuat lebih banyak barang. Sayangnya, Yaris harus menyerah jika seluruh jok direbahkan, jok belakang yang tidak dapat di lipat rata lantai mengurangi fleksibilitas kabinnya dalam mengangkut barang. Selain itu alas jok belakang juga tidak dapat diangkat. Sedangkan besarnya kapasitas bagasi dalam metode VDA KBY tidak menemukan info untuk New Yaris.

All-New Toyota Yaris 2014 Thai 019 MOBILXMOTOR.com

Kapasitasnya memadai

Yaris 8

Jok belakang tidak bisa dilipat rata

Bintang: Jazz 5, Yaris 4

Next article, KBY akan membahas Teknologi, performa mesin sesuai spek brosur, fitur keamanan dan harga jual…stay tune lads…

Mangga digeber and thanks for reading and sharing your thoughts….

KobaYogas from WordPress for Android

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Honda, Komparasi, Toyota dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

120 Balasan ke Head To Head Honda New Jazz GK5 vs Sang Nemesis New Toyota Yaris…! (Part I)!

  1. Upi berkata:

    Pertamax

    Suka

  2. Upi berkata:

    Blog abal-abal tiap ane komen pasti kena jaring!

    Suka

  3. febri berkata:

    Hahaha langsung jadi euy,bru minta dh langsung djawab,ajiib
    Jdi tmbah pengen,hahahaha.. PPL dulu nih kayaknya

    Suka

  4. perasaan tadi klik artikel PCX, kok malah lari ke honda jazz? tanya kenapa?

    Cerita dari PRJ 😀
    http://ferboes.com/2014/07/01/jakarta-fair-pertemuan-dengan-si-r-akhirnya-terwujud/

    Suka

  5. arihanggara91 berkata:

    Ngiler tok mresani……

    Mending duduk manis… geser navigasi touch (down) : ) (down)

    Suka

  6. vvotampan berkata:

    kalo desain jazz itu ibarat cewek chuby nan imut,kalo yaris ibarat cewek sexy yang langsing 😀 imho

    sama sama cakep,tergantung selera

    Suka

  7. Arlong berkata:

    seandainya Yamaha juga ikutan bikin mobil ginian, mesin sama2 1500cc tapi crankshaft pake model crossplane crankshaft ala R1 ’09-current, jadinya punya hatchback tapi suara layaknya Muscle Car/Camaro, hwehehehe… 😀

    Suka

  8. Reza Kurniawan berkata:

    perbandingan harga om? + nggasruk polisi tidur gk itu?

    Suka

  9. jiwi berkata:

    Om klo ngambil kredit dngan bunga yg pling rendah pake bank apa?

    Suka

  10. ray berkata:

    Ditambah lagi tenaga jazz lebih gedhe…all newJAZZ 120ps allnewYARIS 109ps,….selisih 11ps broooo,.. Mantab dah AllnewJazz nya

    Suka

  11. subaru berkata:

    Denger2 mau ada versi diatas RS ya? RSZ kalo ga salah

    Suka

  12. orong-orong berkata:

    Jazz joss, dari lahir sudah sporty. Untuk mobil sohc dan dohc gak ngaruh ya lek? Coba kalau motor bakal rame. Masih tromol

    Suka

  13. so-ndrone berkata:

    Gak usah baca speknyapun inyong milih njezzz…. bukan panatik buta, soale 2-2nya pernah pake

    Suka

  14. satellite berkata:

    ini pandangan dari FBH Mobil ya? 😀
    kalopun milih, pada segmen ini vote Jazz dah

    Suka

  15. bladeus berkata:

    ga naksir sedan/hatchback
    kalo dibawa mudik ngeriii….
    jalan pantura kayak medan perang 😀

    http://www.bladeus.wordpress.com/2014/07/01/ahm-resmi-launching-new-pcx-150/

    Suka

  16. star kid berkata:

    Masih suka jazz rs yang lama…
    Jazz yang ini klo diliat dari depan sekilas mirip mobilio…

    Suka

  17. genbuz berkata:

    Hadir kang…

    Suka

  18. Tulus Budi berkata:

    Harga dan Performa ya mas…. spek standart pabrik head-to-head…..

    Suka

  19. Yuyus berkata:

    Jazz karo Yaris bagus’an Rush ya mas?

    Suka

  20. Yuyus berkata:

    kalo bahas mobil aja artikelnya puanjang bener nih om…

    Suka

  21. Pamiarsa Tea berkata:

    Hayang njes mun Aya rejeki mah,, leuwih value for money tina sagalana oge imho.. hanjakalna masih tebih sangat kang Kobay… hiks.

    Suka

  22. ali*32 berkata:

    mun bikin artikel mobil mah berbobot bahasa na :mrgreen:

    Suka

  23. ari berkata:

    kalau kata orang rumah all new jazz jelek…bagusan all new yaris
    *kata orang rumah lho yaa,bukan kata ane :v

    Suka

  24. Fikri_humam berkata:

    MID apaan mang Kobay?

    Suka

  25. itulah konsumen indonesia…

    udah tau ini mobil jenis hatcback 5seater > masih ada aja yang mikirin buat angkut barang… 😆

    terus andaikan basic hatcbacknya dimelarin jadi mpv 7seater (misalnya: swift ke ertiga / brio ke mobilio) > tetep aja dibilang sempit lahh, ini lahh, itu lahh… :mrgreen:

     

    Suka

  26. machalesana berkata:

    jazz ganteng, yaris depannya mirip lancer yah,
    belakangnya gitu banget yaris -_-

    Suka

  27. Engke berkata:

    ga obyektif… secara penulisnya pengguna jazz…hahaha….tp overall ane suka jazz.. lebih sangar depannya…

    Suka

  28. Marquezisasi berkata:

    Oke sis Yogas.

    Suka

  29. Yenny berkata:

    udah jual GE8 belum lama…gk5 menarik juga fiturnya 😀

    Suka

  30. anggiwirza berkata:

    jazz emang selalu menggoda. kayak primavera 😆

    Suka

  31. maulanaferdinand berkata:

    dari pada susah pilih, mending beli 2″ aja..

    *bayarnya pakai daun..

    Suka

  32. djkh berkata:

    Wah kok malah kerenan jazz ge8 yaa imho kali yaris emang asli tambah keren..

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      nah kan opininya beda beda euy… heheh, gak sedikit juga sih yang bilang kerenan GE8

      Suka

      • subaru berkata:

        1st impression kalo liat emang gitu..gw liat GE awal juga bilang bagusan GD..karena lebih kompak dll tapi lama2bisa nerima apalagi versi bumper tonggos

        Suka

  33. smartfaiz berkata:

    Blasss.. ga pengen mobil kecil 🙂 … sepertinya untuk mudik berlima lebih nyaman MPV 🙂

    Suka

  34. daeroby berkata:

    milih honda mobilio wae,muat loba,lwih murah.mbil ltik hrga 250,its not worthid,kcuali lmn mbil kadua.

    Suka

  35. ken39 berkata:

    bagus 2-2-nya, tp tetep sm panther gratisan aja lah, wong kere 😀

    Suka

  36. kodokijo berkata:

    Jujur aje, kl hrg varian tertinggi kedua mobil ini udah sekitaran 250jt, aye mending sekalian Swift sport dah, krn secara disain baik Honda Jazz apalagi Toyota Yaris, kedua2nya taste Asia banget, bosenin kl dilihat lama2. Apalagi ditambah kedua hatchback ini adalah hatchback sejuta umat. Aye msh ingat saat keluar bareng ama temen yg pake Yaris lama wrn silver (wrn sejuta umat jg, hehehe…) dan di perjalanan ketemu 2 ekor Yaris lama (wrn silver jg, huff…tepok jidat) jalan beriringan. Kalo beli mobil aye lbh milih yg balance aje, gak terlalu banyak yg pake dan gak terlalu sedikit jg, sedeng2 aje deh, hehehe… Tp kalo disuruh milih di antara kedua hatchback ini, ya jelas Jazz lah, krn aye kaga gitu demen Toyota.

    Suka

  37. Leopold S berkata:

    sebagai sesama pengendara jazz saya pilih Ford Focus

    Suka

  38. raditya berkata:

    imho malah bagusan jazz yang sebelum ini
    yaris depannya ganteng, tapi kurang sreg liat buntutnya

    Suka

  39. Ping balik: Head to Head All New Honda Jazz GK5 vs All New Toyota Yaris Part II – Siapa Pemenangnya? | KobaYogas.com| Your Automotive Blog

  40. Experience berkata:

    Ane user Jazz RS, Swift dan Yaris. Dari ketiganya yang ane rasain paling mantap tetep Jazz sbgai king of hatchback. Yaris limbung diatas 150km/h tapi kenyamanan oke lah, swift asik gigi 3 nya, handling 9/10 tapi kabin sempit. Jazz dibawa 150km/h masih stabil, tarikannya edan didukung suspensi sport jd lincah, tapi kenyamanan kurang karena kaki2 yg keras. But, overall teknologi honda masih pling unggul.

    Suka

  41. joni berkata:

    om kalo saya liat langsung aple 2 aple di mall kok kualitas dasboard new jazz menurun ya, kasar gitu kayak mobilio, beda banget sama new yaris yg rapi berkelas, sayang padahal yg lama gak gitu, udah gitu rem belakangnya tromol lagi, waduh ilfil deh

    Suka

  42. Ping balik: New Honda Jazz vs Toyota New Yaris: Duel Nemesis Tanpa Ujung… « KobaYogas.COM

  43. Harga berkata:

    Wah , memang simpang siur selalu ada to mbak mas…yha begitulah . harus nerima, sabar. dan jalani saja .

    Suka

  44. Ping balik: Test Drive dan Review Toyota Yaris TRD S MT @Parjo 2015 – Handlingnya Mengejutkan..! | KobaYogas.COM

  45. Ping balik: First Drive: Ford Fiesta Ecoboost – Boost Yang Menghilang | KobaYogas.COM

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s