Automatic Engine Off Saat Mesin Panas Milik Yamaha R25


wpid-cymera_20140721_002409.jpg

Kobayogas.com – Holla lads, ada informasi atau tepatnya pertanyaan menarik dari salah seorang sahabat melalui timeline KBY di facebook. Bro Yoko Bassman menanyakan mengapa mesin Yamaha R25-nya mati saat sedang engine running test di garasi rumahnya…

Sebenarnya, mesin yang baik atau yang bekerja normal memang akan mati saat terjadi indikasi over heat pada mesin, sensor panas akan memerintahkan mesin untuk mati agar tidak terjadi kerusakan pada mesin tersebut. Bro Yoko melakukan engine running dengan membiarkan mesin Yamaha R25 nya menyala selama 35-40 menit. Saat itu yang dirasakannya adalah hawa yang sangat panas muncul dari sekitar motor, bahkan sampai lantai garasinya pun terasa sangat panas. Tak lama berselang si mesin pun mati, tentu fannya bekerja dengan baik sebagaimana penuturan bro Yoko.

Hanya pertinyiinnyi adalah, saat engine mati akibat protection, beliau melihat engine temperature hanya berada pada level setengah saja. Tentu ini menjadi pertanyaan dalam benaknya, kok baru setengah tapi mesin sudah mati karena protection?

PERCOBAAN KEDUA

Percobaan kedua dilakukan saat subuh kemarin, selama 20 menit mesin dibiarkan menyala dan kemudian mati kembali karena  over heat protection. Lagi-lagi setelah dicek engine temperaturenya tidak sampai maksimal bahkan belum mencapai setengah, kembali pertanyaan muncul di benak bro Yoko. Hasil diskusi sementara sih bisa saja jika mesin/ motor dalam keadaan diam maka proteksi overheat akan lebih awal bekerja, tidak harus si indikator suhu mencapai maksimal, mengingat mesin dan radiator tidak mendapatkan pasokan udara segar dari depan.

Mengingat buku manual juga belum diberikan oleh dealer, maka belum ada kepastian akan info dari indikator suhu mesin ini idealnya ada di posisi mana sebelum mesin mati. Harapannya, KBY dan Bro Yoko mendapatkan informasi lebih jauh seputar performa over heat protection ini dari pemirsa blog. Apabila ada yang lebih paham mangga dishare pendapatnya…

Mangga digeber lads…..

Tentang Kobayogasblog

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Sharing, Yamaha dan tag , , , , , . Tandai permalink.

164 Balasan ke Automatic Engine Off Saat Mesin Panas Milik Yamaha R25

  1. burning hell berkata:

    NO REDTUBE…eh….NO YOUTUBE HOAX AAAAAH!!!!……….

    gtu kalo kata juragan ngeles….wakakakaka…..eh masgan kobays,,,,,bkin artikel gini dong…

    ” walau hanyak 33HP…R25 masih tertinggi”

    lumayan menyelamatkan muke YIMM…kali aja ntar dikasih unit gratis tembus 39HP***

    *** only on youtube
    ** saksikan di TVon
    * unit test

    Suka

  2. smartfaiz berkata:

    Ampunnn mas… Ampunnnnn bro…. ampunnnn om….. 😆

    Suka

  3. macantua berkata:

    nu cageur kalah diubaran, nah sensornya kya gitu tuh, nasib pencitraan atau kumaha yeuh???
    http://macantua.com/2014/07/21/pencitraan-ga-cuma-di-politik-coy-dunia-otomotif-juga-sama-aja/

    Suka

  4. aripitstop berkata:

    Satu pertanyaan simpel buat om kobay,
    Apakah betul prosedur inreyen motor dinyalakan dalam kondisi diam 35-40 menit ?
    Tlg dijawab, krn yg sy tahu itu slh kaprah…inreyen ya jarus jalan, buat semua mtr.

    Suka

    • Afif berkata:

      setau saya yg salah itu kalo digeber hi-rev..

      Suka

    • Kobayogas berkata:

      ini inreyennya memang nyeleneh versi user dan definisi inreyennya jangan disamakan dengan inreyen yang lazim selama ini ya, itu hanya istilah sang user aja, hanya keingintahuan dari si user, jelas lah kudu jalan, nenek2 dan mbahmu juga tau itu wkkwkwk….

      Nah pertanyaannya dibalik, apakah wajar mesinnya mati karena overheat hanya karena didiamkan (idling) saja? Kalau mati bensin habis sih kebayang banget…

      monggooowwww

      Suka

      • aripitstop berkata:

        sampeyan punya mobil to…
        Kalau indikator suhu mentok di Strip 3 ya normal lah, klo mesin di hidupkan sampe 30 menit. Di mobil aja kalau lagi parkir lama, mesin hidup dan AC nyala, apakah indikator suhu sampai mentok? Kalau kondisi peninggian mesin (air radiator dan Electric fan) normal, tdk aka sampai mentok.

        Untuk R25, memang ada fitur kalau mesin hidup stasioner selama 20 menit, mesin akan mati sendiri. Kalau dihidupkan ya, akan hidup lagi.

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        Nah sudah jelas berarti, suhu normal normal saja, dan matinya itu tidak seperti yg diprediksikan, bukan akibat over heat protection melainkan mmg ada fitur yang akan mematikan mesin saat terbaca kondisi idle selama kurleb 20 menit. Jawaban ini yang dicari… Sip.

        Btw mobilku gada jarum indikator temp mesin, dia cuma icon aja, biru dan merah wkwkwkk…

        Suka

      • demon berkata:

        Utk r25 ada fitur idling lbh 20 menit mati sndiri??
        Mas ari sdh coba dan kasi fakta ttg fitur trsebut??
        Trnyata msh canggihan vario iss ku,,ga prlu d starter cuma d gas udh lgsg ngacirr
        Wkkwkwkwwkwk

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        Itu ada di kolom komentar dari sahabat yg udah baca2 buku manual…. Betul mati sendiri

        Suka

      • den berkata:

        lgian tuh orang sadis amat, ninggalin mesin idup slama setengah jam, ada2 aja.. 10menit aj ud lma n panas bgt.. sy c g tega.. makin aneh aj orang jmn skrg,aya2 wae nya kang? ckckckck..!!

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        Hehhehe he

        Suka

    • wtf170 berkata:

      mesin nyala 20 menit mati sendiri…..gak cocok ni buat mesin genset…..kl gak mati kan keren… genset air paralel engine…..ngoahahahaha

      Suka

    • thedeadbone berkata:

      konsumen yg belum paham tentang fitur” R25 ini mah maklum blum ada buku petunjuk e…

      y kaya di vario iss,bedanya kalo vario cuman 3dtik ga 20menit
      ngoahaha tinggal puntir gas idup lg tp kalo R25 kudu distater dlu

      lha klo motor batangan mati 3detik lak stater stater molo

      yg masih misteri powernya yg turun n beda dr unit test,mungkin yamaha harus turun ke lapangan deh buat cek n ricek

      Suka

  5. sama kayak motor saya, cuma bedanya motor saya otomatis mati ketika bensin habis

    :mrgreen:

    Suka

  6. Yimm (yamahal indonesia mocin minerva) berkata:

    Mungkin kualitas lokal emang belum siap produksi 250cc

    Ups

    Maksud ane. Coba cek air radiatornya, biasanya udah kurang banyak, makanya mesinya jadi lebih panas. Tapi suhu terkesan tidak maksimal

    Kenapa? Harusnya air radiator dengan mesin idle tsbt bakalan mati dengan waktu 1 jaman, tapi kalo 20 menit artinya pendinginan tidak sempurna, alias air radiator ga nyampe kisi kisi untuk di semprot angin kipas

    Suka

    • pengamat berkata:

      sepertinya itu ciri khas mesin yamaha sangat riskan overhead, varian yang CRnya rendah aja sering overheat kalo lagi jalan, apalagi varian high compresi akan sangat bergantung radiator kalo perlu ditambah seting kaya bbm untuk membantu pendinginan.
      apa kira2 alasan utama power R25 dari 36ps menjadi 27 ps?
      1. karena minum pertamax atau pertamax plus krn pemiliknya orang mampu atau karena minum premium karena yang beli orang kismin?
      2. test dyno mesti suhu ruangan 20 derajat padahal biasanya ditambah blower kipas kanan kiri, mungkin kalo tidak 20 derajat bakal deviasi power 10ps?
      3. VE dan CR diturunkan <11:1 ?
      4. pengaruh setting ecu supaya bbm irit, seting peak power 10,500? padahal 14rb mesin masih aman <21 m/s dan seberapa irit sih?
      5. mesin riskan overhead padahal udah pake radiator ?

      Suka

      • Yimm (yamahal indonesia mocin minerva) berkata:

        Oberheat karena motor yamaha? Kagak mungkin lah, yamaha dah pake parts diacyl cyl, itu sendiri dah nguntungin ngelepas panas, wkakakak

        Paling di kualitas radiator, atau mungkin daerah dalem mesin ketutup rapet jadi pendingin kagak mempan

        Kudunya waktu panas kipas muter buat dinginin mesin, kalo fairingnya bagus, panas bakalan keluar, mesin kagak mati, kecuali 1 jam di run sambil rpm gede

        Suka

  7. Red Satellite berkata:

    Sepertinya itu fitur engine off sengaja dibuat biar tidak jadi pemborosan bbm..
    Logikanya buat apa juga ngidupin motor idle sampe setengah jam?

    Suka

    • wtf170 berkata:

      ntar kalo mudik baru terbukti bro…apalagi jembatan comal ambruk….lawong tahun kemarin jangankan 20 menit ….motor ane idle semaleman macet d cikampek….jalan semeter macet..jalan semeter macet….ampe pagi

      Suka

    • thedeadbone berkata:

      betul si Red Satellite

      buat apa motor idle sampe setengah jam,y kalo kejebak macet parah mending dimatiin trus diidupin lagi kalo udah jalan

      mungkin nih fitur membantu kalo pas macet lama jadi ga boros bbm pa lagi minum e pertamax beda kalo yg minum premium subsidi jd boros” gpp

      macet banget mesin 20menit baru mati,tar kalo dah jalan stater lg,macet lg 20 menit mati udah jalan stater lagi

      beda kalo yg ga ada fitur iss nya
      macet banget ga tau mesin mau dimatikan brp jam ato ga bakal dimatikan sampe habis bensin premium subsidi e

      think smart

      ngoahahah

      belum siap rider batangan dengan fitur hemat bbm

      Suka

  8. Dimas Syauqi Rafsanjani berkata:

    “Engine auto-stop system. Mesin akan berhenti secara otomatis jika ditinggalkan langsam selama 20 menit. Jika mesin berhenti, tekan tombol start untuk menghidupkan mesin kembali.” Buku Petunjuk Pemilik R25 halaman 6-1.
    Semoga membantu.

    Suka

  9. ndesoedisi berkata:

    apakah sensornya juga disunat ?

    Suka

  10. ken39 berkata:

    nais, gini nih yg gw demen, bukan cuman nebar jala… tapi ngasih obat juga 😀

    Suka

  11. Dimas Syauqi Rafsanjani berkata:

    “Engine auto-stop system. Mesin akan berhenti secara otomatis jika ditinggalkan langsam selama 20 menit. Jika mesin berhenti, tekan tombol start untuk menghidupkan mesin kembali.” Buku Petunjuk Pemilik R25 halaman 6-1.Semoga membantu.

    Suka

  12. Dimas Syauqi Rafsanjani berkata:

    Komentar ane kena jaring mulu. Intinya itu Engine auto-stop system. Buku Petunjuk Pemilik R25 halaman 6-1.Semoga membantu.

    Suka

    • bdt berkata:

      ini kaya idel stop nya pcx om.

      kalu mesin tuh ngak dijalakan dlm rentang waktu tertentu,

      otomatis ecu memerintahken mesin mati , biar hemat energy.

      jadi referensinya bukan hanya temperatur, tapi “t” (waktu) juga

      IMHO

      Suka

  13. dax berkata:

    Gawat jg motor satu ini klo kejebak macet lama…bisa mati mesin sendiri.positifnya….engine gak bakalan rusak duluan gara2 overheat soalnya ada proteksinya.
    Klo pengalaman pake ninja RR biarpun temperatur mesin di kokpitnya sdh sampe 3/4 jarum hampir penuh mesin gak mati kok.sy aja yg sadar diri melipir berhenti ke pinggir jalan buat dinginin mesin.radiatornya kan ga pake kipas.nah klo cbr 150FI,dia temperaturnya stay di 3 bar(digital temperatur) mau macetnya kayak gimana jg ga pernah lebih dari 3 bar,ga da cerita mati mesin
    Yg sekarang yg sy punya R15 ga pake bacaan temperatur model ninja RR atau CBR,cuma ada warning lamp aja klo overheat.so far so good.just share om kobay 😀

    Suka

  14. Lovemotobike berkata:

    hmm, produk awal cen biasanya banyak eror e yo kang, wkwkwkwk

    —————————————————————
    permisi mas bro, numpang nitip artikel mengenai gonjang-ganjing power R25 disunat

    http://lovemotobike.com/2014/07/21/mencermati-grafik-dyno-yamaha-r25-milik-om-leopold-ada-yang-ngeganjel/

    Suka

  15. arihanggara91 berkata:

    nyimak bae lah… karo absen siang..

    wong.. nyonge babar blas ura ngertii..

    ngertine yo mung numpak

    Suka

  16. bdt berkata:

    ini kaya idel stop nya pcx om.

    kalu mesin tuh ngak dijalakan dlm rentang waktu tertentu,

    otomatis ecu memerintahken mesin mati , biar hemat energy.

    jadi referensinya bukan hanya temperatur, tapi “t” (waktu) juga

    IMHO

    Suka

  17. gilaroda2 berkata:

    Yg penting ketika posisi jalan & indikator temperature sdh separo mesin gak mati mendadak

    Suka

  18. Bro_Jol berkata:

    Produsen VS Customer : Bak..buk ..bak..buk…..bak..buk..bhuk ( pukulan beruntun di terima tanpa bisa di konter )..bak..bak..glodagh!!produsen ndlosor…1..2..3..10 teng2 TKO!! customer ninja satisfied!!

    Suka

  19. tomcat berkata:

    dkasih teknologi baru masih pd protes,itu vario iss kalo mesin nyala dikemacetan otomatis mati sendiri dmi mnghemat bensin jg biar mesin g overheat mskipun pk radiator..intinya biar mesin awet konsumen puas…gitu aja kok repot…

    Suka

  20. vixioner007 berkata:

    kalau pingin dingin buka aja fairingnya kyk baby shironya om kobay.. wkwkwk

    Suka

  21. #034 berkata:

    Disinyalir YIMM mencangkokkan fitur vespa piagio.. hahah.. slmat om kobay.. kini vespa ad extractnya @_@

    Suka

  22. ridertasik berkata:

    oot mang…..tema na asa alus euy XD

    Suka

  23. orong-orong berkata:

    ayo tambahin lagi kalau ada keluhan biar dapet produk bagus nich mumpung lagi anget
    http://orongorong.com/

    Suka

  24. st3v4nt berkata:

    Kirain cacat produksi gak taunya ada ISS kaya PCX dan Vario, itu mah bagus dong biar gak boros dan polusi….:-)

    Suka

  25. vario125 berkata:

    kayaknya dumay roda 2 bakalan sering posting tentang R25 nih seiring dengan diterimanya unit tersebut di tangan konsumen hihiihihihiih

    Suka

  26. fby tulen berkata:

    Kobay dedengkot blogger fbh gadungan emang pekokkkk

    Ngoahahahahahahahaahah

    Suka

  27. fby tulen berkata:

    Orang indo blm siap dengan motor canggih

    Ngoahahahahahaha

    Ntr vario 125 iss mati jg pd kejang2 ntr

    Ngoahahahahaha

    Suka

  28. sijidewe berkata:

    honda astrea starku ku juga ada om.. kalau panas mati sendiri.. bahkan kalau ngebut banget langsung mati (bensine tekor hahah)

    nasib motor jelek gan tidak punya fitur standar tengah :v

    http://sijidewe.com/2014/07/21/nasib-motor-tidak-punya-standar-kaki-penyangga-tengah/

    Suka

  29. bikeaddict14 berkata:

    Ada fitur timer kali, soale manualnya belum datang he he….mestinya jangan overheat, berarti cooling system masalah….yg di geng kawasaki z250 ada yg kedapatan kipas radiatornya nempel ke radiator jadi seret (masalah pemasangan) – the heat is on jadinya # eh lg mgomongin r25 ya he he

    Mesin BMW 3-silinder 1.5-liter untuk i8 akan dibuat di Inggris

    Suka

  30. HirRo berkata:

    Mungkin motornya beda tp cara idling atau pemanasan’a hampir sama. Motor ane dirumah NJMX ane panas’n pake cara diatas 30-45 kga mati mesinnya ..

    Emg dari cc beda dan kinerja + suhu yang dihasilkan berbeda tp sedikit aneh ajh klo melirik review diatas ..

    Mohon penjelasan detail dari suhu yang kompeten dimari mengenai kasus diatas ..

    Suka

  31. papa3r berkata:

    Mengenai buku manual…..
    yg punyaku lansung dikasihkan bareng ame serah terima unite lho Om….
    kayaknya sih itu sudah sepaket ngirimnya….
    Unit+helm standart+tool kit+ buku manual+ buku sevice&garansi

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      entahlah ini bro Yoko… kan di attachment saya sempet minta dia baca bukmannya dulu, katanya belum dapat…

      Suka

      • papa3r berkata:

        harusnya sudah sepaket saat dikirim unitnya dari pusat….
        dsuruh nagih aje Om ke dealernya….kecuali kalo memang benar2 tertinggal atau bijimane gitu…

        Suka

  32. frunze berkata:

    tenaga disunat, suhu mesin disunat. yah, efek penyunatan harga sih

    Suka

  33. Bonn Djoovy Anak Rumahan berkata:

    ane gk mw komen r25
    yg ane mw komenin, wah si om tampilan baru ya?

    Suka

  34. Bonn Djoovy Anak Rumahan berkata:

    Serba sunat-sunatan kah ???

    Suka

  35. uhmm… anu bang, saya gak paham 😦
    Yamaha Jupiter Z1 livery Jorge Lorenzo by Cargloss

    Yamaha Jupiter Z1 Livery Jorge Lorenzo

    Suka

  36. Afif berkata:

    Bang kobay mengalihkan isu sunatan nih

    Suka

  37. wtf170 berkata:

    oli gear cvt pcx kl yg baru pnya pasti puyeng…..bautnya ada 4 mirip…kl di beat kan jelas cm 2

    Suka

  38. arihanggara91 berkata:

    ra nyambung tapi… lumayan buwat bacaan koran maalam..heheee…

    Komentar Anda sedang menunggu moderasi.apa bisa di golongkan PENIPUAN.. publik..
    #tapi sudah di jawab juga oleh (yimm)

    -tapi kenapa masih heran juga yaa (pribadi) meskipun (yimm) sudah menjawab permasalahan tersebut.. seakkan buat saya itu jawaban yang kurang pas… dengan jawaban yang sudah di paparkan… oleh (yimm)…

    dan kenapa pula dulu di gembor-gemborkan bila tenanga yzf r25 mencapai (hp&nm) yang sekian tinggi toh pada akhirnya hasil uji di (awam) hanya sekian (hp&nm) = kurang passss…..dengan iklan dan sbg.
    apa hanya untuk mengerjar pamor / sensasi untuk publik agar dalam sejenak menoleh serentak ke yzf r25 saja.. ( selanjutnya masa bodoh ach..)
    yang penting target dr (yimm) lancar….untuk mengalihkan perhatian masa biker ke produknya.. tapi kalo begini hasilnya yaaa….
    podo ae alias sami mawon – sama saja..

    kalau komentar ane sih… karena ini ibarat nasi sudah menjadi bubur.. udah kepalang tanggung juga produk sudah sampai di tangan konsumen

    mbokkkk yoo wess lahh. …akoni wae to (yimm)

    kalau produk yg sudah terproduksi memang kesunat sekian (hp&nm) tapi kasih alasan yang bisa di cerna oleh masyrakat luas khususnya konsumen yamaha sendiri.. biar nama yzf 25 tetap menjadi pilihan di kelasnya..
    #what whay how di balik heheehe
    1- kenapa…..?
    2-bagaimana…?
    3-mengapa…..?

    intinya.. saya pribadi sebagai penginden…
    tidak terlalu mepermasalahkan hal ini…kenapa….? karena bagi saya pribadi ini saya nilai hanya sebagai kompetisi atas pruduk kebangga’an masing masing produsen besar yang ingin menjunjung produk yang di maksud agar publik lebih melirik ke produk yang produsen maksudkan
    ya…. contohnya.. si baby M1 ini…
    wesss lahh AKU RA POPO… NRIMO

    hanya bagi.. pencinta power besar ….YA . memang agak kecewa dengan pernyataan tersebut….

    #yo wes trimo wae pancen anane mung semono

    ya sudah terima aja memang faktanya hanya sekian… (hp&nm) mau di apain lagi… dibalikin….?haahhha opo yo gelemm YAMAHA retur duwitmu

    #ngetik sambil minum kopi nyemil mendoan

    Suka

  39. Sohc njeblug diLenteng agung berkata:

    Motor buosok
    #ayok mode on

    Suka

  40. Leopold S berkata:

    Kalau org londo bilang RTFM 🙂

    Suka

  41. peysblog berkata:

    Pendatang baru harus banyak diubek mang,, Lanjutkan!!! (No Campaign)

    Modif Bareng Suzuki Thunder FI (Episode II) Tempat, Waktu, Biaya Lengkap Di Sini

    Suka

  42. noni belanda berkata:

    Blog om leo ga bisa di akses’ kenapa ya ??

    Suka

  43. pening berkata:

    Untuk lebih mendapat presisi maka sebaiknya hidupkan YZF-R25 anda selepas sahur di luar pagar rumah dan pantau dari kejauhan, pasti hilang penyakitnya……..juga motornya !

    Suka

  44. thedeadbone berkata:

    nah fitur penghemat bbm nih…

    jadi yang beli pertamax/plus jd bisa hemat” bbm ga terbuang sia” n ga akan mengalami burung selangkangan paha panas gara” mesin idle n overheat berlebihan

    untuk yg masih subsidi mania ya biar bisa hemat buat beli pertamax dikemudian hari

    ngoahaha

    Suka

  45. Ping balik: Ini Dia Fitur Pada Mesin Yamaha R25 – Engine Auto-Stop System « KOBAYOGAS.com

  46. initial_d berkata:

    setahu ane reyen dlm keadaan iddle gak bagus utk mesin, kedepannya putaran mesin jd tdk stabil.cmiw.

    Suka

  47. hendra berkata:

    lah kalau setiap 45menit mati kalau bwt touring bnyk berhentinya donk gr2 overheat

    Suka

  48. tobi berkata:

    Bro , gan , sist , sesepuh , adek , kakak saudara , dan buyut sekalian , saya juga ngalamin hal yg sama , justru posisi nya pas lagi di jalan , udah di ademin dulu sekalian mejengin motor keren mogok *upss , uda sampe 1 batang lagi heat nya , tetep aja sama gk mau hidup lagi

    Suka

  49. brams berkata:

    R15 klo di bore up 66mm kira” radiatornya harus di ubah apa standart jga ckup ya mas… coz skrng lgi bnyak paket bore up r15 mau tanya aja saya mau bore up takut bermaslah k mesin yg lainnya… ada masukan gak

    Suka

Tinggalkan Balasan ke Kobayogas Batalkan balasan