Mengenal Teknologi Crumple Zone Pada Kendaraan


image

Kobayogas.com – Sudah lihat gambar di atas? Ada di beberapa blog ya tentunya. Ada yang aneh? Bukan soal fotonya, itu akan kita bahas sedikit nanti, melainkan obyeknya, si motor dan mobil…

Kenapa bagian depan mobil tersebut bisa ringsek dengan mudahnya sedangkan si motor terlihat seperti baik baik saja? Anggap saja foto tersebut benar, apakah berarti kualitas bodi si mobil yang payah hingga hanya menabrak motor lama saja sampai tertekuk sedemikian rupa?

Tidak ada yang salah, ringsek pada bagian depan mobil tersebut justru membuktikan bahwa teknologi crumple zone-nya bekerja dengan sangat baik. Kok bisa? Crumple Zone? Apalagi itu?

Mobil di era modern kini terutama buatan Jepang dan Korea dilengkapi dengan teknologi pada beberapa titik yang dianggap penting pada bodi mobil untuk dapat mengabsorb atau menyerap benturan. Tidak seperti mobil dahulu yang keras bagai batu, kebanyakan mobil modern saat ini lebih peduli terhadap penumpang dalam kabin, bahkan beberapa mobil modern juga memikirkan pedestrian alias pejalan kaki.

image

Crash test memastikan sistem crumple Zone bekerja dengan baik

Kepedulian tersebut dituangkan dalam teknologi sasis/ bodi penyerap benturan atau daerah serap atau disebut juga crumple zone… Crumple zone ini bertugas menyerap jika terjadi benturan baik ringan maupun keras ke beberapa titik yang dinilai aman. Tujuannya agar hentakan atau efek whiplash yang terjadi pada penumpang saat kendaraan mengalami benturan bisa dieliminir.

image

Titik yang menjadi area crumple zone

Pada worst scenario atau kondisi terparah saat terjadi benturan hebat, crumple zone akan menyebarkan benturan ke sisi dan titik yang tidak akan membahayakan kabin, sehingga jika terjadi hantaman dari depan atau belakang, hanya bagian yang terhantam saja yang remuk/ rusak, sedangkan kabin diharapkan akan tetap utuh sehingga penumpang bisa selamat. Bahkan mesin pun akan terdorong ke bawah, setir patah dan menekuk untuk melindungi kaki dan lutut pengemudi sehingga tidak ada part dari mesin yang masuk ke kabin yang dapat mencelakakan penghuni kabin.

Crumple Zone mempunyai nama berbeda pada tiap produsen, pada Honda disebut dengan G-Con (G-Force Control) + ACE, Toyota dan Daihatsu menyebutnya GOA Body (Global Outstanding Assesment), Suzuki dengan TECT (Total Effective Control Technology) lalu Mazda dengan SkyActiv Body dll…

Pedestrian safety sendiri merupakan desain dari bumper dan kap mesin yang dapat mencegah pejalan kaki dari cidera parah jika tertabrak kendaraan. Kap mesin akan terangkat sedemikian rupa saat terjadi benturan sehingga mencegah bagian kepala pejalan kaki menghantam kap mesin dan kaca depan.

Jadi jangan aneh dan salah persepsi jika melihat mobil-mobil modern saat ini begitu mudah ‘keriting’ saat berbenturan dengan suatu obyek, karena memang sengaja di desain sedemikian rupa.

Oia soal foto, KBY rasa itu semacam sotosop, soalnya si motor terlihat terbenam di bumper, logikanya sih si motor harusnya terpental jika tertabrak ya… Just my 2 sickles lads 🙂

Mangga digeber … Thanks for reading and sharing lads..

KobaYogas from WordPress for Android

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Sharing dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

60 Balasan ke Mengenal Teknologi Crumple Zone Pada Kendaraan

  1. potosop eta mah gs karuh…..cuman sayang kuran foto na leutik euy (ga HD),jadi suseeeehhh meliat bagian yg kena sotoshop XD

    Suka

  2. bebed berkata:

    Bukan sotosop..itu rekonstruksi kejadian..wakakak..GCON ACE GE8 gw berfungsi bagus ler..bemper cuman penyok..tp motor yg gw tabrak mental gulung2 sama orang2nya..gak kek gambar itu bisa nancep kek malem jumat aja..

    Suka

  3. motor batangan berkata:

    Betul sekali. Orang awam yang gak negrti akan mencibir mobilnya dengan bilang terlalu ringkih. Awam.. :))

    Malah mobil sekelas lamborghini pun ada sistem lebih canggih lagi, body depan dan belakang bisa terbelah 2 kalo terjadi benturan. Fungsinya? Memisahkan antara kabin pengendara dan mesin di bagian mid, sehingga kalo sampe terjadi benturan dan mesin terbakar, pengendara sudah terpisah jauh. Pun juga utk crumple zonenya.

    Mau bukti? Liat mobil alm. Paul Walker yg sisa kecelakaan, mobilnya terbelah dua antara body depan dan belakang. Gue lupa nama sistemnya sih. Di youtube pun banyak tesnya kok.

    Suka

  4. Mas Sayur berkata:

    hmm…pesan di terima… 🙂

    *maaf bang,blogger jemuran numpang njemur,ya.. 😉

    http://bakulkangkungjpr1.com/2014/07/30/catatan-lebaran-di-tanah-rantau/

    Suka

  5. warungasep berkata:

    Oh kitu ternyata, emang foto itu baksoshop kayalknya, dan nuhun elmunya pak Dosen, 😀

    Suka

  6. bukanrastaman berkata:

    Informatif banget nie kakak sesepuh..

    Kira2 mobil di Indo uda ada sistem gini jenis apa aja ya mas?

    Ijin nitip jemuran kakak :

    Mengisi Cinta Pada Negeri ( Tugu Pahlawan ) wp.me/p421dL-9O

    Suka

  7. ndesoedisi berkata:

    Isi artikel sudah bagus, cuma mengandung unsur copas ngoahahahahaaaaaaa

    Suka

  8. yoga berkata:

    jelas 1000% soto krn secara logika yg paling sepele tabrakan spt itu kok gak ada sedikitpun pecahan lampu belakang motor ato serpihan bemper dan body belakang motor.

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Hahhaa iya…

      Suka

    • Menjawab pertanyaan berkata:

      Nah bener gw rasa juga photoshop. Soalnya gw jg pernah liat kecelakaan semacam itu (motornya trail KTM, ditabrak Jaguar) KTM nya nyangkut persis kayak difoto diatas, tapi arm motornya bengkok (sekelas KTM Lho). Laah itu yg diatas motonya gk ada penyok sedikitpun malah masi mulus2 aje

      Suka

  9. java135 berkata:

    brarti istilah kaleng krupuk ga tepat ya kang.. karena demi.safety… :mrgreen:

    Suka

  10. Ardee berkata:

    Harusnya dibikin dari karet …
    Biar nabrak pada mental jauh

    Suka

  11. ordinarygie berkata:

    kalo papanza sama xinia siih gmn pun juga di jelasin crumple zone tetep aja di anggap kaleng kerupuk… tapi klo honda nissan sih walopun remuk di sebut nya safety… its all about mindset and sentimen hahha piss kang

    Suka

  12. curut ngepot berkata:

    jangan anggap remeh avanza dan xenia, itu mobil paling mutakhir di jamannya!

    Suka

  13. peysblog berkata:

    Lha kok supripit kuat nderek nissan??? 🙂

    Suka

  14. frunze berkata:

    teknologi tas kresek

    Suka

  15. demungan berkata:

    Betul. 1000% agreed.
    Mobil dan motor dirancang berbeda. Pada mobil ada titik2 dimana klo terjadi impact emang sengaja dibuat penyok. Gunanya untuk meredam benturan.
    Beda dengan motor, disemua titik emang harus kuat. Gak ada yg namanya crumple zone. Klopun dirancang ada ya bakalan ambrol tu motor jika dipake mudik melewati jalan pantura yang geradakan kayak permukaan bulan.

    Suka

  16. demungan berkata:

    Nambahin lagi. Pekoknya fansboy itu suka mbanding2in tabrakan mobil vs motor. Kenapa gak sekalian diadu tuh motor vs boeing. Jika motornya utuh berarti motornya bagus. Jika boeingnya ancur berarti kaleng krupuk hehehe

    Suka

  17. hahaha berkata:

    Ini nih baru cerdas ga kaya blog sebelah yg biasa ama motuba, tapi ga ngerti apa itu keselamatan dalam berkendara

    Suka

  18. Arlong berkata:

    kalau bus gede antar kota gitu ada crumple zone-nya gak om kobay?
    secara bus itu kan biasanya didatangkan kesini berupa mesin, rangka dan rodanya aja:))

    Suka

  19. Mase berkata:

    yg gak tau dikira mobil sekarang ringkih kang

    http://satuaspal.com/2014/07/31/cerita-mudik-2014/

    Suka

  20. Bonn Djoovy Anak Rumahan berkata:

    makin kesini mkin canggih om

    Suka

  21. Sapilaut berkata:

    Skyactiv pada mazda bukanya teknologi buat efisiensi bahan bakar di mazda dgn kompresi tinggi? Misal 14:1 tanpa perlu bbm bagus? Cmiiw

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Salah hehe…dulu juga ay ngiranya gitu…

      Ada di artikel test Drive Mazda CX5 om… Mangga dicari

      Suka

    • frunze berkata:

      maksudnya bang yogas itu skyactiv body… skyactiv kan sebutan untuk terobosan teknologi barunya mazda. ada skyactiv engine, skyactiv body, skyactiv drive, dll

      Suka

      • Kobayogas berkata:

        Seratussss hehhee…

        Kalau skyactive doang biasanya itu artinya mencakup keseluruhan… Kalau di sebut skyactive G misalnya itu mesin thok cmiiw.

        Suka

  22. qethenk berkata:

    foto ini, malah dijadiin bahan blek sempeyn bagi para sales roda empat.. #hadeuh

    Suka

  23. haryudh4 berkata:

    Kaya helm juga sama… Ada yang pengalaman pakai helm bahan composite, sekelas fiber atau ke atasnya. Crash, helm remuk tapi rider selamat sama sekali gak ada luka. Sedang ada juga yang pengalaman pakai helm biasa bahan thermoplastic / ABS, crash helm rusak gak begitu parah tapi ridernya pingsan…

    Suka

  24. Sangaaat Cantik Infonyaaa

    Suka

  25. 24 hour plumber berkata:

    An impressive share! I have just forwarded this onto a coworker who has
    been conducting a little research on this. And he in fact bought me
    breakfast because I discovered it for him…

    lol. So allow me to reword this…. Thank
    YOU for the meal!! But yeah, thanks for spending time to discuss this
    topic here on your internet site.

    Suka

  26. Ping balik: Variasi tanduk / bemper tambahan mobil, bagaimana menurutmu | Smartfaiz

  27. Ping balik: Teknologi: Anti-lock Brake System dan Airbags, Mana Yang Lebih Perlu? | KobaYogas.COM

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s