Test Ride Suzuki Inazuma 2014 – For Pleasure Seekers…


Inazuma Kobay

Kobayogas.com – Suzuki Inazuma, belakangan ini namanya mencuat hebat, apa pasal? lebih karena harganya yang dikorting hingga 10 juta. Efek sampingnya, beberapa sahabat blogger pun tertarik memilikinya karena merasa valuenya sudah sangat baik dibanding harga awal. Tak terkecuali bro Ivan Vanzmotoblog, yang berkenan meminjamkan Inazumanya untuk KBY test. Seperti apa impresi KBY terhadap Suzuki Inazuma ini?

Berlokasi di Bandung, saat KBY ada acara silaturahim dengan beberapa sahabat blogger di kafe Ngopi Doeloe, bro Ivan yang asal Bandung ini pun menyerahkan kunci motor Suzuki Inazumanya kepada KBY, dan KBY menyerahkan kunci si Shiro untuk beliau test hehe…

Jalur test ride Suzuki Inazuma yang dilalui adalah Dipati Ukur, Gasibu, fly over Pasopati, Pasteur dan kembali ke Jl. Teuku Umar. Safety Gear yang digunakan antara lain:

DESAIN & FITUR

Suzuki Inazuma alias Ijum memang tidak memiliki desain dramatis layaknya motor gede entry level 250 cc lainnya, ya low profile lah singkatnya, mirip seperti kakak pendahulunya si Thunder 250 cc namun Ijum jelas lebih modern dan mewah. Sosoknya tidak terlalu masiv namun panjang bak sampan, mengingatkan KBY akan Bajaj Pulsar 220F. Sekilas terutama jika kita lihat dari belakang, bentuknya mirip Megapro lama, ini yang membuat kadang kala Inazuma tidak terdeteksi keberadaannya di sekitar kita.

Namun demikian, Suzuki Inazuma lah sejauh yang KBY ketahui yang pertama memberikan gear position di kelas 250 cc, juga adanya jadwal perawatan, memudahkan bagi pemiliknya untuk mengingat jadwal servis, fitur ini pun yang pertama di kelasnya.

Dual exhaustnya jujur saja tidak terlalu banyak mendongkrak penampilannya walau terkesan unik, ini lebih karena bentuk exhaustnya yang so yesterday instead of modern. Kalau saja exhaustnya Suzuki Inazuma dibuat lebih keren…

Modif penampilan Inazuma? Baca artikel ini Modikasi Penampilan Inazuma

Inazuma Modif

ERGONOMI

Joknya Suzuki Inazuma yang lebar dan empuk membuat kaki terpaksa sedikit ‘mengangkang’ … Membuat posisi telapak kaki harus sedikit jinjit, untunglah dengan memakai sepatu All Condition Gear Nike Salbolier, jarak pijak ke tanah menjadi sangat terbantu 😀

Raihan tangan menuju setang Suzuki Inazuma bagi yang bertinggi di bawah 168 cm akan sedikit membungkuk, cukup mengejutkan karena KBY pikir setangnya cukup dekat dengan pengemudi, ternyata tidak juga. Tinggi iya tapi jangkauannya ke depan cukup jauh, beda tipis dengan Z250 FI, namun masih lebih nyaman.

Joknya yang sudah lebar dan empuk membuat nyaman pengendara, ditambah lagi bantingan suspensi depan dan belakang yang lembut, membuat perjalanan jauh bersama Suzuki Inazuma akan menjadi hal yang sangat menyenangkan.

HANDLING

Jangan kecewa jika mengetahui Suzuki Inazuma tidaklah selincah Yamaha R25, Z250 atau Ninja dalam melakukan selap selip dan zig zag, bodinya yang panjang menurut KBY mempunyai andil dalam mengkebiri kelincahan Ijum, so wajar saja jika Ijum tidak segesit rivalnya. Saat kecepatan tinggi dan mencoba berpindah jalur, Ijum cukup sulit dibuat nurut. Mirip mirip dengan Z250 FI…

Atau mungkin juga karena terpaan angin yang cukup kencang di atas jembatan pasopati ya hingga handling terutama bagian depan Suzuki Inazuma terasa kurang grip, padahal depan belakang sudah menggunakan Battlax S20. Yang jelas untuk selap selip dalam kemacetan, Ijum selincah Tiger, hanya hati hati, pastikan bodinya yang panjang tidak nyangkut di bumper mobil 😀

POWER/ PERFORMA

Dibandingkan 250 2 silinder lainnya, Suzuki Inazuma memang terkesan ‘lemot’ dan ‘less responsif’… Menurut KBY feel nya mirip mirip mengendarai Tiger 2000 namun dengan tenaga yang lebih besar dan kualitas berkendara yang lebih halus. Wajar saja karena powernya pada hasil dyno memang hanya 23,8 HP @8,639. Bandingkan dengan Ninja FI yang berada di 26-28 HP atau Yamaha R25 yang menghasilkan 29 HP.

Kenapa KBY bilang lemot? Karena dari bawah sampai atas tidak ditemukan ‘tendangan ekstra’ di kitiran atas ala 2 silinder DOHC seperti yang ditemukan pada Yamaha R25, Kawasaki Z250 FI dan Ninja 250. Tenaga Suzuki Inazuma tersalurkan dengan linear dan smooth pada setiap rentang gigi dan kecepatan. Meski demikian tenaga aslinya terasa keluar pada rentang RPM 7000-8000. Suaranya? Terlalu hening, padahal exhaustnya sudah dua… khas dua silindernya juga nyaris tak terdengar (atau ketutup helmet? :D)

Lemot disini tentunya jika dibandingkan dengan 2 silinder lain loh ya, bukan berarti dia pelan, hati-hati jangan meng- under estimate atau look down terhadap Suzuki Inazuma ini, tetap saja dia kencang lads… Dengan torsi 20,77 Nm @7,294 (hasil dyno test) membuat raihan waktu untuk mencapai kecepatan 120-130 km/jam bisa cukup cepat diraihnya seperti yang KBY alami saat melewati jembatan pasopati menuju Pasteur dan sebaliknya. Tetap saja powerful!!…

Membuat suara lebih gahar dan tenaga terdongkrak? Baca artikel Exhaust Ixil Double Exhaust untuk Suzuki Inazuma. dan mendongkrak tenaga Suzuki Inazuma pakai muffler Over Racing

IXIL Inazuma

REM

Power is nothing if you can not stop the bike.. Menurut penuturan sang pemilik, bro Ivan vanzmotoblog, rem standar depan Ijum cukup mengecewakan, oleh karena itu dirinya mengganti selang rem Suzuki Inazuma dengan merek HEL… Diakuinya performa remnya membaik secara signifikan. Menurut KBY sendiri sih sudah cukup, lebih baik dari Z250 FI. Dari sisi pengereman standar, R25 menurut KBY adalah yang terbaik.

OPINI

Jika lads mempunyai budget 36-38 juta dan mencari kenikmatan berkendara apalagi senang turing, Suzuki Inazuma adalah pilihan terbaik, diskon sebesar 10 juta (8 juta Bandung) membuat valuenya secara keseluruhan sangat baik. Performa Ijum tidaklah meledak ledak, tourer alike bingits, so pastikan karakteristiknya cocok dengan lads.

Sempat muncul kekhawatiran akan spare parts ke depannya, mengingat penjualan Suzuki Inazuma tidaklah sebaik sebelum adanya diskon sehingga muncul selentingan Inazuma tidak akan masuk lagi ke Indonesia. Bagi lads yang memikirkan hal ini, pastikan tidak bikin pusing kepala di kemudian hari.

Mangga digeber … Thanks for reading and sharing lads..Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
Tweet me: @kobayogasblog

KobaYogas from WordPress for Android

Iklan

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Moge, Suzuki, Test Ride dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

58 Balasan ke Test Ride Suzuki Inazuma 2014 – For Pleasure Seekers…

  1. rayman95 berkata:

    untuk ukuran 250 cc suaranya hening banget mirip honda cbr 250, kenapa yak? padahal 2 cylinder + 2 kenalpot, untuk body kurang menarik IMHO, lebih menarik Z250 terkesan gahar, entahlah, menurut BR bentuknya kurang menarik, spatbor depan mirip bebek IMHO, tapi terlihat nyaman, butuh facelift segera jika ingin bertarung di kelas Naked bike entry level 🙂

    Suka

  2. Reed-One a.k.a Ridwan berkata:

    motor idaman ni

    Suka

  3. adi_blackvixy berkata:

    Kenapa KBY bilang lemot? Karena dari bawah
    sampai atas tidak ditemukan ‘tendangan
    ekstra’ di kitiran atas ala 2 silinder DOHC
    seperti yang ditemukan pada Yamaha R25,
    Kawasaki Z250 FI dan Ninja 250.
    —————————————————–
    Lah beda dong om kobay, inazuma kan SOHC 2 silinder.. CMIIW.
    🙂
    Salam dari ambon om.

    Suka

  4. Aluvimoto berkata:

    magnum beudh 😆
    raisa ♥♥♥

    Suka

  5. rizkyrm berkata:

    enaknya buat turing kali ya.. daripada pake harian

    http://kidutblog.wordpress.com/2014/08/02/saturday-scooter-run/

    Suka

  6. Mas Sayur berkata:

    tester sejati 😉

    Suka

  7. wtf170 berkata:

    sedannya roda 2 ne motor…

    Suka

  8. andikakusumaharyanto berkata:

    montor anti maindstream……berasa naek sedan mewah wakakakakakak

    Suka

    • ridermuda berkata:

      Bener drpd Reog 25 motor plastik dibedakin huahahaha….
      Mulus gagah apa lagi z250 si shironya itu karakternya jelas garang om
      Coba sandingkan Reot25 hahaha kebanting tangkine plastik.. 14 liter awkwwkwkwk mengenaskan tragis

      Suka

    • ridermuda berkata:

      Bener drpd Reot25 motor plastik dibedakin huahahaha….
      Mulus gagah apa lagi z250 si shironya itu karakternya jelas garang ada karakternya,
      Coba sandingkan Reot25 hahaha kebanting tangkine plastik.. 14 liter awkwwkwkwkmengenaskan tragis

      Suka

  9. cadoxs berkata:

    biasanya sohc tendangan bawahnya lebih nampol ketimbang dohc…

    Suka

  10. inazuma diatas keren banget bang…

    Suka

  11. raditya berkata:

    hening soale silencernya 2-1-2 ada sarang tawonnya… 😀

    Suka

  12. buddyrocked berkata:

    Pasopati emang gede anginnya, apalagi ke arah pasteur.. ngopdoel tempat paporit nongkrong sy nih.. walaupun nongkrong d kape anggeur pesennya martabak telor :v

    Suka

  13. Bonn Djoovy Anak Rumahan berkata:

    gede bgt ya om?

    Suka

  14. Ping balik: Test ride Z250-nya Kobayogas.com | vanzmotoblog

  15. rob berkata:

    dimodif bisa jadi keren ya ternyata

    Yamaha Force ada warna baru ya ?
    http://roadblue.blogspot.com/2014/08/yamaha-force-ada-warna-baru-ya.html

    Suka

  16. beatfi berkata:

    tetep aja masih gantengan si shironya ya kang! hehe

    Suka

  17. Ping balik: Ngopi & sharing seru dengan rekan blogger, modifikator dan Kafemotor | vanzmotoblog

  18. bikerkampung86 berkata:

    dibikin jap style atau cafe racer ala deus keren nie si ijum 🙂

    Suka

  19. mochyuga berkata:

    couldn’t agree more 😀
    suara knalpot halus banget, bodi berat tapi depannya kerasa melayang kalo lagi geber, rem depan standar rada nyelonong 😦
    tapi bener2 jinak buat dipake harian mah, “low profile” banget hehe
    btw ada kang ivan euy 🙂

    Suka

  20. Ping balik: Test Ride Suzuki Inazuma Modifikasi Minor Dengan Exhaust Over Racing, Ini Baru Inazuma!! | KobaYogas.COM

  21. anto berkata:

    wahhh knalpot nya yang ane suka…mantap mas yoga…ditunggu kunbalnya

    Suka

  22. hery berkata:

    slam kenal,2 thn menabung buat beli ni si ijum,akirnya terbayarkan,
    dari pertama liat n test drive sdh jatuh cinta sm si ijum,buat saya nih motor jawara lah di kelas 250.nyaman,santai,kagak capek,body besar,cocok sama saya..hehehe,
    buat yg komeng miring ni ijum,pasti belum pernah nyoba,ato badannya kurang gede yaa..NO OFFENSE buat yg badannya kecil.
    safe drive-drive fun

    Disukai oleh 1 orang

  23. Ping balik: First Ride Benelli TNT 250, Suaranya Merdu Performanya Kok Kaya Gitu? | KobaYogas.COM

  24. Ping balik: Review Harian Yamaha MT 25, Layak Menjadi Sport 250 cc 2 Silinder Terbaik Di Kelasnya..! | KobaYogas.COM

  25. Ping balik: Kalau Benar Ini New Suzuki GSX-R250 Terbaru, Laku Iya, Laris? Meragukan! | KobaYogas.COM

  26. Ping balik: Beli Mobil Dapat Motor Itu Biasa, Beli Motor Dapat Gratis Motor? Nah ini.. | KobaYogas.COM

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s