Impression Review: Honda Nova Dash RS 2 Tak dan Honda Sonic 125 4 Tak, Menggiurkan..


Nova Dash

Kobayogas.com – Hola lads, masih artikel tematis rare bike, artikel ini adalah seri terakhir dari hasil kunjungan KBY ke Kios Bikers Pungkur Bandung. Di seri terakhir ini KBY akan mengetengahkan dua bebek super ayam jago yang dimiliki Honda dan menjadi biang kerok di jamannya. Mangga digeber lads…

Maksudnya biang kerok ini apa? Ya kedua bebek super Honda Nova Dash dan Nova Sonic ini mempunyai nama yang bikin jantung lawan mengkeret saat mendengar namanya disebutkan, apalagi Nova Dash RS. Bahkan menurut salah satu komentator blog, bro Rizkyrm, nama adik Nova Sonic yaitu Nova Tena 110, sudah cukup membuat Suzuki dengan RG Sportnya mengkeret saat jaman road race dulu!

Ini dia sepenggal history dari Nova Dash 125 dan Nova Sonic 125

Honda Nova Dash RS 125 2 Stroke

Sumber spesifikasi dan history: Google dan dwinugros.wordpress.com

Honda Nova Dash RS 125 adalah motor perbaikan dari pendulunya yaitu Honda Nova Tena 110 yang telah diimpor bulat-bulat dari negeri gajah putih oleh importir umum di Indonesia. Modelnya yang sporty dan laki bingit serta didukung oleh performa juara membuat para kawula muda berkantong tebal pada waktu itu berbondong-bondong siap membungkus sang Nova Dash untuk segera dibawa mengaspal.

Walaupun konsumsi bahan bakar boros karena bermesin 2tak, dukungan spare part yang agak susah karena impor, harga jual yang dipastikan terjun bebas, namun hal tersebut bukanlah merupakan suatu momok bagi mereka yang speed goers untuk meminang motor ini. Dan pada waktu itu motor ini dipasarkan dengan 2 versi yaitu standart dan Repsol Edition, untuk versi Repsol Limited Edition konon merupakan varian langka dikarenakan diproduksi secara terbatas hingga saat inipun Nova Dash versi Repsol Limited Edition masih merupakan incaran bagi kolektor motor-motor eksotis yang pernah diluncurkan oleh pihak importir umum disini.

Spesifikasi Mesin

Honda Nova Dash RS 125 dibekali mesin dua langkah reed valve berpendingin cair, berkapasitas 123.5cc, bore x stroke 55.5 x 52 mm, berkompresi 7.0:1, transmisi dengan 6 percepatan, kopling manual, setang clip-on, dibekali karburator Keihin PE24, kapasitas tangki bahan bakar 4.5lt, kapasitas oli samping 1.2lt, shockbreker belakang monoshock dan depan teleskopik, berpenghenti laju disk brake depan dual piston belakang single piston, menggunakan roda berdiameter 17″-70/90 depan dan 17″-80/90 belakang, cast wheel, aki basah, manual stater…

Dengan spek seperti itu Honda Nova Dash RS 125 mampu menghinoptis pengendaranya untuk terus memutar throtle gasnya sampai mentok dengan sampai batas kecepatan 150kph. Kenikmatan saat melayang membelah terpaan angin telah membuat para speed goers mania khususnya penikmat produk Honda merasa tentram dan betah untuk terus duduk memacu motornya hingga klimak…..nguooonnggg!!!!

Setelah pada pertengahan tahun 2000an keluar peraturan pembatasan produk motor 2 langkah oleh pemerintah maka secara pelan tapi pasti membuat pihak importir umum memutuskan untuk men’discontinue pemasaran Honda Nova Dash RS 125 dengan alasan sudah tidak ada keuntungan lagi kedepan dalam penjualan produk sepeda motor mesin 2tak.

Honda Nova Sonic RS 125 4 Stroke

Demi memuaskan hasrat konsumen sepeda motor penggila kecepatan di Indonesia maka beberapa importir umum kembali memutuskan mengimpor varian Honda Nova secara CBU dari Thailand dengan mengusung mesin lebih ramah lingkungan yaitu 4 langkah berjudul Honda Nova Sonic RS 125 dengan jumlah terbatas karena sedang melakukan penjajakan pasar plus ditambah nilai harga beli diatas rata-rata motor bebek 4 tak buatan lokal pada umumnya pada masa itu.

Walaupun dengan embel-embel harga beli mahal, perawatan plus suku cadang susah, tidaklah menyurutkan keingingan konsumen untuk memiliki motor ini. Masih seperti pendahulunya Nova Sonic disini juga dirilis dengan dua versi yaitu standart dan RS Super Repsol Edition, yang membedakan varian RS Super dengan standart adalah pada bagian starter plus cast wheelnya..hingga saat inipun motor tersebut menjadi incaran bagi kolektor motor eksotis diIndonesia terutama Nova Sonic dengan versi RS Super Repsol Edition.

Spesifikasi Mesin

Honda Nova Sonic RS 125 dipersenjatai dengan mesin 4 langkah berpendingin cair, berkapasitas 124.7cc, SOHC, 2 valve, Bore x Stroke adalah 58 x 47.2 mm, berkompresi 11:1, transmisi mengaplikasikan 5 percepatan, kopling manual, setang clip-on, Kapasitas tangki bahan bakar 4.2lt, shockbreker belakang monoshock dan depan teleskopik, berpenghenti laju disk brake depan dual piston belakang single piston, menggunakan roda berdiameter 17″-60/100 depan dan 17″-80/90 belakang, cast wheel, aki kering, dilengkapi elektrik stater, plus berat total motor 102.0kg…membuat motor ini mampu digeber dengan kecepatan maksimal sampai dengan 130 kph.

Sesuai info dari artikel bro dwinugros, itulah kedua motor bebek jago yang dulu sempet didatangkan langsung dari Thailand ke Indonesia oleh beberapa importir umum secara utuh dengan jumlah terbatas yaitu Honda Nova Dash RS 125 dan Honda Nova Sonic RS 125.

Sebenarnya varian Honda Nova series dinegeri asalnya Gajah Putih memiliki 3 seri, yang pertama keluar adalah Honda Nova Tena 110 bermesin 2 langkah pada pertengahan tahun 90an, berhubung pada waktu itu sekitar tahun 90an akhir Indonesia sedang dihantam badai krisis ekonomi global maka pihak importir tidak berani mendatangkannya kesini…dan waktu itu belum dikenal istilah importir umum sehingga membuat varian tertua dari Honda Nova ini tidak begitu terkenal layaknya sang kedua adik.

Tapi kalau tidak salah pada ajang road race tanah air kisaran tahun 1998’an motor ini (Honda Nova Tena 110) yang dijoki Rafid Poppi pernah merusak dominasi pabrikan Suzuki dengan racer andalan paling ngetop saat itu “Si Kuncung” alias Hendriansyah (Suzuki RG Sport) dan pabrikan Yamaha dengan racer andalan “Si Ompong” alias Ahmad Jayadi (Yamaha Force1 ZR). —- Klop dengan info dari bro Rizkyrm kan? Hehehe

Which one your flava?

Semoga menambah khasanah perotomotifan kita semua…mangga digeber lads….

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

Iklan

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Honda, Rare Bike, Review dan tag , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

135 Balasan ke Impression Review: Honda Nova Dash RS 2 Tak dan Honda Sonic 125 4 Tak, Menggiurkan..

  1. ipanase berkata:

    motor kencangg ini

    Suka

  2. Reed-One a.k.a Ridwan berkata:

    lawan berat FU

    Suka

  3. otogadjet berkata:

    Masih terheran2 dgn tenaga yg d hasilkan motor 2 tak!

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Saya pun demikian…sama kaya mesin rotary wengkel… 1200 cc bisa sehebat 3000 cc tenaganya…

      Disukai oleh 1 orang

      • gilaroda2 berkata:

        yang jelas tenaganya sesuai dgn konsumsi bbm-nya (baik 2tak maupun wankel sama2 borosss, cmiiw)…& mesin wankel emang josss, RX7 mobil impian….:D

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        Cuma mentok, mazda aja give up, ga bisa bikin irit dan CO nya itu loh gak bisa comply euro

        Suka

      • gilaroda2 berkata:

        Emang dr sononya wankel pasti boros masbro, sekali siklus bs 3x langkah usaha-cmiiw, ganas putaran atas…cocok bgt buat race & drifting…syg setelah generadi rx8 skrg sdh discontinued..

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        Iya, mentok gak bisa diapa2in…tadinya harapan ada di mazda…hehe…mazda jg nyerah… Mending kembangin skyactiv dah katanya hehee

        Suka

      • gilaroda2 berkata:

        Hehe..bener masbro, aturan emisi yg ketat memaksa mesin powerful spt 2t & wankel hrs nyerah, padahal generasi wankel itu ibarat mesin 2taknya 4tak, karakter soundnya sgt khas, msh mimpi mg2 bs beli 2ndnya, aamiin..klo skyactiv emang sgt irit utk nyaingin hybrid, tp balik lg ke teknologi piston….cmiiw…:)

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        Juosss…

        Suka

    • semut merah berkata:

      iya karena mesin 2 tak hanya mengalami 2 langkah piston dalam satu siklus pembakaran, sehingga kerj mesin lebih singkat, misal: u/ menyamai tenaga mesin 2 tak 125cc mesin 4 tak harus 250cc, bahkan ninja 250 fi masih kalah tenaga nya pake dynotest dibanding ninja 150 2 tak.

      Suka

  4. Rideralam berkata:

    jaman segitu sik ngangkot om, ra kuat tuku mongtor

    Suka

  5. aiefz berkata:

    pengen nyobain nova dashnya :mrgreen:

    Suka

  6. ucrit berkata:

    Pernah punya sonic tapi ilang digondol maling, warna merah tahun 2001. Untuk sonic selain masuk lewat IU, AHM juga resmi ngimpor sebelum produksi Karisma….mungkin karena sonic dianggap terlalu mahal untuk bebek 125cc 4tak maka 125cc honda yang diproduksi AHM Karisma bukan sonic.

    Suka

  7. danisubject berkata:

    kemarin aku ketemunya sama rs sonic 125 block oli nya beuh gede temen kayak moge 😀 . dash sering nemu

    Suka

  8. ashes berkata:

    Nova sonic 125 mesinnya sama kya cs1 ya. Yg beda cm kompresinya. Sonic 11 cs 10. Dan beda jg nasibnya. Hwehehe.

    Suka

  9. andicielo berkata:

    Dmn itu kang, kok latar belakange motor2 impianku waktu sma dulu… juos tenan

    Suka

  10. kzanspeed berkata:

    dadi kelingan jaman nom2anku mbi
    yen mas…

    Suka

  11. bikerkampung86 berkata:

    udah angkut atu kang buat menuhin garasi 😀
    nitip jemuran kang
    http://bikerkampung86.wordpress.com/2014/08/23/senja-di-pantai-padang-padang/

    Suka

  12. dejectermoto9191 berkata:

    entah knapa honda slalu dbuat kangen kpada pnggmrnya, misalkan nsr 150,honda nova dash, honda sonic yg discontinue, akibatnya para pnyuka mtor honda slalu brtnyatanya dan kngen “kenapa gk ada pnerussnya nsr ? knapa gk ada honda sonic 150 ,?”

    Suka

  13. noveri22 berkata:

    Pernah liat orang pake Nova Sonic warnanya persis kaya gitu di pom cibinong tapi sayang bentuknya mengenaskan tak terawat 😦

    Suka

  14. Arlong berkata:

    dulu batok lampu Dash sering dipake buat modif motor, ngetrend banget dulu^^

    Suka

  15. Arlong berkata:

    yamaha Tiara dulu jg termasuk primadona om, bodynya ramping dan sexy khas Yamaha dg velg enkei palang 3 bener2 bikin ngiler dulu^^

    Suka

  16. Arlong berkata:

    btw, kok om tau juga bro dwinugros yg emang pernah ngebahas motor2 exotic jaman dulu?

    Suka

  17. Bonsai Biker berkata:

    Antrian Panjang BBM subsidi di Cirebon, mbludak tenan gan hingga ke jalan dan bikin sedikit jalan tersendat
    http://bonsaibiker.com/2014/08/23/antrian-bbm-bersubsidi-di-cirebon-mbludak-ke-jalan-sempat-ricuh-dan-dijaga-polisi/

    Suka

  18. warungasep berkata:

    Naaah batol lampu Dash, saya pernah boga euy, di pasang di motor jadul,wkwkwkw hanyakalna baheula can aya hp 😦

    Suka

  19. rizkyrm berkata:

    hahaha ditulis juga om, dulu yang bangun tena itu si Benny Djati (direktur Astra Racing Team).

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Masih gak om benny?
      Ditulis lah kalau sumber valid mah hehhee

      Suka

      • rizkyrm berkata:

        coba aja liat web astra racing team, workshopnya di jakarta timur, tapi waktu itu saya ketemu saya chief mekaniknya, mas ade.
        insha allah valid om, dia dulu tim nya star motor. mulai dari tena, terus ngerusak dominasi shogun pake jupiter swedia. hehehehhe..

        Suka

  20. bapakeVALKYLA berkata:

    Nova Dash emang keren…
    dulu sempat punya…
    tp cuma batok lampunya yg kw :mrgreen:
    dipasang di gl 100…
    lumayan nambah ganteng

    Suka

  21. wtf170 berkata:

    hik….jadi inget nova dash ane dulu….buntut blakang sma persis ama nsr sp

    Suka

  22. genbuz berkata:

    hadir kang…

    Suka

  23. curut ngepot berkata:

    yg ayago 2tak dari honhon di komparasikan vs yahaha tiara ato sijuki rk cool biar tau kehebatannya masing2 dong om?

    Suka

  24. wtf170 berkata:

    rizkyrm on August 23, 2014 at 8:04 PM
    coba aja liat web astra racing team,
    workshopnya di jakarta timur, tapi
    waktu itu saya ketemu saya chief
    mekaniknya, mas ade.
    insha allah valid om, dia dulu tim nya
    star motor. mulai dari tena, terus
    ngerusak dominasi shogun pake jupiter
    swedia. hehehehhe..
    ===============
    yups…benar saat itu benny jati utomo yg bikin..pake honda tena cm setahunan kira2…dgn rider rafid poppy….trus ganti ke cagiva stella gak lama jg….karena d penghujung umur underbone 2 tak 😀 si dewa road race Hendrianyah kembali mengambil alih dgn suzuki rg sport dng mekanik andalan pakde bambang…..
    soal jupiter swedia…si benny jati utomo dr tim SKF Star Motor pusing ama shogun 110 nya suzuki AHRS dgn mekanik mas Ahon dgn pembalapnya hadi wijaya yg menang trus…maka dia buat spek motor yg jos waktu itu(mulai populernya cdi BRT ya saat itu)kilikan yg terkenal yaitu kubah silinder kamar mandi 😀 ama selang pernapasan…..

    Disukai oleh 1 orang

  25. Arlong berkata:

    untuk kawasaki bebek 2 stroke yg tergolong rare adalah kawasaki leo star 120cc om, yaaahhh modelnya kayak Tiara gitu deh, velg enkei palang 3 jg:))

    Suka

  26. mbladeush berkata:

    pengeeeennn…..

    satu satunya pabrikan yang full support kelas 150

    —————–

    sikap Marquez setelah finish buruk di Brno

    http://www.bladeus.wordpress.com/2014/08/24/marquez-paham-bagaimana-bila-ia-menang-tapi-apakah-ia-paham-dengan-kekalahan/

    Suka

  27. gaplek mania berkata:

    nova dash memang legenda dijamannya paling kenceng tuh..waktu itu lawannya kawasaki leo,yamaha tiara/jr ,suzuki stinger

    Suka

  28. haryudh4 berkata:

    Tapi desainnya cakepan Dash ketimbang Sonic…

    Inget zaman dulu masih SD suka sepedaan… Ada temen yang udah agak besar dikit (SMP mungkin), dia udah mulai hobi motor. Sama dia sering diajak ngider ke komplek belakang. Cuma buat lewati gang / rumah orang yang punya motor keren katanya, namanya Sonic Nova. Saya mah dulu ikut aja, belum ngerti apa2 haha 😀

    Suka

  29. ninja250 berkata:

    pernah punya ayago honda juga..honda nice..mirip sonic cuma.mesin 110cc plus shock belakang stereo.. 😀
    dulu beli 15jutaan kalo ga salah..

    Suka

  30. nbsusanto berkata:

    sonic rs super repsol.. duhdek..

    Suka

  31. wongserut berkata:

    sonic mah sering ketemu
    yg jadi2an tapi 😀

    Suka

  32. ito takahasi berkata:

    bahas jg honda nsr sp repsol edision dong

    Suka

  33. Masboow berkata:

    Sonic idamanku om kobay.
    Banyakin ulas motor rare om, biar blog ini ga mainstream hehe.sukses trus blognya,

    Suka

  34. wtf170 berkata:

    salah….suzuki rg sport tu sama persis ama suzuki satria 120 yg awal…bukan yg satria hiu…yg membedakan cm kubikasi mesinnya….110cc….di buat d malaysia…
    bokap ane beli lewat perantara suzuki indonesia buat terjun d balap underbone 110cc….

    Suka

    • wtf170 berkata:

      komenku nyasar

      Suka

    • Kobayogas berkata:

      iya, kaya tornado ternyata, kuduna liat dulu di google hehhe…

      Suka

      • wtf170 berkata:

        Kok kaya tornado?kayak satria yg awal kali….cm mesinny 110 cc….yg lain mirip2…termasuk silinder tegak nya(ini yg d cari mekanik dulu)saat fizr biru nya hendriansyah(sebelum ke suzuki )lagi jaya2nya…setelah rg sport muncul baru motor ni jadi favorit…termasuk bokap ane

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        kok search kek tornado GS modelnya, malah lebih modernan Satria…
        Babeh mekanik apa sembalap om

        Suka

      • wtf170 berkata:

        Punya tim balap kecil2an dulu….ya kelas kampung lah…hahahaha

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        bisa ajeeee wkwkwkk di bogor bukan ya ini si om

        Suka

      • wtf170 berkata:

        Yogya-solo-wonogiri PP….
        Kok om….lawong lebih senior situ(umurnya)#upps…ngahahahahaha

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        kebiasaan di milis om eh bro wkwkwkk

        Suka

      • wtf170 berkata:

        Josss

        Suka

      • wtf170 berkata:

        Dipikir2 si dewa road race Hendriansyah hebat bener ya…td IRS 150 juara…padahal dia balap sejak era Dicki setiawan juara underbone 2 kali berturut turut berakhir….dah berapa tahun tu…..kalo kakaknya si irwan ardiansyah kan dewa motocross sebelum terjun di pasar senggol

        Disukai oleh 1 orang

      • Kobayogas berkata:

        berapa ya usianya skrg? Pernah go internasional gak

        Suka

      • wtf170 berkata:

        Si hendriansyah?la sering….kan dia dl ikut 600cc asia jg….bahkan pernah d kontrak tim luar negeri lo…

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        tapi kurang njoss yah

        Suka

      • wtf170 berkata:

        Tapi d jaman dia dulu termasuk di segani…..

        Suka

      • wtf170 berkata:

        Kalo gak salah inget tahun 2000an dia urutan 4 supersport 600cc asia lo….
        Kalo d liat prestasinya kayaknya lum ada pembalap indonesia yg mampu menyaingi dia…..
        Satu lagi dia dulu pernah ikut gp125 d sentul….tu motornya d pajang d rumahnya…..
        Jd juragan dia sekarang…HRP nama usaha ny

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        kalau kaya doni tata atau rafid gmn ya… dengan skill sekelas dia

        Suka

      • wtf170 berkata:

        Beda jaman lah….kalo ama kakaknya si rafid topan yg namanya rafid poppy masih bagusan hendry…si poppy ketolong motor kenceng
        Pokoknya blum ada pembalap sekarang yg menyaingi prestasi si hendry deh…

        Suka

      • wtf170 berkata:

        Buka aja d google biodata si hendri…juara nasionalnya bejibun….kalo juara seri kl ditulis bisa semalem bacanya…ngahahaha

        Suka

      • star kid berkata:

        Seingatku dulu hendriansyah satu tim sama ahmad jayadi di pertamina, lalu mereka pisah…
        Hendriansyah ke tim inter biru cms, ahmad jayadi ke caltex yamaha…

        Disaat itu hendriansyah merajai dengan f1zr nya CMS..
        Lalu muncullah rafid popi dengan honda tena nya, mulai mengacak2 dominasi hendriansyah dkk..
        Ahmad jayadi juga pernah naik honda tena racikan beny jati di tahun 2000an dan juara..

        Soal hendriansyah, dia pernah dikontrak tim asal Cina naik motor sport 600cc buat ikut kejuaraan asia, pernah balapan di macau juga, joss banget dia di jaman itu….

        Serunya saat itu, hendriansyah vs ahmad jayadi seperti halnya Valentino Rossi vs Max Biaggi…
        Ada bumbu-bumbu intrik nya gitu hehehe….

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        Wah mantaappp

        Suka

  35. andhi_125 berkata:

    Nova Dash, kentjang plus enteng
    pertama kali liat di era roadrace 90an, punya H. Momo Harmono Sby

    Suka

  36. abgtua berkata:

    seandainya motor ini yang dibikin AHM dulu
    bukannya cs1 😀

    Suka

  37. Ping balik: Firts Impression Review: Glove Alpinestars S-MX2 Untuk Tes CBR K45 « KobaYogas.COM

  38. Ping balik: Gosip Honda New Sonic 150, Sebelum Atau Sesudah Lebaran Sih? | KobaYogas.COM

  39. Ping balik: Menggeser Master Ayago 150 cc Suzuki Satria FU, Tidak Mudah Tapi Bisa… | KobaYogas.COM

  40. anak kecil berkata:

    Motor pure SOHC mantap ..

    Di pastikan hon hon akan mendatangkan mesih dohc tp oversquare mirip sohc tp di bilang sohc bukan ,dohc tp rpm cma 9500 .. dohc apa sohc?

    Jadi bingung jenis gender nya ?mungkin laki ke cewe2 an yy?hahahaha

    Suka

  41. Ping balik: Ini Dia Fitur-fitur Yang Diusung Oleh New Honda Sonic 150… [Gallery] | KobaYogas.COM

  42. 0yooyoo berkata:

    sonic mtr impian yg skg ada ditangan si repsol edition

    Suka

  43. Ping balik: Suzuki Satria FU 150, Buah Manis Hasil Benih Kesabaran Suzuki … | KobaYogas.COM

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s