Kobayogas.com – Dear lads, lama tidak sharing seputar Vespa nih hehe… kali ini KBY akan sharing modifikasi sektor kaki-kaki dan mesin untuk Vespa Primavera Azzurro… apa saja ubahannya? Yuks dilanjut bacanya…
Tujuan modifkasi ini adalah membuat si Vespa Primavera Azzurro lebih nyaman, nyaman untuk KBY tentunya. Nyaman disini adalah dari sisi bantingan, performa mesin serta pengereman. Oleh karena itu KBY menyambangi 88 Garage alias Bengkel Vespa Layur yang dikomandoi oleh om Manto Layur…cekibrot step-stepnya…
SEKTOR KAKI-KAKI
Suspensi
KBY merasa bantingan suspensi Azzurro alias Primavera masih terlalu keras terutama bagian depan. Sangat terasa jika harus melalui jalanan keriting, jika melewati aspal mulus sih jangan tanya, mantap lah. Nah, oleh karena itu KBY ingin menggantinya dengan milik after market.
Untuk mereknya sendiri tersedia cukup banyak bagi Vespa Primavera, seperti Bitubo, Polini juga YSS. Dari sisi harga, jelas YSS yang paling masuk akal, performanya pun identik dengan merek yang lebih mahal, pembedanya menurut juragan Layur ada di material sehingga life spannya yang tidak akan selama dari merek yang lebih ternama.
Awalnya KBY ingin mengganti bagian depan dan belakang alias sepaket dari YSS Gas Suspension ini, namun ternyata suspensi belakang Primavera harus di modifikasi lagi. Karena tidak ingin memodifikasi yang masuk kategori berat, akhirnya hanya bagian depan saja yang dipasang, toh untuk bagian belakang sendiri KBY tidak terlalu mengeluhkan performanya. Inginnya sih warna merah, tapi ternyata putih juga cakep…tuh lihat aja 😀
Hasilnya? Dalam keadaan settingan default, bantingan si Vespa Primavera berubah sangat signifikan, YSS lebih empuk sekaligus firm, jalan keriting bantingannya lebih cepat diredam dan tidak disertai bunyi-bunyi seperti yang terjadi pada suspensi standar. Di aspal mulus juga jauh lebih nikmat dan stabil. Singkat kata KBY puas akan performanya.
Piranti Rem
Untuk sektor pengereman Vespa Primavera KBY memilih produk campur campur, selang rem menggunakan merek HEL (artikel sebelah sini), lalu brake pad menggunakan Malossi (artikel sebelah sana) dengan perpaduan Floating disc brake dari Zelioni type III. Hasilnya? Saat kembali dari Layur ya belum terlalu terasa efeknya, karena butuh bedding in antara kanvas dengan disc brake. Hanya secara teori ya pasti lebih signifikan lah ya. Dari sisi penampilan, disc brake Zelioni jelas meningkatkan sisi gaulnya.
KBY sekaligus mengganti soket rem belakang Vespa Primavera sama yang gedean, biar lampu belakangnya gak nyala terus akibat penggantian brake lever Zelioni.
SEKTOR TRANSMISI
KBY menginginkan akselerasi Vespa Primavera yang lebih mantap di pertengahan sampai atas, saat ini exhaust custom buatan CMS sudah cukup mumpuni di kitiran atas, sedangkan settingan transmisi standar default pabrik sudah cukup di putaran bawahnya.
Setelah berdiskusi banyak dengan om Manto, akhirnya diputuskan beberapa ubahan di bagian transmisinya, antara lain:
- Kopling Pantekan milik Vespa/Piaggio 250 cc
- Per Kopling Malossi Tourist yang aktif fi 2,25o RPM
- Kevlar Belt Malossi
- Variator Polini 6 roller
Hasilnya? Bagian bawah jadi banyak kosongnya…maksudnya? Iya, saat standar kan putar gas dikit pernya sudah gigit ke kopling, dengan per kopling yang baru aktif di 2,250 RPM jadinya gas harus diputar lebih banyak lagi. Menjadi kurang nyaman saat di stop n go jika belum terbiasa.
Namun demikian, dari tengah sampai atas larinya Primavera cukup menggila… mantap. Jika ingin tarikan bawahnya seperti standar, maka ganti kopling dengan yang aktifnya sama dengan standar atau ya pasang yang standar saja juga oke.
Semoga bermanfaat, mangga digeber lads….
Baca juga yah lads…
- Modifikasi Yamaha NMax, Lampu LED Tambahan Asyik dan Aman Buat Turing
- Modifikasi Yamaha Byson Banyumas, Konsep Ala Ninja 250FI!
- Ketika Honda Verza Memakai Sarung Movistar
- Review Modifikasi Honda PCX 150 Pakai Kanvas Kopling Pantekan, Tetap Irit Tenaga Responsif!
- Wah Honda Tiger Pakai Speedometer Yamaha X-Ride, Unik …
- Ini Dia Spesifikasi dan Hasil Dyno Yamaha NMax 180cc, Kompresi dan Tenaga Naik..
- Modifikasi Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS, Ouput Hingga 30,9 HP!
- Modifikasi: Pasang Spion Yamaha MT25 Di Honda New PCX – From Competitor With Love..
- Sedap, Naik Kapasitas Mesin, Yamaha NMax Jadi Mudah Wheelie
- Pasang Spion Yamaha R25 Pada Yamaha NMax, Kok Lebih Sporty?
wow jossss banget
SukaSuka
😀
SukaSuka
absen dulu om kobay, juoooozzzzzzzz
http://monkeymotoblog.com/2014/08/24/suzuki-gixxer-150-dengan-sedikit-sentuhan-keren-abis-nih-opini/
SukaSuka
nebeng juragan moge 😀 http://ridertasik.wordpress.com/2014/08/25/modifikasi-zx636-dan-biaya-nya/
SukaSuka
sok ganti mio jos
SukaSuka
karepmuuu
SukaSuka
kayaknya part2 mahal nih..
SukaSuka
part part yang udah punya nama aja om… hehe
SukaSuka
modif simple smdan keren(katanya) aja om..
ala pelajar..
– copot mika stoplamp – jual
– copot spion – jual
– pendekin sok depan
– ban ori dijual, beliin ban cacing
ga keluar duit malah nambah.. dan tambah keren (katanya)
SukaSuka
wakakakaka si om kocak, sumpah
SukaSuka
abisnya ada tuh 3 juta .. hehehehe..
SukaSuka
Ssssttt…
SukaSuka
efek tenaga ngumpul diatas..
jadi lebih banyak konsumsi bbm e pasti
SukaSuka
belum dihitung lagi nih hehehe
SukaSuka
Kayaknya udah iya, efek gas dipœntir lebih dalam jadi bensinnya lebih ngucur..
SukaSuka
maksudnya jadi berapa berapanya lom tau, sebelumnya 1:24-26. Best 1:28++
SukaSuka
Ooh iya juga yahh hehe
SukaSuka
tambah cakep bang…tapi belum gagah kalau belum mboncengin cewek cakep selain nyonyah meluk erat….awas uvo ( piring terbang …krumpyang) ….wkwkwkwkwk
SukaSuka
sssttt kata siapa belum? 😀
SukaSuka
Ini mxdnya “kata siapa piring belum terbang” ;p ;p
SukaSuka
galon berterbangan 😀
SukaSuka
gas LPG terbang..
SukaSuka
wakakakakka
SukaSuka
katanya modip dikit… lha kok banyak banget??? 😛
http://78deka.com/2014/08/24/hari-ke-3-krisis-bbm-cirebon-menggila-eceran-rp-11-000-sikat/
SukaSuka
😛
SukaSuka
bingung ane…wtf ane aja d rubah biar gas dikit jalan….eh ini malah d biarin nggerung dulu….
SukaSuka
hahaha iya… lebih cocok buat ngedrag/ balap, jadi gas dipanteng dulu
SukaSuka
kerenn puoll om, bisikin gw donk abis brp hihhi..
SukaSuka
segituan lah hehehe
SukaSuka
klo vespa px th 1996 diganti remnya yg tromol ke disk break bisa ga?
SukaSuka
Jangan break donk tar ancur hehe…keknya bisa aja…modif pastinya
SukaSuka
mantap neeh azurro bianca menyusul ….
SukaSuka
Spion mau gak? Hehehe
SukaSuka
uweeww….
habis banyak itu 😀
——————-
Mengenang masa kecil
http://www.bladeus.wordpress.com/2014/08/25/sunday-riding-mengenang-masa-kecil/
SukaSuka
primavera standarnya kan udah ngacir, tapi masih kurang ngacir juga toh?
efek abis ngetest mv agusta sama ducati kayaknya
SukaSuka
Masih kurang…mayan buat bikin kaget skutik laen…kan vespa identik lemot wkwkwkwk
SukaSuka
Kira-kira faktor apa ya? Bahwasanya dulu CBR 250 menang atas Ninja 250 di sentul menjadi berita besar dan diblow up banyak media otomatis ramai dibicarakan orang, nah kini giliran Ninja 250 menang kok adem ayem aja! Mungkinkah karena efek R 25, atau karena baru menang sekali, ata apa ya, monggo bijimana menurut agan sekalian!
SukaSuka
sayangnya engga ada pembukti yg nyata buat merujuk tujuan modifikasi..
misal tujuannya biar bantingannya manteb, dll, setelah di modif nilai yg diberi hanya berdasar : “Rasanya” which is subjektif/ bisa aja hanya suggesti owner krn udah spent uang banyak.
So far baru dyno test & alat test akselerasi kyk punya wak haji apatuh namanya aja alat yg bisa buat menilai value scr objektif.
yg jelas hasil yg pasti: tambah keren.. jelas. tapi tambah enak kah? debatable..
SukaSuka
testing is believing hehehe… kalau modifikasi kaya di atas, itu nyata hasilnya, alias langsung bisa dirasakan (suspensi ya bantinga, rem ya kepakeman, per cvt dkk ya dari tarikan berubah). Yang debatable itu ganti busi, ganti oli lebih encer, pake octane booster, pasang penghemat bbm, pasang pendongkrak tenaga dan sejenisnya yang harganya gak masuk akal (murahnya). hehhee
dari suspensi jelas banget beda, dari adanya tabung gas aja dah ketauan bakal beda rasanya…kalau gada tabungnya ya bisa dipertanyakan secara awam, apanya yang beda? bentuk aja sama… hehehe
maksudnya Race Logic? Itu mah buat pro lah, kita cukup pake Butt O’Meter aja 😀
SukaSuka
absen pagi…
SukaSuka
pasti mahal deh nih modifnya…suspensinya aja terlihat gambot gt…motor mahal modifnya juga mahal…hehe
harusnya primaveranya di striping logo kobayogas.com nih..tambah seru dan banyak yang akan nyapa sampean lek..
nitip gorengan kang 🙂
SukaSuka
serasa naik ducati pasti
SukaSuka
MV Agusta 😀
SukaSuka
woh mas agus to
SukaSuka
Inih pasti artikelnya sudah dipersiapkan dari jaman baheulah ;p ;p
SukaSuka
kok tahu?
SukaSuka
saya mah terima saja vespa bantingannya kayak begini n remnya kayak begitu juga getarnya kayak begono, gak ada keluhan 🙂
SukaSuka
Wkwkwkkw…. Vespa maniaaa
SukaSuka
Modif gitu power naik berapa hp bang……hehehe….
SukaSuka
keknya power gak naik, soalnya mesin gada yang disentuh, hanya respon aja lebih baik… gak dyno juga sih hehe…
SukaSuka
Edan kik mas Yogas, modip hobby-nya. Orisinalitasnya jadi pudar dong mas Yogas.
Secara Primavera itu juga bukan barang murah, sama kan hargane sama R15 / CBR150 CKD, or bisa jadi malah lebih mahal Primavera. Vespa yg ndak di-modip akan lebih terasa “long lasting”-nya lho mas Yogas. Vespa kan identik dgn Italia. Emang di dealer Vespa ndak ada yg jualan genuine part after market sampai mas Yogas ganti dgn YSS gitu mas ? Or di Outlet penggila Vespa Bandung / Kemang gitu ?
SukaSuka
Bitubo itu italy, polini juga, tapi harganya gak masuk kantong, hehehe… yang penting performa bantingan sudah sesuai seperti yang diharapkan levelnya…
Primavera 30,8 ….
SukaSuka
Nah bener kan, lebih mahalan Primavera. Tapi memang rasa Italia itu ndak bisa bohong kok. Long lasting bener asal dirawat dgn baik. Paling nyaman.
SukaSuka
Abis berapa nih? Ane juga mau membenahi sektor pengereman depan sama belakang nih. Bikin degdegan kalo ada motor yang ngerem belakang
SukaSuka
lupa tepatnya, 5-an lah yah…
SukaSuka
eh busyetdz…
ni modip yg keliatan cuma sok yss doang abis 5jutaan?
yg lain mn bg, kok ndak kliatan dari luar? jgan2 mark-up harga ke nyoya ye, trus kelebihan duitnya buat jajan kopi deh 😀
SukaSuka
wakakakka… itu ada kan foto2 printilannya….
SukaSuka
Gak kaget sih. Harga piringannya aja udah satu jutaan sendiri. Harga shockbreaker set depan belakang bisa 3 jutaan
SukaSuka
shock nya depan aja yang dibeli om…hehe
SukaSuka
begh, ediaannn tenan, pespa nya melejit kalo gini mah, xixixi…. top oom 😀
SukaSuka
wakakakka gak sih, cuma lebih responsif aja hehe
SukaSuka
shock depan pake yss seri apa info dong
SukaSuka
Aduh saya lupa, skalian saya update ya nanti…
SukaSuka
wow pisan euy. kade ah, sakali colek terbang. :p
SukaSuka
kreatif tenan
http://moki4.blogspot.com/2014/09/fakta-menarik-samph-di-luar-angkasa.html?m=1
sampah yang ada diluar angkasa
SukaSuka
kayaknya duit jual si shiro abis juga buat ganti parts. hahahaha. bitubo aja seharusnya kemaren, seruuu. cuma ganti depannya yak. yang kurang tinggal ganti velg sprint
SukaSuka
Brasa ga worthy euyy shock doang 6-7 JT giling wkwkwkk
SukaSuka
wah kemaren lihat 8 juta. berarti lebih murah dong….walaupun masih mahal. hahahaha. nggak pasang2 rak sekalian? oya di layur itu khusus piaggio atau ada maxiscooter juga?
SukaSuka
Khusus vespa nih
SukaSuka
wah efek tarikan kayak brutale nih, josss!!!
SukaSuka
ekstraknya lah minimal. ben amburegul
SukaSuka
Wih mantab masbro, bahrelway tenan, josss! 🙂
SukaSuka
Om kobay emang vespa modern kek primavera itu matic/manual si ? ga tau tentang vespa nih om..mohon penggelapannya 😀
SukaSuka
afaik, era vespa modern (skutik – scooter matic) di Indonesia itu diawali masuknya LX dan S (lupa tahunnya tapi keknya 2010), 150 cc 4 tak, matik. semua vespa yang 4 tak sekarang matik semua…
SukaSuka
asemmm untung belum punya vespa.. bisa mendem racun ini,, mana kelas gasss lagi
SukaSuka
enak loh suweeerrrr
SukaSuka
ogah
SukaSuka
hahahaha
SukaSuka
keren gan
http://moki4.blogspot.com/2014/09/fakta-menarik-samph-di-luar-angkasa.html?m=1
sampah yang ada diluar angkasa
SukaSuka
itu pake koplingnya piaggio MP3 bukan, gan?
masih geter gak di rpm awal? kepincuuut~
SukaSuka
Gak..mucch betterrr…hehe
SukaSuka
om shock depan yss nya brp duit? dpt di bengkel mana?
SukaSuka
1,7 satunya… Loh gak dibaca artikelnya kah?
SukaSuka
Eh gak ay sebut ya? 88 garage layur Rawamangun….
SukaSuka
Ping balik: Kisah Unik Vespa Primavera 2014 Azzurro, 3 Pemilik dan 4 Lokasi Dalam 9 Bulan! | KobaYogas.COM
dapet berapa shock depannya om kobayogas?
SukaSuka
1.5 om ada kan di artikel?
SukaSuka
Ping balik: Amburadulnya Kualitas Plat Nomor Kendaraan Saat Ini | KobaYogas.COM
Hai mas. Gue rudy, pemilik bespa S125 anyar. Beberapa hari ini jadi silent reader blok lu :). Mas, pengen ganti shock depan yg kaya geronak nih :(. Mmg bisa ya beli shock YSS diketeng? Pgn cari yg dpn aja. Baru beli cash vespa, lgsung beli shock, terasa jg ya 😅😅
Danke ya mas
SukaSuka
bisa, mangga ke layur aja
SukaSuka