Test Ride Honda CBR 150R K45: Bye Bye CBR CBU, R15 Inilah Lawan Sepadanmu…!


CBR K45 Test Ride

Kobayogas.com – Dear lads, selesai sudah sesi test ride dari produk sport terbaru Honda, New CBR 150R alias K45. Sirkit pasar senggol JI-EXPO Kemayoran menjadi saksi bisu kedahsyatan performa, rem dan handling dari CBR K45 ini…benarkah demikian?

KBY lupa tepatnya pukul berapa saat kami para blogger dipersilakan memasuki sirkit setelah sebelumnya acara road race selesai dan sirkit sudah clear. Para blogger yang dipanggil pertama kali untuk test ride New CBR 150 ada 10 orang, termasuk diantaranya KBY, Vandra, TMC, Iwan Banaran dan Mbah Satar.

Diberikan 2 lap untuk mencoba semua yang diinginkan, yakni akselerasi, top speed sesuai trek, cornering dan handling serta performa pengereman. Lap pertama KBY berniat mencoba memahami karakter si CBR 150 K45 ini terlebih dahulu plus sirkit nya tentu. Engine On, suara mesin terdengar sayup sayup khas motor Jepang, melakukan blipping gas, suara exhaust terdengar lebih kering dan lantang dari CBU.

TES DI SIRKIT, KEPUTUSAN YANG TEPAT…!!!

Awalnya KBY sempat ragu dan memandang remeh saat mengetahui lokasi tes adalah  pelataran JI-EXPO. Terbayang lahan terbatas yang didesain sedemikian rupa, putar putar, minim feedback yang penting bisa test, kurleb terbayang mirip lokasi test ride New Vario 110 dan New Blade 125 di Wahana Jatake beberapa waktu lalu.

Namun saat mengetahui ternyata treknya adalah bekas road race, KBY merasa AHM melakukan keputusan yang tepat untuk menggunakan sirkit pasar senggol ini sebagai ajang test ride All New Honda CBR 150 K45 ini.

Kelokan dan tikungan yang sempit dan pendek pendek, trek lurus yang singkat, menurut KBY sangat mewakili karakteristik mesin dan bodi dari sebuah motor 150 cc. Meskipun jika bicara kepuasan tentunya akan asik dilakukan di Sentul, namun…hei, ini pun sirkit loh. So cant complain lah malah sirkit ini bisa merefleksikan selincah apa sang New CBR 150 K45 baru ini…

Bendera start dikibarkan, roda depan terangkat dengan sangat mudah, lebih mudah dari Yamaha R15 milik bro Isan Poyo yang pernah KBY tes tempo hari. RPM melesat cukup cepat sesuai dengan melajunya sang New CBR 150, artinya, semua tenaga diterjemahkan dengan baik ke ban belakang IRC Road Winner yang gambot berukuran 130/70/17. Mengejutkan, mengingat secara spesifikasi di atas kertas, CBR K45 lokal ini kalah 0,7 PS dari CBR CBU (CBU 17,8 PS).

Menuju tikungan pertama ke kiri, kesempatan untuk menguji cornering dan handling Honda New CBR 150 dari sasis pipa truss yang dianggap sebelah mata oleh pemerhati otomotif…woooo… mulussss, smoothh… KBY tidak memperhatikan ada di gigi berapa dan berapa kecepatan yang dapat di raih, ini sirkit road race dan KBY gak mau end up nya konyol karena tidak pay attention to the corner hehe…Yang jelas, perpindahan setiap gigi smooth, handling mantap saat menikung, suspensi dan sasis supportif dan bobot terasa pas saat digeber pada straight line.

BYE BYE CBU…

Jelas paket performa ini mengejutkan, karena saat berangkat dari rumah menuju Hotel Media di Gunung Sahari, KBY sengaja meminjam CBR 150 R CBU THailand yang dibawa oleh mang Eno Anderson. Tujuannya adalah untuk membandingkan performa yang dimiliki CBR CBU dengan New CBR 150 K45 yang nantinya akan di test. CBR CBU sebelumnya juga pernah KBY tes singkat yaitu milik Mazped, saat itu KBY merasa akselerasi sang CBR cukup berat, RPM memang melesat cukup cepat menuju Red Line namun tidak diiringi dengan kecepatan yang sama dari sang motor itu sendiri (Mazped pada harini pun mengamini hal tersebut).

Teringat hal tersebut, sebelum jalan, KBY bertanya apakah sang CBR CBU ini sehat? Mang Eno mengiyakan dan menjamin kesehatan mesinnya, bahkan knalpot dan ban sempat dikembalikan terlebih dahulu ke standarnya. So ini adalah standar vs standar. Ternyata hal yang sama juga KBY rasakan pada CBR Repsol CBU mang Eno, akselerasi terasa berat, RPM berkitir tidak diiringin kecepatan motornya (seperti kopling yang sudah minta ganti), dan handlingnya, atau tepatnya bannya…maaf, kacau.

Saat menemui kontur jalan yang elevasinya berlainan, sang ban dan buritan serasa ikut bergeser… ada apa ini… dan itu terjadi berkali kali, bahkan mang Eno pun mengamininya. Well oke, CBR 150 lokal KBY tes pada jalan aspal rata dengan campuran pasir dan kerikil di atas, namun saat cornering, sang sasis dengan implementasi Pro-Link Suspension di belakang merupakan ramuan yang tepat. Tidak seperti milik CBU yang membuat kita ragu-ragu saat KBY menemukan tikungan panjang di atas flyover menuju area Pasar Senen. Ini kah efek regular suspension vs Pro-Link? bisa jadi.

Kesimpulannya, meskipun bobotnya seberat 143 kg, namun apa yang KBY rasakan dari akselerasi, performa, handling dan cornering bahkan ajakan wheelie, sang New CBR 150R ini tidak mencerminkan bahwa dirinya berat, suprise!! Padahal dimensinya pun mirip dengan sang kakak CBR 250R!

REM DEPAN YANG SANGAT MUMPUNI…

Kini kita beralih ke pengereman… Mengingat waktu masih cukup untuk melakukan tes, panitia memberikan keleluasaan waktu bagi kami yang masih ingin mengetes sang New CBR 150. Jadilah KBY total melakukan test ride sebanyak 3 sesi. Sesi terakhir bahkan merupakan FUN RACE antara TMC, Vandra MMBlog, Benny Bladeus dan KBY.

Gentlemen .. Start Your ENgine

Gentlemen .. Start Your ENgine

Bendera start diangkat…Oh Oh, damn! bukaan gas terlalu besar, wheelie berlebihan KBY alami, TMC melesat di depan, diikuti KBY kedua, Vandra ketiga dan mana Bladeus..?! Ternyata katanya mesinnya mati lads 😀 … Pengalaman 2 sesi sebelumnya sudah cukup membuat KBY paham akan karakter sang New CBR 150 ini termasuk tikungan-tikungan si sirkit pasar senggol.

Lap 1 pada salah satu tikungan ke kiri, TMC outwide, sepertinya kehilangan konsentrasi. Percaya kepada rem depan New CBR 150 yang 2 sesi sebelumnya sudah dicoba, KBY mengerem keras berkali kali sebelum tikungan…Mengasyikkan, rem belakang hanya sebagai aksesoris belaka karena tidak pernah KBY sentuh sama sekali…

Hal ini lagi-lagi bertolak belakang dengan milik sang CBU, performa rem depannya bisa dikatakan buruk untuk kelasnya, saat di perjalanan menuju hotel, KBY sempat dua tiga kali terpaksa menggunakan rem belakang untuk mengimbangi ‘bebalnya’ rem depan dan harus menggunakan teknik kocok agar si rem depan mengigit. Rem depan CBR 150 K45 yang belum floating tapi pakem ini turut diamini oleh blogger bintang 5, kang Haji Taufik TMC…

CALON LAWAN BERAT YAMAHA R15

Dengan hasil test yang membuat tersenyum, KBY tanpa ragu menyalami pak Nyoman dari AHM yang ada di sirkit menonton aksi kami saat itu…”Selamat Pak, si K45 ini sukses, ini motor bagus, rem depannya sangat positif…”  KBY hanyalah mengutarakan apa yang KBY rasakan dan alami tanpa mengada-ada, soal cornering, Yamaha R15 menjadi catatan bagi KBY, agak sulit dikendalikan dan rebahnya sedikit aneh atau canggung, entah jika melakukan beberapa putaran lagi. Jika ada perbedaan opini dengan sahabat blogger lain itu adalah opini mereka, KBY tidak mencari persamaan opini. Jikalau pun sama, itu bukan berarti kami janjian loh 😀

So… siapa yang akan sukses? KBY hanya akan berkomentar, hati-hati R15, lawan berat nan sepadan sudah di depan mata…

Bagaimana dengan desain, fitur dan lain-lain? Akan KBY bahas detail di artikel lainnya ya, stay tune lads….

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
Tweet me: @kobayogasblog

 

Iklan

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Honda, New Product, Sharing, Tes Produk, Test Ride dan tag , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

214 Balasan ke Test Ride Honda CBR 150R K45: Bye Bye CBR CBU, R15 Inilah Lawan Sepadanmu…!

  1. rahman berkata:

    saya udah beli k45 ini terinspirasi ulasan di blog ini dan sesuai dengan kenyataannya ..handling pas tarikan oke..

    Suka

  2. Ping balik: Modifikasi New CBR150 Turbo – Gaharnya Gaya Pesawat Tempur El Flanker..!! | KobaYogas.COM

  3. Ping balik: Turing Bersama Motor-Motor Honda, Enak Apa Gak Ya… | KobaYogas.COM

  4. Ping balik: Tak Mau Kehilangan Momentum, New Honda CBR150R K45G Akan Segera Meluncur! | KobaYogas.COM

  5. awansans berkata:

    Soal handling, mungkin karena r15 yang nungging, jadi rada susah seakan rider yang harus mengikuti kemauan motor

    http://awansans.wordpress.com

    Suka

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s