Honda CBR 150R K45 vs Yamaha R15 – Adu Fitur Dan Performance..!


 

CBR K45 vs R15

Kobayogas.com – Jagoan baru telah hadir, New Honda CBR 150 K45 sang penantang terbaru di kelas 150 cc berfairing telah resmi diumumkan kepada khalayak pada hari Minggu 7 September lalu bertempat di JI-EXPO Kemayoran. Selain media, bloggers pun merasakan performa keseluruhan dari produk lokal andalan Astra Honda Motor ini…

Siapa yang ditantang? Siapa lagi jika bukan Yamaha R15, motor sport berfairing karya nemesis Honda, Yamaha. Saat ini tak pelak pimpinan penjualan kelas 150 cc berfairing dikuasai oleh Yamaha R15. Pendahulunya, sang CBR 150R CBU Thailand tak dapat berbuat banyak akibat terbentur masalah harga yang membuatnya tidak worth to buy dari sisi value for money.

Well, nuff said… kini kita menuju pembahasan yang krusial…

Mengapa KBY sebut pada artikel sebelumnya bahwa CBR 150R K45 ini lawan sepadan Yamaha R15? Karena yang utama adalah faktor harga, CBR 150 CBU bukanlah lawan sepadan dari sisi harga. Kini Honda CBR 150R K45 hadir dengan harga yang bejaban dengan Yamaha R15 membuatnya sepadan dan lebih pas untuk diadu… Dengan keduanya sudah pernah KBY tes bahkan salah satu diantaranya bisa disebut habis-habisan…kini saatnya melakukan komparasi sederhana tanpa angka angka yang rumit…

Sambut… Clash Of The Titans Ep II, All New Honda CBR 150R K45 vs Yamaha R15

DESAIN ADALAH SELERA

Bicara seputar desain, KBY out of opinion bahwa keduanya mempunyai desain yang baik dan bagus. Tidak ada yang salah disana, hanya keduanya mempunyai pendekatan yang berbeda. Honda mengedepankan identitas universal pada desain CBR 150 lokal yang berorientasi pada level tertinggi dari klan CBR Series, desainnya lebih ke Sporty Elegant dengan metode everlasting model.

Sebaliknya Yamaha, terkenal dengan kedinamisannya dalam mendesain, sporty adalah signaturenya. Nyaris semua produk Yamaha dipertegas dengan garis garis lancip yang menyiratkan aura sporty kental. R15 tentu salah satunya. Bagian buritan adalah bagian terbaik dari Yamaha R15 menurut KBY, garis yang naik ke atas lalu dihiasi dengan rem belakang LED di bawahnya, memperkental nuansa racing.

Mana bagian terburuk? Pada CBR 150 lokal menurut KBY ada di bagian mesin yang terlihat kopong so you can see an ant at the other side clearly. Yang kedua ada di buritan, lampu rem warna merahnya is waaayyy too massive seperti Gelora Bung Karno, lads bisa tertukar tebakan dengan Verza jika melihat dari jauh malam-malam.

Yamaha R15 lebih baik? Ho ho wait a minute….its facia a waayyy too wide so you can play a football there…Tangkinya juga ahhh…menciderai desain secara keseluruhan yang sudah sangat baik… tangki milik Vixion? Get outta here, mau meluk juga susah karena terlalu pendek dan kecil.

Baik Honda CBR 150 lokal maupun Yamaha R15 juga mempunyai selera penempatan lampu sein yang buruk, lampu sein nongol keluar? Well dari sisi ini keduanya memang bukan didesain khusus untuk lokasi Jakarta, if you know what I mean 😀

Namun sayangnya, Yamaha R15 harus mengakui kekalahannya disini, loh kok bisa? Kredit wajib diberikan kepada CBR 150 lokal K45 karena berani memberikan dimensi yang lebih besar seperti kakaknya yang berkubikasi 250 cc. Efeknya, New CBR 150R lokal K45 mempunyai aura big bike yang lebih besar dibanding Yamaha R15 yang masih terlihat seperti motor kelas 150 cc. Selain itu, efek mekarnya dimensi milik CBR 150R l K45 ini, jargon A Big Bike Feeling milik AHM menjadi sahih adanya.

So pilih mana? Lads yang lebih tahu, suka sporty dan racing look kental ya Yamaha R15, atau bermain aman dengan evergreen model dengan big bike feeling dan look? Temukan pada diri CBR 150 lokal. Yang jelas keduanya tidak jelek, jelek itu… yaaa ada lah ya motor yang benar benar gak enak diliat 😀

bersambung ke halaman 2: New CBR150R K45 vs Yamaha R15

Iklan

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Komparasi dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

308 Balasan ke Honda CBR 150R K45 vs Yamaha R15 – Adu Fitur Dan Performance..!

  1. Rudy SouL berkata:

    mantaabb….
    kapan2 beli.aah…

    Nyetir sambil main HP,Grand Livina tebalik setelah seruduk Jazz dan dua motor. – http://wp.me/p208su-2rV

    Suka

  2. aganwidodo berkata:

    http://aganwidodo.pun.bz/01-anjing-baskerville.xhtml

    Komentarnya berisi debat antar sales yg sangat seru dan menegangkan… Haha…

    Suka

  3. Yudakusuma berkata:

    woh mantap bener ulasannya 😀

    =============
    bagi yang ke IIMS 2014, ini isi booth daihatsu di IIMS
    http://yudakusuma.com/2014/09/13/apa-aja-yang-ada-di-booth-daihatsu-saat-iims-2014-berlangsung-goes-to-the-iims-2014/

    Suka

  4. van ginkel berkata:

    bagus striping doank mah cbr150r

    Suka

  5. surya berkata:

    great.

    saya suka artikel ini.
    komparasi lengkap, padat, n terpercaya.

    Suka

  6. CBR sing murah berkata:

    Pakdhe Yogas sudah sempat cek manual book nya K45? Di situ ada tulisan : beban maksimal 129 kg (rider+boncenger+beban lain). Lha berat saya sendiri aja udah 72kg. Belum kalo boncengin bini, jadi 144kg. Kelas beraattt…. Belum lagi kalo mau turing bawa tas isi perabotan rumah…. Hadeehh… Gimana tuh padhe?

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Wkwkwkk… Yaaa kompensasinya kalau selalu overload paling suspensi yg capek (cepat lemah)… Kaya punya mas sayur blogger dan temennya, cbr nya suspensinya lemah… Wong bawa beban terus.

      Imo, be wise aja, karena motor kek gini (cbr, r15 dan sejenisnya) memang bukan motor beban. Jadi pilih yg sekiranya cocok.

      Suka

    • kiclik berkata:

      masih bisa mamase diet aja dulu atau istrinya yg diet biar pas 129kg hhihihihihihiiii…….

      Suka

  7. Fahmi berkata:

    ikut menambahkan, barsan baca otomotif tabloid, ternyata dengan tenaga besar cbr150r takluk di performa. tak tanggung tanggung, margin error gps – speedo juga signifikan

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      iya berbeda hasil antara motor+ dan Otomotif 😀

      Suka

      • fahmi berkata:

        gps-speedo itu gimana?? masa dua race logic bisa beda hasil …… kalau faktor personalnya sih percaya. independensi? biar teknologi aka race logic yang bicara …..

        kalau mas lebih prefer data tabloid mana? 🙂

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        Pertanyaan yang membingungkan, sayangnya saya ga bisa post yg otomotif karena gak ketemu si doel 😢
        Paling ambil foto dari temen blogger lain.

        Dua duanya bisa dijadikan patokan… Hehe

        Suka

      • fahmi berkata:

        barusan nyadar, satu race logic satu vericom. tapi harusnya tidak ada perbedaan…… atau seperti dynotest, satu dan lain merek/varian beda hasil???

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        Bisa beda hasil… Oia untung diingatkan, kalau saya lbh prefer hasil vericom vc3000… Media internasional 2 tahun belakangan ini pakainya itu…

        Suka

  8. ozan berkata:

    masih bingung jadinya pilih R15 atau cbr150r k45 ?????????

    Suka

  9. mas dimdim berkata:

    klo buat harian go to office and weekend, prefer yg mana gan KBY….. oh y ane lupa, tubuh ane jg besar alias berisi gtu..wkwkwkwkw.. so, bebanya agak brt gan…
    thanks

    Suka

  10. kucinta123 berkata:

    aku pengennya fitur oke, engine oke, desainnya oke, harganya jga oke buat mahasiswa. kira” kpan ada yg kya gtu?

    Suka

  11. jack jack berkata:

    cbr 150 cocok untuk orang yang tinggi nya berapaan ?

    Suka

  12. Ping balik: Top 5 Artikel Tahun 2014 Yang Sering Dilihat dan Dibaca Pengunjung | KobaYogas.COM

  13. Awaludin berkata:

    Alhamdulillah sudah dapat Warna Merah
    inden 5 hari langsung dapet
    harga 29.2 jt untuk Wilayah Kota Malang bulan Oktober Akhir.

    Performa untuk kelas 150 CC cukup dibilang Lumayan.

    ada yang bilang, kalo CBR Lokal Mesin sama persis dengan CB150 SF. hanya ganti Baju Doank..bahkan Rangka dan yg lain di bilang sama.
    ternyata itu hanya Asumsi Pendapat Pribadi saja, terutama yg sudah memiliki CBR 150 CBU.
    kalo rangka memang sama, ukuran dan bentuk mesin juga sama. tapi untuk daleman Mesin pasti jelas Berbeda. Honda adalah salah satu Pabrikan Motor terbesar, tidak mungkin menciptakan Tipe berbeda dengan Model berbeda tetapi Performa sama.
    setahu saya, Tipe CB adalah Hasil Downgrade dari Model CBR, walaupun hanya kecil.
    tapi dalam Hal Tekonologi, sekecil apapun yg di rubah, maka performa juga akan berubah.

    hampir setiap minggu, saya selalu perjalanan dari SIdoarjo – Malang PP.
    kebut kebutan ama CB150SF milik temen jam 4 pagi ( jalan Sepi ).
    ternyata CBR Lokal Cukup Responsif..JUJUR, CB150SF gk bisa ngejar, malah tambah jauh jarak.
    TOP SPEED baru merasakan 137 km/j. maklum jalanan Kota..jadi belum tau Persis Top Speed sebenernya berapa.
    atau mungkin memang 137 sdh jadi batasan TOp Speed saya juga gak tau..hehehe

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      wah thanks sharingnya, tes di trek lurus panjang sepi bisa 145-148 di speedo, GPS 135… mangga disimak artikel test ride CBR k45 saya hehe

      Suka

      • Awaludin berkata:

        Ok sama2 Gan.
        wah bisa sampe 145 km/J.
        150 CC Standart segitu udah Amazing gan.
        tapi saya Pribadi, Top Speed bukan Acuan.
        karena saya tidak pernah ke Sirkuit..hehehe
        yang saya butuhkan cuma Akeselarasi saja..maklum..luar Kota butuh Respon cepet Nyalip kendaraan Besar, seperti BIS, TRUK GANDENG, dan KONTAINER.
        terutama Mobil Pribadi yang ugal ugalan…susah buat nyalip kalo pake Motor Matic / Bebek biasa, ( Kecuali Bebek Super .hehhee )
        TOp Speed rawan kecelakaan gan…apalagi pas ada orang / Kucing nyebrang..Jantung alamaaakk.. dag dig dug jika di Jalan Umum.

        kalo pengen lebih responsif pengennya MOGE, tp apa mau di kata, semua tergantung isi Dompet dan kebutuhan yg lain..hehehe

        salam Knalpot Gan.

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        akselerasinya nampol kok untuk motor berdimensi gambot gitu…hehe

        Suka

      • Awaludin berkata:

        iya betul gan..Nampol Banget…..dengan bobot diatas 140kg…bisa Greget…maknyussss…..

        Suka

  14. idub berkata:

    hikhikhik pingiiinnnnnnn cbr150 bangeeetttt
    masih nabung g kumpul2 haha

    Suka

  15. dih perasaan yamaha kalo handling speed lebih cepet tuh?

    Suka

  16. emg honda itu peduli bgt yg namanya kenyamanan biker dan lingkungan. tpi perasaan yamaha lebih unggul deh klo di handling speed?

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Buat saya semua ada plus minusnya, tinggal kita sebagai buyer pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan mengakomodir keinginan…maaf masuk spam

      Suka

  17. edi lau har berkata:

    ane bru pnya cbr 150 yg serie repsolnya,mantab bos aman nyaman n ga cape bawa jauh nya n powernya aaajip bener

    Suka

  18. INO berkata:

    Tulisannya cool bro, menggelitik untuk sisi positif dan negatif masing2 motor, semoga ulasannya bisa begini terus en objektif..Terus terang aja saya suka sama produk Yamaha tapi saya suka banget sama CBR yang dulu (2009)

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      makasih bro, yang suka pasti bilang netral, kalau yang berat sebelah pasti komen dari salah satu pihak..hehe..
      Tq dan sori kalau ada yang kurang ya

      Suka

    • anonim mengatakan berkata:

      saya juga suka desain fairing Old CBR150 lebih ramping.
      Pas ke dealer honda saya lihat dijejerin tuh Old dan New CBR 150 kelihatan banget bedanya.. (btw dealernya banting harga buat Old CBR diskonnya gede banget mungkin mau habisin stok gudang kali yah gara-gara ada Old CBR150)

      kira2 bisa gak ya New CBR150 pake fairingnya Old CBR150? tapi kalo headlamp jelas bagusan dual keen eyes new CBR150 lah..

      Suka

  19. dhimdim berkata:

    Sudah keturutan beli k45.. Tampilan + performanya… Jirrrrrr muantab

    Suka

  20. Muh. Fadhil Ramadhan berkata:

    numpang nempel…. saya punya R15… blum lama… 1 bln… enak dibawa kmn2… irit… soal berkendara nyaman… peforma (mungking karena SOHC) enak, maknyos… di rpm tinggi terasa bnget… top speed yg saya pernah capai itu 139km/j itupun blum capai maks RPM… yaa karena jalanan kota… srng diadu dngn cbr lokal pnya tmnku… cbr repsol… yaa yamaha semakin didepan.. ditrack 200m motorku didepan perbandingannya 1 banlah… R15 jangan dianggap remehlah… soal mesin SOHC atau DOHC itu perbedaannya nggak terlalu jauh.. 11-12 lah.. mmng R15 maks powernya 16,8ps dan CBR 150 lokal mals powernya 17,1ps… tergantung dari ridernya… tapi alangkah baiknya kita yg make R15 or CBR150 lokal itu saling berteman… saling mengangkat nama satu sama lain… motor 22 diatas itu standart..
    salam RIDER R15

    Suka

  21. anonim mengatakan berkata:

    kalo ane jujur saja pilih cbr150 lah.. kalo performa mah seimbang lagian mau ngebut dimana sih?
    yamaha jeli kalo dilihat dari desain r15 yg nunduk abis alias sangat tidak nyaman buat touring jarak jauh bikin cepet pegal dan capek sudah kelihatan berarti yamaha maunya jadikan r15 ini buat di perkotaan aja yg banyak stop and go dan ngumbar akselerasi makannya cukup pake mesin vixion yg diupgrade.
    sedangkan cbr150 emang sport touring fairing gede stabil membelah angin jadi nyaman saat jalan jauh. namun di perkotaanpun cbr150 bisa meladeninya.

    kalo liat boncengernya aduhhh….
    maaf aja boncenger R15 kaya orang lagi berak nungging abis dan gak cocok buat orang kurus karena pasti akan ada gap antara setanger dan boncenger lucu kliatannya.
    sebaliknya boncenger CBR150 pas enak banget kalo mau mepet2an dan serasi.
    jadi kalo jomblo silahkan pilih R15 kalo pengin boncengan yang nyaman ya CBR150 menang telak.

    kalo dilihat sorot lampu depan..
    CBR150 menang telak lagi nie.. karena 2 lampunya kanan kiri menyala semua
    sedangkan R15 kaya bajak laut cuma sebiji doang mirip kaya ninja series. kalo yang gak familier sama moge bisa mengira lampu satunya putus/mati tuh hehehehe…

    BELI MOTOR ITU YANG SESUAI DENGAN KEBUTUHAN DAN LOGIS.

    BELI MOTOR ITU BUKAN CUMA BELI SWING ARMNYA DOANG.

    Suka

  22. mamad berkata:

    saya hanya bisa nyimak aja. soalnya mau beli juga masih nabung2 gan. oh iya saya cenderung suka ke R15 karena memang saya ndak hobby balapan. tp kata beberapa temen ane posisi stang nx bikin capek pas perjalanan jauh itu apa iya gan?.
    ane belon pernah pegang langsung sih soal nc 🙂

    Suka

  23. Galih berkata:

    ane pernah test head to head CBR K45 vs R15 di puncak, kalo soal tanjakan, R15 loyo banget ketinggalan jauh sama K45, trus di test berkali 2 di trek lurus datar R15 masih kalah juga,

    Suka

  24. Ping balik: Modifikasi New CBR150 Turbo – Gaharnya Gaya Pesawat Tempur El Flanker..!! | KobaYogas.COM

  25. cahyo berkata:

    saya pake r15 pas di geber sampe rpm nya nyentuh 9.000 keatas ko malah melelep ya pas di gas?

    Suka

  26. Ping balik: Kaleidoskop 2015: 10 Topik Otomotif Terpanas dan Terheboh Sepanjang 2015! | KobaYogas.COM

  27. Ping balik: Tak Mau Kehilangan Momentum, New Honda CBR150R K45G Akan Segera Meluncur! | KobaYogas.COM

  28. Ping balik: Email Pembaca: Mahasiswa Cari Motor Sport 150, Mana Paling Cocok? | KobaYogas.COM

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s