Modifikasi: Mengganti Shock Dengan Aftermarket, Tentukan Dulu Tujuannya…


ohlins

Kobayogas.com – Hola lads… Sejatinya shock standar yang disematkan pada kendaraan itu sudah memadai dan sesuai dengan kendaraan yang dibuat untuk penggunaan harian.. Namun bagaimana jika kita menginginkan lebih?

Suspensi atau shock breaker/ absorber yang akrab disebut juga sebagai peredam kejut adalah bagian dari kendaraan yang berguna untuk meredam/menyerap dampak langsung yang dialami dari jalanan menuju kabin atau jok kendaraan sehingga tubuh sang pengemudi/ pengendara tidak mengalami siksaan yang tentunya dapat membuat cepat letih.

STANDAR IS THE BEST? MASA??

Banyak yang berpendapat bahwa standar adalah yang terbaik (dalam konteks ini tentunya shock absorber) karena para engineering pabrikan sudah mendesain dan menghitung sedemikian rupa saat membuat dan meproduksi kendaraan. Itu betul adanya, jika kita cukup puas dengan performa shock standar pabrikan.

Yang harus kita garisbawahi adalah, pabrikan membuat sedemikian rupa settingan ataupun tipe suspensi yang pas untuk kendaraan yang ada, settingannya moderate, mengakomodir semua settingan meski kadang jatuhnya terlalu lembut atau terlalu keras, intinya mencukupi lah terutama untuk kendaraan yang harganya terjangkau. Nah disinilah produsen after market berperan, bagi mereka yang ingin lebih dari standar, para produsen dapat mengakomodirnya sesuai kebutuhan konsumen, dari mulai penggunaan untuk harian sampai kompetisi.

Shock Honda PCX

SESUAIKAN DENGAN KARAKTER

Intinya, saat lads menginginkan lebih, produsen after market mempunyainya… sebut saja merek-merek seperti Ohlins, Showa, Sachs, Bitubo, Zelioni, Kayaba, Tanabe, Eibach, Tokico, blackhawk milik mang ulid hingga pabrikan lokal Thailand, YSS siap memberikan beragam suspensi yang disesuaikan dengan kendaraan dan keinginan karakter sang pemilik. Itu mengapa cukup banyak kita lihat kendaraan roda dua yang mengganti shocknya meski mungkin kebanyakan lebih kepada orientasi gaol 😀

Jika lebih suka dan berorientasi terhadap kenyamanan bantingan, maka standar saja sudah cukup, jangan di apa-apain. Nah KBY sendiri menginginkan handling presisi dan stabil terutama pada kecepatan menengah ke atas. Suspensi Honda New PCX sebenarnya sudah cukup dalam keadaan standar, cukup empuk apalagi jika diduduki berdua, terasa nyaman dan lembut. Namun keterbatasannya tetap ada, saat sendiri suspensinya cukup terasa keras kadang hingga ke punggung, namun kadang pula terasa cukup lembut.

Memang agak sulit menyampaikan feelingnya karena paling afdal ya mengetesnya hehe, namun kurang lebih seperti itu adanya, suspensi standar Honda PCX berorientasi kepada kenyamanan bantingan terutama ketika ada penumpang, meski ayunannya menjadi berlebih ketika menemui jalanan bergelombang. Singkatnya sang suspensi standar kurang adaptif terhadap permukaan jalan yang dilalui. Namun ini bukanlah  kelemahan, jika bicara standar suspensinya sudah sangat memadai.

si Kuro dah pake Coil Over Tanabe

si Kuro dah pake Coil Over Tanabe

AFTER MARKET LEBIH KERAS?

Bagi orang lain mungkin sudah cukup, tapi bagi KBY sih kurang karena setiap orang itu berbeda kan? Hehe. After market lebih keras? Ya dan tidak, rata-rata per atau shock after market (terutama brand yang sudah populer) mempunyai ulir progresif, alias lingkarannya tidak sama antara atas, tengah dan bawah. Gunanya ya untuk mengakomodir perubahan kondisi jalanan yang ada, bisa menjadi lembut lalu keras dan stabil.

Memang rata-rata shock after market akan sedikit lebih keras dari bawaan standar kecuali untuk motor-motor yang dalam keadaan standar sudah siap dipacu biasanya memang settingan shock standar-nya sudah keras. Namun bagi KBY selama kerasnya tidak seperti shock mati dan stabilnya dapat, ya cocok, apalagi jika harganya masih dalam jangkauan dompet hehe… Suspensi YSS G Euro tipe XL akhirnya yang KBY pilih.

Impresi penggunaan suspensi YSS G Euro XL akan KBY bahas di artikel berikutnya, sudah kepanjangan nih hehe… So sebelum mengganti suspensi standar, pastikan dulu tujuannya apa? Sekedar gaul? Atau beneran mencari fungsi? Jadi ingat sharingnya Sijidewe 😀

JI Magic Coil Over
Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing…

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
Tweet me: @kobayogasblog

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com

KobaYogas from WordPress for Android

Iklan

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Modifikasi, Sharing dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

66 Balasan ke Modifikasi: Mengganti Shock Dengan Aftermarket, Tentukan Dulu Tujuannya…

  1. prieantara berkata:

    Nah, yg penting lebih mahal dr bawaan pabrik.
    Begitu kah..?

    Suka

  2. threeazz berkata:

    Udah….To Do The Point aja dah……………………….
    3 juta gak sia-sia kan?
    wakakakakka…..
    😀

    Suka

  3. uyipmotoblog berkata:

    ane lebih sreg sama shock aftermarket…yang standaran gk nyaman blasss

    Suka

  4. nbsusanto berkata:

    tricolore ganti ke YSS karena beberapa alasan. pertama shock bawaan sudah berumur 6 tahun dan agak bengkok waktunya ganti. kedua pengen yang kalo diajak manuver lebih enak. ketiga pengen yang warnanya lebih mentereng. 😆

    Suka

  5. harisnanggala berkata:

    bengkelnya penggantian part, apa reparasi juga kang?..

    Suka

  6. damar berkata:

    sesuaikan dengan kebutuhan dan isi dompet :mrgreen:

    Suka

  7. terjadi galat berkata:

    Ada suspensi baru merk KBY…
    He he he

    Suka

  8. subaru berkata:

    Dasar honda r4 loper.. Maunya yang keras2 kek gerobak.. 😆

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Euhh dibanding Sulama mah masih enakan ini 😛

      Tanabe Coil Over, setting rendah turun sentul, ulet bulu juga bakal susah liwat 😛 hari-hari taekkin pol, hanya sedikit lebih keras dari oem tapi jauh lebih stabil 😀

      Suka

      • kiki ae lahr berkata:

        Om,shocbreaker aftermarket yg cocok buat shock RRmono?minta referensinya.lunak bener nih.kl ngerem pas speed dah masuk 70kpj enjotannya itu lho,, gmna gt.ga nahan 🙂

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        BIKIN EDI DI TEMPAT YAK? WKWKWK…wadih kok capslock semua…
        coba cek YSS webnya, atau TDR, cek yang pas/cocok byat RR Mono.
        Kalau ada duit yang merek wahid sekalian, ohlins gitu 😀

        Suka

  9. gc133hijrah berkata:

    Ane justru ingin memodif sok depan agar tidak mudah mentok dan terlalu mengayun, sekaligus buat tambah tinggi sekitar 1-2cm…. Di matik ane,
    Ada solusi…?
    Selama ini cuma ada tips n trik buat sok belakang aja….

    Suka

    • wtf170 berkata:

      spek ane
      depan perny ganjel ring….
      blakang pake yss hibrid
      ban pake zeneos/fdr/michelin depan 90/80
      blakang 110/80…murah meriah stabil buat
      miring2 ..

      Suka

    • wtf170 berkata:

      ganjel ring ukuran 12 jumlahnya 2 biji per shock…
      kl masih kurang ngatasin berati harus expert dikit(:-D) dgn modif lubang suling… lubang suling kan ada 2….lubang lama d tutup aja….bikin lubang baru posisiny lebih d deketin dr yg lama….misal lubang atas d turunin 3mm,lubang yg yg bawah d bikin lebih ke atas 2 mm….ukuran bornya 3mm….(standar nya 2mm)
      bisa buat miring2 kayak marques tu 😀

      Suka

  10. wtf170 berkata:

    spek ane
    depan perny ganjel ring….
    blakang pake yss hibrid
    ban pake zeneos/fdr/michelin depan 90/80 blakang 110/80…murah meriah stabil buat miring2 ..

    Suka

  11. MbahManten berkata:

    Kalau alasannya biar gahol, cukup pantengin warung ini. Kalau masih belum gahol juga, silahkan hubungin yang punya warung, minta digaulin 😀

    Suka

  12. gc133hijrah berkata:

    @wtf170
    makasi kang, kalo ane bilang spek kaya yg ente bilang itu ke tukang reparasi sokbreker, ngarti ga dia tu…??? Ato punya bengkel yg rekomen sekitar pasar minggu, depok, cijantung, jalan raya bogor, cibubur…… Makasi infona kang…. Ane bookmark nih…..

    Suka

  13. dedisuryana berkata:

    karena rombak Suspensi dan Ban, bakalan meningkatkan “Riding Quality” itu benar adanya :v oiya, buat suspensi depan cara bikin agak keras atau agak lembut, gimana ya Om? ada yg bilang nambah atau ngurangin Oli/Minyak Shockbreaker nya aja yak?

    Suka

  14. gc133hijrah berkata:

    Ada ga ya bngkel sokbreker yg bisa modif sokbreker depan….
    Kalo yg belakang mah gampang…
    Tinggal ganti, mau merk apa juga ada…. Depan yg ribeud…..

    Suka

  15. Jeremy Clarkson berkata:

    kirain mau ganti ohlins gara2 gambar yg dipajang pertama itu. si onethree jual tuh ohlins pcx. hehhehee. review shocknya yak. pengen ganti yang reboundnya cepet tapi nggak keras. jangan2 nanti udah ganti macem2 trus dijual lagi motornya. hahahaha

    Disukai oleh 1 orang

  16. haryudh4 berkata:

    Motor bebek dikasih ohlins… Motor sama shock mahalan shocknya :mrgreen:

    Suka

  17. Asep Juga berkata:

    mun ohlins sabaraha hrg na mang? aya 10jt?

    Suka

  18. Asep Juga berkata:

    …..stabil ketika ngebut, nyaman dijalan jelek dan biar gaya…..

    Suka

  19. Aa Ikhwan berkata:

    sip ajib infonya suhu

    Suka

  20. orong-orong berkata:

    kalau ane cuma tentukan dulu budgetnya karena dompetnya pasti teriak
    http://orongorong.com/2014/11/09/all-new-yamaha-r1-di-caci-di-malaysia/

    Suka

  21. Wong deso berkata:

    Kalo cowo suka yg empuk, kalo awewe suka yg keras…. #eh

    Suka

  22. Ping balik: Suspensi Ohlins Untuk Kendaraan Kesayangan Milik Lads…Dipilih… « KobaYogas.COM

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s