Modifikasi: Mengganti Ban Kendaraan Perhatikan Ukurannya Agar Tak Menyesal Kemudian


kuro

Kobayogas.com – Hola lads, selamat hari gini… Ban adalah satu-satunya parts pada kendaraan yang langsung berhubungan dengan aspal, sehingga dari sisi safety ban lah yang memegang peranan paling utama pada kendaraan..

Pada dasarnya setiap ban standar alias bawaan yang menempel pada motor sejak dari baru, performanya sudah mencukupi untuk pengendaraan normal, namun untuk keinginan atau kebutuhan yang di atas batas normal, ya tentunya upgrade menjadi menu wajib. Namun itu bukan menjadi harga mati, karena ada juga yang menginginkan performa ban di atas rata-rata meski sang pemilik bukanlah tipe ghost rider 😀

Kembali pada judul, modifikasi penggantian ban hendaknya mengacu pada ukuran standar, untuk yang ingin performa lebih, dapat menggunakan ukuran yang sama dengan standarnya, misal untuk ring/rim 14″ bagian depan dan belakang 80/90/14 dan 90/90/14 dapat menggantinya dengan ukuran sama namun dengan tipe/jenisnya lebih baik.

kiri 120, kanan 110

kiri 120, kanan 110

Bagaimana dengan menaikkan ukuran lebar ban? Silakan saja, hanya harap diingat, penggantian dengan ban tapak lebih lebar dari asli/ standarnya selain memberikan hasil yang positif juga dapat mengakibatkan kerugian. Misal ukuran ban standar 90/90/14 dan 100/90/14 dapat diganti dengan ukuran ban maksimal naik 20mm menjadi 100/80/14 untuk bagian depan dan 120/70 (atau 80)/14″.

Perhitungan penggantian naik sebanyak maksimal 20 mm untuk lebar ban didasari oleh perhitungan ideal agar tidak terlalu mengganggu performa, keawetan bearing/as roda serta menghindari deviasi speedometer/odometer terlampau jauh. Bagaimana dengan roda empat? Sama saja dasarnya, untuk menaikkan lingkaran/ diameter roda, perhitungan plus 2 (+2) berlaku untuk mobil.

Misal rim/ velg standar bawaan ukuran 14″ dengan lebar ban 175/75/14″ pada semua roda, jika ingin diganti sebaiknya maksimal ukuran diameter velg menjadi 16″ saja, dan lebar plus ketebalan maksimal 195/55/16″ dengan alasan sama seperti di atas. Lebih dari itu boleh gak sih? Sebenarnya boleh-boleh saja, namun kerugian-kerugian seperti: akurasi speedometer berkurang, kaki-kaki jadi lebih pendek umurnya, tenaga cenderung drop, rem yang tidak sepakem biasanya dan juga disertai dengan konsumsi BBM yang lebih tinggi bisa terjadi.

Mangga dipikirkan baik-baik terlebih dahulu jika ingin mengganti dengan ukuran di atas perhitungan maksimal, daripada menyesal demi gaya? 😀

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com

KobaYogas from WordPress for Android

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Agar Lads Makin Tahu, Modifikasi dan tag , , , , , . Tandai permalink.

86 Balasan ke Modifikasi: Mengganti Ban Kendaraan Perhatikan Ukurannya Agar Tak Menyesal Kemudian

  1. aripitstop berkata:

    absen dulu belum baca

    Suka

  2. Mas_jump berkata:

    Mana bapak mana bapak..?

    Suka

  3. Mas_jump berkata:

    Nyindir ban caciingg,…. Hoammmm

    Suka

  4. Lontong Balap berkata:

    untuk motor bebek gimana om…. misal ban depan belakang diganti ukuran 90/80 dengan ukuran velg depan 1.40 dan belakang 1.60… sedangkan ukuran ban standartnya depan 70/90 belakang 80/90

    Suka

  5. mas huda berkata:

    Ikutan absen..

    Suka

  6. paijo berkata:

    dirubah jadi lebih kecil aja mang. dijamin lebih irit bbm, lebih ngacir(drag oriented), lebih matching dan gawul. harga ban lebih murah pula.. #lirikpcxputih

    Suka

  7. genbuz berkata:

    hadir kang…

    Suka

  8. bladerhood berkata:

    michelle
    m29+m45
    pas …..buat skutik
    epdeR
    xt+xr
    cocok buat mereng . .

    Suka

  9. Bondes berkata:

    Blkng 110/80 gmn(14″)

    Suka

  10. oplosan berkata:

    om…sikuro itu pake cutting sticker…apa cat plasticdip…

    Suka

  11. ark berkata:

    selamat hari gini ki maksude opo Om..

    Suka

  12. siaanangke berkata:

    om, kalo ayla tipe m sporty sudah pake ring 14, 175/65. bila ingin upgrade lebih afdolnya ukuran berapa om…. ?? trims atas pencerahannya 🙂

    Suka

  13. Mak Erot berkata:

    Sini sama emak digedein

    Suka

  14. Mak Erot berkata:

    Mau tambah berapa cm?

    Suka

  15. Bondes berkata:

    Bgusan mna michelin sma fdr?

    Suka

  16. hardy berkata:

    tul banget, ukuran velg sm ban udh disesuaikan dgn part pendukung lain’a. byk yg ngeluh setelah pake velg n ban lebar bearing cpt oblak, rem jd nga pakem, rantai cepet habis, kampas kopling cpt habis, n ring piston sering kalah krn beban makin bertambah, itulah hasil dr modifikasi tanpa memperhitungkan kekuatan part pendukung’a.

    Disukai oleh 1 orang

  17. sijidewe berkata:

    naik 1 .. naik 2 ke atas ganti velg.. kalau turun.. nooooooooooooooooooooooooooooooooooo

    http://sijidewe.com/2014/12/04/what-is-scrambler-motornya-para-classic-lover/

    Suka

  18. uyipmotoblog berkata:

    ganti ban cacing bang kobay…disinyalir power naik 100dk bisa salip teknologi asimo HRC … 🙂

    Suka

  19. robbydio berkata:

    kang jazz nya pakai velg dan ban ukuran apa?
    kalau ban 195/50/ r15 selain achilles 123 dan champiro sx2 bagusan yg mana kang

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      ukuran lebarnya saya lupa, kalau diameternya si OZ Ultraleggera nya 15″, ban 195/55/15.
      123 bagus buat kering, tapi berisi dan langsung licin di jalan basah…semi slick sih dia.

      SX2 mirip2, tapi di wet track dia lebih baik…

      Pake Toyo T1R atau Yoko C atau S Drive dah mantap…

      Suka

  20. Bawono Priadi berkata:

    utamakan keselamatan nyawa dan utamakan keselamatan dompet

    Disukai oleh 1 orang

  21. wesly danzig berkata:

    kalo beat saya cukup pake brigestone battlax ajj depan 80/90:14 belakang 90/80:14 hehe masih setia sama battlax udeh 5 thn lebih om hehehe

    Suka

  22. orong-orong berkata:

    motor ane kegedean ban nich, mumet tenan
    ijin share sob, mirip yang mana hayo……
    http://orongorong.com/2014/12/04/spied-soul-gt-125-kok-behelnya-mirip-cs1-apa-r15-ya/

    Suka

  23. farifairis berkata:

    max nambah 20mm ya..
    tapi knapa di tabel ban FDR, kalo naik 10mm aja, udah gak recommended utk lebar velg yg sama..
    jadi ragu-ragu pgn ganti fdr .. hadeeh…

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      masa? ikutin aja om rekomendasinya, itu batas aman, tapi kalau di pake normal-normal saja sih aman

      Suka

      • farifairis berkata:

        iya nih.. tiap merk bisa beda2 rekomendasinya, bikin bingung..
        ban motor ane bawaan pabrik, IRC 100/70-17 lebar velg 2,5..
        pgn ganti fdr sport xr evo kyk yg di foto atas itu, 100/80 rekomendasinya 2,75..
        masalahnya cari ban 100 susah, udah muter2 di planet ban jogja gak nemu, adanya yg 110/ 70 tapi rekomendasinya lgsung naik 3,00.. http://fdrtire.com/product/view/2

        kalo dipaksakan 110, bakal mendonat gak ya..?? khawatir bikin gak stabil ntar, coz saya biasa ngebut 80-100kpj..

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        donat dikit doang, masa 100 susah? 110 ke atas yang susah padahal…

        Suka

  24. wesly danzig berkata:

    yap bt39 om..

    kemarin ganti baru dua duanya lumayan om naik 100k harganya msing msing ukuran.. hahaha gpp dah mahal dikit yang penting riding nyaman bgt..

    pengen cobain ban pirelli tp ga ada buat matik hehehe

    Suka

  25. ademadan berkata:

    ijin share ya bang, konsekuensi pake pelek lebar itu ban jadi tipis (buat mobil), agak keras dibandingkan std, tapi kemaren A140 ane std nya 195/50 R15 ane ganti pake 205/40 R17 nggak banyak beda kok bang, cuma 5mm doang, tapi tampilan udah kayak mobil th 2010 keatas, padahal aslinya th 2000 hehehe

    Suka

  26. Bro Ndes 94 berkata:

    Ban’ku pengen tak bikin lebih gede biar stabil

    Suka

  27. harisnanggala berkata:

    ban cacing

    Suka

  28. Swer berkata:

    Om tolong dibahas jg ttg max load capacity yg tercetak di ban, itu max load kondisi kosong ato untuk penumpangnya/ridernya aja?

    Suka

  29. dwi berkata:

    fdr sport xr evo

    Suka

  30. urang bogor berkata:

    hayang velg celong euy kasep tapi beurat bantinganna

    Suka

  31. 125cc berkata:

    Sama kayak vario 125 (udah setahun) saya om kobay.. fdr sport xr belakang 120/70 depan 90/80 (roller turun 15 gram punya skydrive) .. ati2 omm, klo wet res licin banget ..minus nya yg type itu licin, tali awet..keras soalnya karetnya

    Suka

  32. Ping balik: Modifikasi: Dan Sang Scoopy Pun Kini Terlihat Lebih Proporsional.. « KobaYogas.COM

  33. Ping balik: Modifikasi Honda New PCX: Ganti Ban Lebar Biar Lebih Gigit Aspal | KobaYogas.COM

  34. ilham berkata:

    nyari ban yang 100/90-14 kok susah ya…
    kira2 ada yag tau ban merk apa yang ukuran segitu. dan di Bandung bis dpt dimana ?

    Suka

  35. cahya berkata:

    Kang kalo soul gt ganti pake ban 110/80 untuk belakang nyangkut di box filter gak yah

    Suka

  36. Bima trizfah berkata:

    Numpang tanya gan.
    Berapa ukuran maksimal ban mio sporty jika saya pke velg 215-250,
    Senkian tolong infonya y gan.

    Suka

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s