Tanya Jawab Seputar Honda Beat eSP dan Pop eSP, Dari Penamaan Beat Pop Hingga ACG Starter..


Bloggers

Kobayogas.com – Hola lads, seperti biasa, setelah dipuaskan oleh sesi test ride, KBY dan para bloggers lainnya dipersilakan menanyakan hal-hal yang mungkin ada di benak, tentunya seputar Honda Beat eSP ya, bukan lain-lain :D…

Sesi tanya jawab dilakukan sebelum jam makan siang, dibagi 3 sesi dengan masing-masing sesi terdiri dari 3 pertanyaan dari 3 peserta Bedah Mesin Honda Beat eSP. Berikut pertanyaan dari KBY dan juga dari sahabat blogger yang sempat terangkum oleh KBY.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Pertanyaan KBY

1. Tolong jelaskan fungsi utama dari pengimplementasian dua kabel pada throttle (push and pull) serta seperti apa pada prakteknya Push and Pull throttle disebut bertujuan lebih kepada keamanan/ safety. Ditemukan juga feeling putaran gas yang terasa lebih berat dibanding single cable.

Push and pull throttle adalah sistem bukaan kupu-kupu pada throttle body dengan sistem tarik dan dorong. Secara singkat, ketika gas dibuka, maka satu kabel akan menarik katup dan satunya lagi mulur/mendorong, dan sebaliknya ketika gas ditutup, maka satu kabel menarik untuk menutup katup satunya lagi membantu mendorong.

Tujuan kepada safety-nya adalah mencegah macetnya mekanisme tutup buka pada bilah kupu-kupu akibat kotoran semisal kerak yang menumpuk, sehingga dalam worst scenario pada single cable si kupu-kupu macet tidak menutup akibat terhalang kotoran yang mengakibatkan gas terus terbuka meskipun sudah ditutup, pada push dan pull ini tidak akan terjadi karena adanya dua mekanisme tarik dan dorong tersebut.

Memang bukaan throttle akan sedikit terasa berat jika sudah terbiasa menggunakan single cable, tapi hanya throttle saja yang terasa berat, kinerja mesin tidak terganggu sama sekali.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

dua kabel push and pull

2. Mekanisme Idling Stop System (ISS) adalah mematikan mesin saat idle dalam waktu 3 detik, ketika sudah mencapai suhu ideal atau kecepatan motor sudah meraih 10 km/jam. Apakah ketika gas diputar untuk menyalakan mesin tetap terjadi penyemprotan oleh injektor? Lalu banyak pertanyaan yang timbul, apakah dengan ISS on, maka usia pakai baterai akan lebih cepat?

Ketika ISS On dan mesin mati kemudian mesin kembali menyala setelah throttle diputar, memang injektor menyemprotkan bbm dengan debit minim, sekedar untuk menyalakan saja. Prinsipnya, ISS itu sangat efektif jika digunakan dengan bijak seperti menunggu kereta api yang melintas atau pada saat lampu merah. Perhitungan kami dengan penggunaan ISS yang sesuai, dapat menghemat bbm sekitar 7% dibandingkan mesin dibiarkan menyala ketika menunggu di lampu merah.

Hasil penelitian kami menghasilkan dengan ISS on atau tidak, baterai memiliki usia pakai pada rentang 1,5 tahun atau lebih. ISS juga otomatis tidak akan berfungsi ketika terdeteksi tegangan baterai kurang dari 9 Volt.   

3. Adakah kemungkinan ke depannya skutik Honda memiliki Eco Indicator sebagai pendamping ISS? Mengingat ISS bekerja hanya ketika mesin idle saja dan tidak pada saat sedang berjalan.

Jika hal tersebut dirasa penting, mengapa tidak? Namun kami percaya efisiensi bbm itu tetap tergantung kepada tangan kanan pengendara (maksudnya tergantung dari riding style pengendaranya).

4. Pada slide show, disebutkan ACG starter sudah dipatenkan oleh Honda, apa benar?

Benar, kami telah mematenkan sistematis dan nama dari ACG starter.  

ACG Starter

Pertanyaan sahabat blogger

– Dengan telah diputuskannya Beat FI tidak akan diteruskan dan ke depannya hanya akan ada Beat eSP, bagaimana dengan nasib spare part dari mesin Beat FI ke depannya?

Setiap produk telah kami siapkan dan menjami ketersediaan spare part selama 7 tahun sejak tidak diproduksinya produk tersebut

– Apa asal usul penamaan Pop pada BeAT Pop?

Awalnya, nama BeAT memang terinspirasi dari musik, namun berkembang luas menjadi Be AT (Be Automatic) dan ada juga yang menyebutnya BeAT the rival. Atas dasar musik itulah nama POP dipilih untuk mendampingi nama BeAT.

Komentar bloggers: Berarti ke depannya tidak menutup kemungkinan ada BeAT dhangdhut dan Beat Koplo dong pak….Gerrrrr…semua terbahak…

– Mengapa Beat tidak diberikan fitur helm-in?

Beat pada dasarnya berdesain dinamis, kecil dan lincah dengan akomodasi mumpuni. Jika kebutuhannya helm in atau akomodasi lebih besar, kami mempunyai produk namanya Spacy 😀

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Dikedipin Melody, auw auwwww

Dikedipin Melody, auw auwwww

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

KobaYogas from WordPress for Android

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Agar Lads Makin Tahu, Honda, New Product, Sharing dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

45 Balasan ke Tanya Jawab Seputar Honda Beat eSP dan Pop eSP, Dari Penamaan Beat Pop Hingga ACG Starter..

  1. masmat berkata:

    Manteeep pakdhe…

    Suka

  2. warungasep berkata:

    Hahaha saha tuh nu nyebut Beat koplo??? Wkwkwkw cerdas 😀

    http://warungasep.net/2014/12/20/aku-didatangi-2-wanita-mau-apa-ya-mereka/

    Suka

  3. aripitstop berkata:

    Yg punya warung kop**o

    Suka

  4. FЭЯY berkata:

    beat rock lebih gahar XD

    Suka

  5. gilaroda2 berkata:

    Oplosan donk! 🙂

    Suka

  6. noveri22 berkata:

    BeAT Koplo eSP mungkin keluar tahun depan dengan fitur BSJS 😆

    Suka

  7. monkeymotoblog berkata:

    Hayyaahhh, pertanyaannye udeh di berondong, gw baru ngetik, wkkwkwkw

    Suka

  8. s0erya berkata:

    itu cece syapa namanya kang kobay? 😁 hehee

    Suka

  9. s.a berkata:

    nah tuh,,, udah di kasih sinyalemen, berikutnya setelah vario all new my2015, spacy new bakal mbrojol,,,,

    Suka

  10. Nuno Kediri berkata:

    kq ada spyshot motor yg dikerudungin ya??

    Suka

  11. Ping balik: Product Knowledge: Teknologi Mesin eSP Pada Honda Beat eSP dan Perbedaannya Dengan Mesin Beat Lawas | KobaYogas.COM

  12. ms berkata:

    helm-in udah di patenkan belom?
    kalau udah dipatenkan, berarti yg lain bsa pakai nama helm-out

    Suka

  13. Ferboes.com berkata:

    mau tanya bang… itu yg komen “nanti ada beat dangdut dan beat koplo” siapa? :mrgreen:
    http://ferboes.com/2014/12/21/co2-tablet-pilihan-praktis-untuk-aquascape-mini/

    Suka

  14. motobikerz berkata:

    top dah

    Lapak Ekspedisi, cara belanja murah meriah digelar 7Gear Otista http://motobikerz.com/archives/9751

    Suka

  15. mang kobay saya mau nanya serius…kenapa mang kobay kalo di foto suka mengacungkan satu jari..?? Apakah hati mang kobay sudah terpaut oleh honda yang satu hati..?? hehehe mohon di jawab..heee

    Suka

  16. Ping balik: Kupas Tuntas Honda New Beat Pop ISS – Performa, Handling dan Kenyamanan Untuk Harian | KobaYogas.COM

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s