Short Review Suzuki Smash 2006 – Si Gesit Irit Yang Ternyata Bandel Juga


Smash

Kobayogas.com – Hola lads, artikel ini adalah kelanjutan dari artikel teaser sebelumnya tentang Suzuki Smash buatan 2006 yang cukup membuat KBY terkesima…

Seperti disengaja, padahal sih tidak, ini artikel Suzuki keempat yang KBY buat jika teaser Smash ikut dihitung. Seakan akan semua terkait kecuali artikel Suzuki Inazuma. Ketika membuat teaser Smash, ternyata lagi ramai Suzuki meluncurkan Smash FI pengganti Shooter. Kemudian perkenalan Satria FU warna baru yang diikuti publish nya artikel test ride Satria FU 2006 milik ipar. Padahal draft artikelnya sudah ada sebelum berita perkenalan warna baru Suzuki Satria FU loh… Hehe…

Oke balik lagi ke Smash lawas, yang membuat KBY terkesan adalah di era dinamisnya pergerakan produk baru pada pasar roda dua, mertua KBY memilih untuk tidak melakukan keterkinian dari Smash yang dimilikinya sejak 2006 lalu. Memang selain alasannya beliau adalah jika dijual harganya tidak seberapa, namun tangguhnya si Smash lah yang menjadi keputusannya terus memelihara cub Suzuki ini. Padahal kami anak dan mantunya sudah menawarkan untuk diganti saja, tapi beliau emoh…”Ini motor perang” alasannya.

Bagaimana tidak tangguh, dalam waktu 8 tahun beliau mengaku baru kemarin ini melakukan penggantian businya!! Sisanya ganti oli doang, bahkan beliau mengaku baru kemarin melakukan servis lagi setelah sekian tahun tidak pernah melakukan servis… Edan! Apakah mesinnya sehat dengan perlakuan seperti itu?

Bicara hanya pemakaian normal sih mesin tidak akan ada masalah berat, karena pelumas selalu diganti katanya, yang jelas tentu jika dibandingkan dengan mesin terawat rutin, performa dan kesehatannya akan berbeda. Mesin mungkin saja masih bisa berjalan tanpa masalah, hanya performa pastinya ada penurunan…

Pemakaian si Smash ini paling jauh hanya sampai Lembang atau Cimahi, dan apabila melihat riding style mertua yang kalem sih si Smash ini bisa dikatakan dipakai wajar, hanya sesekali bekerja berat seperti membawa gabah dan beras, namun sempat juga Smash ini menjadi kendaraan adik ipar yang bungsu, yang tahunya hanya isi bensin dan geber doang…servis sih bodo amat, diserahkan pada Bapaknya 😀

Pada eranya, Smash terkenal memang gesit khas Suzuki, gigi satu dan duanya mantap buat narik. Akselerasinya cukup memukau untuk ukurannya, perpindahan gigi juga relatif lembut ala Suzuki. Kelemahannya sesuai ucapan sahabat komentator yang mampir di artikel sebelumnya. Yaitu bodi getar, pada beberapa kasus bodi belakang ditemukan mudah pecah/ terpisah. Hal tersebut dialami Smash milik mertua KBY.

Bodi belakang mudah pecah terbukti memang

Bodi belakang mudah pecah terbukti memang

Nah karena kemarin mendengar kabar si Smash katanya habis servis besar (KBY lupa apa saja parts yang diganti selain busi) penasaran KBY tes keliling jalan, yah memang jauh lebih enak dari biasanya 😀 suara lebih halus, perpindahan gigi lebih mantap, suara knalpotnya kini terdengar lebih padat dan sehat. Menurut penuturan mertua, dalam kurun waktu 8 tahun si Smash hanya sekali diganti busi, sekali ganti kanvas rem depan belakang dan sekali ganti ban depan belakang…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

KobaYogas from WordPress for Android

Iklan

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Diskusi, Sharing, Suzuki dan tag , , , , , . Tandai permalink.

55 Balasan ke Short Review Suzuki Smash 2006 – Si Gesit Irit Yang Ternyata Bandel Juga

  1. warungasep berkata:

    Akuh duluh mauh beli yang warna ituh loh, keleeennn.. Tp gk jadi 😦

    http://warungasep.net/2014/12/31/jozz-gandozz-inikah-sosok-cbr250r-bermesin-v-twin/

    Suka

  2. Kluban.net berkata:

    legendaris sejak tahun 2000-an

    tap body krupuk

    Situasi Rumit, Apa Yang Harus Saya Lakukan http://t.co/bUwEKLicz6

    Suka

  3. sucahyoaji berkata:

    Yang perlu dibandingkan itu iritnya, yang menurut saya susah dikalahkan.

    Kalau soal jarang servis, saya rasa servis juga nggak butuh sering. Untuk apa perlu servis kecuali kalau motornya sering bermasalah. Kalau pemilik honda kan terpaksa soalnya servis berkala dipakai untuk curhat.

    https://kupasmotor.wordpress.com/2014/12/16/persoalan-kualitas-yang-bikin-pikir-pikir-untuk-beli-motor-honda/

    Suka

  4. paman tang berkata:

    mtor legenda…penerus generasi shogun 110….
    Dulu ngebet bgt liat yg Smash SR Tritone…
    Sayang malah dapetnya yg new smash 2007

    Suka

  5. prieantara berkata:

    Bawa ke duren sawit

    Suka

  6. gilaroda2 berkata:

    Top speed disinyalir 140kpj… 🙂

    Suka

  7. sugimasihada berkata:

    Suzuki Smash Big Five bisa jadi sudah sempurna disektor mesin karena adanya penggantian gir rantai kamrat yang sempet jadi kendala suara mesin kasar karena tidak adanya poros sentris di generasi new Smash duo tone dulu…
    Sempat heboh juga dulu campaign dari pabrikan penggantian masal di dealer dealer dengan recall konsumennya…

    Tapi sekarang selepas penggantian, mesin masih halus dan memang sangat bandel…

    Suka

  8. roda2makassar berkata:

    bbm irit, lebih irit dari jupe..

    Suka

  9. enoanderson berkata:

    perasaan disana jauh dari kantor pos yak mang ? *eh
    wkwkwwkwkwk 😀

    Suka

  10. petirabang berkata:

    Memang terbukti bandel, seperti punya abang ai lansiran 2004, tp emang body plastiknya /atas shock belakang putus, pdhl nggak buat jatuh hehe..

    Suka

  11. macantua berkata:

    sigesit irit body geter plus tail light yg doyan copot ya mang???

    macantua.com/2014/12/31/hot-gossip-vario-150-hadir-awal-semester-pertama-2015/

    Suka

  12. threeazz berkata:

    ini ga beres ini…………………………….
    artikelnya Sujuki semua belakangan ini..
    ada apa nih?
    wakakakakaka…..
    😀
    Smash,saingannya supranya Om Orong-orong, hehehe…

    Suka

  13. jrda berkata:

    motor joss memang, lebih bandel dr bebek jaman sekarang

    Suka

  14. agoey berkata:

    kelemahannya cuma pada bodi suka getar apalagi yg belakang… kerupuk..mudah patah…

    Suka

  15. curut ngepot berkata:

    motor kerupuk yg hits banget di eranya!

    Suka

  16. Rijal rgz berkata:

    Si gesit,irit,urut 😀
    mang kobay eta pas di test motorna konsumsi bbm sebraha ? 🙂

    slam jossss plontos

    Suka

  17. Masih mantep dah tuh,sama kayak revo 100 saya geter2 wkwk 😀

    Monster baru sudah ditest dijalan!!

    https://alkirahmatullah.wordpress.com/2014/12/31/intermezzo-monster-baru-mulai-di-test-di-jalanan/

    Suka

  18. ardee berkata:

    smpet kepincut, cuma liat body nya tipis jadi beli si kaze … allhamdulilah ga salah pilih

    Suka

  19. rayman95 berkata:

    pemakaian wajar, coba setiap hari make pp 60 km dijamin umur 8 tahun mesin bermasalah, kopling dan daleman yang lain

    Suka

  20. bramantyo berkata:

    dulu punya yg lansiran 2005, sampai dijual awal 2014 belom ngalami bodi belakang keropos, hanya retak diatas sok breker akibat jatoh dan ganti sayap depan karena hancur kecelakaan, jadi kangen ama si gesit irit ini hehehe

    Suka

  21. amburegul berkata:

    Itu velg enkei punya..klo smash revo uda excel..

    Suka

  22. bayu aji berkata:

    gile masih 40 ribu..punya saya udah 90 an ribu…wes gak genah mesin e

    Suka

  23. adjiewcx berkata:

    mun ceuk urang die mah, smash teh ‘motor teas’ hahaha
    Krena kebanyakan dapet yang shocknya ”bantatt”

    Suka

  24. BUKAN HOMO berkata:

    cuma FBS yg tau bagus nya mesin motor suzuki 😀 sm ky shogun 110r ane dr thn 2001 sampai 2015 perbaikan yg paling parah cuma ganti yg di dalam mesin yg buat ganti gigi (ane lupa nama nya) , padahal sering di bawa ngebut dan jatuh 😀

    Disukai oleh 1 orang

  25. Ferboes berkata:

    Happy New Year
    Modifikasi Full Fairing dan Half Fairing Yamaha New Vixion Lightning – http://wp.me/p4OJM5-ex

    Suka

  26. Aji Mumpung berkata:

    Temanku pake smash 2006 sampe sekarang untuk kerja, pp nya 60 km. Odonya blm pernah dimatiin, udah lbh 90000 km. Cuma kesulitan mau ngajuin servis besar ke bos nya, karena tidak ada yg rusak kecuali ganti sock belakang aja. Maklum motor inventaris. Padahal tujuan sih biar diganti baru xixixiii.

    Suka

  27. tet..tot.. berkata:

    punya yang tahun 2005 hitam silver, odometer +98000km
    jarang banget diservis, lha wong jarang ada problem,
    servis besar sekali,sekalian ganti ring seher, timing chain masih aman
    sevis kelistrikan sekali karena ada kabel di area bwah setang yng putus,
    kampas kopling belum pernah ganti,
    busi juga baru satu kali ganti gan sampe susah nyopotnya,hehe..
    body belakang rompal itu hampir pasti gan,diakali dengan cableties beres..
    oli endur*4t yng biasa
    top speed 100kpj lebih dikit, dulu bisa 110kpj
    ini bebek memang awetnya joss gan,kecuali body belakang yang hampir pasti rompal ,hehehe

    Suka

  28. Vincent berkata:

    motor ini…agak garing btw, pernah punya yang tahun 2005. Ngga terlalu anteb, bodi getar, sering miss-shift, kurang tenaga. Dari situ saya rela tuker sama Shogun 110 operasional pegawai bokap yang 4 taun lebih tua. Kebuktian, si pegawai langsung ngeluh-ngeluh sama tenaga si Smash yang kurang buat angkut barang.

    Sementara si Shogun setelah servis sedikit langsung ting ting lagi. Tapi masih banyak minor damage yang sampe sekarang belum dibenerin.

    Suka

  29. Ping balik: Bring Those Sweet Memories Back Suzuki..!! | KobaYogas.COM

  30. Slow_down berkata:

    kalo smash revo, & shogun robot bodynya kokoh om, handlinya juga mantap.

    cuma yaitu transmisinya dibuat sangat halus, hingga tarikan awal berat mirip-mirip akselerasi matic

    Suka

  31. jnscreative berkata:

    ikutan curhat neh boss..sebagai penungang smash saya merasa puas sekali dgn ini mongtor, dari 2003 ampe skrng masih mantep aja tuh mesin, cuma skrng ganti jadi kopling manual biar gak repot urus sntrifugal melulu, masalah body blkng emang penyakitnya ada pada dudukan lampu menyatu ama body..saya tanggulangi dgn membuat penahan yg dibaut ke spakbor blkng jadi aman buritan no berisik…..

    Suka

  32. Slow_down berkata:

    inget zaman nih smash Sr ngetop.
    banyak anak muda s.d bapak2 pake nih motor dibanding JupiterZ. ciri khas gigi 1 ke 2 ban depan ngangkat, Top speednya gak kalah sama 125cc.
    cz shogun 125 saya sering diasapi dijalan lurus sama nih motor.

    keluarlah SupraX125 racing, & Supra Fit R. perlahan namun pasti popularitas Smash Sr mulai menurun.

    Suka

Tinggalkan Balasan ke paman tang Batalkan balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s