Test Ride Special: Suzuki RGV R Gamma 250 SP VJ23 ’98 – Handling Mantap dan Gigi 3-nya Dahsyat!!


Wah Trio Suzuki!

Wah Trio Suzuki!

Suzuki RGV R Gamma 250 SP VJ23 dibuat untuk bertarung dengan lawan-lawannya yang sudah mapan seperti Honda NSR 250 dan Yamaha TZR 250, sukseskah?

Jas Merah, Jangan Sekali-sekali  Melupakan Sejarah… Motor modern dan mahal sesuai perkembangan memang terus menerus hadir hasil dari tuntutan pasar yang dinamis, ketinggalan sedikit, market share taruhannya.. Namun dibalik motor-motor modern dan mahal, pencinta roda dua mesin 2 tak knalpot ngebul tetap setia mempertahankan dan memelihara dengan kasih sayang motor-motor yang pada eranya memiliki pertalian sejarah dengan dunia balap.

Honda NSR, pencinta dan pemerhati roda dua mana yang gak tau motor tiga abjad tersebut? Kentjang, handling superb dan nama besar Honda, 3 faktor juara pada sebuah produk. Bagaimana dengan Suzuki? Mungkin KBY bisa sedikit mengingatkan – meskipun KBY bukanlah ahli historical bike unlike mang Eno ANderson – tau seri RGV Gamma? Juara dunia tahun 1993 dan 2000 bersama Kevin Schwantz dan Kenny Roberts Jr? Ring you lads a bell?

RGV 250 SP

Oke, RGV adalah motor kentjang dan pernah jadi juara dunia GP500, sudah itu saja yang KBY tahu sebagai orang awam. Tapi apakah cuma itu? Semua berubah (tepatnya bertambah) ketika KBY berkesempatan menunggangi si RGV 250 SP berkode VJ23 lansiran tahun 98 milik juragan kayu pencinta 2 tak asal Bandung, kang Arie “Ovie” Noviana (nuhun pisan kang sudah diperkenankan tes ride).

Tak Kalah Dengan NSR!

Honda NSR MC28 mungkin saja kencang dan handlingnya friendly, hampir semua orang tahu itu, namun ternyata KBY berani berucap bahwa RGV 250 VJ23 ini berada pada level yang sama bahkan pada beberapa poin berada di atasnya! There’s always a first time for everything, dimana di awal KBY hanya tahu RGV itu kencang thok, tapi kini KBY tahu bahwa ternyata tak hanya sosoknya yang menawan, namun handlingnya pun luar biasa! Kini KBY jadi tahu seperti apa RGV itu, performanya, handlingnya, ergonominya dan sosok lengkapnya…

Red line? Ecesss...awas gigi 3-nya

Red line? Ecesss…awas gigi 3-nya – tangan kanan KBY putar gas pol..videonya menyusul

Like I Always Said, Testing is Believing

Apa yang lads harapkan dari sebuah motor sport berfairing dengan spek balap? Kencang? Ergonomi bersahabat? Tampilan memukau? Handling superb? Apa? Hemat? Please, are you kidding me? 😀 Jika lads bosan dengan Honda, maka Suzuki RGV 250 adalah jawabannya (I reserve my opinion about Yamaha TZR 250, karena emang belum pernah tes). RGV VJ23 itu kencang, handling mantap luar biasa, menikung sehebat sebuah NSR dan lads akan nyengir kesenangan ketika melakukannya. Selesai? Belum..

Dibalik sosoknya yang terlihat besar, RGV memberikan bonus berupa ergonomi yang lebih user friendly bagi mereka yang memilihnya. Kaki menapak sempurna, setang – meskipun underyoke – percayalah, lads akan jingkrak kegirangan begitu mencoba meraih setangnya, masih nyaman!…Bermasalah dengan perut? No worries, tangki RGV penuh pengertian 😀 Tuas kopling kering – yang berbunyi khas ketika ditarik – juga masuk kategori lembut. Secara singkat, this is a legendary fast bike that you can ride to your college or office, everyday, yes everyday and i meant it.

Soal handling, baca dari referensinya Eno, si RGV ini katanya masih kalah dari NSR dan TZR, entahlah, yang jelas KBY rasakan menikung dengan RGV masih sedikit lebih enak dibanding NSR MC28 yang sudah KBY tes juga sebelumnya. Mungkin juga karena faktor lain seperti kondisi ban, suspensi dll.

Nikung? Wuenaakk

Nikung? Wuenaakk

The History Flash Back

RGV250SP (VJ23) Gamma diperkenalkan pertama kali di Pasar Roda 2 Jepang pada medio tahun 1997-1998 an . Motor ini didaulat untuk bersaing dengan Motor 2-Tak 250cc yang sangat superior seperti Yamaha TZR250 & Honda NSR250SP & Kawasaki KR1s. . Pada awalnya Motor ini hanya diperjual-belikan untuk pasar domestik jepang saja.

Namun lambat laun akhirnya diimport juga ke Beberapa Negara Eropa, Australia dan juga Masuk secara “Black Market” ke Amerika. . . Didaulat untuk bersaing dengan Motor-motor Super tadi, tentunya Sang RGV250SP ini haruslah mempunyai kelebihan yang nyata dibanding Kompetitor. . . Hasilnya sungguh mengejutkan, , Suzuki memberikan Desain yang menawan (bahkan hingga kini) dan Part motor yang memakai material High-Tech & Mesin 250 cc Beringas, no doubt about it.

RGV

The Technology

Frame & Chassis, Suzuki Menyematkan Special Alumunium Alloy Beam Twinspar Frame & Swing-Arm Banana yang eksotis layaknya NSR250SP MC22 di motor ini. . Shockbreaker Depan Upside-Down dan Shockbreaker gas belakang Full Floater ala Suzuki yang dapat disetel sesuai kebutuhan pengendara pun ditambahkan ke si VJ23 ini. . . Walhasil Bobot Kosong si RGV250SP VJ23 ini pun hanya 134Kg saja lads !! Atau ibaratnya Mirip seperti bobot New MegaPro FI dan New PCX tapi mampu digeber lebih dari 210 Km/h.

Mesin berteknologi Suzuki Advanced Power Control (SAPC), Electronic power valve dengan ignition timing control. Mesinnya dibatasi hanya sebesar 40-45 hp untuk produk domestik Jepang dengan konfigurasi V-Twin 70 derajat engine layout mirip seperti motor GP 500 dan juga menggunakan kopling kering, close ratio gearbox dan 2 buah karbu Mikuni special berukuran 32mm.

Lads tidak akan menemukan kick starter pada sisi sebelah kanan mesin RGV VJ23 karena dia menggunakan electric start serta mengaplikasikan ram-air technology. Tanpa adanya batasan, mesin RGV R 250 SP VJ23 dapat menghasilkan tenaga sebesar 70 HP!! Sayangnya, angka tersebut hanya membuat RGV VJ23 ini hanya menyamai generasi sebelumnya, RGV VJ22, namun settingan barunya membuat tenaganya kini lebih terisi pada kitiran tengah.

awas bentuk besar menipu

awas bentuk besar menipu

The Verdict

Sejak menaikinya, bahkan sebelum jalanpun KBY merasa, ini motor really has a lot of things to offer, ergonomi yang lebih nyaman adalah poin kedua. Poin pertama adalah penampilannya, gak Suzuki banget deh, cakep!! Entah kemana para desainer Suzuki yang membuat RGV ini hingga lupa bahwa mereka pernah memiliki motor secantik ini… make another two or three please!

Poin berikutnya adalah all about the riding itself! Dengan ergonomi yang lebih baik bagi kebanyakan orang asia dibandingkan NSR, joki akan lebih pede menungganginya. Meliak liuk dikepadatan jelas keunggulannya dari NSR MC28 yang telah KBY tes sebelumnya. Kemudian, bantingan suspensi full floaternya juga bersahabat, mampu mengejwantahkan semua feedback dari jalan menuju (maaf) bokong. Suspensi depan USD somehow lebih mantap tapi tetap lembut ke setang tanpa getaran berarti.

Bicara performa? aihhh, speechless.. dari bawah hingga tengah yang KBY rasakan performanya mirip-mirip NSR 250 MC28, berisi walau belum seperti 250 4 tak. Gigi 1 dan 2 KBY berani geber hingga redline karena sikon memungkinkan. Pada fase tersebut, NSR 250 MC28 unggul, gigi 2-nya sudah bisa membuat MC28 melejit bak anak panah. Namun begitu si RGV KBY oper ke gigi 3 dengan RPM masih berada di sekitar 10,000…edaaaannn!!! Mana NSR? Mana? Serta merta seluruh tubuh bagaikan dihempaskan sekaligus..!

Mesin RGV melengking dahsyat dengan sangat merdu, kedua tangan menggenggam erat setang, suasana menjadi blur seketika, hanya lampu merah saja yang bisa menghentikan si RGV VJ23 ini.. Addicted lads! Begitu kembali ke Kios Bikers, tangan KBY gemetaran, bukan karena beban atau getaran motor, namun akibat adrenaline rush dan excitement! Tak ayal, ini memang lawan sepadan NSR dan (mungkin TZR).

Catatan minus, itupun jika ingin disebut minus, adalah performa rem depannya yang dari Tokico agak kurang mantap, NSR MC28 sedikit baik, jangan dibandingkan dengan Aprilia RS250 yang pakai Brembo, cukup sentuhan lembut si RS sudah siap berhenti kapanpun. Kedua, wajahnya dari depan bukan selera semua orang plus bentuk lampu rem belakangnya, aihhh Thunder banget, mentang-mentang kakaknya 😀

sumber : http://www.rgv250.co.uk/index.html/_/articles/vj23-info-r20 juga thanks to Enoandersonpidia berkat dirinya KBY gak susah nyari spek dan histori lengkap dari sang Suzuki RGV R 250 VJ23 hehehe… some words quote dari artikel eno.

Very very special thanks: Kang Arie Ovie buat RGV-nya, juragan Kios Bikers atas pinjaman Arai-nya, dan Ivan Vanzmotoblog atas foto-fotonya.

Spesifikasi Suzuki RGV R Gamma 250 SP VJ23

Model : RGV250 (Sport Production) VJ23
Tahun Pembuatan : 1997-1998

Engine : 2-Tak, Liquid-Cooled, 70 Degree V-Twin 2 Silinder, Suzuki AEC System
Bore x Stroke : 56 x 50,6 mm
Kapasitas Silinder : 249 cc
Rasio Kompresi : 8,0 : 1
Penyuplai BBM : Karburator Mikuni TM32 Special Edition
Max Power :
– 62,95 HP @ 11.000 Rpm (Europe Version),
– 70 HP @ 11.000 Rpm (Some Europe Version with Suzuki Race Kit),
– 67 HP @ 11.000 Rpm (Italian Version)
,
– 40 HP @ 10.500 Rpm (Japanese Version)
Max Torque : 39 N.m @ 10.000 Rpm
Top Speed :
– 240 Km/h (Real Topspeed),
– 215 Km/h (Restricted)
,
– 205 Km/h (Japanese Version)
Akselerasi 0-100 Km/h : 3,67 Detik

Rangka : Alumunium Alloy Beam, Twinspar Frame
Suspensi Depan : Upside Down Cartridge
Suspensi Belakang : Single Adjustable Shockbreaker with Stylish Alumunium Alloy Swingarm
Rem Depan : Double 300mm Cakram Hidrolik, Kaliper 4 Piston
Rem Belakang : Single 210mm Cakram Hidrolik, Kaliper 1 Piston
Ban Depan : 110/70 – 17
Ban Belakang : 150/60 – 17

Panjang : 1,965 m
Lebar: 0,695 m
Tinggi : 1,095 m
Tinggi Jok : 0,765 m
Jarak Sumbu Roda : 1,330 m

Berat Kosong : 134 Kg
Kapasitas Tangki BBM : 17 Liter

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

KobaYogas from WordPress for Android

Tentang Kobayogasblog

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Rare Bike, Suzuki, Test Ride dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

108 Balasan ke Test Ride Special: Suzuki RGV R Gamma 250 SP VJ23 ’98 – Handling Mantap dan Gigi 3-nya Dahsyat!!

  1. nevil13 berkata:

    pertamax kah?

    Disukai oleh 1 orang

  2. nevil13 berkata:

    waduh moderasi

    Disukai oleh 1 orang

  3. enoanderson berkata:

    Edass, Motor Super Rare iki…. Aku hanya terdiaamm….
    Soal handlingnya, saya baca dari CycleNews edisi 90-an (kalo gak lupa), dibawah NSR tapi diatas KR-1 Series… Desainnya & Material mah asli spechlessssss, David Lancaster manaaaa inii sijukaaaa ?? dipecatkah ?? wkwkwk 😀

    Disukai oleh 1 orang

  4. iyanin12 berkata:

    250 cc rasa 600 cc

    Disukai oleh 1 orang

  5. Mas_jump berkata:

    Ngiler tok… #woeyyy_belom_tidoorr 🙂 🙂 🙂

    Disukai oleh 1 orang

  6. prasetyo676 berkata:

    Motor legendaris 2-tak ini, mantap dan beruntung sekali bisa nyobain kang.. juozzz..

    Rally Dakar 2015 Dimulai – Data Fakta Serta Jadwal Lengkap Rally Paling Ekstrim di Dunia | prasetyo676.com

    Rally Dakar 2015 Dimulai – Data Fakta Serta Jadwal Lengkap Rally Paling Ekstrim di Dunia

    Disukai oleh 1 orang

  7. wtf170 berkata:

    suzuki gitu loh….
    motor favorit ane ne..

    Disukai oleh 1 orang

  8. wtf170 berkata:

    la bukane untuk mesin kenceng ne suzuki d bnding nasir nopekgo

    Disukai oleh 1 orang

  9. wtf170 berkata:

    plus bonus ne mesin d pake d aprilia 250 yg juara mulu d GP 250…dgn rider max biaggi ….mkany kl d intip d mesin si aprilia rs250 malah bermerek suzuki

    Disukai oleh 1 orang

  10. wtf170 berkata:

    trus kenapa harus d compare dgn Nasir nopekgo….bukan dgn sang juara aprilia rs250?

    Disukai oleh 1 orang

  11. inline4 berkata:

    mesin rgv ini juga dipakai aprillia rs 250 kang kobay….
    jadi aptrillia cuma buat rangka doang sementara mesin beli dari suzuki….

    si roy pasti tau
    😀

    Disukai oleh 1 orang

  12. KomMotor berkata:

    Begituh baca koq berasa ikut testride yah mang ketu????
    Awesome article dah…
    Aku kapan yah?
    http://komputermotor.com/2015/01/04/seorang-nenek-berusia-100-tahun-kembali-muda-dengan-photoshop-tingkat-dewa-amazing/

    Disukai oleh 1 orang

  13. Roti Goreng berkata:

    Entah kenapa tulisan di bawah foto saklar kanan tertulis kick starter, bukan tombol starter. Sadis juga mencet tombol starter dengan cara ditendang (kick) ditendang. 🙂

    Disukai oleh 1 orang

  14. Ping balik: Motor Baru Honda Dipastikan Meluncur Pertengahan Pekan Ini | ArDa

  15. pret berkata:

    arm nya pure almu??
    mosookkkk??

    Disukai oleh 1 orang

  16. threeazz berkata:

    Mungkin kalo handling………………..
    lebih mantap si RS250 kali Om…
    😀
    -Asal jeplak

    Disukai oleh 1 orang

  17. Asep Juga berkata:

    bukan motor semua orang…..

    Disukai oleh 1 orang

  18. beatfi berkata:

    widih kira2 ngetest topspeednya dimana tuh kang?? mehehe

    Disukai oleh 1 orang

  19. ari berkata:

    jadi kepengen punya motor 2 tak kek gini….tapi carinya susah ya lek 🙂

    Disukai oleh 1 orang

  20. ardee berkata:

    oke om kobay bilang enakan rgv buat nikung karena ga ada yg ngeganjel antara perut dan tangki.

    kesimpulannya : yg langsing pilih nsr biar perfect tengkurepnya, yg perut atw dada nya besar pilih rgv ..
    😀

    Disukai oleh 1 orang

  21. WARKOP DKI berkata:

    kl dr rivalnya, ne mtr paling kenceng, karena aturan yg membatasi besarnya HP, akhirnya tenaga RGV disunat..drpd pamor jatuh..suzuki akhirnya stop produksi RGV..tp mesinnya msh dipake sm aprilia ..setahu sy gt

    Disukai oleh 1 orang

  22. gilaroda2 berkata:

    wow komplit ulasannya masbro! sangaar tenan! bikin ngeces ketes2… 😀 btw, kayaknya mulai kepatil sama sizuka nih… 😀

    Disukai oleh 1 orang

  23. sucahyoaji berkata:

    Wah keren. namun lampunya yang agak aneh. Apa ini yang jadi inspirasi motor thunder ya?

    Oli yang mas bro sarankan apa sudah beneran oli kelas dunia?

    Disukai oleh 1 orang

  24. rtr berkata:

    mantaap om..ninja 150 rr minggir..

    Disukai oleh 1 orang

  25. New bonn djoovy berkata:

    Jozz tenan ki, om canggihan mna sih ni rgv sm nsr dr sisi engine?

    Disukai oleh 1 orang

  26. bikerkampung86 berkata:

    klo saya pribadi bicara masalah riding position utk sport fairing suzuki msh lbh friendly dibandingkan motor lain klo gak percaya coba aja gxs series dgn cbr series msh lbh enakan gsx series klo masalah handling kan tergantung sikontol panjang kang alias situasi kondisi toleransi pantauan dan jangkauan hehehehehehhehe……. 😆
    tapi klo handling bisa karna bawaan ridernya sendiri dmn dia menemukan kenyamanan posisi riding saat berkendara walaupun sebagian org blg klo motor tsb handlingnya kurang mantap dibanding kompetitornya

    Disukai oleh 1 orang

  27. skydriver berkata:

    Serasa ikut bonceng…nice artikel..sekennya brpa ni kira2 skrng

    Disukai oleh 1 orang

  28. Gila lengkap banget.. Salut !!

    Disukai oleh 1 orang

  29. dee berkata:

    Om…saya pernah baca, katanya mesin rgv250 ini jg dipakai sama aprilia rs250…apa iya gitu om?

    Disukai oleh 1 orang

  30. azwethinkweizm berkata:

    Nice sharing, Om. Berasa dapet sensasi ridingnya. Ngiler…

    Disukai oleh 1 orang

  31. Farrel berkata:

    Omg! bener2 motor langka ini, thanks a bunch for the review.

    Disukai oleh 1 orang

  32. Ping balik: Test Ride Special: Aprilia RS250 2001 – Italian Flava Dalam Rasa Mesin 2 Tak.. | KobaYogas.COM

  33. Ping balik: Video Rare Bike – Suzuki RGV R Gamma 250 SP VJ23 – Salah Satu Desain Motor Terbaik Suzuki | KobaYogas.COM

  34. sukanyaMOTOR berkata:

    pending dulu,
    panjang juga ternyata ulasannya… huftt…
    mantap !

    Disukai oleh 1 orang

  35. top speed nya kurang tuh. kalo race bike bisa tembus 270kpj di GP 250. kalo standar 210kpj an.

    RG 500 Barry Sheene aja tembus 187mph tuh di Silverstone Practice. gw ada video nya

    wkwkwkwkwkwk

    Disukai oleh 1 orang

  36. Ping balik: Test Ride Special Rare Bike Suzuki RGV 250 SP VJ23 – Video – Motor Yang Bikin Ketagihan… | KobaYogas.COM

  37. Ping balik: Review Helmet Cargloss AHRS Croos Beat, Sudah DD Ring Lads! | KobaYogas.COM

  38. Ping balik: Bring Those Sweet Memories Back Suzuki..!! | KobaYogas.COM

  39. Iqbal berkata:

    di jual g mas.. pengen beli

    Suka

  40. Ping balik: Intermezzo: 4 Rare Bikes – Yang Mana Seleramu? | KobaYogas.COM

  41. Ping balik: Test Ride Special Rare Bike: Suzuki RGV Gamma 250R VJ23 Lucky Strike Edition!! | KobaYogas.COM

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)