Test Ride Special: Aprilia RS250 2001 – Italian Flava Dalam Rasa Mesin 2 Tak..


Aprilia RS250

Kobayogas.com – Hola lads, bertemu lagi dengan artikel Test Ride Special, setelah sempat membahas impression review tentang Aprilia RS250, kini saatnya membahas riding impressionnya..geber lads..

Berbeda dengan dua kompatriot lainnya yang sudah KBY tes sebelumnya (Honda NSR 250 SP MC28 dan Suzuki RGV Gamma 250 SP VJ23), si RS ini lebih berat dan lebih besar, size does matter. Mendorong tubuhnya dengan mengandalkan kaki sambil duduk di jok adalah sesuatu… Ya mirip mirip beratnya dengan 250 cc 2 silinder 4 tak masa kini.

Italiano Respect

Yang patut digarisbawahi adalah, ini motor Italia, so treat him like an italiano, keras kepala, pembangkang namun tangguh adalah karakter kentalnya. Yang pertama adalah sulitnya dia dinyalakan dalam keadaan dingin, butuh hingga berkeringat dan kaki pegal untuk menyela kick starter nya.

Kedua, untuk seorang italiano, Aprilia RS 250 adalah tipikal yang penyabar, dalam arti butuh waktu minimal 15 menit agar dia mencapai suhu mesin ideal. Menghangatkan mesin selama setengah jam dengan knalpot yang mengeluarkan asap? Pastikan lads melakukannya di luar ruangan dengan moncong knalpot menghadap jauh dari pintu rumah hehe.

Aprilia RS250

Ketiga, keras kepalanya ada pada putaran mesin. Membawa Aprilia RS 250 ini dalam keadaan belum mencapai temperatur ideal adalah sesuatu, dari RPM bawah hingga tengah mesinnya hanya menggeram tanpa melaju signifikan. Jadi yaaa sabar sabar aja menggantung RPM lads.. Hal ini kadang menyebalkan jika kita membutuhkan tenaga atau akselerasi instan karena tenaganya baru keluar ketika mencapai 9,000 – 10,000 RPM

Pembangkang dalam arti sesungguhnya, jika Honda NSR dan Suzuki RGV adalah tipe penurut ketika menikung, maka handling RS 250 adalah sebaliknya. Setangnya dengan gigih melakukan perlawanan ketika ditekuk, sungguh menantang, mengasyikan sekaligus menyebalkan! Butuh adaptasi dalam mengenal karakternya, jangan berani berani menikung agak cepat ketika baru menaikinya kecuali lads adalah seorang pembalap. Setang yang seakan melawan serta suspensi depan yang kaku benar-benar minta ditaklukkan.

Putaran Atasnya Unpredictable!

Setelah berputar-putar di jalanan Bandung dan melewati jalan pelajar pejuang alias BKR, suhu mesin tidak juga mencapai temperatur yang ideal, sehingga putaran bawah dan menengahnya kadang membuat frustasi karena mesin seperti ngeden tidak mau melesat meski gas sudah diputar banyak. Karakter ini mirip-mirip Kawasaki Ninja RR yang pernah KBY tes juga.

Satu momen, KBY sempat mencoba ngetrek dengan Ninja 250 4 tak FI, nah disana terlihat betapa inferior sang RS ketika start awal (videonya menyusul, biasaaa). Brebeettt… mesin berbunyi ngeden hingga sekitar 9,000 RPM, Kawasaki Ninja FI masih berada di depan, namun ketika jarum RPM mencapai 10,000 lebih, seketika saja Aprilia RS 250 ini melesat bagai peluru, meninggalkan sang Ninja 250 FI dibelakang… luar biadab!!

RS 250 3

Wheelie Perkara Mudah

Jika berada di tangan para rider profesional, maka KBY sangat yakin performa dari Aprilia RS 250 bengal ini akan sangat mudah diajak ber-wheelie ria..  Karena ketika dilakukan perpindahan dari gigi satu ke dua pada saat menyentuh red line 12,500 dengan melepas tuas kopling dengan cepat, terasa sekali ban depan mengangkat dan kemudi bergoyang ketika sang karet bundar kembali menapak aspal..

The Verdict

Apa yang lads cari pada sebuah motor Italy yang berkarakter kental ala mafia, ada pada Aprilia RS 250 ini. Mesin memang serupa milik Suzuki RGV R Gamma 250 SP namun dengan settingan dan sentuhan ala Aprilia. Modis, kencang, beringas akan membuat siapapun menepi ketika melihat sosoknya…

Aprilia RS 250, kebengalan ala Italia dalam balutan mesin 2 tak…

Special thanks Kios Bikers Bandung dan Ivan Vanzmotoblog.

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

KobaYogas from WordPress for Android

Iklan

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Aprilia, Moge, Rare Bike, Test Ride dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

57 Balasan ke Test Ride Special: Aprilia RS250 2001 – Italian Flava Dalam Rasa Mesin 2 Tak..

  1. Mas_jump berkata:

    Spion ditekuk lads

    Suka

  2. Zerv berkata:

    Motor impian kang yg 125 aja gk kecapai harganya hadeh

    Suka

  3. gilaroda2 berkata:

    Bocah nakal dr itali… jambak! 😀

    Suka

  4. prieantara berkata:

    Lha ini yg ditunggu,,
    Juosssss
    Luar biadab pemirsah!!!

    Disukai oleh 1 orang

  5. androbiker berkata:

    kang pengen tau konsumsi 2tak 250 cc 2 silinder berapa km perliter..??

    Suka

  6. wtf170 berkata:

    dl harga barunya 90 juta kl gak salah….

    Suka

  7. Rendi Binjey berkata:

    Mantaaap 2 stroke never die
    Tp ini berat bgt ya udh kyk 4tak

    Suka

  8. agoey berkata:

    “Pastikan lads melakukannya di luar ruangan dengan moncong knalpot menghadap jauh dari pintu rumah hehe… ” gak papa klo kedalam rumah..sekalian fogging.. 😆

    Suka

  9. Asep Juga berkata:

    ternyata sblm riding harus “direbus” dulu……..

    Suka

  10. ark berkata:

    tinggal test ride Yamaha TZR250 dong Om..

    Suka

  11. Asep Juga berkata:

    sy tantangin, cari pemilik CBR250RR(4syl) trus minta test……..

    Suka

  12. wong deso berkata:

    lha…. top speed sabraha kang? eh…

    Suka

  13. maculmania berkata:

    Kapan TZR250?

    Suka

  14. threeazz berkata:

    Jadi intinya miara penyakit ya Om…..
    wkwkwkw..
    😀

    Suka

  15. kalau belajar motor manual pake motor ini bisa nggak om? 😀

    Suka

  16. mesinjadoel berkata:

    Motor kaya gitu tambah bikin saya takut untuk dijalanan om,cz kegedean tenaga n’ pingennya betot gas terus…kecuali buat disirkuit,assiiikkkk tuh 😀

    Nitip jemuran om
    https://mesinjadoel.wordpress.com/?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C6434287565

    Suka

  17. tosaurus berkata:

    Masih karbu ya kang? Penasaran kompresinya berapa..

    Suka

  18. yang ninin FI merasa bangga tuh bisa ninggalin RS250… xixixixixi

    Suka

  19. Ping balik: Review: AXO TMKP, Elbow dan Knee Protector, Aman Sekaligus Terjangkau | KobaYogas.COM

  20. issal berkata:

    klp boleh tau alamat lengkapnya dmna….trus di jual engga tuh motor……

    Suka

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s