Honda PCX Lokal K35? Sudah Ada Spyshot Part, Dibuat Tergantung Respon Market?


Honda-Forza-125-2015-02

Kobayogas.com – Hola lads, skutik premium entry level memang cukup menggiurkan pihak produsen untuk menggelontorkannya. Diawali dengan Honda PCX, kini kelas segmented ini makin ramai saja…

Tidak ada bisnis yang tidak mengambil untung, perbedaannya hanya mengambil untung sedikit, sedang atau banyak. Tentu rumus secara detailnya hanya pihak produsen yang tau. Sedangkan kita pihak konsumen hanya dapat meraba-raba dan berprediksi saja.

Honda PCX bukanlah back bone atau tulang punggung penjualan produk skutik dari Astra Honda Motor. Namun sambutan yang baik terhadap Honda PCX dari para pencinta skutik membuat inden mengular yang diakibatkan ‘jatah’ yang diberikan untuk AHM secara teori tidak lah banyak dari Honda Vietnam selaku produsen regional untuk Honda PCX. Karena secara logika jika jatahnya cukup, inden tidak akan panjang toh?

Berkaca dari kesuksesan Honda PCX tersebut membuat produsen lainnya mencoba peruntungan yang sama dengan Honda. Suzuki telah memulainya dengan Burgman UH200 200 cc, namun entah bagaimana perhitungannya, harga yang diberikan termasuk mengejutkan, tembus lebih dari Rp. 50 juta! Harga itu pulalah yang membuatnya kurang ‘meledak’ di pasaran.

Yamaha (YIMM) lebih sukses dari sisi lobi melobi,  somehow mereka sukses melobi prinsipal untuk memberikan ijin agar proyek Yamaha NMax 155 dibuat dan dipusatkan di Indonesia. Artinya, cost production dapat ditekan semaksimal mungkin, dan bahkan tidak menutup kemungkinan mengambil margin tipis di awal untuk memberikan shocking price terhadap para rival.

Dorr…dua kompetitor sekaligus yang masih mengandalkan sistem CBU terkena sasaran tembak YIMM. Meski jelas CBU tidak akan pernah murah akibat regulasi pajak masuknya, dan meskipun banyak diantara konsumen paham, namun mereka menutup mata akan perbedaan status tersebut, yang mereka mau tau hanya beda harganya jauh!!

Honda PCX Lokal alias CKD?

Gempar akan harga Yamaha NMax CKD yang ‘terjangkau’ dengan spek yang wow, terendus sudah cukup lama bahwa hanya AHM yang siap melancarkan aksi jawaban, sementara Suzuki belum terdengar gaungnya. Kemudian kode K35 muncul menyeruak disharing oleh mang Saka. Benarkah kode K35 tersebut merupakan kode Honda PCX lokal alias CKD? Jawabannya sangat mungkin.

Honda New PCX 150 yang saat ini beredar mempunyai kode K36, paling tidak, itulah kode yang terpatri pada mufflernya. Ah perbedaan satu angka di belakang belum menyiratkan hal tersebut, oh ya? Bagaimana jika tutup tangki New PCX dibuka? Maka akan ditemukan kode K35 pada penutup tangki bensinnya! Artinya, sangat besar kemungkinan K35 adalah Honda PCX yang akan dilokalkan lads!

Atau bisa saja Honda PCX lokal menggunakan desain dari Honda Forza 125, soal desain memang masih terlalu dini untuk disimpulkan. Namun yang jelas K35 itu akan berbagi parts dengan New PCX jika dilihat dari adanya kode K35 pada New PCX

.pcx lokal k35

Semuanya Tergantung Demand Pasar

Meski bisa dikatakan AHM siap melakukan proses pelokalan New PCX, namun sepertinya mereka tidak dalam posisi terburu-buru. Ingat, bicara jumlah penjualan, New PCX bukanlah tulang punggung penjualan skutik Honda, masih ada yang menjadi raja dan ratu di sana, Honda Beat dan Vario… Kalaupun Honda PCX lokal K35 jadi direalisasikan, menurut KBY itu hanyalah sebagai pembuktian kepada pasar.

Kalau Honda PCX bisa dilokalkan kenapa tidak dari dulu? Entahlah, namun sangat mungkin tergantung reaksi pasar. Jika pasar menginginkan kelas skutik seperti harga NMax ya kenapa tidak? Selama ini mungkin dirasakan AHM kuota untuk PCX sudah memadai, toh mereka memiliki produk unggulan dari yang lainnya. Karena memulai proses lokalisasi tentu membutuhkan man power serta budget yang besar.

Kini, semuanya tergantung Yamaha NMax, jika penerimaannya (baca: penjualannya) sangat baik, tentu sebagai perusahaan bisnis, AHM juga melihat peluang di sana dan kenapa tidak terjun saja sekalian membuat Honda PCX lokal? … Siapa yang diuntungkan? Harusnya sih konsumen, mereka bisa jadi banyak pilihan. Terlebih lagi jika nanti Suzuki memberikan kejutan, who knows?

Jadi positif nih Honda PCX lokal K35 itu akan memakai bentuk New PCX current atau bentuk Forza 125? Kita pantau saja lah ya…

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

KobaYogas from WordPress for Android

Iklan

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Diskusi, Honda, New Product, Suzuki, Yamaha dan tag , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

91 Balasan ke Honda PCX Lokal K35? Sudah Ada Spyshot Part, Dibuat Tergantung Respon Market?

  1. java36 berkata:

    Namanya juga mang saka, blog nya sakahayangna.com, jadi artikelna sakahayang manehna weh. Ahaha

    Suka

  2. prieantara berkata:

    Jangan2 Mang Saka sdh tau strategi AHM nih…

    Suka

  3. sketch51wanto berkata:

    Anda musti beli PCX Lokal ini …. harga dijamin merakyat ^_^

    Suka

  4. warungasep berkata:

    Saya belum mengerti lads, jadi itu tutup pentil punya sineigo??? Wah ari sugan dong milik pi cilok al??? 😀

    http jemuran tinggaleun di imah

    Suka

  5. Rider 27 berkata:

    Daripada pcx dilokal kan mending buat riset produksi Forza 125 bore up 150 kalo ini di produksi lokal bakal seru nih…….

    Suka

  6. ArDa berkata:

    kayaknya sih udah mumet duluan soal fitur yang ada di nmax: mo kasih apa ya yang beda buat si pcx lokal ini? ntar yang ada sih bisa jadi blunder pas nyematin fitur mirip vva, ntar disangka njiplak lagi 😆

    Suka

  7. beatfi berkata:

    Jadi murah

    Suka

  8. Hahaha berkata:

    Heran, jadi honda ini buat motor sebenernya pakai riset ato engga ya?
    Apa karena gengsi dengan kompetitor, akhirnya asal bikin yang penting bisa counter serangan kompetitor. Jangan sampe akhirnya malah konsumen yang jadi kelinci percobaan.

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      kadang, ada hal-hal yang kita sebagai konsumen gak paham. Tebakan si om ya bisa saja bener. Di dunia bisnis kadag suatu produsen bisa tiba-tiba menelurkan suatu produk yang sebenernya mereka gak butuh buat diproduksi. Tapi karena tujuannya utk mengimbangi kompetitor, bisa saja.

      Suka

    • bdt berkata:

      planning selalu ada om,

      a, b,c dst,

      kapan planning b, c dst di laksaneken,

      tergantung sikon

      riset pasti dilaksanake, design dari R & D pasti dah ada

      tapi realisasinya kapan, tergantung sikon juga

      Suka

  9. fakhri berkata:

    Penasaran dgan langkah ahm selanjutnya
    Kalau pcx d lokalkan ad vitur abs dan vvti ya otomatis makan penjualan saudaranya sendiri si vario 150 dan jelas buat sakit hati bagi yg sudah meminang cbu pnya
    Kecuali ahm meriset buat rem abs yg pnp buat vario, pcx cbu maupun lokal nanti
    Ya itu mgkin itu cara terbaik buat menjaga perasaan konsumennya
    😀
    Semoga aja itu kode utk forza, abs dan spedo nya saya naksir
    Bak moge tulen kalau kata iwb pnya
    :p
    Dan jangan bilang itu kode utk vario 150 abs
    gara2 abs dunia otomotif gonjang ganjing
    😀

    Suka

  10. st3v4nt berkata:

    Bisa jadi bentuknya gak mirip PCX tapi beberapa parts-nya sama….yg jelas AHM percaya kalau skutik pilihan konsumen Indonesia itu decknya harus rata….cuma PCX kan yg deknya gak rata….di line-up Honda itupun CBU, sementara SIS punya Hayate yg CKD selain Burgman, dan YIMM pernah punya Nuovo yg CKD….dan sekarang Nmax…

    Suka

  11. Asep Juga berkata:

    lokalkan Forza125(jd 150cc di Indonesia) tampang lbh keren, lebih turing dr N-MAX dijual 30jt jg laku………

    Suka

  12. +Rijal |MBAH ANOM| berkata:

    Ikut nyimak aja lah 🙂
    makin banyak produk honda makin gede juga brosur-nya 😀

    *Dengan di lokalkan-nya PCX saya siap over kredit PCX saya ! Josss plontos !

    Suka

  13. goozir berkata:

    artikel tandingan NMax …..

    pulsar 200AS termonitor sedang test jalanan khas test motor india di brongsong brooo

    http://www.goozir.com/2015/02/pulsar-200as-mulai-test-jalanan.html

    Suka

  14. bdt berkata:

    om, keluarin lagi dong printilan lainnya?

    masa dari kemaren tuttp tanki doang?

    Suka

  15. paijo berkata:

    tetep nunggu xmax250. lebih jossss

    Suka

  16. Bonsai Biker berkata:

    tu bukan gambar pcx tapi ……..

    .
    .
    .
    .
    .
    jemur sek
    Pertempuran CB 140 vs NVL jilid 2015 makin seru, setelah spys shot NVL facelift 2015, kini ada lagi spy shot CB 150 2015.Keduanya sudah bocor pula speknya, wew fanasss!
    Kasak-kusuk facelift New V-ixion Lightning 2015 dan new CB 150 2015 sudh terendus publik. Pertama NVL 2015 sudah tercata 2 kali tertangkap Sp y shotnya, kemudian bocor specnya
    http://bonsaibiker.com/2015/02/12/weh-new-cb-150-r-facelift-siap-menantang-nvl-facelift-intip-gan/

    Suka

  17. andikakusumaharyanto berkata:

    Infonya PCX tidak akan dilokalkan…..liat penjualan vario 150dulu

    Suka

  18. O=O berkata:

    klopun bakalan rilis PCX lokal, klo CKD ( rakitan AHM bisa aj terjadi design plek ) tapi jika maspro lokal sptnya bakalan pakai design vario tekno 110 yg udah disuntik mati dan mrpakan adopsi dri prototype vario 125-150 di TMII dgn beberapa penyesuaian…

    Suka

  19. cadoxs berkata:

    Bagi ahm mah gampang bikin produk baru ga usah terlalu ribet riset sono sini, basic mesin banyak tinggal comot dari line up honda pusat,yg pusing tuh konsumen

    Suka

  20. numpang_lewat berkata:

    Siapa yang diuntungkan? Harusnya sih konsumen, mereka bisa jadi banyak pilihan
    =============================================
    klo menurut aq yg diuntungkan tetap produsen om
    lah….harga jual kembali turun g pernah naek
    turunx pun kadang g nanggung2, lgsg anjlok jlok, bikin garuk2 kepala
    (kecuali tanah ato rumah loh….) #opini pribadi..piissss

    Suka

  21. wong deso berkata:

    cie cie om kobay menutupi galaunya dengan artikel pcx ckd…. xixixi….

    Suka

  22. zizi berkata:

    Pas lah strategi combo…CKD plus diskon gede
    Lagian alasan CBR lokal bisa dipake… pembeli cbu paling cuma berapa, ga terlalu ngaruh…. xixixi

    Suka

  23. manik swadiaya berkata:

    harga bisa bikin sariawan gundah gulana

    Suka

  24. FЭЯY berkata:

    hadir 😀

    Suka

  25. SOFTEKRACING berkata:

    😀 ni 1 lg KACUNG honhon,sohibnya sicakil lg galau,,mengalihkan new picex lokal odong2 aka angin kentut ngoahahahha….kasian ente kobay bayy.

    Suka

  26. vario125 berkata:

    kalo secara bentuk mengambil dari forza, pribadi sih gak yakin om karena secara ‘kelas’, forza itu lawan nya xmax. sedangkan yamaha nmax lebih ke kelas pcx. jadi kayaknya k35 lebih mengambil desain pcx dibanding forza

    kalo ahm mengambil desain forza, pasti bukan nmax yang dibidik, melainkan xmax yang selama ini ‘muncul’ dijalanan

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Nahhh, having searching nih di google, mencoba cari tahu dari kemaren2 soal forza 250/300, dapatnya jauh dari bentuk Forza 125 (yang memang sepertinya model baru).

      Jadi kalau misalnya mau nempel XMax, kalau kita sebut Forza, artinya forza 300 yang beredar saat ini…

      Tapi kalau 125/150 cc, ada kemungkinan model Forza baru yang dipakai. Yah ini mah prediksi ay…

      Btw dapat kabar Xmax katanya CBU euy

      Suka

  27. setyadohc berkata:

    Kalo desain sama forza denga cc 150 mesin mirip forza yg 4 klep dengan v tech nya honda ya ini patut di tunggu lah

    Suka

  28. er25indo berkata:

    wagh tetep ga menarik barusan saya pagi2 benerin motor r25 yang kebanjiran pak dan ngelihat mesin dan sasis rangka belakang juga ada slide kelihatan bgt klo itu n-max mantep bgt kokoh juga ABS nya itu loh aduhai abis fitur yang biasa ada d moge bisa ada d N-MAX memang yamaha semakin terdepan !!!

    haha

    Suka

  29. Bonsai Biker berkata:

    Kilas info gan, kalau tidak berkenan mohon maaf silakan di delet.
    Beredar kabar BBM barha Begal Motor Asal Lampung sebaanyak 260 orang diturunkan di to Jagorawi untuk menyerbu Jakarta dan sekitarnya.

    Namun polisi buru-buru menepis kabar itu, menurut polisi itu kabar Hoax

    http://bonsaibiker.com/2015/02/12/broadcast-260-begal-motor-lampung-diturunkan-di-jagorawi-polisi-itu-hoax/

    Suka

  30. mancingmania berkata:

    Modelnya forza dongg, biar lebih variatif gitu bentuknya. Apa nanti bisa juga ya k35 pake katup variable (vtec) dan dual disc brake+abs? Keren jg ya kalo udh ada iss+vtec, bisa makin irit jg dong… Tapi sepertinya mimpi belaka wkwkwkwk

    Suka

  31. Chrome berkata:

    Bukan teknologi katup variabel yg akan disematkan ke pcx lokal..tpi tutup tangki variabel aktuasi (TTVA)..
    😝😝😝😝

    Suka

  32. blade-in berkata:

    Maaf, gak tertarik. Pertama, ngekor. Kedua, pastinya downgrade habis2an ngejar harga 25 jeti….

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Nahhh kl gitu sudah ketebak lari kemana toh? Hehhee.. Dpt inden ke berapa NMax nya mang?

      Btw mumpung inget, dah lama mau nanya, blade disini gada hubungannya sama honda kan?

      Suka

  33. Xperia Z Ultra Black berkata:

    Mang Yogas, apa mungkin Forza yang di lokal kan oleh AHM? Secara kasta Forza itu diatas PCX? PCX kayaknya ngga mungkin dipindahkan ke Indonesia, karena baru aja dipindahkan ke Vietnam, logikanya pasti ada investasi untuk produksi PCX Vietnam, dan maybe tahun depan paling cepat baru bisa diboyong.

    Dan mengenai “Selama ini mungkin dirasakan AHM kuota untuk PCX sudah memadai, toh mereka memiliki produk lainnya.”, saya aja inden tapi ngga jadi! Bulanan mang! Maksudnya sayanya yang jadi bulan-bulanan!

    Suka

  34. iwak banaran berkata:

    forza modiar tenannnnnnnnnnn….

    cuman bisa di lwn dgn x max…

    Suka

  35. iwak banaran berkata:

    kapan ya all new r25 meluncur…??
    kurang sreg dgn desain r25…

    Suka

  36. iwak banaran berkata:

    n max 27 jt itu magak… apalagi pcx..
    sry just my cent…

    begini

    n max dikatakan kasta keren juga nda.. dikatakan jelek juga nda..
    tampang n max memang lomayan.. but.. just it…
    kurang keker. cc kurang gahar 150cc.
    kecil nda kecil, lincah ga lincah.. gagah nda gagah… magak..

    nah x max keker dpt keren dpt,, macho dpt.. cc boleh diadu dgn ninja 250…

    harga boleh diadu…

    walau memang t max masih lebih keren jauh..
    tapi x max harga nya cukup ekonomis..sekitar 50 jt an…

    apalagi pcx hehe no hard feeling…..

    Suka

  37. iwak banaran berkata:

    nah ketika kita pingin keren tapi tetep low profile , vario 150 dgn led yg cukup keren tapi tdk lebay jadi pilihan..

    low profile..
    lincah
    irit.
    cukup kencang…
    sederhana tapi membahana muhauhauhauha

    Suka

  38. iwak banaran berkata:

    x max cbu… yahhhh mahal dunkkkkkkkkkkkkkkksss dunksss dunkkxx

    Suka

  39. Dide Irvin berkata:

    kabar baik

    Suka

  40. Praja berkata:

    kalo bisa forza sekalian, biar tampolan balik lebih kerasa ke kompetitor dengan harga “perkenalan” murah dulu untuk impresi awal, biar kerasa superiornya ahm atau honda dengan fitur unggulan di mesin spt vva di nmax. selanjutnya silakan pakai strategi dagang ala ahm lagi.

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      ini teori saya, model mungkin oke, fitur semacam ISS dkk pasti ada, tapi saya ragu kalau smp bisa aplikasiin double cakram,.
      VTEC-nya? Imo, setiap produsen pasti punya pemikiran sendiri dalam rangka menaikan VE pada mesin produksinya.
      Kasus NMax imo, sukses “pamer” teknologi dan hasilnya terlihat cukup signifikan. Impresi ke khalayak terutama yang melek teknologi dapet banget.

      Sementara mungkin, Honda kecil kemungkinan menerapkan hal yang sama (VTEC) pada apapun nanti skutik premium lokalnya. Sepertinya bukan karena tidak mau atau tidak mampu, tapi bisa jadi harganya menjadi tidak kompetitif dimana NMax sukses menerapkannya.

      Jadi bagaimana? Teori ay sih mungkin bermain pada settingan pembakaran dan ECU-nya agar di dapat VE yang mendekati optimal agar outputnya mendekati, sama atau lebih dari kompetitor.

      Sekali lagi ini hanya teori belaka berdasarkan prediksi dan kebiasaan produsen dalam hal ini Honda…

      Suka

      • niceguy berkata:

        Setuju banget….

        Kalau melihat mayoritas konsumen sesuai MS yg >60% (jangan2 bisa tembus 70% nih) sepertinya benda apapun yang dibuat AHM, dengan dua roda menggelinding di jalan dan ada logo Honda (ini yang utama), bisa dipastikan LAKU!!!!

        Soal teknologi nggak penting2 banget lah, yang paling penting itu logo Honda harus nempel di body kendaraan. Secanggih (dan murah) apapun kalau bukan Honda, bisa dipastikan TIDAK LAKU!!!!!! (bukti nyata MS kompetitor <30%)

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        Gimana ya, bingung jawabnya hehe

        Suka

      • iwak banaran berkata:

        cbr 150 wolf headlamp dgn logo honda kok ga laku
        cbr 250 juga ga laku? itu bukan logo tvs lho

        jadi bisa ditarik kesimpulan vario beat verza cb150 laku bukan krn ada logo honda, tapi karena tingkat worth dan kualitas secara overall yg dimilki mtr tersebut.

        Disukai oleh 1 orang

      • iwak banaran berkata:

        gini aja bro , gigi anda mau di suntik dokter apa bakul es?

        ya tentu dokter.. karena dokter ahlinya…

        sama dgn motor..
        kita pilih motor honda.. karena honda ahlinya

        hehe

        Suka

  41. iwak banaran berkata:

    bukan 100% masalah logo sebenarnya..

    honda membuktikan kualitasnya…

    bayangkan mengendari vario 125 ato 150..

    tenaga begitu halus dan berasa…
    suspensi yg pas utk jalanan indo
    lekuk yg mempesona utk sebuah matic 125
    desain yg bisa diterima oleh semua kalangan
    kenapa ya r15 dan pulsarku agak susah di starter pada musim dingin..
    sedangkan matic logo honda dan mobil honda ku tak pernah kesulitan utk di starter????

    handling yg superior , dan mesin yg halus dan berkelas

    memang honda layak menjadi raja motor di indonesia
    (tentu saja saya tdk pernah melupakan kasus cbr 150 getar yg saya jual, ternyata pulsar 200 ns tdk lebih getar dari cbr 150)

    Suka

  42. iwak banaran berkata:

    saya ragu motor sekelas nex bakal laku walau di kasih logo honda…

    dimensi yg terlalu ramping dgn excuse agar lincah…
    teririt katanya karena ya pasti aja bobot teringan.
    sgt tdk stabil
    ban kecil , velg mudah peyang confirmed
    suspensi yg kurang nyaman.
    handling yg kurang presisi..
    tenaga yg minus…
    desain yg inferior
    harga jual yg drop

    tak hayal 3 dari 10 dealer suzuki di kota kecil harus mengulung tikar nya mau tdk mau

    Suka

  43. iwak banaran berkata:

    iwb dan tmcblog sebagai bloger cerdas yg tau bgt seluk beluk mesin memlih vario..
    bro kobay juga memilih pcx…

    org pintar pilih matic honda….

    Suka

  44. Ping balik: Yamaha XMax 250 – Sudah Seharusnya Dibuat Versi Lokalnya.. | KobaYogas.COM

  45. iwak banaran berkata:

    aduh aku ketinggalan info nih helpppppppppppppppp

    gimana kabar k35??? apakah benar itu pcx lokal??

    soalnya aku mau inden n max,,

    tapi liat review skok nmax keras pasti ga nyaman…
    soalnya aku butuh yg empuk2
    walau buat nikung yahud.

    pcx kan empuk..walau model kurang keren,, tapi lebih gambot,, lebih moge.

    katanya otomotif net n max enak buat stop n go..
    trus katanya pcx lebih enak torsi nya…

    gue bingung… torsi bukan nya utk stop n go ya???

    enteng mana gan tarikan bwhnya?

    Suka

  46. iwak banaran berkata:

    alus ga kang n max???

    aku coba gas di stage kok getaran nya dasyattttt di stang nya?????

    tapi pcx juga waktu di display di stage juga geter stang nya…

    apa gara2 stang ya????

    alus mana sama vario 150???
    kayak nya alus vario 150 yaa??

    Suka

  47. Ping balik: Tebak Tebakan Ala We Love Honda, Motor Apa Yang Keluar Tahun 2016? | KobaYogas.COM

  48. Ping balik: Honda PCX Lokal? Boleh Saja, Nih Syarat Wajibnya.. | KobaYogas.COM

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s