Teknologi: Anti-lock Brake System dan Airbags, Mana Yang Lebih Perlu?


image

Kobayogas.com – Hola lads, perkembangan teknologi dari sisi otomotif seiring menuanya jaman memang memberikan banyak hal positif, salah satunya sisi safety..

Teknologi yang sudah lama digunakan di otomotif ini tentu ada memiliki segudang keunggulan yang dapat diberikan kepada para pemiliknya. Namun, jika ditanyakan mana sih sebenarnya yang lebih efektif dari sisi safety, ABS atau Airbags?

Sebenarnya, kombinasi antara keduanya adalah yang terbaik, jika keduanya digabungkan maka akan terjadi simbiosis mutualisme akan sisi keselamatan yang sangat mantap, fitur keselamatan aktif (ABS) dan pasif (Airbags) dipadukan tentu bisa menjadi sebuah ultimate defense.

image

Saat ini, beberapa produsen otomotif telah melengkapi produk-produk nya dengan fitur safety yang cukup mumpuni. Ada yang sudah ABS, EBD (electronic brake distribution) dan BA (Brake Assist) plus Airbags, bahkan juga VSA (Vehicle Stability Assist – Honda) atau TC (Traction Control) atau ASC (Active Stability Control).

artikel terkait: Teknik panic braking tanpa ABS

Namun di sini kita hanya akan berbicara pada produk entry level yang sudah dibekali perangkat safety seperti ABS atau Airbags. Biasanya yang sudah ada ABS pasti sudah memiliki Airbags, namun yang memiliki Airbags belum tentu memiliki ABS pada remnya. Mana yang lebih penting?

Seperti disebutkan di awal, keduanya sama pentingnya, namun KBY lebih memilih produk yang memiliki ABS saja daripada yang memiliki Airbags saja. Alasan KBY sih karena ABS merupakan piranti keamanan yang sifatnya aktif dan siap bekerja kapanpun kita gunakan, rem adalah part yang sering kita gunakan bukan?

artikel terkait: ABS pada Yamaha NMax

Saat kita menginjak rem (bicara roda empat) maka ABS siap bekerja dan saat kita melakukan panic braking atau rem mendadak baik dalam keadaan lurus maupun harus membanting setir maka ABS segera aktif saat itu juga..! Bandingkan dengan Airbags yang pasif dan hanya akan aktif ketika kendaraan kita berbenturan dan sensornya terkena impact dari benturan tersebut.
image

Saat sensor bekerja, airbags akan meletus baik sisi pengemudi maupun penumpang depan (karena entry level jarang sekali yang memiliki sensor penumpang depan). Setelah meledak, maka airbags selesai masa baktinya dan harus diganti agar bisa bekerja kembali.

Artikel terkait: Teknologi crumple zone pada kendaraan

image

Sementara ABS selama tidak mengalami kerusakan (dan kasus kerusakan sangat jarang sekali terjadi) maka tidak perlu diganti, hanya memang perlu perawatan seperti mengecek dan membersihkan sensor ABS-nya. Juga jika sudah saatnya mengganti bearing/ laher roda, untuk ABS memiliki bearing khusus.

Jadi, jika harus memilih mana menurut lads, pilih kendaraan yang punya fitur apa? ABS, Airbags atau keduanya? Lads yang memilih.. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

KobaYogas from WordPress for Android

Iklan

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Agar Lads Makin Tahu, Diskusi, Sharing dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

81 Balasan ke Teknologi: Anti-lock Brake System dan Airbags, Mana Yang Lebih Perlu?

  1. sketch51wanto berkata:

    saya lbh setuju Cruise Control, jadinya kecepatan di maintain d kecepatan trtentu, mobil berjalan beriringan….. tp ni alat mngkin gagal total d jakarta 😀

    Suka

  2. papa3r berkata:

    perkara lebih penting mana, kalau menurut ane di kembalikan ke filosofi fungsi_nya aja…..
    ABS…sifatnya lebih ke preventive…
    2AB….mengurangi fatality…..
    kalo jadi pilihan memang ane lebih milih ABS sebagai prioritas
    “Mencegah lebih baik dari pada……ngobatin”……xixixixi
    kenapa ane bilang ngobatinnn….
    ada yg pernah kena efek mbukanya AB……serasa ditamparrr…….amit2….

    Suka

  3. sukmahandayani56 berkata:

    klo buat kwasan elit (ekonomi sulit) namun bsa punya mobil.. mnding cukup ABS saja.. krena hrgaa lbih redah d bnding yg ftur nya lbih komplit..namun bukan berarti yg airbags gak pnting itu jga pnting skali..
    jadi klo ada uang lebih ato mau mobil buat safety sekeluarga…
    jgan tagung2..
    minimal ABS dan airbags..
    namanya juga jaga2…
    yg di minta mah gk trjadi apa2 tpi apes gk ada yg tau..

    tpi ingat buat yg punya rejeki lebih..

    Suka

  4. sukmahandayani56 berkata:

    kalo saya pilih abs ajja cz punyanya vario sih..hihihi

    Suka

  5. urang bogor berkata:

    jepun pelit fitur yah,,,klo ngeropah kaya fitur kaya sensor,,#ngincerVWGOLF

    Suka

  6. Besok Siang berkata:

    enak abs aja dah ..

    Suka

  7. fakhri berkata:

    Tergantung kasusnya gmana sebetulnya
    😀
    kalau saya pikir2 mah lbh prefer ke abs
    Soalnya kalau rusak abs mah bsa d deteksi panik brake aja d tempat yg aman dan liat apakah dia bekerja atau tidak
    Kalau airbag gmana atuh masa d tabrak dlu mobilnya utk test apa berfungsi atau tidak wkwkw
    Bukan artinya airbag itu useless airbag itu bsa juga keamanantambahan apabila terjadi tabrakan tdak bsa d hindari
    Cma kalau system sensor error lbh seram airbag bsa mengembang tiba2 tanpa ad benturan, kalau abs error saya gatau blm pernah cba
    😀

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      hiyaaaaahh wkwkwkw… airbags kudu dites aktifnya, ABS? Kaga perlu wkwkwk..

      Suka

    • dee berkata:

      Kayak kasus recall honda brio kmaren ya…airbag nya dikhawatirkan ngembang sendiri

      Suka

      • fakhri berkata:

        Iya dlu taun 2014 pernah liat berita d recall jga mobil lansiran 2006 gara2 kasus airbag gak aktif
        brarti mobil nya ttp d cari bugnya walaupun lansiran 6 tahun yg lalu, kalau dsni recall itu aib jd bahan bc. Padahal recall itu menunjukkan pabrikan msh peduli sama productnya
        😀

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        Ahhh100 sekali… Disini cuma beberapa pabrikan aja yg berani public recall

        Suka

  8. dee berkata:

    Ya keduanya lah om….klaupun harus hanya memilih salah satu, ABS lah

    Suka

  9. netmagz berkata:

    udah dilengkapi airbag tapi pake bemper tambahan, tambah kagak mengembang airbagnya .. masih mending dilengkapi abs, lebih berguna ..

    Suka

  10. Hahaha berkata:

    Beda sih.
    Yang satu safety before the accident, yang 1 lagi safety after the accident. Paling bagus ya kombinasi 22nya.

    Suka

  11. Blogerehonda berkata:

    Lebih penting ms, keselamatan dan kualitas bagi sales nomer sekian.

    Suka

  12. paman tang berkata:

    ABS aja lah,,
    Asal koBay Senang 😀

    lebih baik lg kalo ada Hill Start Assist

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Wkwkwkw bisa aje itu kepanjangan

      Suka

    • Besok Siang berkata:

      beda auto brake hold dan Hill Start Assist apa ya?

      Suka

      • fakhri berkata:

        Auto brake hold itu sama enggak dgan auto braking milik ford focus??
        Yg bsa berhenti otomatis kalau ad kendaraan d dpannya
        asyik jga ini kalau bahas fitur2 safety pada mobil/motor
        Bisa nambah pengetahuan
        😀

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        Bukan, beda. Brake hold itu kalau ditanjakan dan posisi gigi masuk di D (AT), trus kita injek rem lalu angkat lagi, mobil gakan mundur dan akan terus tertahan hingga gas diinjak

        Suka

      • Besok Siang berkata:

        abis ubek2 google, hill start assist dibatasi waktu sekitar 1-2 detik, habis itu mundur dah .. klo auto brake hold tanpa batasan waktu dan ketika pedal gas ditekan fitur auto brake hold off dengan sendirinya .. cmiiw

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        Auto brake hold menahan mobil agar tdk mundur saat ditanjakan (misal antri/macet). Hill start assist semacam membantu mobil merayap maju di tanjakan

        Suka

      • Besok Siang berkata:

        sepertinya hill start assist versi kobay salah dah ..
        versi subaru : Hill Start Assist akan mempertahankan gaya pengereman sementara (approx.1-3 detik) bahkan ketika pengemudi melepaskan setengah kakinya dari pedal rem. Ini untuk mencegah mobil dari bergulir mundur ketika bergeser dari pedal rem ke pedal gas.. seperti enak auto brake hold drpd hill start assist dah ..

        Suka

      • paman tang berkata:

        nah kan bahas2 ABH dan HSA….
        Jadi PR ini Om Kobay buat jelasin nanti di artikel H-RV 😀
        soalnya ane ktemu HSA juga pas liat iklannya HRV di yutup hehe

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        Kalau itu sudah ada di HR-V di artikel awal hehe

        Suka

      • Besok Siang berkata:

        betul..betul..betul
        pr bahas abh dan hsa

        Suka

  13. niceguy berkata:

    Kalau saya pilih ABS, EBD & TC yang utama. Kalau perangkat ini bekerja sempurna maka Airbag mungkin tidak akan pernah bekerja (walaupun terpasang lengkap di mobil).

    Suka

  14. dioardi berkata:

    gak kepikiran soale gak punya mobil nih bang, dan juga bisa dibayangkan kalo motor pake air bag. he he he,

    orang bijak tinggalkan jejak
    https://dioardi.wordpress.com/2015/02/15/segernya-air-awet-muda-bikin-hilang-penat-ueeey/

    Suka

  15. aplusaz berkata:

    Dua duanya fitur yanggdiperlukan
    Kalo dilihat abs lebih mencegah ya

    myaplusinfo.com/2015/02/15/blue-core-teknologi-tipu-nipu-elegan-part-1/

    Suka

  16. +Rijal |MBAH ANOM| berkata:

    Yoooooooo mari akh 😀
    kapan ya ada motor yg pake AIRBAGS ???? :p

    +pantesan sepi artikel” Dgujubar teh 😦
    mang pey,
    mang EA,
    mag kobay,
    mang naon deui lah ???
    gening-an ker aya acara ngageureubeugkeun macan wkwkwkwk 😀

    Suka

  17. MTlovers berkata:

    Jdi Abs penting nih? *sambil lirik sniego… Hehehe

    Suka

  18. papa3r berkata:

    gantian Om Yog….
    pilih pro safety belt ato 2AB….?

    Suka

  19. Jelas pilih ABS klo disuruh milih 1… Dah berkali2 “diselamatkan” ABS. Tapi alhamdulillah beli boil dah ada ABS n ABnya.. walopun motuba hihi…

    Suka

  20. Ping balik: Teknologi: Airbags Untuk Motor, Ternyata Memang Sudah Diaplikasikan Sejak 2006 | KobaYogas.COM

  21. ken39 berkata:

    ay prefer abs, cos tetep gw yg ngontrol… klo airbag ya amit-amit deh klo sampe kebuka

    Suka

  22. SOFTEKRACING berkata:

    setuju abs lbh penting dr airbag,tp kl ad 22nya lbh pas lg.

    Suka

  23. bukan fbhfbyfbk berkata:

    new sirion kena nih.. wkkkaak. jelas” better abs lah.. malah dibilang sebaliknya..-_-
    marketing… marketing..

    Suka

  24. the comment berkata:

    klw obh combi brake cebees gimana tuh, msih bisa saingan sma abs upsss… he2..

    Suka

  25. feizuldaanis berkata:

    ya,,! sebenarnya sama sama perlu sih,,! tergantung sikonsumennya mau milih yang mana,,!

    Suka

  26. thomas bondan berkata:

    Aku lebih suka mobil yang ada airbagnya. Lebih aman buat kepala. Pabrikan pasti punya alasan sendiri lebih mendahulukan airbag daripada ABS

    http://dohc1.blogspot.com/

    Suka

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s