Produk Skutik Baru Yamaha, Positioning Harga Memaksa Produk Kompetitor Terlihat Overpriced..


om kobay-3

Kobayogas.com – Hola lads, dalam dunia bisnis, yang namanya persaingan itu pasti ada. Trik atau taktik sebisa mungkin dijalankan agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai..

Tujuannya ya bermacam macam, namun yang sederhana yang dapat masuk dalam pemikiran kita di dunia bisnis roda dua ya apalagi kalau bukan ingin menjadi penguasa market share toh? Dengan menjadi penguasa otomatis profit akan mengalir dengan sendirinya.

Jika lads memperhatikan sepak terjang Yamaha (YIMM) belakangan ini, maka dapat ditarik benang merah bahwa ada satu taktik yang sedang dijalankan oleh produsen motor berlambang garpu tala tersebut. Kita tidak akan membahas yang tidak terlihat, kita bahas yang bisa tertebak dan terlihat saja pada artikel ini…

SEPAK TERJANG YAMAHA

Gelontoran produk-produk baru baik dari skutik hingga sport

Jelas terlihat kan? Produk-nya ada dan nyata. Seingat KBY gebrakannya dimulai dari Yamaha Mio M3 yang naik kubikasi mesinnya menjadi 125 cc dengan filosofi bluecore. Mesin ini lah yang dijadikan sebagai basis dari skutik-skutik terbaru berkubikasi 125 cc lainnya.

artikel terkait Yamaha Mio M3:

Mio M3 Bluecore, Pertaruhan Nama Besar Mio Dalam 3 Generasi

Mio M3 Bluecore vs Suzuki Address vs Honda New Beat

Mio M3

Setelah Mio M3, hadirlah produk lokal yang penuh kejutan! Yamaha NMax! Bermodalkan mesin 155 cc, tidak hanya mengandalkan besarnya kapasitas, namun dilengkapi teknologi berani yakni Variable Valve Actuation (VVA) plus, rem depan belakang disc brake dengan ABS! Selesai? Tidak. Skutik maxi entry level ini juga dilengkapi fitur gimmick terlengkap dan ouput terbesar di kelasnya…

Artikel terkait Yamaha NMax

Riding Impression Yamaha NMax, Performa Mesin, Rem dan Ergonomi

Yamaha NMax vs Honda New PCX

Kemudian, yang terakhir dan terbaru adalah Yamaha All New Soul GT 125. Desainnya secara keseluruhan mungkin debatable, namun tampangnya jelas menjanjikan! Sporty sebagaimana signature produk Yamaha. Mesinya serupa dengan milik Mio M3, hanya berbeda di settingan output saja. Mio M3  9,52 PS dengan torsi 9,6 Nm, sementara New Soul GT berada pada 9,8 PS dengan torsi yang sama di 9,6 Nm.

Yamaha All New Soul GT 125, Kapasitas Bagasi, Fitur, Spesifikasi dan Harga

New Soul GT

Itu baru dari sisi skutik, belum lagi sektor sport, Yamaha New Vixion Lightning facelift, Byson FI facelift, R25 ABS, Yamaha R3 dan juga sport MT25 yang akan hadir nanti..

Yamaha New Vixion Lightning Facelift, skema pertahankan dominasi sport 150 cc

Yamaha Byson FI facelift, dapatkah menyeruduk lagi?

Yamaha R3 akan dikeluarkan untuk menjegal Ninja 300?

Harga Yang ‘Menjepit’ Kompetitor!

Sub title di atas sepertinya tidak berlebihan, karena fakta di lapangan memang berbicara seperti itu adanya. Kita tidak akan membahas sektor motor sport karena Yamaha sudah digdaya disana, sehingga kebijakan harga tidak akan terlalu mendapatkan perhatian YIMM.

Pada skutik Yamaha, menurut KBY, mencoba memberikan angka atau harga psikologis yang bisa dapat diterima oleh konsumen dengan trade off sesuatu yang lebih dari kompetitor, sebagai contoh, Mio M3 memiliki kapasitas mesin terbesar dari kompetitor, namun dijual paling rendah. Mindset yang dituju adalah cc besar bisa lebih murah ngapain beli cc kecil tapi lebih mahal?

Dengan harga Mio M3 tipe teratas CW ‘hanya’ Rp. 13,980 juta, tentu yang paling kena adalah Honda New Beat eSP ISS-CBS karena kapasitas mesin paling kecil namun harga paling tinggi (Rp. 14,950 juta). Mindset seperti ini bisa saja kena, karena banyak juga yang awam hanya melihat model lalu besaran kubikasi mesin tanpa terlalu peduli pada fitur yang diusung.

Lalu harga milik Yamaha NMax 155. Dengan banderol ‘hanya’ Rp. 27,4 juta saja, lads bisa membawa pulang skutik maxi entry level yang powerful, canggih dan lengkap… seakan akan meledek Honda New PCX yang keliwat mahal. Mindset powerful, canggih, lengkap dan terjangkau juga sangat kena, mereka yang bahkan tau seakan akan pura pura lupa bahwa New PCX itu berstatus CBU, selisih harga yang jauh lah penyebabnya.

Terakhir adalah Yamaha New Soul GT, dengan desain fresh dan berani, fitur andalan cukup memukau, seperti lampu triple headlamp dengan LED, ban yang sudah lebih kekar serta fitur gimmick lainnya, jelas bertujuan menekan Vario 110 dan 125 series, terutama si fashion alert  Vario 110 LED.

New Vario 110 The Fashion Alert Test Ride

Seperti pada Mio M3, New Soul GT 125 membangun mindset, bigger, fresher, more powerful, more stylish, more feature yet cheaper! Dengan harga jual yang ‘hanya’ Rp. 15,1 juta berbanding Rp. 15,8 juta, Yamaha seakan menekankan bahwa lads bisa dapat skutik yang lebih baik. Dan melihat fitur vs harga, Vario 110 LED memang hanya mengandalkan CBS, SSS, PBL, ABS (Answer Back System) serta lampu LED.

Selain itu, masih ada tiga jagoan baru lagi yang belum nongol, dikabarkan Yamaha Xeon RC dan Xeon GT125 juga akan berbenah. Sepertinya dua produk ini akan dijadikan satu untuk mengganjal New Vario 125 eSP, mengingat untuk New Vario 150 kemungkinan besar akan dilawan oleh Yamaha NMax 155 non ABS… 

THE VERDICT

Jadi, apakah produk (skutik) Yamaha memang murah atau kompetitor yang kemahalan atau YIMM berkorban profit demi merangsek mendekati pemimpin pasar yang gap-nya jauh? Apapun itu, yang jelas YIMM sedang on fire, tekad kembali bangkit dari sisi produk skutik sangat terlihat belakangan ini… Sementara itu kompetitornya jelas tidak akan tinggal diam… Clash of The Titans lads!

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

KobaYogas from WordPress for Android

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Diskusi, New Product, Yamaha dan tag , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

63 Balasan ke Produk Skutik Baru Yamaha, Positioning Harga Memaksa Produk Kompetitor Terlihat Overpriced..

  1. goldwings berkata:

    Siap siap ada pelokalan lagi..

    Suka

  2. enoanderson berkata:

    yang paling greget itu Vario 110 FI, makin ksini makin edaaannn *promonya 🙂

    ———–
    Jemur mang, can garing : Kisah inspiratif bersama legenda bebek Yamaha, F1ZR !

    http://enoanderson.com/2015/03/04/yamaha-f1zr-bebek-tangguh-nan-fenomenal-di-masanya/

    Suka

  3. gasspoll berkata:

    satu lagi peluru yamaha xeon blue core masih belum ada gambaran nih

    Suka

  4. Fandy berkata:

    Gt125 bluecore bakal disetting di harga17tjan dengan desain yg lbh besar dari gt125 skrg…..utk fight dg vario150 ntar ada Nmax non abs dan non RDB harga 21jtan sadis…!!

    Suka

  5. EYD berkata:

    Termasuk harga Vario 150 mestinya di range 18 jutaan 🙂 MX King 150 yg lebih advanced aja bisa

    http://sejutaumat.com/2015/03/05/bocoran-brosur-dealer-jakarta-mx-king-150-rp-18-950juta-euy/

    Suka

  6. Blank Canvas berkata:

    saya minum dua !!

    Suka

  7. gain berkata:

    Yamaha bukan jual barang murah, tapi ahm yg kemahalan…kan target ahm konsumen yg mapan katanya yg bisa ngeluarin duit berapapun untuk motor ahm (motor dewa kale mau dibegoin begitu) atau konsumen yg bego? Yg mau melepas duit berapapun untuk motor yg begitu2 aja?? Tanyalah pada rumput yg bergoyang. Ngapain beli 20 juta sementara tampangnya 17 juta? Ngapain 17 juta sementara 13-15 jt aja dpt yg sama2 125 cc.

    Suka

    • bdt berkata:

      konsumen ahm rata-rat beli bukan karena tampang om.

      beat cakepnnya di mana sich?

      nah ymh sekarang fitur nambah, cc nambah, harga tetap,

      yg kemaren, mio j gimana? kemahalan ngak

      Suka

      • andre wafer berkata:

        Saya beli karena saya mampu, kalau saya tdk mampu pasti beli yang lebih murah (gak usah sebut merk)..

        Suka

  8. Dimas.S.S berkata:

    pertanyaan. Harga makin murah, kualitas makin bagus nggak? jeng jeng jeng jeng…..

    Suka

    • bdt berkata:

      khan jelas,

      kita tidak membahas sesuatu yg tidak terlihat oleh kita org awam

      Suka

    • Kobayogas berkata:

      gak harus dijawab kan? 😀

      Suka

    • Dide Irvin berkata:

      akan terjawab dengan sendirinya

      contohnya Nmax (tapi kalo Nmax juga karena ada teknologi baru yg baru pertama kali dibuat YIMM)

      mungkin yang paling jelas itu waktu dulu harga awal Vario125 lebih murah 1 juta dari Xeon, dilapangan membuktikan Vario awal banyak masalah akhirnya harga naik, begitu juga CB150R awal dulu, DOHC tapi lebih murah dari SOHC.

      Suka

    • kodokijo berkata:

      Dan sy berbalik nanya: apakah yg lbh mahal itu makin/lbh bgs kah??? Jeng…jeng…jeng…

      Suka

  9. gustang berkata:

    yamaha iklannya sekarang jauh berkurang….
    nunggu sekalian pas siaran moto gp kali ya

    Suka

  10. pilotpio2 berkata:

    Mau harganya murah gimana kalo jatohnya harus kredit ya tetep mahal

    Suka

  11. hr95 berkata:

    analisa yg yg bagus kang……lumayan dapat pengetahuan tambahan…..

    Suka

  12. hadi berkata:

    bener2 d terjang tuh Honda dg strategi harga dn cc…hahahaha….ayo Honda pasang harga lebh murah dongg….klo gk dlm wktu dekat mka lambat laun pun produk AHM akn lebih tergerus market nya….

    Suka

  13. akhasai berkata:

    makin banyak pilihan makin seru…makin banyak motor keren dijalanan makin sedap memandang, tapi kalo jalan jadi tambah full pengendara “alay” -> disitu kadang saya merasa sedih…

    Suka

  14. s0erya berkata:

    moga ja honda ngladenin… hahaa… kita yang untung….😂

    Suka

  15. yoyo berkata:

    kalo mnururt saya cuma untuk efek psikologis aja mang kobay, akan ada knaikan harga nantinya mungkin 6 bulan kdepan atau pertengahan tahun

    Suka

  16. goozir berkata:

    baguslah mang… biar mikirrrr ( niru cak lontong)

    skuter peugeot akan hadir di indonesia? alamak jang… alay mode on

    http://www.goozir.com/2015/03/motor-matik-peugeot-akan-hadir-di-indonesia.html

    Suka

  17. Montor berkata:

    Harga berbanding lurus dengan mutu, atau tidak? Tidak perlu dijawab, hehehe…..

    Suka

  18. RS84 berkata:

    Utk CBU no komen dah om, itu kebijakan pajak dll plus regulasi barang impor di Indonesia tahu ndirilah, aplg om kobay jug udah beli PCX…

    But utk produk yang keluar pure dari AHM, ane kurang setuju overpriced, imbang wae.

    mmg kalo dilihat kasus M3 yg 125cc vs new beat esp 110cc atau new Vario 125cc, harga kelihatan mahal honda, cuma cek and ricek lagi dari fitur yang disematkan, and cek di lapangan apakah byk yang kecewa dengan harga yang diberikan AHM???perlu disurvey lebih lanjut agaknya..

    Ada Harga Ada Kualitas.
    But dengan perang harga dan persaingan sehat, yang pasti konsumen bakal diuntungkan, dulu gak kepikiran ACG bisa disematkan ke mati 15jtaan, and 125CC juga di 15jtaan, skrg bisa.
    Besok bisa jadi ABS or Digital Speedometer or Full LED di skutik 15jtaan juga 🙂

    Wait And See..

    Suka

  19. fakhri berkata:

    wait n see
    Forza plss

    Suka

  20. terjadi galat berkata:

    Jadi inget dulu bebek honda 1 juta lebih mahal dari kompetitor..

    Suka

    • respirator berkata:

      Jadi inget supra x 125 injeksi awal, harganya overpreet banget 16 jutaan mesin tidur, 2 klep, sistem pendiginan mesin pake udara. padahal waktu itu jupiter mx CW (kopling)harganya 14,950 juta, dengan mesin tegak 135cc, 4 klep, diasil+forged, radiator, garansi mesin 5 thn jelas banget yg overpreett, akhirnya gak laku… hadehh.. motor injeksi lakunya pas ada vixion….

      Suka

      • go green berkata:

        Bapak Ane beli yang ini om tahun 2008 awal awal keluar ya cukup puas dengan motor ini udah kemana2 udah hampir 200 ribu kilometer lho saya akui irit dan sampai sekarang injeksi dll masih awet kok cuman pernah turun mesin satu kali sama ganti shock belakang. Servis ya kadang2 yg sering cuman ganti oli ya puaslah pakai motor ini.

        Suka

  21. CarRedDock berkata:

    Nanti terjawab sendiri

    Suka

  22. srei berkata:

    kedua pabrikan ini smpai kapanpun akan seperti ini sebelum pabrikan lain gulung tikar. benci tapi rindu, yang bawah saling membenci yang atas saling merindu.

    Suka

  23. srei berkata:

    Kalo dalam bahasa sepak bolanya kedua pabrikan ini melakukan friendly match, teman tanding untuk menguatkan diri dan melumpuhkan pesaing.

    Suka

  24. andre wafer berkata:

    Lebih miris jika sudah obral harga, tapi MS masih jauh tertinggal. Disitu kadang saya merasa sedih

    Suka

  25. ojiafr berkata:

    Kepengen juga nyuba N max bro” enak gak ya dibanding pcx…

    Suka

  26. LELAKI JELATA berkata:

    ini gara2 peran kekuatan ingtangible asset nama besar Honda di mata masyarakat lebih kuat ketimbang yamaha lebih dikenal produsen musik dan tempat les selain motor, gpp mahal yang penting merek Honda, Becak aja bakal dibeli kalau mereknya Honda 😀

    Suka

  27. matias duarte berkata:

    Yamaha kan jual bodi makanya murah. Kalo ahm jualan mesin. Kawasaki jualan knalpot nah suzuki jualan apa ya.
    Lah kok ganyambung kwkkq

    Suka

  28. weekday berkata:

    Buat apa fitur nambah,cc nambah harga tetap tpi kualitas dipertaruhkan. :v κ̲̅‎​ã̬̩̊‎​L̲̅‎​ao̲̅‎​ mampu ya beli κ̲̅‎​ã̬̩̊‎​L̲̅‎​ao̲̅‎​ gak mampu ya silahkan cri yg lain (liat kawasaki)

    semua tergantung minat dan selera liat ajh beat Fi tampang biasa 1 thn 2juta unit lebih yg ngaspal

    Suka

  29. felitokia berkata:

    Hebat llaagghh… bisa ngebaca strategi marketing…. di blog ini sgl dibahas ga hanya fisik. motornya aja….anehnya kenapa mang Kobay dituduh jendral fbh ya?? ach…. sakahayang na nu nuduh weh llaagghh…

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Biasa weh mang, selalu akan ada yg tidak puas dan atau emg nyari2 kesalahan… Bahas bagus teu dipuji, bahas kekurangan langsung dirempug…kesempatan mungkin wkwkwkk

      Suka

      • edm135 berkata:

        artikel artikel sampeyan bagus kang, tapi secara artikel dan bahasa memang cenderung pro honda dan menjelekkan yamaha, masih mending blognya ipan, yamaha dan honda sama sama di tunjukkan kelemahanya, itu lebih adil, lha sampeyan nunjukin kelemahannya nmax tapi ndak nunjukin kelemahannya pcx….

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        hahaha makasih loh komennya, mau tau kelemahan PCX? ada di artikel terpisah di artikel semua tentang PCX, itu kenapa saya gak sebutin terlalu banyak karena akan terjadi pengulangan, sementara saya sudah beberkan semua di artikel khusus PCX…

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        nah salah satu contohnya ya komen yang kek gini, padahal di artikel ini kemana arah artikel saya? menjelekkan Yamaha atau menaikkannya? seperti saya bilang, giliran saya bahas bagusnya dipuji juga kagak, giliran bahas yang gak sesuai keinginan, langsung dirempug kekekeke…
        bukan berarti saya pengen dipuji2 loh, yaaa yang fair aja lah…

        tapi saya gak nyalahin sampeyan, karena sampeyan kan gak mantau blog saya terus, subscribe aja mungkin gak, jadi gak tau artikel2 saya yang lalu/ lama… tapi bagi pembaca setia saya, mereka tau isi artikel saya seperti apa 🙂

        Suka

  30. st3v4nt berkata:

    Sekarang tinggal liat kualitasnya sama distribusinya kalau mampu bersaing juga bakalan sukses menguasai pasar kalau enggak siap-siap dah ingat main di kelas matik bongsor konsumennya beda, tersinggung dikit pindah ke lain hati deh 🙂

    Suka

  31. New bonn djoovy berkata:

    Mana mungkinn selimut tetangga :p

    Suka

  32. fadli zong berkata:

    hahahaha….. yamaha itu masi overpret… kualitasnya jauh dibawah HONDA…

    HONDA HARGA JUAL KEMBALI TETAP TINGGI
    PANTAS DISEBUT MOTOR INVESTASI

    HONDA ITU IRIT, DUNIA MENGAKUINYA

    HONDA ITU PREMIUM READY, BUAT TOURING GA PUSING ISI BBM

    HONDA MENJAMIN SALES, SERVICES, DAN SPAREPART

    KARENA HONDA ADALAH KENYAMANAN

    Suka

    • respirator berkata:

      mosok… Honda waktu masih federal : Yes bagus, Honda semenjak AHM : No, ane punya 2 merek itu jadi tau lah dikit2

      Suka

  33. ardian berkata:

    kita liat kawasaki ninja, walaupun mahal klo kualitasnya bgs org” tetep pgn punya,..

    Suka

  34. said berkata:

    Harga dibuat miring krn mungkin akan ditutup dari bunga kredit atau surplus DP krn tidak dijual cash / kewajiban kredit untuk yang mau beli….

    Suka

  35. Jatnika Ehemm berkata:

    Yang pasti apapun kendaraannya bikin nambah macet lalu lintas aja…

    Suka

  36. R25 & R15 berkata:

    Motor Yamaha di indonesia udh dr dl selalu produk yimm, bkn impor dr thailand…bkn kyk ahm n kmi rilis mtr tp dr thailand….Yamaha Semakin Didepan…..Yamaha Semakin Dihati,,,

    Suka

  37. R25 & R15 berkata:

    Knp pd oon smua ya…udh tau pcx mahal 42jt, knp krn ahm ga bs bwt mtr…..selalu bl dr honds thailand……gt cuy…

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      imo sih om, tiap perusahaan (prinsipal maksudnya) punya kebijakan masing2, mungkin utk Honda sudah diputuskan skutik 150 cc maxi scoot dibuat di Vietnam (udah bukan thailand lagi).
      Sementara YIMM dapat lampu hijau dari jepang untuk dijadikan base production…

      Suka

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s