Test Ride Yamaha NMax – Rem ABS nya Bikin Nyaman Ke Hati


Nmax putih

Kobayogas.com – Hola lads… Salah satu yang dicari saat melakukan test ride Yamaha NMax adalah salah satu keunggulannya pada sistem pengereman, yaitu Anti-lock Brake System. Bagaimana kinerjanya?

 KBY bicara kinerjanya loh ya bukan cara kerjanya hehe, tapi secara singkat, kerja Anti-lock Brake System alias ABS itu mirip-mirip dengan pengereman dengan gaya mengocok.. jika di roda empat, mengocok rem artinya menginjak rem berkali-kali dengan cepat (saat panic braking)..

Nah jika di roda dua, berarti menarik (atau menginjak) tuas rem dengan cepat berkali-kali.. artinya si piston dan kanvas akan jepit-lepas sehingga mencegah ban/ roda terkunci dan kendaraan pun bisa diarahkan ke yang lebih aman tanpa harus ngepot..

Nah jika pada ABS, semua jepit-lepas itu lebih cepat dan sudah diatur, jadi tangan (atau kaki) kita tinggal menarik/ menginjak tuas rem sekencangnya dan biarkan ABS yang bekerja. Begitu pula yang terjadi pada ABS milik Yamaha NMax, seperti apa impresinya?

REM ABS BEKERJA BAIK

Pada artikel test ride Yamaha NMax awal yang KBY lakukan bersama mang Vandra MMBLog di Yamaha DDS Cempaka Putih, KBY sempat tidak dapat merasakan kinerja ABS pada ban depan, sehingga rasa penasaran begitu tinggi.

Ketika KBY melakukan sesi test ride di Yamaha DDS, Yamaha NMax ABS bagian depan tidak terasa bekerja sehingga sementara saat itu berkesimpulan bahwa ABS nya baru aktif di atas kecepatan 40 km/jam. Namun kesimpulan itu dibantah oleh artikel kang Haji TMC blog, terbukti ABS rem depan sudah aktif saat kecepatan 10 km/jam sekalipun.

sesi awal test dahulu, rem depan tetap ngunci

sesi awal test dahulu, rem depan tetap ngunci

Untunglah om Victory, sahabat pemilik Ninin yang ganti ke R25 dan kini nambah Yamaha NMax berkenan meminjamkan miliknya untuk KBY tes secara komprehensif!! Hasilnya? Kedua sistem ABS baik depan maupun belakang berfungsi dengan baik.

Baik pada saat motor berjalan kencang maupun ketika test di parkiran yang hanya 15 km/jam, kedua rem Yamaha NMax ABS berfungsi sebagaimana mestinya. Ada getaran, denyutan dan “perlawanan” dari tuas rem yang menandakan pistonya sedang melakukan jepit-lepas dengan cepat. Sukses!

KEKURANGAN ABS

Meski ABS milik Yamaha NMax telah dibuktikan berfungsi dengan baik, namun ini merupakan opini pribadi bahwa ABS untuk motor (dalam hal ini milik NMax ABS) memiliki kekurangan sbb:

1. Feeling tuas rem menjadi sedikit lebih keras (mirip dengan tuas rem kiri pada skutik Honda ber-CBS non hidraulis)
2. Perlu ditarik sekuatnya agar bekerja (memang ini syaratnya, asumsi panic braking).
3. Ketika bekerja menghasilkan getaran/ perlawanan yang cukup besar pada tangan yang dapat memecah konsentrasi pengendara

Kekurangan di atas bukanlah problem teknikal, hanya memang pada beberapa kendaraan ber-ABS lain, gejalanya terasa lebih lembut. Lalu bagaimana mengatasinya? Gampang, tinggal membiasakan diri saja terhadap kinerja ABS-nya Yamaha NMax, dan sekedar saran, biasakan menggunakan sarung tangan yah…

ABS Yamaha NMax memang bikin nyaman di hati..

note: Dengan adanya ABS bukanlah menjadi jaminan keselamatan, ABS sifatnya hanya mendukung, keep safety riding lads.


Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

KobaYogas from WordPress for Android

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Diskusi, Review, Test Ride, Yamaha dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

67 Balasan ke Test Ride Yamaha NMax – Rem ABS nya Bikin Nyaman Ke Hati

  1. ardiantoyugo berkata:

    kroso nang handle…

    Review handling Yamaha Nmax: http://wp.me/p1eQhG-16c

    Suka

  2. Fandy berkata:

    Klo di mobil tinggal hardbreaking enak aja tinggal mainin kemudi untuk menghindar….nah klo di motor kira gimana neh gan klo ngalamin panic breaking..?

    Suka

  3. Mase berkata:

    Memang ajib tuh ABS

    Suka

  4. ade semarang berkata:

    Getaran ato tendangan balik itu mah bukan kekurangan rem abs…emang seinget aku abs yg aku rasakan di mobil kakakku dan babehku yo mesti ada getaran atau kick balik..ini di motor handelnya ditangan jelas terasa..apa emang terasa bingiit dibanding abs motor lain ? Ato wajar

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      hehehe, itu kan kekurangan versi ay, meskipun jelas bukan masalah teknis, hanya masalah kebiasaan saja. Tapi ya buat saya itulah yang menggangu…
      motor lain? skutik lain gada selain burgman dan saya blm pernah tes burgman.
      Kalau di moge ABS nya lbh smooth… kaya kesemutan aja

      Suka

  5. abs : asal bisa stop mang 🙂

    Suka

  6. omnicharacter berkata:

    Kang kobay misal ada jalan turunan panjang kalo pakai abs ditekan terus apa sama kyk rem biasa kalo panas blong. Kan buat mengurangi rem biar ga terlalu panas kan rem dikocok biar ga nekan disk terus. Nah kalo abs ini apa kalo rem panas sensor nyesuaikan ritme rem biar ga terlalu panas?
    Maaf pertanyaan kampung, belum pernah nyetir sesuatu yg abs kang hahaha

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      tidak ada pertanyaan kampung, yang ada pertanyaan karena belum tau dan itu wajar hehe…
      menurut saya ABS hanya bekerja optimal ketika panic braking terutama yang depan, jadi kalau kita mengerem perlahan (ditarik terus, lepas, tarik lagi) ya tidak ada bedanya dengan pengereman biasa. denyutan pun (kalau ada) akan terasa halus.

      Tapi begitu lagi ngerem tiba2 ada kucing nyebrang, reflek kita tarik tuas rem lebih kencang dan sekaligus nah disitu ABS optimal bekerja. biar bannya gak ngepot

      Suka

  7. ahonx berkata:

    mengocok.
    wkwkwkk

    Suka

  8. bdt berkata:

    wah artinya mayoitas rider ngak nyaman yach?

    was-was kalu ngerem?

    Suka

  9. Udin Sedunia berkata:

    disinyalir ketikan trakhir yg *note, sebagai pembenaran bwt diri sndiri, karena sniego nya blum abs.. hehehe.. pisss kang kobaay… smoga smakin charmingg..

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      wkwkwk gak lah, maksudnya jangan smpai kebangun mindset wah motor gw dah ABS berarti aman, trus nanti celaka nyalahin motor atau ABS nya padahal yang salah dia sendiri hehehe…

      Suka

  10. felitokia berkata:

    Sedikit lbh keras katanya! Dibanding rem non abs mlh sgt keras malah! mirip pk kampas rem kw rasanya! dijamin lbh empuk dan nyaman PCX rem hayo ngaku mang Kobay! wkwkwkwkwk….

    Suka

  11. Darpani Matic berkata:

    Adanya lubang bisa dihindari dengan ABS, maksudnya gimana apa bisa terdeteksi sewaktu didepannya ada lubang yang berbahaya di depannya Bung ?

    Suka

  12. paman tang berkata:

    Gk biasa ABS di tangan
    berarti gk usah beli ya Om?

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      kejauhan kesimpulannya wkwkwkwk

      Suka

      • paman tang berkata:

        hahahaha
        wong yg diinjek aja jarang2 ABS fungsi beneran,,jarang panic braking sihh
        mungkin kalo di motor lebih berguna kali yak,,lebih sering panic braking kalo naik motor,,tapi ya itu, double disc brake sudah cukup mumpuni walaupun ban musti ngesot2 dikit

        Suka

  13. mancingmania berkata:

    Wewww abs, fitur yg sangat berguna buat motor. Apa masih bs dibilang overkill klo misalnya bisa diproduksi massal jd harga produksi bisa turun? Tp rasa2nya sih agak2 ngimpi ya motor cc kecil ada abs. Coba sport bike dan matic cc kecil bisa ada abs, juozzz tenan pasti

    Suka

  14. goozir berkata:

    jepit tahan jepin tahan jepit lepas ehh kebablasan… kebayakan jepit lepas je.. ini dia rekor baru Honda Beat eSP
    http://www.goozir.com/2015/04/rekor-baru-honda-beat-esp.html

    Suka

  15. Jenset robin berkata:

    Jelek,, masih bagus pcx terlihat lebih mewah

    Suka

  16. Jenset robin berkata:

    kang jangan lupa merinding seriesnyaaa ditunggu

    Suka

  17. apa adanya berkata:

    mantap

    Suka

  18. apa adanya berkata:

    Mantap blogger rider PCX satu ini dapat test ride unit NMax bukan pinjaman dari pabrik, tapi pinjaman dari konsumen langsung, review apa adanya karena tidak ada apanya.hehehe
    Cuma ya itu ngga ada sesajen dari pabrikan lalu menggiring opini kalau rem ABS pada skutik NMax itu tidak nyaman dipakai. (imho)

    Suka

  19. papa3r berkata:

    kalo di moge speed masih di bawh 150Km/h panic breaking….grettttttt…kroso…..yo kruasoooo…..xixixixi… :V

    Suka

  20. papa3r berkata:

    Kalo di moge speed masih di bawh 150Km/h panic breaking….grettttttt…
    kroso…..yo kruasoooo…..xixixixi…

    BTW…comment dimari hari kok aneh….agak susah + terpotong-potong

    Suka

  21. papa3r berkata:

    kalo di moge speed masih di bawh 150Km/h panic breaking….grettttttt…kroso…..yo kruasoooo…..xixixixi…

    BTW…comment dimari hari kok aneh….agak susah + terpotong-potong

    Suka

  22. papa3r berkata:

    tes1
    tes2
    tes3
    tes4
    tes5

    Suka

  23. niceguy berkata:

    Memperkenalkan sesuatu (teknologi) baru di Indonesia memang gampang2 susah. Jadi ingat kasus mesin injeksi, dan penggerak roda depan (untuk mobil).
    Masih sangat jelas di memory ini, beberapa (belas) tahun yang lalu, orang2 di sekitar saya “sangat tidak recommend” untuk beli kendaraan injeksi. Katanya susah lah, spare part mahal, dll segudang alasan yang menuntun saya untuk beli mesin karbu!!!
    Begitu juga saat saya mau beli sedan dengan penggerak roda depan, alasan klasik yang sama selalu muncul. Sulit, susah, mahal, langka, dll yang akhirnya membuat saya membeli mobil dengan penggerak roda belakang 😦
    Sekarang coba lihat, dimana-mana mesin sudah injeksi semua! Dan mobil dengan penggerak roda depan saat ini pun sudah biasa…
    OMG!!! beginilah potret masyarakat negeriku tercinta….

    Suka

  24. Asep Juga berkata:

    katanya kalo kita msh make kebiasaan lama (tangan kita yg ngatur tekanan tuas) remABS suka dikira gk pakem ya?

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      sebenernya gak juga, banyak nya yang bilang malah gak kerja/ gak ngaruh… padahal cara make ABS bukanlah ngatur tekanan tuas.. tapi satarik naker alias tarik sekaligus sekuatnya…

      Suka

  25. arief karburator berkata:

    sehebat apapun tegnologinya kalau yang makenya belum ahli
    tegnologi tidak akan berguna bener kan lads .

    Suka

  26. wong deso berkata:

    takut muncrat kalo dikocok…
    apalagi yg dijepit – lepas…
    kagak nahan…. xixixi

    Suka

  27. johan c berkata:

    mau tanya dong, kalau bagian pengereman seperti master rem dan kaliper rem nya di ganti menggunakan produk aftermarket, misal brembo/ktc/dll, apakah sistem ABS nya masih bisa tetap berfungsi dengan normal?? atau sistem ABS hanya bisa berfungsi menggunakan rem standar bawaan pabrik saja? tolong di jawab.. terima kasih…

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      afaik ya, selama yang diganti itu bisa terkoneksi dengan baik bersama sistem ABS nya pasti bisa

      Suka

    • anggoro berkata:

      Masih bisa aja kang, asal sensor absnya tidak di lepas yg posisinya ada di disk brakenya. Dan master rem terhubung ke aktuator absnya.
      Dulu awal punya mobil abs juga kaget pas hardbreaking ada respon balik di pedal, tapi emang cara kerjanya begitu waktu sensor baca ban berhenti aktuator langsung menekan balik minyak rem. Teknologi ini sangat berguna menghindari hilang kendali bahkan sampai sliding. Waktu tau ini motor sudah abs tanpa ragu lagi, langsung beli hehe

      Suka

      • Kobayogas berkata:

        sayangnya, ABSnya tidak halus, seharusnya getaran hanya terjadi pada saat pengereman mendadak.. bukan setiap saat…
        bagi sebagian orang mengganggu kenyamanan berkendara

        Suka

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s