Kelebihan dan Kekurangan Memiliki Kendaraan Berstatus CBU…


z250

Kobayogas.com – Hola lads.. Produk kendaraan bermotor dalam hal ini roda dua yang beredar di atas aspal nusantara memang tidak hanya produksi lokal saja..

Namun juga terdapat kendaraan yang berstatus CBU, baik itu pembelian secara resmi oleh sang pemilik dari APM yang memang melakukan jual beli motor lokal dan impor, maupun dari pihak yang seringkali disebut Importir Umum (IU). Tentunya ada beberapa perbedaan antara produk yang dijual resmi oleh APM dengan produk yang dijual oleh IU, biasanya yang langsung terasa sih perbedaan harganya.

Bukan soal harga yang akan KBY bahas pada artikel ini, melainkan suka duka atau pengalaman KBY pribadi selama memiliki produk roda dua berstatus CBU. Ada kelebihan dan ada pula kekurangannya dari suatu produk yang statusnya non lokal, apa saja itu? Ini adalah KBY punya pengalaman, bisa sama dapat pula berbeza..

Kebetulan saja KBY sempat memiliki beberapa roda dua dengan status impor alias CBU, dari yang seken alias bekas maupun dari baru.. Memang bukan moge maupun motor yang mahal-mahal, cenderung produk biasa saja kok..Mereka adalah antara lain:

  • Honda CBR 150 (old) Repsol Edition tahun 2003 pembelian seken 2012 (country of origin: Thailand)
  • Kawasaki Z250 FI tahun 2013 pembelian baru (country of origin: Thailand)
  • Vespa Primavera 150 3V-ie tahun 2014 pembelian baru  (country of origin: Vietnam)
  • Honda New PCX 150 tahun 2014 pembelian baru (country of origin: Vietnam)

Semuanya memiliki kelebihan yang sama; jarang yang pakai, non mainstream dan pride. Karena bukan produk sejuta umat, asik saja sih berbeda di kerumunan, bangga memiliki dan menaikinya, apalagi kalau lirikan mata pengendara lain tertuju pada kita 😀

Nah itu kelebihannya, bagaimana kekurangannya? Yang bikin dahi berkerut sih jelas biaya perawatannya alias ongkos jasa servis. Biayanya bisa dua kali lipat dari produk lokal, itu baru bicara biaya jasanya, spare partsnya beda lagi.. harganya bisa bikin sakit perut, belum lagi kadang susah mencari yang ready stock.. Belum lagi pajak tahunannya yang lebih tinggi dari lokal.

Salah satu contoh ketika memiliki Old CBR 150 Repsol dan harus turun mesin karena kesalahan sendiri.. partsnya sih cenderung mudah didapatkan, orisinil pula, tapi biaya totalnya euhh.. bisa menguras tabungan..

How To Buy Old CBR 150, Kelebihan dan Kekurangannya

Itu bicara perawatan, ngomongin modifikasi berbeda lagi, bahkan yang sektor modif ringan pun harganya kadang nggilani, terutama skutik asal Italia, Vespa, memakai aksesoris non branded saja sudah bikin dompet manyun, apalagi kalau senang produk branded, bisa bikin botak sariawan dah 😀

Well, itulah sekelumit kisah KBY dalam menemukan kelebihan serta kekurangannya produk Completely Built Up alias CBU, dibalik segala kelebihannya, ada pula kekurangannya.. biasanya sih kekurangannya terbayar dari pride nya. Hmmm apalagi punya moge beneran yak 😀

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

Tentang Kobayogasblog

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Artikel ringan, Diskusi dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

55 Balasan ke Kelebihan dan Kekurangan Memiliki Kendaraan Berstatus CBU…

  1. New bonn djoovy berkata:

    Om beli half fairing na dmn om? Akakakakaka

    Suka

  2. prieantara berkata:

    ekslusif segala macemnya, tp ngetarani wong sugih Om…
    hehehe

    Suka

  3. siEG berkata:

    “apalagi kalau lirikan mata pengendara lain tertuju pada kita”

    kalimat itu yg mengalahkan segala kekurangannya, liat aja nanti mt25 sebelahan ama z250 psti yg dilirik z250 nya… #kabuuuuuurrr 😅😅

    Suka

  4. dankerspeed25 berkata:

    onok rupo onok rego…xixixi….belilah sesuatu sesuai hoby…wokeey…:p

    Suka

  5. FЭЯY berkata:

    mang kobay mah doyan yg CBU,sampe sampe kekasih gelap juga dari thailand (nong poy) 😆 😀 :mrgreen:

    btw nih lumayan pernah dudukin 2 produk mang kobay yg ada di atas,yaitu PCX sama Z250 😀 …. Asep kapan ya 😀 😀 😀

    Suka

  6. sketch51wanto berkata:

    klo diliat dr samping, CBR import emg lbh gagah, sasis enggak bohong

    Suka

  7. Mase berkata:

    Ekslusif dijalan biasanya

    Suka

  8. warungasep berkata:

    motor CBUku cuma Vespa, eh si petir yang gk ancur-ancur waktu tabrakan(Thunder) juga masih CBU keknya hehe

    Suka

  9. Azis Karim berkata:

    Produk baru aja kayak gitu, gimana motor cbu yg udah tua macam NSR atau TZM yah ?

    Suka

  10. wak waw berkata:

    Lads itu apaan sih ?

    Suka

  11. yht2506 berkata:

    old cbr nyah….

    Suka

  12. Red Satellite berkata:

    Sementara yg paling enak itu produk CKD
    Kwalitas part sama kyk CBU tp harga lbh murah 😀
    Kalo roda 2 gak tau, cm pake buatan lokal & itupun masih standar ting ting

    Suka

  13. mariodevan berkata:

    aq g punya CBU hehehehe

    misi sob share info bocoran terbaru nie, maaf kalo g berkenan

    Wow Yamaha MT-25 akan dibandrol lebih murah 10juta dari Yamaha R25!

    Suka

  14. Tifarpus berkata:

    Lokal juga kurang lebih sama ribetnya kalo selain y dan h.

    Suka

  15. ilmanimovic berkata:

    abis poto lapak ciloknya digelar nih. hehehe

    Suka

  16. hafidh07 berkata:

    mahal adalah hal yang harus dibayar demi eksklusifitas, top motor motornya kang

    Mampir gan, modif jok kijang : https://hmsmotoblog.wordpress.com/2015/05/05/modifikasi-jok-kijang-lgx-dengan-jok-all-new-avanza-dan-apv/

    Suka

  17. Ferboes berkata:

    Terima kasih ulasannya gans… Sangat membantu sekali 🙂

    Nonton Bareng Yamaha di Rumah Joglo Kemang… – http://wp.me/p3RQvE-3RD

    Suka

  18. ms berkata:

    angka 14 itu tgl lahir?

    Suka

  19. ken39 berkata:

    halah pembelaan… motor operpret :p

    Suka

  20. wtf170 berkata:

    selera priyayi coy

    Suka

  21. bagolmeong berkata:

    Form A nya lama euy. Pelat nomer 2 bulan…

    Suka

  22. tan2lar berkata:

    Kekurangan ada dua lagi om Yogas :

    1. Was-was bakal keluar versi lokal.
    2. Was-was bakal muncul motor dengan kelas yang sama dan harga murah. 😀

    Tapi tadi itu, “pride” mah gak bisa dibeli dengan harga murah 🙂

    Suka

  23. fakhri berkata:

    ad harga ad rupa
    😀

    Suka

  24. bocah_koplak berkata:

    Katanya ninja 250 fi merah itu cbu murni, kalau warna lain ckd bener ga sih itu kabar?

    Suka

  25. kodokijo berkata:

    Kepuasan batin, itulah yg dirasakan, dan kadang duit jadi gak berarti. Hidup cuma sekali, jadi selagi msh bisa nikmatin, ya go on aja… Yg penting kita kaga maksain dan msh terkendali, terutama cash flow kita tetep terjaga.
    Gak usah pake moge segala, cukup naik Z250, dijamin bakalan sering dilirik terutama anak2, tp kl naik Ninja 250 sih saya kaga jamin ya, krn agak mainstream, wkwkwkwwkkkkkkkkkk……….. apalagi naik R25, dijamin kaga ada yg ngelirik (pengalaman pribadi), hiks……

    Suka

  26. Hahaha berkata:

    Paling enak buatan lokal kualitas export. Sparepart gampang, perawatan murah, kualitas udah pasti terjamin. Minusnya cuma mainstream aja. Tapi buat apa toh? Model motor beginian juga ga bisa jadi barang klasik. Kalo udah berumur mau itu ckd ato cbu juga jadi barang rongsok. Hwehwehwe.

    Suka

  27. Fbysmart berkata:

    Hp, laptop, handy cam punyaku statusnya juga CBU lho hahaha… Kabuuuur 😀

    Suka

  28. Matias Duarte berkata:

    Satu yang mang kobay blm pny…
    Cewe CBU wwkwkwmk
    Klo punya kira2 perawatannya brp yah?
    Tp klo turun mesin gampang, tinggal suruh minum jamu aja… Tar naik lagi mesinny

    Suka

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)