Test Drive dan Kupas Tuntas Honda HR-V, Memang Penantang Kuat Di Kelas Compact SUV..


IMG_20150509_111339

Kobayogas.com – Hola lads..Seeing is believing, testing is even better…! Kesempatan itu akhirnya datang juga, test drive Honda HRV di otobursa tumplek blek 2015 yang beetempat di senayan

Pada artikel tentang Honda HRV sebelumnya, KBY sudah membahas ala desk analysis seputar desain, fitur, jenis varian juga harga jualnya dengan lengkap. Namun tanpa adanya sesi test drive, tentu ibarat 4 sehat namun belum ada susunya. Kini susu sudah selesai diminum, mangga dibaca dengan khusyuk ya artikel ini hehee..

Honda HRV – Sektor Mesin, Akomodasi dan Harga

Honda HRV – Desain dan Kelengkapan Fitur Siap Menggangu Duet Rush dan Terios

KUALITAS MATERIAL

Material plastiknya memang bukan yang terbaik, kurang lebih sama saja dengan para kompetitor di kelasnya.. Namun menurut KBY ada langkah cerdas yang dilakukan Honda terhadap andalan terbarunya ini.. Jika pada Juke, Nissan menyematkan plastik dengan black piano pada center dashboard, maka pada beberapa bagian dashboard depan termasuk area transmisi, Honda menyematkan material plastik dengan soft pad bermotif jahitan pada Honda HR-V tipe E CVT ini. Hasilnya, aura kemewahannya tak pelak meningkat dibanding kompetitor sekelasnya…

Di era serba plastik ini, penanaman soft pad pada material dashboard menjadi sesuatu yang mewah, berbeda dengan jaman belum terjadi krisis moneter, mobil tua semacam Honda Civic Grand, Toyota Corolla DX, Mazda 323 dlsb material plastik lembut (soft pad) di sekujur dashboard dan doortrim bukan lah hal yang aneh. Saat ini, material lembut hanya bisa didapatkan pada mobil-mobil kategori premium saja. Oleh karena itu KBY mengapresiasi usaha Honda dalam mengemas kemewahan terhadap HRV ini meskipun hanya pada beberapa bagian saja.

Lads masih dapat menemukan beberapa plastik dengan bahan piano black yang elegan seperti pada setir dan juga paddle shift pada Honda HRV, ditambah speedometer dengan LCD yang jelas dan berteknologi Optitron seperti pada mobil mewah yang akan gelap saat kondisi mesin mati,

Terdapat catatan pada kerapihan jahitan pada bungkus jok belakang yang seharusnya bisa lebih baik lagi, terlihat sang pembungkus jok kurang padat sehingga menimbulkan kerutan dan masih bisa ‘dicubit’ dengan cukup mudah.

ada jahitan kurang rapi

ada jahitan kurang rapi

PERFORMA & FUN TO DRIVE

Pengujian dilakukan di dalam area Senayan yang sudah mulai padat, alhasil sisi performa mesin dari L15Z 1500 cc SOHC 16 katup i-VTEC bertransmisi otomatis CVT ini tidak dapat diperas.. Meskipun demikian cukuplah untuk mendapatkan impresi awal dari Honda HRV ini.

Memang, dengan bodi lebih bongsor, tenaganya seperti terkebiri ketika harus menghela bodi dengan dimensi lebih besar.. tidak galak namun juga tidak dapat dikatakan lemot. Mesin Honda HRV yang sebangun dengan Honda Jazz ini cukup responsif. Jika butuh reaksi yang lebih cepat, tinggal geser tuas ke posisi S plus mainkan tuas paddle shift yang ada pada kemudinya maka seketika kesan lambatnya akan tergantikan dengan akselerasi yang cukup memukau.

Keasyikan berkendaranya bertambah dengan adanya gimmick berbentuk ring illuminasi pada speedometer yang dapat berubah warna sesuai dengan gaya mengemudi kita saat itu. Saat idle, warnanya ungu, kemudian ketika berkendara eco driving, pendarannya berubah menjadi hijau..

 

KENYAMANAN dan HANDLING

Ergonomi pengemudi untuk ukuran SUV sangat baik, mirip dengan mengemudikan sedan dan tidak terasa seperti membawa SUV, khas Honda lah ya. Thanks to banyaknya setelan yang bisa diatur, dari tinggi rendah jok hingga kemudi yang bisa naik turun dan maju mundur. Akibatnya, pengemudi Honda HRV dapat menentukan posisi yang menurutnya paling pas dan nyaman.

Hanya karena unit tes Honda HRV ini masih banyak yang tertutup plastik di dalam kabin termasuk joknya, sehingga KBY merasakan joknya agak licin diduduki dan disenderi. Meski kontur joknya baik untuk pengemudi, namun masih kurang ‘mendekap’, terutama alas jok yang masih terlalu rata konturnya dan kurang padat, membuat paha sedikit menggantung.

Duduk di baris kedua juga nyaman, posisinya cukup rebah dengan senderan punggung yang terbenam, membuat penumpang tidak akan mudah kelelahan. Jarak lutut dengan jok di depan juga masih menyisakan ruang banyak.

Kejutan hadir dari nyamannya bantingan suspensi, KBY pikir akan cukup keras sebagaimana khasnya Honda.. namun ramuan suspensi Honda di HRV ini ternyata sangat baik, empuk dan minim getaran. Belum lagi tidak terdeteksinya gejala limbung ketika berkesempatan mencoba melakukan tes handling dengan ber zig zag di area tes.. Kasih jempol deh racikan suspensinya.

AKOMODASI

Mungkin inilah senjata pamungkas yang paling top dari Honda HRV, selain ruang kaki jok tengah yang lapang, KBY juga kaget ternyata joknya bisa terlipat rata lantai!! Membuat lantai rata dari bagasi hingga ke tengah.. Lebih terkejut lagi ketika mendapati alas jok tengah dapat diangkat seperti Honda Jazz!! Benar-benar fleksibilitas yang luar biasa, kemudahan akomodasi milik Honda Jazz ternyata sukses diturunkan ke SUV kompak ini..

Ruang bagasi pun lebih dari cukup meski bonggolan suspensi belakang mengkebiri kapasitas totalnya. Namun demikian, untuk keluarga kecil yang seringkali mengangkut barang atau senang belanja, fleksibilitas ruang kabin Honda HRV dapat membuat sang pemiliknya bersuka cita.

THE VERDICT

Kok kayanya positif semua sih kang? Jeleknya dimana nih mobil? Wkwkwkw.. kalau baca pelan-pelan pasti ada.. tapi secara brief berikut KBY rangkum lagi kekurangan Honda HRV..

Dislike:

  • Kualitas jahitan bungkus jok
  • kontur jok yang masih kurang ergonomis
  • harga cukup tinggi
  • bentuk kisi-kisi AC kurang mewah
  • lay out dashboard yang asimetris
  • HU yang terkesan murahan
  • tidak disertai sensor parkir
  • vision ke belakang minim

Dengan segala kelebihan dan kekurangan Honda HRV, wajar jika kompetitor yang selama ini adem ayem bak kebakaran jenggot melihat penjualan Honda HRV yang bisa dikatakan fenomenal.. Desain yang ganteng, fitur lengkap, handling mantap, akomodasi fleksibel serta suspensi yang nyaman membuat paket dan amunisi yang diberikan Honda memang bisa dikatakan lengkap dan menohok kompetitor yang bermain di kelas ini.

thanks to: Prasetyo676.com, Hari dan Dimas yang sudah menemani foto-foto

Mas Okky Suseno siap membantu 0857 7620 3660

Mas Okky Suseno siap membantu 0857 7620 3660

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

Iklan

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Honda, Test Drive dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

110 Balasan ke Test Drive dan Kupas Tuntas Honda HR-V, Memang Penantang Kuat Di Kelas Compact SUV..

  1. Kobayogas berkata:

    pertaliteee…!!

    Suka

  2. sletingdoll berkata:

    Njiiiiir…selengkap itu kah????
    Tp sayang nih alarm parkir knp ga ada? Pdhl itu penting bgt terutama untuk kota² besar macam jkt yg aduhai sempitnya ruang parkir…

    Suka

  3. Zerv berkata:

    Kang kobay kalo power fi banding outlander bagaimana?

    Suka

    • subaru berkata:

      Outlander sport dong..beda 500cc gitu… Selain itu outlander sport make independent link pada suspensinya (hal yang sering dibangga2kan nganu) sedang HRV make torsion beam di suspensinya (hal yg sering diejek2 nganu) 😆

      Suka

    • bocah_koplak berkata:

      Outlander konon basicnya lancer sedangkan hrv, preet dari jazz. Sudah ketauan dari dna-nya mana yg handlingnya lebih lincah, tajam dst.

      Suka

      • Kobayogas berkata:

        emangnya yang namanya basis pasti 100%? huuuu… wkwkkkw…
        sasis boleh basis sedan Evo, handling sih boleh diadu lah ama sasis hatchback Jazz ala HONDA.. 😀

        Suka

    • Kobayogas berkata:

      outlander pernah bawa punya temen yang tipe PX AT (gen 1)… kaget sih sama performanya…lemot, gak mitsu banget

      Suka

  4. arlong berkata:

    yg transmiai manual ada ga om? trus ini mobil pake FWD atau RWD? kata om klo FWD itu musti lebih teliti soal perawatan?

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Ada, tipe S.. itu yng sering dibilang kualitas plastiknya jelek karena pilihan warna cerahnya jadi cheapy…

      ini FWD.. FWD atau RWD beda2 tipis aja

      Suka

  5. teguhjudianto berkata:

    Ini HL nya masih halogen biasa ya, kemaren sodara saya beli yang headlampnya proyektor dgn drl menyatu, yang di test ini bukan varian top spec nya ya mang?, ada harapan untuk top spec nya lebih baik dari ini, belum nyoba sendiri jadi ga tau bedanya

    Suka

  6. subaru berkata:

    Kalo mau ambil mending tahun depan nih mobil.. Batch pertamanya ancur2an… QCnya berantakan.. (Ban ga center, steering rack error, dashboard renggang)

    Suka

  7. Hans Christian berkata:

    Tadinya menimbang nimbang buat beli HRV selain Kijang Innova karena harganya hampir sebanding. Tapi setelah dipertimbangkan lebih cenderung ke Kijang Innova sih…..
    alasannya karwna HRV ini banyak parts elektrik seperti hand brake dan brake hold nya yg mungkin kalo ada kerusakan biaya nya menguras dompet xixixixiix…..

    Suka

  8. goezman berkata:

    saya kok ngerasa suspensinya harsh ya kang, apa mungkin dari jok yang juga keras?

    Suka

  9. siEG berkata:

    Yg 1.8 lbh cetar dsgla sisi kang, hrganya jg cetar sih nambah dikit dpt RM1 2.0 mt (msh ada yg beli m/t ya?) hehehe

    Suka

  10. Arlong berkata:

    oh iya, engine 1500 ccnya kira2 performanya apa 11-12 sama engine si kaleng Avanza (mengingat HRV Punya body yg lebih berat CMIIW)

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      saya harus coba yang manualnya kalau gitu. kalau matiknya sih kurleb mirip untuk trek2 pendek…hanya HRV jauh lebih halus perpindahan giginya, maklum aja pake belt.

      Suka

  11. agoey berkata:

    penjualannya nomor 1 dan jadi tulang punggung Honda setelah menyalip mobilio..

    Suka

  12. Red Satellite berkata:

    Kalo handlingnya dibanding juke gmn mang?
    Soalnya juke suspensinya rada keras jd hight speed corner jadi enak” aja..

    Suka

  13. yht2506 berkata:

    manteb kang..sayang kurang sreg dengan mobil2 suv kecil…
    —————-
    https://yht2506.wordpress.com/2015/05/10/sekelumit-hal-unik-yang-ada-di-otobursa-tumplek-blek/

    Suka

  14. ninja150ss berkata:

    hasemm gr2 kpisah gk bs ikut nebeng tes drive 😥

    Suka

  15. hansipmoncer berkata:

    mahal amat harusnya harga segitu setidaknya 2000cc walaupun sohc, menang di model aja nih mobil jadi agak ragu dengan ketahann mesinnya, mesin jazz tapi dipaksa bawa beban yg lebih berat

    Suka

  16. SOHCDOHC berkata:

    kenapa kalo mobil para FBnya ngga saling ejek SOHC atau DOHC ya???

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      sudah terjadi satu dasawarsa lalu tapi gak seheboh di roda dua… entahlah kenapa.. beda pemikiran mungkin?

      Suka

      • fakhri berkata:

        Fans boy yg plg fenomenal skarang itu cma y dan h
        Cba kalau ad artikel bahas produk y dan h yg homogen
        Gajauh bedalah dgan roda dua nya
        Ini krna beda produk aja
        :p

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        wkwkwkwk yg paling sensi biasanya justru tim Y, bahas kurangnya dikiittt aja.. beuhh nyakarnya berebutan 😀 Pokoknya bahas kudu 100% perfect…
        ada cacat 1, 3-4 kebajikannya gak dianggap… 😀

        Suka

  17. kodokijo berkata:

    Harganya tinggi, jadi kaga menarik lg, hehehe…

    Suka

  18. threeazz berkata:

    Itu bukannya 7 kursi ya Om?

    Suka

  19. tukang_gorengan berkata:

    ganteng sih, tapi agaknya price over quality yah hehehe… yaah biasa deh honda mah emang gituu. maklum ane sealiran ama wak Haji, tossss! :p :p :p

    Suka

  20. paman tang berkata:

    belum sempat testing
    tp secara exterior,,intimidating lawan2nya,apalagi yg Prestige
    emane ya di harga itu doang
    kenapa ya unit test drive itu jarang yg pake type teratasnya?

    Suka

  21. cicak berkata:

    ane kok ngerasa nya suspensi nya keras ya? mirip mirip jazz GE.
    yg kerasa empuk mobil hon hon itu mobilinyong sama jazz GK imho

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      entahlah, justru ini berasa gak serigid lainnya, mobilnyong lom tes, honda jazz gak tau, lokasi tes pendek bener kagak bisa dapet feelnya..
      tp di poldur buatan loncat2 tuh mobil

      Suka

  22. aiefz berkata:

    jadi pengen cobain 😀

    Suka

  23. WD berkata:

    ada satu lagi om, feature unik yang bikin wong ndeso kayak ane jadi bengong dikit :D.
    feature smart entry nya.
    asal ada kunci dikantong, buka pintu ga perlu mencet mencet keyless nya, cukup menyentuh handle pintu, maka langsung unlock sendiri hehehe….
    sepertinya hanya ada di versi E-CVT keatas
    ndeso ane yah, tapi lucu juga ketemu feature begini 😀

    Suka

  24. smartfaiz berkata:

    Emmoh ahh… Mobilnya ga bisa nahan sinar matahari.. ntuh drivernya sampe kudu pake topi :mrgreen:

    Suka

  25. iwak banaran berkata:

    satu hal yg luput bro…r
    aku merasa di bangku kemudi, ruang kepala sgt sempit

    kepala jedok atas.. alias sempit krn memburu desain..

    bahkan di banding honda brio sang mobil mungil

    kelegaan ruang kepala masih bagus brioo…

    piyeeee ngini ki????????????????

    aboh tenan … desain ok, performa not bad,,, sempit..walau bagasi luas

    Suka

  26. iwak banaran berkata:

    kalo kita naik crv , inova ato xtrail tingall masuk… nyusss. tidak pake ke jedok kepala kita kayak juke dan hrv,,

    aku sadar kok memang beda kelas,, crooss suv memang serba nanggung

    Suka

  27. iwak banaran berkata:

    kualitas interior kayak mobil cina.. walaupun secara agak cerdas honda telah berhasil nge mix dgn imaterial2 yg lomayan bagus.
    y?
    desain sih ok… material quality?????????????????

    Suka

  28. Pengamat berkata:

    Kemarin senin sore baru ngetest ajak si putih Hrv-S cvt (sebelumnya selalu pakai manual, Terios, Avanza, trakhir Ertiga) iseng cari nasgor favorit di Bumi Aki Puncak Bogor. Di jagorawi agak padat, cuma dapet 140km/jam, masih stabil. Di jalan menanjak puncak agak tersendat di bbrp titik, sering pake gigi S, fitur brake hold berfungsi baik, sesekali akslerasi masih bisa memotong mobil di depan yg lelet. Pulangnya macet parah, 2 jam baru nyampe bawah. Fitur brake hold sangat membantu, cara kerjanya sangat halus tp efisien, jadi ingat dulu selagi masih pake manual klo macet parah bawaannya senewen pengin cepat nyampai rumah atau mampir dulu pijat refleksi… wkwk… Klo bbm sebelumnya pernah isi 100rb pertamax, pas buat 100km (cocokin di odometer). Cukup puas lah, cuma satu masalah di pemasangan V-kool nya, pas di depan mata driver ada titik2 gelembung yg lama2 bikin sakit mata, sudah saya komplain dan masih nunggu jawaban.

    Suka

  29. Pengamat berkata:

    Terima kasih Mas Kobay, saya nggak terlalu rewel kalo urusan mobil, yg penting awalnya sudah suka, di beli ya nikmati saja… sebelumnya pake mobil2 yg manual juga cukup puas kok (kalo pas nggak macet). Kalo mas Kobay pasti lah… segera nyusul, klo mang pengin… hehe…

    Suka

  30. nbsusanto berkata:

    wah kapan ya bisa TD hrv.. dari kemaren ngrayu minjem temen yang punya sampe sekarang belum dikasih pinjem.. pengen tau se-wow apa mobil ini.. 🙄

    Suka

  31. roniyahya1337 berkata:

    emang keren banget ini mobil 😀 sekali pernah naik punya tetangga wkwkwkw

    http://www.sugiyamasafes.com/

    Suka

  32. paman tang berkata:

    wasemm,,incerannya class premium sekarang…jgn di tes doang Om,beli ajahh
    moga dapet unit tesnya,,di Malang baru nemu sebiji doang dari semenjak peluncurannya

    Suka

  33. paman tang berkata:

    -_- komen balesanku nyangkut di mari
    yg ane maksud dibeli jgn dtes doang sama yg baru nemu sebiji doang di Malang itu mah All New Odyssey Om

    Suka

  34. Siips,M.Eng berkata:

    Mobil SUV yg paling empuk suspensinya ap Om?. Yg sdh pernah nyoba aj.

    Suka

  35. prasetyo676 berkata:

    Mantap… jadi pengen nih..

    Suka

  36. Ping balik: Komparasi Honda HR-V 1.8 versus Mitsubishi Outlander Sport PX 2.0: Kejutan Dari Sang Pendatang Baru | KobaYogas.COM

  37. Cocain berkata:

    Owh ini toh yg buat jazz gk5 penjualannya terjun bebas hahaha,

    btw thanks reviewnya hehehe

    mau nanya dunk:

    1. klo fun to drive enakan hrv atau jazz gk5?
    2. harga beda dikit, dan gw liat hrv lebih kmana2 dari jazz gk5, nah apa jazz gk5 ada keunggulan dari pada hrv?

    mohon pendapatnya y. terima kasih banyak 🙂

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      keunggulannya apa ya, handling lebih prima, tenaga lebih ngacir… apalagi ya.. lebih variatif untuk di modif..

      Btw sebenernya ini dua hal yang berbeda, tapi buat yang lebih dewasa, larinya memang ke HRV sih hehehe

      Suka

      • Cocain berkata:

        wah responnya cepat skali haha, thanks ya

        btw saya juga sala satu yang dilema antara hrv dan jazz gk5, dan akhirnya memilih gk5, btw honda bener2 mematikan pasar jazz gk5 ya kali ini haha bahkan skrg penjualan d bawah 1000… dan d lewati sang penantang ya itu yaris haha.

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        yasir diskonnya edun juga tuh..mikir dah Honda

        Suka

  38. Cocain berkata:

    oh yasir diskonnya besar y? yg baru itu kan y? yg lele? baru tau saya hehehe … ah pindah ke thread yg bahas gk5 d.. mau nanya2 haha takut oot d sini tmpat hrv. btw thanks ya bro.

    Suka

  39. Ping balik: Komparasi: Honda HRV 1.8 vs Outlander Sport – Fitur, Fun to drive, Performa dan Value for money | KobaYogas.COM

  40. Ping balik: Foto-Foto Honda BRV 7 Seater Yang Lebih Jelas Plus Spesifikasinya, Memang Gagah Lads..! | KobaYogas.COM

  41. Ping balik: Finally, Foto-Foto Interior Honda BRV, Positif Menarik Ala Jazz dan HRV..! | KobaYogas.COM

  42. Ping balik: First Impression Sosok Honda BRV Tipe S Transmisi Manual – Gagah dan Keren Sesuai Ekpektasi | KobaYogas.COM

  43. Ping balik: Pojok Opini: Efek Pasar Yang Dinamis, Usia Produk Jadi Lebih Singkat.. | KobaYogas.COM

  44. Ping balik: Honda HRV, Pemenang FORWOT AWARD 2015 – Lihat, Datang dan Menang..! | KobaYogas.COM

  45. Ping balik: Honda Jade Akan Hadir Di Indonesia Tahun 2016… Inikah “The Real Innova Killer”?? | KobaYogas.COM

  46. Kim berkata:

    Lebih empuk mana suspensinya antara nissan juke rx Vs honda Hrv E cvt ?

    Suka

  47. Ping balik: Chevrolet Trax, Crossover SUV Berfitur Lengkap Dengan Value Yang Menarik.. [Part I] | KobaYogas.COM

  48. Ping balik: Mengupas Fitur Bejibun Milik Chevrolet Trax Turbo, Punya Apa Saja? [Part II] | KobaYogas.COM

  49. Ping balik: Honda HRV Banyak Trouble? Haruskah Ada Public Recall? | KobaYogas.COM

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s