Kobayogas.com – Hola lads, belakangan ini memang kendaraan Double Cabin alias D-Cab mulai menjauh dari penampilan yang old fashioned.. Contohnya lihat sosok Nissan Navara NP300 VL MT yang KBY tes di otobursa 2015 ini
Lokasi pengetesan test drive yang disupport oleh Car & Tuning Guide ini bisa dikatakan seimprit alias kicil pisan, cuma sekeliling palingan sekitar 40-50 meteran saja.. namun untuk kinerja suspensi ada 4 speed trap cukup tinggi. Disini kita bisa merasakan performa dari masing-masing suspensi milik mobil-mobil yang KBY test.
KABIN MEWAH
Ini adalah mobil pertama yang KBY pilih. Terlihat gagah dan paling intimidatif diantara yang lain, sosoknya yang tinggi besar seakan akan menjadi tokoh Hulk pada seri film The Avengers.. Navara merupakan kendaraan pick up double cabin yang mewah.. settingannya memang bukan untuk merambah rimba atau hutan, namun lebih kepada fesyen karena sosoknya yang bersolek dibandingkan unit fleet yang sering digunakan pada proyek-proyek seperti pertambangan.
Ketika berdiri di samping Navara, atapnya berada nyaris 3 jengkal dari kepala KBY, sigh.. Naiknya sedikit sulit, thanks to side step yang bisa digunakan sebagai pijakan untuk naik ke dalam kabinnya. Hand grip yang berada di pilar A juga dapat membantu menarik tubuh ke dalam kabin.. Hoplaaa…
Berada di dalam kabinnya terasa menyenangkan juga, mewah sih.. agak-agak mirip Mitsubishi Pajero/ Strada namun Navara lebih mewah. Posisi mengemudinya lumayan loh untuk sebuah D-Cab, lebih seperti SUV dibandingkan truck. Layout dashboardnya mengesankan kekokohan sementara material plastiknya cukup baik, rapi jali meski bukan yang terbaik.
Menarik juga melihat ada tombol start/ stop di Navara ini, mengesankan kalau D-Cab pun bisa tampil mewah dan canggih loh.. Pada center dashboard, material plastiknya dikelilingi oleh material black piano, kesan mewahnya pun terangkat. Setir Navara juga ternyata menganut multi fungsi, semua bisa diatur dari sini, dari MID, audio, telepon hingga cruise control!! Lengkap nian! Semua tombol tertata cukup rapi dan mudah dijangkau, dari pembuka fuel tank, Stability control dan settingan kecerahan lampu speedometer.
Sebagai mobil ‘pekerja’, Navara juga disematkan berbagai macam socket kelistrikan untuk memudahkan sang pemilik, ruang penyimpanan pun juga banyak. Air conditioner nya belum digital namun tombol-tombolnya cukup mewah.
- jok belakang tegak
- 6 percepatan MT, gigi mundur tekan dulu 😀
- posisi tombol mudah di raih
- setir multi fungsi
- MID lengkap
SUSPENSI KERAS
Cukup kantungi kunci, injak rem, tekan tombol start, maka mesin dieselnya akan menyalak pelan.. gemeretak khas diesel terdengar cukup minim ke dalam kabin, begitu juga dengan getarannya, terasa halus.. Navara yang KBY tes ini menganut transmisi manual.. gak masalah, koplingnya empuk dan posisi duduk ergonomis, tidak akan menyulitkan pengendara bertubuh semampai…
Navara bergerak pelan, gak bisa ngebut wong kecil banget tempat tesnya.. agak-agak gak niat nih bikin arena nya 😀 Setir agak berat karena bannya pun besar.. Berbelok patah agak sulit karena radius putarnya besar.. Gak bisa sekali, kudu mundur biar bisa berputar di arena yang disediakan panitia..
Disinilah KBY sempat bingung, transmisi sudah digeser ke belakang kok Navara berwarna oren cerah ini ogah mundur.. sekali lagi dicoba, tetap ogah. Sepersekian detik langsung memperhatikan tuas transmisinya, tidak ada cincin disitu artinya tidak ada yang harus diangkat.. berarti tidak salah lagi, harus ditekan!! Benar saja, begitu ditekan, gigi mundur langsung masuk… weeehhh…
Terdapat speed trap yang lebih menyerupai polisi tidur jangkungnya.. memang sengaja dibuat sebagai simulasi jalan buruk. Putaran pertama KBY melalui speed trap dengan perlahan, suspensinya agak rigid, membuat penumpang lumayan terangkat angkat.. Wajar sih kan ini sebenarnya light truck untuk mengangkat beban, jadi suspensi dibuat keras. Kedua kali melewati speed trap, kini Navara dilajukan agak cepat.. Ho ho ho.. benar saja, mental mental kita duduk di dalamnya hehe
PARKIR MUDAH
Asal spacenya cukup, memarkirkan Navara tidak terlalu merepotkan, karena ada kamera parkir yang akurat dan menuntun kita untuk parkir di jalur yang benar.. Pintu bagasinya besar dan berat.. kalau gak siap, tangan bisa saja keseleo hehehe.. Bak alias cargonya nya terlihat tangguh dan kokoh dengan dilapisi semacam cat anti gores/ liner..
- bodinya panjaaang
- parking camera mempermudah
- bobot setir cukup
- radius putar besar
THE VERDICT
Inilah light truck maenan orang berduit.. dengan penampilannya yang flamboyan dan stylish, siapa juga yang mau membawa Navara ke dunia liar? Sayang lah hehe.. Dimensinya, panjangnya, kemewahannya dan penampilannya yang maskulin, akan membuat pede siapapun yang mengendarainya..
Navara NP300 VL MT seperti yang KBY tes ini dihargai oleh Nissan Rp. 415,000,000 termasuk jok kulit pada keseluruhan seat nya. Mesinnya 2500 cc Turbo Diesel Direct Injection dan mampu memuntahkan tenaga sebesar 190 PS!! Sudah 4 wheel drive on the fly juga.. Tertarik? 😀
Baca juga artikel lainnya lads…
- First Impression All New Honda Civic 1.5 Turbo, No Replacement For Displacement No More..
- Test Drive BMW 528i E39 1998 – Mewah, Bongsor, Lincah dan Kencang!
- First Impression Toyota All New Kijang Innova: Ini Bukan Kijang, Ini Innova! [Gallery]
- First Drive Toyota Grand New Avanza dan Grand New Veloz, Memang [Sudah] Lebih Baik …!
- First Impression Sosok Honda BRV Tipe S Transmisi Manual – Gagah dan Keren Sesuai Ekpektasi
- All New Toyota Avanza, Bumper Tebal Menyeringai, Paras Makin Menawan?
- The Amazing For Real Suzuki Celerio 1.0, City Car Baru Dari Suzuki – Mampu Berjibaku Nih?
- Spy Shot New Toyota Avanza Facelift.. Bentuknya Mengingatkan Akan Sesuatu?
- Test Drive Nissan Serena @Parjo 2015 – Besar, Nyaman Dan Powerful
- First Drive: Nissan Navara NP300 VL MT – Tough.Smart Yet Luxurious
Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…
Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com
Contact me at…
email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
petromax kh?
SukaSuka
sepi mang wkwkwkwk
SukaSuka
samaan nih di otobursa test drivenya
mampir gan :
https://hmsmotoblog.wordpress.com/2015/05/11/review-interior-dan-impresi-berkendara-mazda2-gt/
SukaSuka
jooossss http://bontot.net/2015/05/12/beberapa-corak-motor-di-motogp-yang-menghebohkan-2/
SukaSuka
jemur borongan bae teu mang 😆
http://bontot.net/2015/05/12/adu-bagong-vario-125-vs-truk-di-tasikmalaya/
http://bontot.net/2015/05/12/banderol-yamaha-mt25-di-jual-45-juta-rupiah-otr-jakarta/
http://bontot.net/2015/05/12/beberapa-corak-motor-di-motogp-yang-menghebohkan-2/
http://bontot.net/2015/05/12/kembali-terjadi-kecelakaan-di-tol-cikampekbanyak-korban-nya/
http://bontot.net/2015/05/12/kembali-tertangkap-kamera-sedang-tes-jalan-di-duga-force-euro-3-2/
http://bontot.net/2015/05/12/suzuki-satria-f-young-star-167-juta-otr-bandung/
SukaSuka
mugello…
SukaSuka
wuiih gagahnya…
http://warungasep.net/tag/Honda
SukaSuka
belum pernah bawa new ford ranger 2.6 ya mang?
SukaSuka
Beloman… Mau minjemin? Asikkkk
SukaSuka
klo mobilnya tinggi, jangan salahin mobilnya yach
SukaSuka
Salahin bannya yah
SukaSuka
“Though, Smart, yet Luxurious”
kata yet disini bermakna “tapi” iya kan om?
SukaSuka
Bukan, “dan”..
SukaSuka
Atau bisa juga sekaligus 🙂
SukaSuka
Ai lebih suka tampang D40 drpd ini D23 malah mirip hilux hehehe..
SukaSuka
Ah, banyak kok mobil aneh2 di bawa ke alam liar mas Kobayogas, minimal beradu ama DT, double trailer, HD di jalan hauling :p pekerjanya pake DCab atau Pajero Dakar, bosnya pake LC, investornya pake yg CBU USA
SukaSuka
Iya itu kebanyakan duit wkwkwkkwk
SukaSuka
Jaminan kudu 2x muter 😆
SukaSuka
ember wkwkwkkw
SukaSuka
masi kesulitan kyaknya ngelawan strada..secara di tambang kalimantan banyakan strada deh..
tapi emang sih strada interiornya monoton banget..beda sama toyota hilux & nissan frontier navara.. just my opinion
SukaSuka
hi lux bukannya Inopah bingit?
SukaSuka
Setau saya Strada banyakan di tambang itu sebagian besar rentalan, klo milik perusahaan banyakan merek lain dan tipe lama, klo yg punya lahan biasa ada beli baru, yg kontraktor kli gak ngerental, ya tipe lama, tipe baru dikit jumlahnya, dan biasa di lelang dalam keadaan seperti ini.
Ya mirip2 kasusnya F14 vs F18 versi awal, keinginan pilot Tomcat tapi yg di beli baru Hornet; Strada mmg tangguh di banding yg lain, terutama bagian penggerak depan dan pendukungnya, sampe rental dari sebuah grup otomotif milih banyakin Strada di banding produk grupnya sendiri…
SukaSuka
Memperbanyak strada dibanding hi-lux? Tumben wkkwkwk
SukaSuka
Lewat kantornya aja ato bengkelnya yg di kota2 deket operasional tambang, dah keliatan kok :p
SukaSuka
wah mau jadi temannya Kuro ya 😆
http://ndesoedisi.com/2015/05/11/inikah-sosok-yamaha-force-euro-3-sedang-dites-di-jalanan/
SukaSuka
wkwkwkwk 400 jutaan
SukaSuka
Yg maticnya malah 7 speed loo, katanya sih mirip” sm transmisi fairlady
SukaSuka
iya 7 speed..
SukaSuka
Sangar
SukaSuka
koyok raimu
SukaSuka
aku og
SukaSuka
kirain kmrn salah muter, ternyata emang spacenya sempit ya om koba, jadi muternya gak bisa sekali (mesti mundur)
SukaSuka
iyaaakkk
SukaSuka
Kap depannya itu loh…..Tinggi bener……..
SukaSuka
ane naksir berat ini mobil .. apalagi liat punya tetangga ganti warna item doff.. makin ngilerrrr …
SukaSuka
ay suka warna ini hehehe
SukaSuka
190PS kok mirip powernya ninja H2?
SukaSuka
jos lah itu aja komen saya. kaga ngarti sola mobil 😀
royal enfield dapat amunisi baru
http://www.goozir.com/2015/05/royal-enfield-tambah-amunisi-baru.html
SukaSuka
Harga segitu udh dapat Hi-ace versi Grade , hihihihi..
Powered by Telkomsel BlackBerry®
SukaSuka
kayaknya bentar lagi mitsibishi bakal rilis strada dengan muka barunya yang aneh itu… hilux baru juga udah antri buat dirilis.
ane sih tetep vote buat kegantengan navara.
izin numpang ya om kobay. mangga mampir. nuhun.
http://indoautoblog.com/2015/05/12/seberapa-penting-sih-helm-branded/
SukaSuka
Thanks udah mampir yah 🙂
SukaSuka
Grillnya ngga Nissan bgt ya Mas.
Buat di daerah tambang emg lbh banyak yg pake strada mas. Tapi kalo big boss mau visit, mobilnya pasti Navara.
SukaSuka
Ada kok big boss operasionalnya d site, bukan d Jakarta, mobil buat mereka LC…
SukaSuka
Wah big bos pilih navara wkwkwkk
SukaSuka
Jujur saja navara dari edisi sebelum ini meninggalkan jauh fungsi dcab sbg mobil pengangkut. Cuman ini option buat keluarga muda yg tidak membutuhkan kursi (dingklik) row ke 3 😂. Selebihnya ini menurut saya dcab terganteng di bawah ford ranger wkwk. Ooh iya kang kobay itu kopling enteng? Punya saya navara sports edition tahun 2013 koplingnya lumayan berat. Ngga tau lagi kalo yg baru dibuat enteng kali yak hehe. Nice review kang
SukaSuka
thanks, i’ll do my best.. hehe.. ini pertama kalinya bawa d-cab hehe
SukaSuka
tetep aja gak bisa ngalahin jagoan faforit ane,d-max..
SukaSuka
isuzu? 😀
SukaSuka
Faktor kenyamanan bangku baris kedua juga jadi faktor Mas. Yang paling nyaman itu strada. Krn pesaing yg lain bangku baris keduanya terlalu tegak. Banyak yg kurang nyaman duduk di bangku baris kedua Dcab.
Dan memang kenyataannya banyak yg merasa Strada versi L200 lbh bandel 4WDnya dr pd versi triton apalagi merk lain. Itulah sebabnya di site msh banyak yg pake strada versi awal.
SukaSuka
kalau di mine, keknya yang dicari memang ketangguhan dan diskon harga untuk fleet…
baris kedua kurang asik kalau buat jarak jauh kalau tegak, pegel hehehe
SukaSuka