Modifikasi: 5 Tahap Engine Swap Dalam Membuat Honda Brio Satya Menjadi 118 DK..!!


Brio Satya

Kobayogas.com – Hola lads.. Honda Brio Satya merupakan hatchback termungil dari jajaran produk mobil Honda saat ini, kala performa standarnya ingin ditingkatkan inilah step-stepnya..

Ketika KBY membawa New Honda Beat ke lokasi tempat Ferboes bekerja untuk di tes beramai-ramai oleh blogger D’Gujubar, KBY berkesempatan untuk mencoba Honda Brio Satya milik om Cadox. Lumayan berkeliling untuk mendapatkan impresi berkendara hatchback LCGC milik Honda ini..

Test Ride New Honda Beat eSP

AGILE

Agile alias lincah adalah impresi awal ketika membawa sang Brio Satya ini.. posisi duduknya ergonomis khas Honda dan cukup takjub karena jok semi bucketnya cukup oke memeluk tubuh, hanya saja kualitas busanya memang terasa tipis, namanya juga budget car hehe..

Hatchback mungil ini mampu mentransfer putaran roda dengan baik alias feedback dari setir ke roda mampu diterjemahkan dengan baik.. meliak liuk di kepadatan lalu lintas sepertinya tugas yang ringan bagi Brio Satya ini..

BANTINGAN STIFF

Dengan wheelbase pendek, tidak dapat berharap banyak dari sisi kenyamanan, plus suspensinya yang cukup stiff memang nikmat bagi driver enthusiast namun kurang cocok bagi yang mencari kelembutan ayunan suspensi. Bantingan Honda Brio Satya mirip seperti si Kuro, Honda Jazz lawas KBY yang suspensinya sudah diganti menggunakan coil over Tanabe.. jadi bagi KBY sih fine-fine aja, tapi setiap orang kan ekpektasinya berbeza toh?

PERFORMA

Kita tidak akan bahas lebih dalam mengenai kualitas material plastik dari Honda Brio Satya ini, dengan level LCGC kualitas plastik dashboardnya memang tidak dapat dikatakan baik, so-so saja. Namun cukup tertolong dengan tampilan speedometer yang sophisticated.

Honda terkenal akan performa mesinnya yang mantap, apalagi meski ini mobil LCGC namun sudah disematkan teknologi i-VTEC (intellegent Variable Valve Timing and Lift Electronic Control) di dalam mesinnya. Selain mesin, Honda juga memiliki ciri khas akurasi pada gerakan transmisi manualnya, geraka tuasnya pendek-pendek dan akurat seperti menggunakan quick shift, termasuk juga si Brio Satya E ini..  Membuat pekerjaan memindahkan gigi jadi menyenangkan.

Mesin i-VTEC nya terasa menyalak ketika RPM mendekati angka 5000, terasa besutan yang lebih ketika jarum bergerak mendekati angka tersebut. Untuk mesin 1,200 88 PS cc jelas tak dapat dipandang sebelah mata performa Brio Satya E ini..

MODIFIKASI

Merasa performanya belum cukup? Ya wajar saja kalau senang melakukan modifikasi, berikut KBY ada tips yang didapatkan dari tabloid otomotif untuk membuat performa Honda Brio Satya meningkat lagi.. yaitu dengan melakukan engine swap dengan milik Honda Jazz GE8! (untuk lebih lengkap silakan simak pictsnya ya)

5 Hal yang harus diperhatikan saat melakukan engine swap adalah:

  1. Throttle Body
  2. Camshaft
  3. Crankshaft Trigger
  4. Map Sensor
  5. Piggyback

Engine swap dengan 5 tahap penyempurnaan tersebut membuat tenaga Honda Brio Satya yang awalnya 88 PS menjadi 118 PS..! Lumayan dahsyat kan? Tertarik mencoba? 😀

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

KobaYogas from WordPress for Android

Iklan

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Honda, Modifikasi, Test Drive dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

37 Balasan ke Modifikasi: 5 Tahap Engine Swap Dalam Membuat Honda Brio Satya Menjadi 118 DK..!!

  1. Indomoto berkata:

    Keren josss nih tipsnya 🙂

    Suka

  2. hmsmotoblog berkata:

    mantap kang, brio tenaganya emang ga main main, habis berapa tuh kira2?

    Suka

  3. wong deso berkata:

    engine swap…. makanan apa tuh?

    Suka

  4. pikolo berkata:

    Lebih mantep lagi kalo bisa di cekokin K20A (kalo bisa lo ya). Tampilan full standar aja, biar jadi aliran street sleeper

    Disukai oleh 1 orang

  5. subaru berkata:

    D kaskus sempet gw baca tuh yang masukin gelondongan L15 ke brio.. Udah mau 130 dk kalo g salah

    Suka

  6. bagolmeong berkata:

    B18C cukup Kang. Sikat turbo kalo kurang. 😀

    Suka

  7. arlong berkata:

    sekalian aja ganti engine H22 milik Honda Prelude kalo bisa sih, wkwkwkwk….

    Suka

  8. tomcat berkata:

    no mesin di stnk gmn tuh? ko artikel saitonx g ada kang

    Suka

  9. siEG berkata:

    LCGC paling mantab..

    Suka

  10. Adhe14508 berkata:

    Kira’in engine swap tuh segelondongan mesin smua.
    Ini sih nama’y substitusi part.
    Berarti ni boil beda TB, ECU, Map, stroke ma camshaft doank tah?

    Suka

  11. boa hancock berkata:

    Banyak yang beli ini mobil knapa ya?

    Suka

  12. ken39 berkata:

    bli LCGC trus engine swap ? mending bli jazz seken sekalian :p

    Suka

  13. gilaroda2 berkata:

    dr pada swap apa gak mending dicolok keong racun aja masbro?? cmiuw… 😀

    Suka

  14. wtf170 berkata:

    engine swap tp memperhatikan 1.Throttle Body2.Camshaft3.Crankshaft Trigger4.Map Sensor5.Piggyback
    gagal paham ane….bukane itu cm N/A

    Suka

  15. Jeremy Clarkson berkata:

    defeats the purpose of having a budget car, when your car and mods cost more than a regular jazz. tapi ya begitulah namanya hobby modif kadang2 susah diikutin nalar. hahahaha

    Suka

  16. goozir berkata:

    kirain mau tutorial …pembaca kecewa
    valentino rossi, Lemans dan pesaingnya
    http://www.goozir.com/2015/05/valentino-rossi-le-mans-dan-pesaingnya.html

    Suka

  17. iwak banaran berkata:

    gimana kang ruang gerak kepala luas maana sama hrv? wkwkwk

    Suka

  18. iwak banaran berkata:

    yg gue suka dari brio itu handling dan desain depan nya…juga ergonomi bangku kemudi. juga smooth mesinya…

    kalo masalah material plastik,, ngelus dada…

    Suka

  19. Jabi berkata:

    Si Satya Diajak duel ama TATA VISTA di tol ampun ampunan om..VISTA hanya taluk ama Jazz untuk mobil di kelasnya..

    Suka

  20. Ping balik: Foto-Foto Honda BRV 7 Seater Yang Lebih Jelas Plus Spesifikasinya, Memang Gagah Lads..! | KobaYogas.COM

  21. rocekaye berkata:

    Wah seri L punya GE8? Pnp ga gan mountingnya? Pernah liat org thailand colok k20 di brio.. edan..

    Suka

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s