Pojok Opini: Jika Honda Menguasai Semua Lini, Apa Yang Akan Terjadi?


Honda SFA belakang

Kobayogas.com – Hola lads, data AISI, data distribusi dari pabrik ke dealer-dealer terkait memang kerapkali dinantikan infonya oleh para pundit otomotif..

Datanya bisa dari mana saja, ada yang memang punya link langsung maupun mendapatkan kiriman via pabrikan melalui email yang sering disebut Press Release.. Ya, press release seperti pada artikel terakhir yang telah KBY published sore tadi.

Menariknya, somehow, dalam menurunnya demand pasar yang dikatakan belakangan ini, pihak Honda dalam Press Releasenya menyatakan adanya kenaikan terhadap penjualan sport 150 cc andalanya, yaitu Honda CBR 150R K45.. bahkan dikatakan meraih 70,7% dari pangsa pasar otomotif roda dua…

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), penjualan Honda CBR150R tersebut berhasil mendongkrak penjualan sepeda motor Honda di segmen sport hingga 13,5%, yaitu dari 16.975 unit pada Maret 2015 menjadi 19.266 unit pada April 2015. Berkat pertumbuhan ini, Honda menjadi satu-satunya merek yang berhasil mencatat pertumbuhan penjualan di saat segmen motor sport nasional pada bulan lalu terkoreksi hingga 21,5%, menjadi 43.775 unit dibandingkan dengan penjualan bulan Maret 2015 sebesar 5.770 unit.

artikel lengkap sebelah sini

Honda Remix

Edun, 70,7%!! Suatu angka yang luar biasa dan sudah masuk ke ranah dominasi lads.. Dan semoga tidak memonopoli karena yang namanya monopoli sebenarnya tidak ada yang bagus, pihak tersebut bisa seenaknya memberikan harga yang kurang pantas dengan kualitas dan model seadanya.. itu lah yang sangat ditakutkan dari sebuah monopoli.. lebih dari satu dasawarsa lalu kita pernah disuguhi satu dolanan monopoli yang dari tahun ke tahun produknya itu melulu hanya berganti stripping..

Bagusnya, pihak lain (sebut saja Yamaha yang paling gigih dibanding produsen lain) sanggup mendobrak kemapanan Honda dengan bebeknya dan membuat trend setter baru yang bernama Mio..sayangnya, terlena dengan dominasi Mio membuat Yamaha yang membuat pertahanannya melemah hingga kembali disalip kompetitor hingga kini..

Jika suatu pihak keukeuh dengan monopolinya (atau tepatnya terlalu mendominasi), percayalah suatu saat mereka akan merasakan dampak buruknya.. Harapan terbaik saat ini, jika Honda sampai menguasai lebih dari 75% pasar roda dua, mudah-mudahan mereka tidak lupa akan pahitnya sempat disalip oleh kompetitor, ingat konsumen sekarang cerdas-cerdas…

Tidak hanya jualan unitnya saja, tapi ketersediaan spare parts pun wajib ready.. cukup aneh kalau ribuan motor dapat diproduksi oleh AHM namun ternyata ada konsumen kesulitan mendapatkan spare parts…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing…

SPG 2

Baca juga artikel lainnya lads…

Kunjungi juga blog mang Saka ya.. http://www.sakahayangna.com

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

 

Iklan

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Artikel ringan, Honda, Yamaha dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

142 Balasan ke Pojok Opini: Jika Honda Menguasai Semua Lini, Apa Yang Akan Terjadi?

  1. peysblog berkata:

    makin pusing si Supermie wkwkwk

    ajak gelut ahh

    Suka

  2. warungasep berkata:

    edian dimonopoli… makanya ayo kita bantu penjualan Yamaha di Indonesia….

    http://warungasep.net/tag/Yamaha

    Suka

  3. siEG berkata:

    Kembali ke zaman orba, bs jd hanya gonta ganti striping aja..

    Suka

  4. kudo78dk berkata:

    saia bantu suzuki saja….. bantu kritik….. alias nyacat 😀
    http://78deka.com/2015/05/19/2-blunder-suzuki-buat-satria-fj-115-young-star/

    Suka

  5. abidrifqi berkata:

    model stuck, mesin stuck, teknologi stuck…

    Suka

  6. java36 berkata:

    Hehe tenang mang masih jauh kok dari monopoli 🙂

    Suka

  7. niceguy berkata:

    Bukankah ini yang diinginkan FBH? sepertinya Tuhan mengabulkan doa mereka…
    Dan mari kita semua bersiap kembali ke masa kegelapan, jangan mimpi ahm bakal ngeluarin motor dengan teknologi tinggi lainnya, ngapain juga riset bikin motor baru ngabisin duit aja sedangkan konsumen disini dikasih matic vario & beat aja sudah merasa canggih banget 😛

    Disukai oleh 2 orang

    • demon berkata:

      Lah emang matik sekelas ada yg lbh canggih dari vario dan beat??
      Coba sebutin donk

      Suka

      • karel berkata:

        Vario n beat emng ada immobilizer macem gt 125? Atau variable valve + abs macem nmax? Jadi orang ga usah buta2 amatlah..

        Suka

      • Hahaha berkata:

        Apa sih bagusnya vario sama beat?
        Nih gw ada beat dirumah. Kualitas plastik rombeng bener kayak ember lion star. Suara mesin lebih kasar dibanding kompetitor. Starter udah kayak petir. Harus pake ACG segala biar alus. Padahal motor kompetitor dari dulu starternya udah alus2.

        Masalah kenyamanan. Jok motor honda kerasnya bukan main. Ibarat duduk dipapan. Motor matic yamaha semua joknya empuk2. Belom lagi masalah detail kayak standar samping. Standar samping beat sering banget bikin baret kaki. Besinya tajem bukan main. Jangan buta sama produk laen kalo lo sendiri belom pernah make. Hwehwehwe.

        Suka

      • Roman Xclub berkata:

        Immobilizer cuma fitur untuk pendongkrak penjualan aja buktinya gak semua product GT125 dapet fitur itu tapi di waktu promo aja, VVA juga cuma gimmick aktualnya tarikan V150 gak beda signifkan sama N150

        Itu lah alasan kenapa sampai sekarang skutik honda masih tetap berjaya, liat fakta lapangan jangan teori kibul sales doang :v

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        VVA bikin kenceng om, dan masih bisa efisien, trust me, i’ve been there hehehe…

        Suka

    • Kobayogas berkata:

      wkwkwkwk habisan dibandingkan skutik sejenis dan sekelasnya emg ‘paling canggih’ …
      kompetitor mau ngikutin takut dibully ‘tukang niru’..
      padahal mah go on aja, kalau fitur sama/ mirip2 tinggal konsumen deh pilih mana

      Suka

    • Klingon V.2 berkata:

      jgn salahkan Honda klo laris manis

      salahkan kompetitor yg ga bisa bikin motor yg laku.

      Suka

  8. papa3r berkata:

    kelihatannya harapan kaum FBH tuh….
    tell me if I’m wrong…..

    BTW….
    Kalo ada peraturan Pemerintah yang mengatur pengadaan R2 “hanya” oleh H atau Y atau dll,….kaum FB_nya bersedia nggak?… 😛

    Suka

  9. terjadi galat berkata:

    Jadi ever lasting modelnya.

    Suka

  10. Xperia Z Ultra Black berkata:

    SkuTik premium belum… Sabar Mang… Tapi Honda kalah atau ngga pernah menang
    menang di “harga”

    Suka

  11. felitokia berkata:

    Produk Honda dibanding Yamaha bisa di bil seimbang! Cara memasarkan produknya, Yamaha semakin jauh tertinggal dibanding Honda. Honda skrg lebih peduli ke konsumennya beda dgn dulu, entah kl nanti….

    Suka

    • Hahaha berkata:

      Honda merajai MS bukan karena sekarang jadi lebih peduli kekonsumennya. Tapi karena sokongan dana dari astra yang berani kasih subsidi biar bisa DP 0%! Masalah pelayanan sori aje ye honda masih jauh tertinggal dibanding yamaha. Apalagi urusan sparepart. Hwehwehwe.

      Data aisi ini cuma data penjualan. Padahal kenyataannya ada banyak banget yang ditarik leasing.

      Suka

      • Roman Xclub berkata:

        Nih sales asal jeplak aja, di rumah gw ada motor honda dan yamaha gw selalu service semua motor gw ke bengkel resmi pelayanannya jauh lebih baik di ahass daripada di beres yamaha. Bahkan waktu gw mau beli motornya pun sales2 honda jauh lebih ramah dan sopan ketimbang sales yamaha yg cuek padahal penjualan motornya honda jauh mengungguli yamaha. Gw gak buta merk, gw beli motor dan mobil sesuai kebutuhan dan selera. Walaupun pada akhirnya mayoritas kendaraan di rumah gw itu honda itu

        Suka

      • Hahaha berkata:

        Lo pikir lo doank yang punya honda & yamaha?
        Ditempat gw pelayanan beres yamaha jauh lebih baik. Bahkan untuk urusan sparepart! Di ahass malah ditawarin sparepart KW karena stock kosong! Di beres yamaha stock kosong inden 2 hari juga beres tong! Masih bilang asal jeplak?

        Sales honda lebih ramah? Jelas. Dikepret DP 0%, cicilan sampe kiamat + bunga setinggi monas siapa yang ga seneng? Hwehwehwe. Beli motor 14jt cicilan sampe lunas jadi 22jtan. Untung aja FBH otaknya terlalu cetek buat mikir kesini. Kalo FBH pinter sales honda mau makan ape? Hwehwehwe.

        Suka

      • someone berkata:

        Kalau masalah cicilan sampe kiamat + bunga setinggi monas klo rasaku mah keuntungan buat pihak leasing, bukan ke salesnya, emang kalau DP jutaan sales ngga dapat untungkah ? Aku malah pernah baca sebagian DP itu buat bonus ke sales juga. Jadi kalau sales lebih ramah ngga semata-mata karena itu juga.

        Suka

      • Andri berkata:

        @Hahaha
        DP 0% sebenarnya bukan masalah,
        karena Yamaha juga ada penawaran DP 0% kok,
        kalau tidak percaya, coba main ke dealer Sentral Yamaha di Jl. Gajah Mada Jember, ada spanduknya gede
        bgt di situ.

        Suka

    • aulia berkata:

      MS honda merajai karena beberapa faktor : Dealer resmi dan tidak resmi Honda yg lebih banyak, sales2 Honda yg kuat sebagai penyokong terdepan dalam penjualan, image brand Honda sebagai motor irit dan handal yg masih lebih kuat dibanding Yamaha. image Yamaha hanya dikenal sebagai motor kencang

      Suka

  12. FBK berkata:

    Tunggu kebangkitan sijuki lagi 👻

    Suka

  13. martin berkata:

    itu foto pertama body belakangnya miring ya?
    wkwkwkwk…upppsssss

    Disukai oleh 1 orang

  14. paperiders berkata:

    seng jelas kualitas sudah menurun jauh dari pada era kunci roda U yang ada disamping depan kiri hahaha

    Suka

    • numpang_lewat berkata:

      kwalitas honda terbaik waktu masih di pegang federal motor…
      itu sajah
      d pegang AHM…..
      ancuuuuuurrr

      Suka

  15. Robert berkata:

    Om, minta ulasan ttg keluarga korban airbag gak ngembang vs produsen mobil…, keknya penting ini om buat d jabarin…

    Suka

  16. maen lumpur dong ….

    Suka

  17. yht2506 berkata:

    Mudah2an tdk terjadi monopoli….ular tangga saja…

    Suka

  18. pengkor berkata:

    tentu

    embekha bahagia

    dan epbeyek merana

    ngoahahahahahaha

    Suka

  19. vyzex berkata:

    Monopoli itu macam pln.
    Kalo di negara lain ada beberapa penyedia layanan listrik.Di sini cuma 1.

    Lalu haji. Itu juga monopoli. Di malaysia aja ada beberapa layanan naik haji. Di sini cuma ada satu.

    Kalo honda, yamaha, suzuki, dll, itu seperti operator telekomunikasi aja. Ada telkomsel, indosat, tri, dll. Di sini juga telkomsel yg menguasai.

    Soal kendaraan, kalo nggak suka ya nggak usah dibeli. Klo suka, ya beli aja.

    Zaman masih ada astrea yg nggak berubah dari era astrea prima sampai supra, itu adalah zaman federal motor dimana saham terbesar dikuasai oleh astra ( jadi ingat avanza xenia yg seadanya).

    Setelah krisis, federal motor udah nggak ada. Diganti ahm. Dan sejak era ahm, honda udah suka aneh-aneh. Supra aja dibikin 4 varian. Ada yg cakram, cakram manual clutch, lalu drum, drum manual clutch. Lalu membuka kelas baru di bebek dg mesin 125 cc. Juga mengimpor sonic walau terkesan cuma buat mainan.

    Kalo liat di matic dan bebek. Walaupun udah menguasai, mereka tetep inovatif. Vario dan beat diremajakan walau masih no 1 di kelas masing- masing.

    Harapannya ya mereka tetap seperti ini. Kalo enggak, ya udah. Beli aja yg lain. Walaupun itu viar sekalipun ( ngelirik motor trailnya). Hehe

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      tq opininya

      Suka

    • Andri berkata:

      @vyzex

      jaman Honda Astrea memang paling membosankan,
      tiap tahun cuma ganti striping dan cuma ada 1 pilihan warna saja.

      tapi kalau mau jujur, waktu itu hampir semua merk melakukannya.
      misalnya :
      Yamaha Alfa –> ganti striping –> Yamaha Alfa II.
      Suzuki RC100 –> ganti striping –> Suzuki Bravo.
      dan seterusnya.

      Suka

      • Kobayogas berkata:

        bener sih, tapi kalau gak salah nih, Suzuki kemudian naek ke tornado, terus Yamaha ke force 1.. Honda? Keukeuh Astrea Grand hehe.. kayaknya dia life cyclenya paling lama sebelum diganti kirana (sebentar) dan karisma ya?

        Suka

      • Andri berkata:

        iya,
        tapi terus resurrect lagi jadi Honda Legenda.

        Suka

  20. Hahaha berkata:

    Efeknya? Monopoli.
    1. Bisa pasang harga seenaknya.
    2. Kualitas diturunkan buat memaksimalkan profit margin.
    3. Pelayanan seadanya. Karena konsumen dianggap ga punya pilihan.
    4. Inovasi terhenti.

    Suka

  21. zizowo embro berkata:

    Wew 10 tahun lalu jaman supra X ya hahahahahahaha tiap tahun cuman ganti strip,, brojolah gen jupiter- jupit mx . Trus lahirlah sang raja sport vixion…… Tapi sayang matic nya tergusur oleh pasukan MaHo…. Sekarang udah mirip monopoli, saya di Jayapura pake beat nanya ke BeRes spare partnya aja kudu inden,,, wew.. Makanya saya biarin aja rang bukan motor saya, motor bos saya ini…

    Suka

  22. ki amat berkata:

    Kyknya udh gk ada jaman monopoli lg…konsumen indonesia udh pada cerdas koq…mereka milih motor yg memiliki desain ciamik dan value tertinggi..sbgai bukti gk semua produk honda menguasai market..bahkan di segmen 250 dikuasai kawasaki yg notabene bukan pabrikan sebesar honda dan yamaha…

    Suka

  23. dogol berkata:

    Mudah2 an yamaha bangkit selalu memberikan produk terbaik untuk menjaga persaingan agar konsumen bisa banyak pilihan.
    Ayo di beli motor yamaha 😊😁

    Suka

  24. bejoselamet berkata:

    Bener bgt om..monopoli market 70% tapi pelit jual sparepart terlebih yang slow moving. Aku pesen karet seal fuelpump beat fi aja mesti nunggu sebulan lebih,pdhl kl seal ini molor dikit aja bisa bikin kebakaran..untung bisa di akalin mekanik honda cengkareng 😦

    Suka

  25. address limited edison moto gp berkata:

    ini baru cerdas,,,,!! sudah di bahas sebelumnya sama juragan rondho aka gus tri,,,,!!!

    Suka

  26. olololo berkata:

    Jgn sampai la di monopoli khususnya varian sport kalau sampe maka kita mereka akan seenak kudel buat motor dengan harga yg tinggi, kualitas ambrol model katrok ampuunn dah. kalau metik orang cm liat nyaman dan iritnya aja makanya banyak. Kalau sport jgn sampe plis

    Suka

    • olololo berkata:

      Oh ya 1 lagi gw mending di kasih cewek yg cmieww kayak bonus artikel ini daripada di kasih produk apapun dari ahm terserah produk apapun dari ahm ataupun astra gw mending cew itu aja

      Suka

      • Kobayogas berkata:

        kalau gw sih mending dikasih motornya, jual dan dapat cewek kek gitu… 😀

        Suka

      • rider berkata:

        kalok itu sih namanya elo fanatik buta, ngohahahha, tp ngaku2 nya aja netral. malu la sama nongnong tong. ane mau dikasih motor apapun dari ahm, beat, vario, scoopy, verza, megapro, cb150r, cbr150, cbr250, kalok beneran dikasi cbr250 ya ane pakek, kalok dikasi matic ane jual, dapat duit kan. bodoh amat lo. orang2 yang begini ni yg buat ahm jd monopoli produk, orang2 buoodoh kayak olololo. fanatik buta.

        Suka

      • apa adanya berkata:

        Bhahahaha lebayogas blogger buaya spg

        Suka

    • Kobayogas berkata:

      dan itu terbukti sport nya smp skrg kan masih bisa dibilang memble… ibaratmya skutik = Honda, sport = Yamaha/ Kawasaki…

      Nah itu yg seharusnya dipertahankan oleh Yamaha, sambil terus gempur perlahan pasar skutik, perkuat pertahanan sportnya

      Suka

  27. SELALU SALAH berkata:

    Ini honda nya yg pintar apa kompetitornya yg pintar di mulut doang(lampaui c*cot mu)

    Suka

  28. Mase berkata:

    yg jelas kalau jln jln bakalan bosen… dijln cuma bs lihat honda honda dan honda…

    Disukai oleh 1 orang

  29. ms berkata:

    menurut saya bukan monopoly karena masih ada kompetitor.
    lebih tepatnya mendominasi.
    meski mendominasi saya rasa harus tetap mengikuti tren kalau nggak ingin dikalahkan kompetitor.

    Suka

  30. rider berkata:

    lebih bagus yamaha aja deh yg suru ngaca keadaannya gimana, buat mesin ya harus bener2 mesin, jgn asik desain aja yg di buat bagus, jupiter mx temen ane suara mesinnya udah kayak traktor, mekanik beres aja bingung. bodi masih bagus, mesin udah mau meledak

    Suka

    • apa adanya berkata:

      Komentar elo juga munapikun tong, fanatik buta juga lo tong. Hahahaha. Mesin honda ancor juga lu pake tapi lo nuntut pabrikan lain hrs sempurna mungkin. Yg kayak gini bikin bodoh konsumen.

      Suka

      • rider berkata:

        ngohahahaha. salesnya marah, emang ane ada bilangin mesin honda? cok baca lagi coment ane tong. ente keknya lg mencret ya? atau lg dapet? jd nya sensi begini. ane merasa kasian sama ente. dan satu lg, ane gak pake motor honda. gak usah di kasi tau deh motor ane apa. ntr di kira sok punya atau sok apa lah. cuman kalo ente mau bukak mata liat tu suara mesin jupiter mx keluaran pertama, mesin mio keluaran pertama, udah ga ada lg yg normal. semuanya udah macem suara traktor. semangat terus sebar brosurnya ya tong. hahaha jgn lupa bawak masker karna banyak abu di jalanan. hahahahah

        Suka

  31. goozir berkata:

    yang terjadi kembene mlorot mang kobay
    rossi dan para pesaingnya paska motogp le mans
    http://www.goozir.com/2015/05/rossi-dan-para-pesaingnya-setelah-balap-le-mans.html

    Suka

  32. harisnanggala berkata:

    ngeri kang, produk se-enak dia..

    Suka

  33. st3v4nt berkata:

    Kalau dikuasai semua lagi tanda2 produk barunya akan semakin jelek…..

    Suka

  34. Deny berkata:

    Kalo menurut saya bukan monopoli sih mang, toh tidak ada peraturan/regulasi pemerintah yang sengaja dibuat hanya untuk menguntungkan satu pabrikan atau merugikan satu pabrikan. Kondisi nya juga kan open competition, setiap pabrikan boleh mengeluarkan produk dengan semua value & inovasi nya, sejauh tidak bertentangan dengan peraturan pemerintah…ini sih lebih tepat nya dominasi yang kelewat mendominasi hehehe, semoga pabrikan lain bisa lebih “hidup” deh, biar rame nih persaingan…

    Suka

  35. Darkly berkata:

    Brati bsok jgn beli honda dong? -_-
    Iya sih, skrg honda catnya kurang bagus spare part jga mahal. Smoga nggak ada monopoli

    Suka

  36. wong deso berkata:

    kalo ane punya pandangan yg berbeda om kobay…

    pertama, isu pembelian yamaha dengan cara kredit…
    kedua, isu dp ringan dari honda
    ketiga, minda set konsumen

    nah, yg pertama kalo om kobay yg kerja di asuransi pasti mengerti kalo pembelian kredit pasti disertai asuransi selama masa kredit…. walaupun hanya TLO (kehilangan), setidaknya saat motor hilang, konsumen ga rugi rugi banget om…

    kedua, konsumen dan calon konsumen tergiur dengan dp murah, padahal cicilannya itu kalo dilunasin dapat dipastikan harga jauh lebih mahal dari harga asli….

    ketiga, mind set orang dari jaman dulu motor ya honda…
    irit ya honda…. padahal keiritan motor bedanya sesendok makan,
    dan honda ga berani umbar teknologi, cuma berani bilang irit.

    nah… sekarang kalo honda menguasai pasar ya berati kita ga kritis ttg keunggulan mesin honda itu sendiri….

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      kan belakangan diumbar PGM-Fi (peralihan karbu ke injeksi), terus sekarang menuju ke eSP..

      kredit ya? wah makasih masukannya.. buat next article

      Suka

    • bdt berkata:

      bener om, honda emang mungkin pelit teknologi,

      tapi honda kasih fitur yg mungkin sebenarnya harga murah,

      tapi konsumen suka, karena sedikit membantu,

      dan yamaha kasih teknologi mesin cepat, style cepat

      dimana kebanyekan org ngak selalu cepat

      Suka

  37. andikakusumaharyanto berkata:

    Klo ngobrol sama orang AHM, kata dia, klo honda sudah bisa mencapai paling tidak 70%, maka kemungkinan akan terjadi kejenuhan pasar, Persaingannya jadi ngak menarik….

    saya dak pernah beli merek H, hehehe….Yamaha pernah miara , Kymcho pernah miara, SYM masih dipelihara sisanya Yo Suzuki huhuyyy

    https://myskywave.wordpress.com/2015/05/20/suzuki-return-of-the-lost-bike-semoga-semua-benar-adanya/

    Suka

  38. anunya berkata:

    sebagai FBH & FBY kalian harus malu baca artikel ini

    R&D Pindah Ke Indonesia, Yamaha & Honda Coba “Akali” Pajak?
    http://fearlessyouthspirit.blogspot.com/2015/05/r-pindah-ke-indonesia-yamaha-honda-coba.html

    Reply

    Suka

  39. wtf170 berkata:

    Edun, 70,7%!! Suatu angka yang luar biasa dan sudah masuk ke ranah monopoli lads….
    ——–‘———‘
    monopoli apa dominasi?

    Suka

  40. rian box center palembang berkata:

    Yamaha harus nya jangan malu utk belajar / mengekor ke honda…terutama utk segmen motor matic.

    Honda aja meskipun Market leader ga malu utk belajar (niru) dari yamaha khususnya utk segmen motor sport.

    Coba deh compare matic honda vs matic yamaha, dipelajari knp kok matic honda jauhhh lebih laku… Masa RnD nya yamaha ga bisa dapetin benang merah atau clue knp matic honda lebih laku.

    Suka

    • apa adanya berkata:

      metik dan umumnya motor yamaha terlanjur tuduhan lebih boros susah bro.
      Antar merek saling tiru saling belajar dah pasti, dimetik bukannya yamaha yang duluan niru tp honda yang niru yamaha dan sukses. Maka yamaha jgn malu niru lagi. Ya ngga?

      Suka

  41. Tifarpus berkata:

    Menurut ane sih pertama dari lini jualnya, sales honda gak banyak cingcong mau kredit atau cash, ditambah rayuan dp yg aduhai sampai 0%…
    Sales yamaha banyak oknum yg busuk (tdk semua) suka upping price dan mempersulit cash, ditambah lagi dg inden tanpa kejelasan pd produk yg lg heboh…
    Hal berikutnya pd produknya, diluar ranah fb-fban, honda lebih jeli memberikan produk mana yg paling di inginkan konsumen.
    Imho, cmiiw

    Suka

  42. apa adanya berkata:

    Jikalau konsumen open mind biasanya sebelum beli diantara kedua pilihan, dia mencoba pinjam kduanya, rasakan perbedaan kelebihan kekurangan masing”. Namun susah diterapkan untuk konsumen yg terlanjur fanatik satu merek

    Suka

  43. bagolmeong berkata:

    Honda gituloh. Mesin kompresor aja Honda…

    Suka

  44. apa adanya berkata:

    Konsumen awam kebanyakan dihadapkan dua pilihan didepannya antara Honda dan Yamaha, maka dia akan pilih motor Honda. Diluar design, model, fitur dan teknologi apapun itu pasti Honda yang terpilih oleh si awam. Si awam beralasan motor Honda pasti irit BBM dan awet tahan lama. Itu kenyataan pahit buat merek lain. Jadi sesempurna apapun merek lain tidak akan digubris si awam itu.

    Suka

  45. handoyo berkata:

    ” ingat konsumen sekarang cerdas-cerdas… ”

    Saya masih ragu dg kalimat diatas, ukuran cerdasnya spt apa?
    Dari 2 juta orang pembeli beat, apakah mereka masuk kategori cerdas itu? (70% share ini terjadi karena low end matic kan?)

    Di segmen sport mungkin kita masih bisa meraba kecerdasan calon pembeli, ini juga berlaku pada produk lain dg harga > 20 juta.

    Yg saya takutkan, mayoritas calon pembeli memang terjebak dg marketing gimmick dan referensi teman, bukan karena kecerdasan mereka dalam memilih dan memutuskan.

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      memang gak semua, kita kerucutkan aja mereka yang melek teknologi, bukan yang cuma tau merek doang…

      Suka

    • Joko berkata:

      Bukannya pembeli kelas bawah malah cerdas ya? Mereka keuangannya terbatas, justru harus memperhatikan semua hal biar operasional irit.
      Yang nggak cerdas biasanya malah pembeli kelas atas. Contoh ekstrim, beli hd padahal jalannya sempit…
      Kalau kelas sport 150 – 250cc, menurutku baru kelas merasa cerdas, belum cerdas betulan. Karena masih lebih pertimbangan emosi drpd pertimbangan value.

      Suka

  46. ♚Slamet♚ berkata:

    Buahahahahhaha

    Mangkanya yakefet bikin motor yg nyaman ,sales yg ramah,beres yg bagus,jgn uping price

    Produknya sih 11-12 tp kenyamanan jauh sm hondet..

    Org gak perlu kenceng2an..yg penting nyaman ..

    Kenyamanan mahal harganya broh…

    Suka

  47. Luna trsyg berkata:

    Gw gak fanatik merk, pernah pake tiga merk (Honda, Yamaha, Suzuki), dan menurut gw setiap merk punya kelebihan dan kekurangan masing2, tinggal kita sebagai konsumen pintar2 memilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita, Ingat, kita punya motor untuk mempermudah hidup kita, bukan malah membuat hidup kita jadi sulit (cepet rusak, cicilan tinggi dll)

    Saat masih SMA gw masih suka kebut2an dan pengin gaya, pilihan saat itu adalah Suzuki RGR (yang menurut gw saat itu desainnya keren banget, udah kayak motor balap aja). Beranjak kuliah, gw butuh motor yang bisa diajak jarak jauh dan irit, karena RGR bensinnya boros banget. Pilihan gw saat itu ya Tiger 2000 yang bisa memenuhi kebutuhan gw. Sepuluh tahun bersama, si macan mulai rewel, mulai banyak jajan dan saat itu gw mulai jarang touring dan lebih sering bermacet2 di dalam kota. Gw butuh motor yang lebih ringan, tapi tetep bertenaga dan irit, serta desainnya oke. Pilihan gw saat adalah antara FU dan Jupe MX. Akhirnya gw milih jupe MX karena alasan lebih irit. Sampe gw berkeluarga dan punya anak, si Jupe masih setia menemani, hingga akhirnya kebutuhan gw berubah lagi. Sekarang gw butuh motor yang serba guna, bisa membawa barang banyak dan muat boncengan anak istri, dna si Jupe udah nggak bisa memenuhi kebutuhan gw, terpaksa gw jual dan untuk pertama kalinya gw beli matic, dengan berbagai pertimbangan, dan membandingkan dengan beberapa type dan merk matic (terutama antara Yamaha dan Honda) yang kira2 setara dari berbagai aspek, akhirnya gw meminang si Vario sampai sekarang. next kalo kebutuhan gw berubah lagi dan gw pengin beli motor baru, gw tetap gak akan liat merk , tapi liat kebutuhan dan kemampuan gw saat itu…

    Suka

  48. fakhri berkata:

    hemm
    Terlalu prematur d simpulkan mang
    Okelah zaman dlu seperti itu
    Kalau zaman skarang agak sulit d bayangkan jika kejadian masa lalu itu d bawa skarang
    Pokoknya gabisa d simpulkan
    😀

    Suka

  49. tomcat berkata:

    siap2 aja kembali ke jaman jahiliyah…dikasih motor jelek aja laku ngafain dikasih motor bagus

    Suka

  50. hadi berkata:

    Betullll tuh si @slamet

    Suka

    • apa adanya berkata:

      Betulll, emang stress dia nyales trs 😀

      Suka

      • ♚Slamet♚ berkata:

        Dr 2juta orang yg make beat kayaknya mereka gak pekok pekok amat kaya ente deh

        Guru,karyawan,emak2,anak sekolah ,bapak2,skrg rata2 pake nya beat

        Ngerti ora son?

        Nyaman ki larang regane …cocotmu iku ora nyaman koar2 sesembahanmu

        Buahahahah

        Suka

  51. Steve_Jobs (alm) berkata:

    apa sich yg dibanggain dri sparepart melimpah klo hnya sering bolak-balik masuk bengkel??
    Dulu pke supra fit sporty commutter, 2 bulan sekali ganti kampas rem depan. skrg pke Kebo 98, kampas rem uda 1,5 tahun masih gtu2 aja. mash enak buat late braking.

    Suka

  52. Adhe145 berkata:

    Wah, klo bener2 honda mendominasi ky dulu. Alamat kembali ke zaman kegelapan. Negara tetangga banyak varian motor, di kita motor cuma itu2 doang bertahun2.

    Suka

  53. sukmahandayani56 berkata:

    betullll bingiittzzz…

    kalo yg katanya honda ngamuk tenanan.. pasar sport telah di pegang mudah²an Era tiger gak brlanjut..

    nitip kangg
    ______________,_,_,_,_,_,_,__._.__
    Bagi pecintaa traveling pengguna smartphone..lowbatt sudah gak jaman..dapatkan powerbank murah hanya di sini.. https://sukmahandayani56.wordpress.com/2015/05/19/link-aksesoris/

    Suka

  54. blade-in berkata:

    Yang bilang Honda nyaman itu pantatnya terbuat dari papan kale ya? Honda maupun Yamaha, khususnya matik, dua-duanya kagak ada nyaman-nyamannya. Satu joknya super atos, satunya lagi socknya keras pake bingit. Yang satu, saat ngidupin pake bletak, satunya saat mulai jalan pake geter (walaupun kini dua-duanya sudah mulai diperhalus). So… No Product Perfect. Kenapa Honda berjaya? BRAND, BRAND, BRAND Bro! Orang Indonesia itu taunya motor ya Honda! (Plus berani kasih DP Rp 0 itu !!!)

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Wakakakaa.. Emang ada benernya, keduanya seperti saling melengkapi.. Honda suspensi nyaman dengan jok tipis (kecuali Scoopy – PCX ga diitung dia CBU) dan Yamaha Shock keras tapi busa tebal… Kecuali NMax, tipisnya mirip PCX tp kualitas busa baik.

      Cuma kalau jarak jauh, busa tebal Yamaha diduduki lama2 kempes..jd kerasnya suspensi lama2 jadi terasa..

      Suka

    • Kobayogas berkata:

      Oia soal brand, gak semua merek pertama menjadi sukses, bagusnya jepang mereka membuktikan produknya lbh murah, lbh hemat, lbh kuat dari eropa atau US punya, seiring waktu hal tersebut terbukti.. Jd orang dapet banget mindsetnya

      Di mobil itu toyota, di motor honda.. Pdhal mobil duluan itu chrysler, terus ada citroen, renault dll cmiiw.. Tp tyata toyota membuktikan dia lbh bandel dr brand laen.. Makanya mindsetnya kena banget terutama Kijang.. Pdhal jikang gada hemat2nya sbnrnya hehhee

      Suka

      • Adhe145 berkata:

        Toyota kijang… Favorit keluarga ane, terutama kijang grand 96, walo ada kapsul ato innova tetep kijang grand 96.
        Toyota forturner malah mobil idaman.

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        Kijang emang sesuatu, itu mobil dan namanya peletnya kuat pake binggo hehehe

        Suka

    • Joko berkata:

      Sudah dicoba, masih mending jok keras drpd suspensi keras. Nggak cuma bokong yang sakit, tangan juga sakit kalau suspensi keras.

      Suka

  55. Fbysmart berkata:

    Hahaha…
    Tukang BC dari warung spesialis BC iwebe pada datang kemari smua baik fby dan fbh. Mangkobay memang top dalam management “HITS” 😀

    tapi menurut ai bukan salah ahm tp salah ymh, sijuki dan kawski knapa blm bisa mengungguli ahm. Tp dibelahan negara manapun memang penjualan honda selalu diatas 50%. Di asean, amerika latin, afrika, asia, amerika, australia, eropa smuanya unggul honda.
    Tapi ingat penjualan ymha terbesar di dunia adalah di indonesia. Penjualan ymha di india sangat miris sekali cuman 3% tetapi di indo bs 20%

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Komen alhamdulillah rame dan terkontrol.. Saya seneng hehe.. Tp ke hits mah biasa aja mang, gak heboh euy hehhehee.
      Tp gak masalah saya seneng pada beropini bagus2.

      Suka

  56. niceguy berkata:

    Kalau diurut menurut saya kesalahan ini adalah warisan YMKI yang sekarang harus ditanggung YIMM. Nggak usah ngurusin honda, suzuki, kawasaki, dll…. urus diri sendiri aja dulu.
    Saat mio berjaya, apa yang dilakukan YMKI? bisa dibilang tidak ada alias nol besar. Harapan konsumen (terutama fby) agar fino segera masuk Indonesia tidak pernah digubris. Eh malah kompetitor yang muncul duluan dengan scoopy. Apa akibatnya? di satu sisi mio sudah mulai babak belur dihajar beat, malah tambah terpuruk dengan hadirnya scoopy. Ini juga membentuk image sebagian masyarakat (yang akses informasinya terbatas) bahwa honda adalah “pelopor” matic model retro dan bukan yamaha, sekali lagi saya tegaskan : BUKAN YAMAHA!!!
    Kalau sudah hancur lebur kayak begini, butuh effort yang amat sangat luar biasa dan tentu perlu waktu cukup panjang. Ya jelas bakal semakin lama waktu untuk recovery yamaha di Indonesia kalau melihat kelakuan sales/dealer seperti yang banyak dikeluhkan calon konsumen. Inilah akibatnya kalau keras kepala, ngeyel tidak mau dengerin suara konsumen.

    Suka

  57. RizaNinja13 berkata:

    Yg jelas kang kalo honda jd penguasa mayoritas lg ky dlu ane jamin bakal terulang lg “Zaman Kegelapan Dunia Roda 2 indonesia Jilid 2.0” ky taon 90’an n 2000’an awal, krn udh gx ada lg inovasi persaingan produk roda 2..

    Suka

  58. boa hancock berkata:

    Horeee!!! Malah bagus donk. Ntar cbr 150 modelnya cuma gitu2 aja selama 10 thn dan cuma ganti striping. Sangat value for money broo

    Suka

  59. dmnc berkata:

    modelnya minimal , stok sparepartsnya bisa maksimal 😀

    Suka

  60. matius berkata:

    kalo menurut saya sih. ga mungkin AHM bakal kembali ke “zaman kegelapan”. inget, sekarang arus informasi udah kenceng. honda thailand launcing motor baru juga kita-kita pada tau kan???. dan kompetitor sekarang udah gesit. coba aja tu beat ga facelit 5 tahun. dah abis dimakan sama mio pasti, sekarang bukan soal modal/resource. tapi soal kemauan atpm sendiri untuk bangkit. ymki udah membuktikan itu dengan mio dan vixion nya. padahal saat itu modal ymki ga besar kan???

    Intinya, stagnan == runtuh.

    Suka

  61. mbah_anom berkata:

    jangan dulu bilang mengusai semua lini kalo segmen belum terisi semua 😀 motor gerobak kan belum fi coba ahm :v ekwkwkeek
    —-
    https://mbah69anom.wordpress.com/2016/01/04/opini-gokil-viar-vsr-200-ituuu/

    Suka

  62. walawala berkata:

    kalo kabeghhh udah dikuasai ngahaem, juragan mending pensiun saza laghhh, wis ilmune juragan wis metu kabeghhh nganti brodhol kumise juragan

    ngah ngah ngah

    Suka

  63. triat berkata:

    kalo kabeghhh udah dikuasai ngahaem, juragan mending pensiun saza laghhh, wis ilmune juragan wis metu kabeghhh nganti brodhol kumise juragan

    ngah ngah ngah

    Suka

  64. B lmp berkata:

    Loh kata lek kobay after sales honda lebih terjamin? Tuh bnyk komentar susah sparepart? Pasti komentar hoax yah… Kan biar di ajak makan” hahaha

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      wkwkwkw, sejauh ay tau emang terjamin, bisa terjamin ada, bisa terjamin nunggunya lama wkwkwkwk..
      Tapi soal ini pernah ay utarain ke orang AHM pada satu kesempatan hehe

      Suka

  65. B lmp berkata:

    Terjamin KW nya lek kobay wkwk

    Suka

  66. walahdalah berkata:

    saya dulu termasuk FBH, tapi sudah tobat sejak beli beat fi, nyari part nya tidak semudah yang saya kira, part yang rusak juga yang tidak saya kira bakalan cepet rusak, efek terlalu dominan kali ya

    Suka

  67. B lmp berkata:

    saya dulu termasuk FBH, tapi sudah tobat sejak beli beat fi, nyari part nya tidak semudah yang saya kira, part yang rusak juga yang tidak saya kira bakalan cepet rusak, efek terlalu dominan kali ya
    _____________________

    jangan BC gan.. Kata lek kobay jga after sales AHM lebih terjamin… Hahaha

    Suka

  68. Kang Udin berkata:

    Hhhmmmmm,

    Jika yang terjadi mendominasi pasar 99% maka Indonesia akan seperti Film-Film Masa Depan, Contoh Star Trex.

    Motornya semua sama, bahkan nanti baju pun bisa sama putih-putih, dan tidak lupa juga memakai topi putih polet hijau yang bertuliskan (I Love Honda), pokonya semuanya serba sama. (Bip bip bep bep bop bop pip pip) sora na teh kiyeu.

    Ngiring guyon didiyeu ah…ulah di bully abi mah newbie. Hahahahaha,

    Suka

  69. Kang Udin berkata:

    Hhhmmmmm,

    Jika yang terjadi mendominasi pasar 99% maka Indonesia akan seperti Film-Film Masa Depan, Contoh Star Trex.

    Motornya semua sama, bahkan nanti baju pun bisa sama putih-putih, dan tidak lupa juga memakai topi putih polet hijau yang bertuliskan (I Love Honda), pokonya semuanya serba sama. (Bip bip bep bep bop bop pip pip) sora na teh kiyeu.

    Ngiring guyon didiyeu ah…ulah di bully abi mah newbie. Hahahahaha,

    Suka

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s