Kobayogas.com – Hola lads… Mengganti busi dengan tipe iridium tentunya mengharapkan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.. namun ternyata efek negatifnya juga ada lads!
Beberapa waktu lalu KBY sempat membahas langkah-langkah cara penggantian busi pada Honda New PCX lansiran tahun 2014. Pada artikel tersebut KBY juga menyebutkan busi yang lama digantikan oleh busi baru dengan tipe Iridium IU22.
Busi iridium dengan kode IU22 ini jika membaca literatur belum termasuk busi bertipe dingin, makin tinggi angkanya maka tipe atau karakter busi tersebut makin ‘dingin’. Kata dingin disini maksudnya adalah sang busi dapat bekerja menyerap serta melepas panas kepada sistem pendinginan lebih lambat dari busi standarnya..
Artikel Terkait: Honda New PCX Warna Hitam Masterpiece Matte Black, Keren Tapi Jangan Dibeli ya..
Busi bertipe lebih dingin dari standarnya sangat cocok digunakan di area yang memang cuacanya panas, dan mesin dengan komperesi tinggi (suhu ruang bakar yang tinggi). Efek negatif penggunaan busi bertipe dingin di temperatur rendah (<400C) akan menyebabkan “carbon fouling” yaitu penumpukan karbon di ruang bakar akibat si busi tidak dapat membakar dengan baik.
Nah setelah sekitar 200 km jarak yang ditempuh oleh Honda New PCX ini, KBY merasa sudah cukup tepat untuk berbagi apa yang dirasakan setelah mengganti busi standarnya dengan tipe iridium berkode IU22 di atas.. Berikut hasilnya lads dengan menggunakan butt o’meter alias feeling..
Efek Negatif Penggunaan Busi Iridium
- BBM yang tidak lebih irit alias nyaris sama saja. Penggunaan BBM pada Honda New PCX dengan busi standar menurut MID (Multi Information Display) adalah 1:42-44 tergantung jalan yang dilalui apakah sedang macet parah atau tidak. Dengan menggunakan busi iridium IU22, konsumsi BBM nya ya 1:43-45. Mirip-mirip toh?
- Keinginan geber gas melulu.. akibat tonjokan torsi yang kini lebih berasa dari bawah hingga atas, tentu membuat performa mesin New PCX menjadi lebih mantap. Akibatnya.. tangan kanan ini gatal ingin memutar throttle lebih banyak, apalagi jika melihat jalan lurus lads 😀
Ada efek negatif, biasanya ada efek positifnya juga dong? Okey cekidot efek positif penggunaan busi iridium IU22 pada Honda New PCX 2014..
- Menyalakan mesin terasa lebih ringan
- Mesin bersuara sedikit lebih halus terutama di pagi hari
- Mampu membantu menghilangkan gejala getar pada start awal
- Torsi sedikit lebih padat pada sentakan awal
- Tenaga ringan di putaran atas membuat top speed lebih mudah lagi di raih
Nah itulah efek negatif dan positif dari penggantian busi standar dengan iridium tipe IU22. Spesifikasi teknis dari New PCX sendiri a.l:
- Air filter sudah ganti ferrox
- Ban depan 100/80/14 dan ban belakang 120/70/14
- Pelumas mesin mobil Shell Helix Astra 10/30 API SN – ILSAF GF4
- BBM Pertamax atau setara RON 92
Hal Yang Harus Diperhatikan jikalau ingin menggunakan busi iridium:
- Ketahui kompresi mesin jadi bisa tahu butuh iridium jenis panas atau dingin
- Jangan menggunakan bbm jenis premium karena dapat mengurangi performa dan usia busi iridium
- Jangan dibersihkan menggunakan bensin/ solar, cukup amplas halus
- Ada tambahan?
Jadi kalau lads tidak mau mengalami efek negatifnya dari penggantian busi iridium, mendingan jangan deh.. 😀
Disclaimer: Result may vary depend on the type of your vehicle lads…
Baca juga artikel lainnya lads…
- Mencoba Tips Menghilangkan Getaran Tarikan Awal Pada All New Honda PCX
- Perbedaan Lampu Sein Yamaha NMax Smoke vs New Honda PCX Standar
- Mencoba Yamaha NMax Pakai BBM Pertalite, Kok Ga Enak?
- Satu Tahun Bersama New Honda PCX 150, Apa Kekurangan dan Kelebihannya?
- New Honda PCX Di Mata Para Wanita..Kompak Berkata Lebih Elegan dan Mewah
- Jangan Ganti Busi Motor Lads Dengan Iridium!! Berikut Efek Negatifnya…
- Komparasi Performa Lampu LED Yamaha NMax dan Honda New PCX, Beda Tipis-Tipis Saja
- Aliran Divergent: Setelah Scoopy FI Kini Saatnya New PCX Pakai Oli ‘Sesat’..! Impresi Pemakaian Awal
- Tips: Begini Cara Memasang Sling Kawat Helmet Holder Pada New Honda PCX…
- Modifikasi Honda PCX – Ini Dia Tips Untuk Menaikkan Performanya
Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…
Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com
Contact me at…
email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
KobaYogas from WordPress for Android
busi ane masih standar
http://orongorong.com/2015/06/01/ini-dia-perbedaan-spesifikasi-antara-yamaha-r25-dan-yamaha-mt-25/
SukaSuka
geuning gs loba nu jemur,aku ketinggalan lads 😳 http://bontot.net/2015/06/03/livery-movistar-di-tiga-matic-honda-konsep-modifikasi/
SukaSuka
Nice info? Sempat kepikiran latah ikutan pake tadinya
Kelebihan Benelli Tornado TNT15 Dibandingkan Dengan Honda Verza – http://wp.me/p4OJM5-Ev
SukaSuka
kok gak tombol like sie
SukaSuka
masa?
SukaSuka
lemot nih baru nongoll bangg, matur maaf yaaaa :v
SukaDisukai oleh 1 orang
ahhh somse nih amama, kebanyakan melototin bacan 😛
SukaSuka
saya enggak suka bacan juragan, saya suka yang ijo garut, yang bermata dua
SukaSuka
wkwkwkwkwk
SukaSuka
nanti IRITASI
SukaSuka
piston bisa pecah… temen pernah kejadian…
Lebih dekat dengan Yamaha MT-09: http://wp.me/p1eQhG-1dW
SukaSuka
kalau apa?
SukaSuka
PISTON PECAH KALO KWALITAS ABAL2
SukaSuka
1. shell helix astra
2. coba pake premium, pasti nampol
3. harganya mahal
4. khusus pcx saja
5, motor lokal sama saja
6. khusus motor mahal ( dihamalin )
7, khusus lek gas saja
SukaSuka
wakakakaka… fitur berbahaya
SukaSuka
bahaya
SukaSuka
Umur busi iridium bisa lebih pendek. Bisa saja busi iridium terasa lebih enak karena busi yang lama nggak cocok dengan bensin yang dipergunakan.
Soal tenaga, perasaan tidak bisa diandalkan. perlu di cek dengan uji 0-100, top speed atau semacamnya.
SukaSuka
oh tentu, ini make butt o’meter… Busi Iridium jangan pake premium.. tq nanti ay tambahin ya
SukaSuka
yg pojok kanan bawah putih y..
SukaSuka
haisssss
SukaSuka
buseeeetttt wkwkwkk http://bontot.net/2015/06/03/velg-cb150r-facelift-gamblang-banget-nih-bro/
SukaSuka
gagal paham… positip semua XD
SukaSuka
Yg sutandar aja, paling naik kelas ke yg platinum
http://78deka.com/2015/06/03/tanggapan-untuk-protes-hrc-ianonne-beruntung-tidak-jump-start-salahkan-lampu-start-mugello/
SukaSuka
yg bagus denso iridium (125 rb) lebih mahal > ngk (80-100rb), dn mnurut ane emang lebih enak denso lebih awet dn tahan kerak, lebih rapat dn fokus, sdh ane pasang di cbsf ane om ditambah pke koil ber ground strap bikinan sendiri pengapian jdi lebih biru dn fokus
SukaSuka
Wah mantep juga nih
SukaSuka
OEM ajah,,,
SukaSuka
Sekalian kasih koil TCI biar makin joss!
SukaSuka
Eh yg mana ya itu
SukaSuka
koil khusus injeksi bro.
Yang umum dipake kawahara tci sama protec/ultraspeed.
SukaSuka
nyossss
SukaSuka
Kalau koil ktc, uma vs protec gt kr2 oke mana y?
SukaSuka
Ga mau Iridium, sy penginya yang beryodium, wkwk….
SukaSuka
garem kali wkwkwkkw
SukaSuka
Ndlosor dulu baru dikasih yodium
SukaSuka
daripada pake busi iridium mending pake busi platinum saja .. lumayan buat naekin torsi & cocok banged buat perjalanan luar kota ..
SukaSuka
platinum juga oke, cuma kalau buat motor imo sih mending iridium karena cuma beli sebiji atau 2 (utk 2 silinder)..
Apalagi kalau proses gonta ganti si busi sulit/ ribet…
Karena sebenarnya keunggulan utama iridium itu bukan api yang besar, tapi daya tahannya..
Nah kalau di mobil, ay prefer platinum, pertama businya 8 biji di si njess lawas (modar kan kalau kudu beli 8 biji wkwkwkwk)… Kedua, isi bbmnya premium.. jadi platinum lebih tahan dan performa dapat.
Ketiga, udah pernah coba pake iridium tapi performa dan daya tahannya malah 11-12 dengan platinum…(ini akibat isi premium terus)…
SukaSuka
kerenn gan … jadi lebih tau skrg . makasih infonya 😉 suksess slalu ya
SukaSuka
thanks juga udah mampir ya
SukaSuka
masih pakai yang standar aja bang…
SukaSuka
disesuaikan aja kang 🙂
SukaSuka
setau ane iridium malah gak boleh dibersihin deh, katanya lapisan iridiumnya bisa ilang…cmiuw… 🙂
SukaSuka
sewajarnya aja sih intinya mang 🙂
SukaSuka
Emank klo iridium vs chopper walau ukuran heat range sama2 di 22 tp iridium lebih dingin. Contoh motor sutandar klo mo diganti ma iridium harus setel pilot air screw (setelan angin) dikarbu dibikin kering, klo injeksi ya setel CO’y dibikin minus atau sedikit semburan bahan bakar’y, disesuaikan dengan muka sampeyan, eh muka busi’y warna cokelat bata, gitu kang kobay.
SukaSuka
mantaaappppp!!! Suwun nuhun tambahannya mangbrow
SukaSuka
lebih banyak positifnya toh?
http://peysblogcorner.com/2015/06/02/miniatur-honda-cb150r-2015-sudah-ready/
SukaSuka
wkkwkkwkwk
SukaSuka
Kalau buat.honda CBR 150 CBU ane cocok yang mana kang.?
SukaSuka
nah ini dia, gak tau wkwkkwwk… maaf ya
SukaSuka
@anwar :
Klo ga slh ky vixion ukuran’y, klo NGK CR8E & Denso U24. Klo masih standar klo ga mo ubah CO (klo injeksi), seting angin (klo karbu) turun angka 1 step. klo denso iridium pake IU22.
Enak’y sih mas bro cari aja thread kaskus yg ngebahas modif CBR.
Ky ane suka mantengin kaskus Jupiter MX.
SukaSuka
Review Produk RESPIRO melalui Touring Jawa – Bali – Lombok http://motobikerz.com/archives/12120 via @motobikerz
SukaSuka
itu mah namanye bukan kekurangaan bang kobaaaaayyy .. itu bonus namanye …
pertanyaannye yee mama dede, kalo skuprit karbu cucoknya nomer brape ??
SukaSuka
wah coba tanya ama yang ahli porkas 😛
SukaSuka
Harga mahal ngga di cantumin….
SukaSuka
kelupaan 😀
SukaSuka
bisa jadi referensi buat nambah tenaga si ijum nih…
SukaSuka
geber paannn
SukaSuka
Setahu saya busi iridium gak boleh diamplas om
SukaSuka
Ga boleh atuh, disikat aja, tp jgn sikat yg bulu’y almu, sikat gigi jg boleh sambil dilap biar kinclong.
SukaSuka
Sippppp
SukaSuka
saya pernah pakai busi ini saat itu masih pake satria f. Efek negatifnya motor sering mati kalo ujan dan kalo abis di cuci susah di hidupkan. Alhamdulilah sekarang udah pake rr mono
SukaSuka
Terlalu dingin mgkin? Tinggal dmn?
SukaSuka
Di bandung kang
SukaSuka
nah berarti kirang cocok mang, busi iridiumnya pake tipe apa? mungkin terlalu tinggi angkanya (masuk ke busi dingin), jadi pelepasan panasnya lambat
SukaSuka
FU itu jk diajak becek2an siraja modar alias mudah mati sendiri itu bukan dari businya ttp dr cop businya mudah kmasukan air,,makanya FU jgn diajak hujan2an plg deras gmpang modar..jd cop businya yg sharga 100rb lewat tp mudah kmasukan air, konsleting tuh tegangan listriknya dr coil (ngeground)
SukaSuka
Absen aj om
Busiku masih sutandar ria haha
SukaSuka
wah cbsf mah cucuok banget
SukaSuka
ahaha emang kobay segala dioplos pcxnya kasih tuh entar nangis minta jajan
SukaSuka
oplosan oplosan
SukaSuka
hahahha juozz yang penting wenak tenan
SukaSuka
setuju, ni busi emang sensitif banget sama bahan bakar. pakek premium dijamin 2 bln tewas, pengalaman di supra.
SukaSuka
Numpang tanya mas, klo mio sporty itu sebaiknya pake busi iridium yang tipe panas apa yg tipe dingin ya mas? Trims
SukaSuka
Standar wae..aman..
SukaSuka
Om, Filter Udara Ferrox, beli dimana? ada buat New Mega Pro karbu ga yak?
SukaSuka
Tar ya ay cek ay jualan kok.. Ada nomor kontak? Tar ay japri ya.. Kisaran biasanya untuk sport 150 300-450
SukaSuka
Ini yang om kobay beli pas tumplek blek kemarin ya?
SukaSuka
Iya
SukaSuka
hm..sudah kuduga 😀
Managed WordPress Hosting 4 Blogger
SukaSuka
😂😂
SukaSuka
berapapun ukuran businya yang penting bisa tahan lama. dijamin lebih memuaskan. #eh…. 😀
________________
http://indoautoblog.com/2015/06/03/yuk-mampir-spbu-muri-tegal/
SukaSuka
Setuju hahhahaha
SukaSuka
standar aja ah…lha wong spacy kok motornya….hehehe…
—————–
SukaSuka
kebayang pulsar ns saya 3 biji kalo pake iridiun gmn yak? ada yg udh nyoba?
SukaSuka
nah tu dia hahaha.. saran aja nih sekaligus tes, kbusi utama pake iridium, busi secondary pake platinum
SukaSuka
atau sekunder pake sodium, utama pake uranium :v
SukaSuka
mending pake adamantium
SukaSuka
tak panggil pak ya (karna sudah beranak) , kalo busi dingin itu nomer 22 ya pak? berarti kalo busi panas nomer berapa saja? maklum masih ga ngeh nomer2 busi 😀 … kadang toko sparepart cuma tahu asal jual saja 😀
SukaSuka
22 itu masih kategori normal utk ukuran iridium, meski kalau dikomparasikan dengan busi bawaan standar memang IU22 lebih dingin..
Makin kecil angkanya makin panas (untuk merek denso)
SukaSuka
Komparasi busi standard ke iridium – Denso
http://www.denso.com.my/content/product.php?tid=2&cid=1&rid=4
SukaSuka
Kang, ari busi iridium bukannya busi spek kompetisi ya? beda jeung Platinum yg memang buat harian. Jadi bukannya bakal lebih bagus daya tahannya si Platinum?
btw Hayate ane kl dipanasin pertama kali di rpm tinggi sok ngebul. jgn2 apinya kecil ya?
SukaSuka
gak kok bukan busi spek kompetisi… biasa aja sebenernya.. walau ada juga yang double iridium misalnya.. cocok buat spek balap.
Saya lagi buat draft artikelnya, nanti malam deh ya
SukaSuka
asik, artikel pelengkap hehehe 😀
SukaSuka
judulna sesuatu pisan mang hahaha
SukaSuka
telat mang
SukaSuka
jangan ganti busimotor pake curuk mitoha ! berikut efeknya 😀
_________
SukaSuka
huahahahahha
SukaSuka
klik atuh 😀
SukaSuka
busi iridium dipake pada motor 4 tak gak akan terasa apa2,coba pake di motor 2 tak baru tau keganasannya..tapi itu pake seminggu mati
SukaSuka
lha? kok gitu ya
SukaSuka
“Jangan dibersihkan menggunakan bensin/ solar, cukup amplas halus”
Cara kuno banget, Om.
Pakai contact cleaner dong ……
SukaSuka
sip kl ada yg lbih mantap om …
SukaSuka
keknya perlu ditest nih lawan revo 100 😀 😀 😀 😀
SukaSuka
wah ampuunnn
SukaSuka
Efek positifnya lebih banyak euy.. Lagian efek negatifnya jg kaya bukan efek negatif itu mah 😀
—————–
http://travelmotoblog.com/2015/06/04/membandingkan-yamaha-grand-filano-dengan-vespa-s-125-3v-i-e/
SukaSuka
enya wkwkwkwkkw
SukaSuka
efek,e medeniii kangg……..
http://bikerscungkring.blogspot.com/
SukaSuka
iridium mah jangan dibersiin pake amplas.. ntr lapisan iridiumnya terkikis, semprot angin bertekanan doang.
SukaSuka
siap ommm tq
SukaSuka
Busi Iridium DENSO itu bagian Iridiumnya bukan lapisan/coating, tp emang full batang iridium berukuran 0,4 mm yg dilas dgn teknologi laser ke centrr electrode berbahan logam lain, jd cuma ujungnya aja iridium (disambung),,, Karena kalo logam lain dibikin sekecil itu diameternya pasti meleleh,,,
SukaSuka
Ping balik: Tematis Busi: Penggunaan Busi Iridium, Why Should, Why Should Not? | KobaYogas.COM
Ping balik: Tematis Busi Iridium: Pengaplikasian Untuk Race, Seberapa Penting? | KobaYogas.COM
Ping balik: Servis Pertama Yamaha NMax, Pakai Busi Iridium CBR 250 dan Pelumas Divergent Lads | KobaYogas.COM