Jangan Ganti Busi Motor Lads Dengan Iridium!! Berikut Efek Negatifnya…


denso iridium new pcx

Kobayogas.com – Hola lads… Mengganti busi dengan tipe iridium tentunya mengharapkan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.. namun ternyata efek negatifnya juga ada lads!

Beberapa waktu lalu KBY sempat membahas langkah-langkah cara penggantian busi pada Honda New PCX lansiran tahun 2014. Pada artikel tersebut KBY juga menyebutkan busi yang lama digantikan oleh busi baru dengan tipe Iridium IU22.

Tips: Langkah-Langkah Mengganti Busi Honda New PCX 150

Busi iridium dengan kode IU22 ini jika membaca literatur belum termasuk busi bertipe dingin, makin tinggi angkanya maka tipe atau karakter busi tersebut makin ‘dingin’. Kata dingin disini maksudnya adalah sang busi dapat bekerja menyerap serta melepas panas kepada sistem pendinginan lebih lambat dari busi standarnya..

Artikel Terkait: Honda New PCX Warna Hitam Masterpiece Matte Black, Keren Tapi Jangan Dibeli ya..

Busi bertipe lebih dingin dari standarnya sangat cocok digunakan di area yang memang cuacanya panas, dan mesin dengan komperesi tinggi (suhu ruang bakar yang tinggi). Efek negatif penggunaan busi bertipe dingin di temperatur rendah (<400C) akan menyebabkan “carbon fouling” yaitu penumpukan karbon di ruang bakar akibat si busi tidak dapat membakar dengan baik.

Nah setelah sekitar 200 km jarak yang ditempuh oleh Honda New PCX ini, KBY merasa sudah cukup tepat untuk berbagi apa yang dirasakan setelah mengganti busi standarnya dengan tipe iridium berkode IU22 di atas.. Berikut hasilnya lads dengan menggunakan butt o’meter alias feeling..

Efek Negatif Penggunaan Busi Iridium

  • BBM yang tidak lebih irit alias nyaris sama saja. Penggunaan BBM pada Honda New PCX dengan busi standar menurut MID (Multi Information Display) adalah 1:42-44 tergantung jalan yang dilalui apakah sedang macet parah atau tidak. Dengan menggunakan busi iridium IU22, konsumsi BBM nya ya 1:43-45. Mirip-mirip toh?
  • Keinginan geber gas melulu.. akibat tonjokan torsi yang kini lebih berasa dari bawah hingga atas, tentu membuat performa mesin New PCX menjadi lebih mantap. Akibatnya.. tangan kanan ini gatal ingin memutar throttle lebih banyak, apalagi jika melihat jalan lurus lads 😀

Ada efek negatif, biasanya ada efek positifnya juga dong? Okey cekidot efek positif penggunaan busi iridium IU22 pada Honda New PCX 2014..

  • Menyalakan mesin terasa lebih ringan
  • Mesin bersuara sedikit lebih halus terutama di pagi hari
  • Mampu membantu menghilangkan gejala getar pada start awal
  • Torsi sedikit lebih padat pada sentakan awal
  • Tenaga ringan di putaran atas membuat top speed lebih mudah lagi di raih

Nah itulah efek negatif dan positif dari penggantian busi standar dengan iridium tipe IU22. Spesifikasi teknis dari New PCX sendiri a.l:

  • Air filter sudah ganti ferrox
  • Ban depan 100/80/14 dan ban belakang 120/70/14
  • Pelumas mesin mobil Shell Helix Astra 10/30 API SN – ILSAF GF4
  • BBM Pertamax atau setara RON 92

Hal Yang Harus Diperhatikan jikalau ingin menggunakan busi iridium:

  • Ketahui kompresi mesin jadi bisa tahu butuh iridium jenis panas atau dingin
  • Jangan menggunakan bbm jenis premium karena dapat mengurangi performa dan usia busi iridium
  • Jangan dibersihkan menggunakan bensin/ solar, cukup amplas halus
  • Ada tambahan?

Jadi kalau lads tidak mau mengalami efek negatifnya dari penggantian busi iridium, mendingan jangan deh.. 😀

Disclaimer: Result may vary depend on the type of your vehicle lads…

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

KobaYogas from WordPress for Android

Tentang Kobayogasblog

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

111 Balasan ke Jangan Ganti Busi Motor Lads Dengan Iridium!! Berikut Efek Negatifnya…

  1. Blank Canvas berkata:

    nanti IRITASI

    Suka

  2. ardiantoyugo berkata:

    piston bisa pecah… temen pernah kejadian…

    Lebih dekat dengan Yamaha MT-09: http://wp.me/p1eQhG-1dW

    Suka

  3. ipanase berkata:

    1. shell helix astra
    2. coba pake premium, pasti nampol
    3. harganya mahal
    4. khusus pcx saja
    5, motor lokal sama saja
    6. khusus motor mahal ( dihamalin )
    7, khusus lek gas saja

    Suka

  4. sucahyoaji berkata:

    Umur busi iridium bisa lebih pendek. Bisa saja busi iridium terasa lebih enak karena busi yang lama nggak cocok dengan bensin yang dipergunakan.

    Soal tenaga, perasaan tidak bisa diandalkan. perlu di cek dengan uji 0-100, top speed atau semacamnya.

    Metoda ampuh yang bisa membantu Kawasaki Ninja 2tak 150R lolos standard emisi Euro3

    Suka

  5. prieantara berkata:

    yg pojok kanan bawah putih y..

    Suka

  6. imotorium berkata:

    gagal paham… positip semua XD

    Suka

  7. the comment berkata:

    yg bagus denso iridium (125 rb) lebih mahal > ngk (80-100rb), dn mnurut ane emang lebih enak denso lebih awet dn tahan kerak, lebih rapat dn fokus, sdh ane pasang di cbsf ane om ditambah pke koil ber ground strap bikinan sendiri pengapian jdi lebih biru dn fokus

    Suka

  8. urang bogor berkata:

    OEM ajah,,,

    Suka

  9. Hahaha berkata:

    Sekalian kasih koil TCI biar makin joss!

    Suka

  10. petirabang berkata:

    Ga mau Iridium, sy penginya yang beryodium, wkwk….

    Suka

  11. Besok Siang berkata:

    daripada pake busi iridium mending pake busi platinum saja .. lumayan buat naekin torsi & cocok banged buat perjalanan luar kota ..

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      platinum juga oke, cuma kalau buat motor imo sih mending iridium karena cuma beli sebiji atau 2 (utk 2 silinder)..
      Apalagi kalau proses gonta ganti si busi sulit/ ribet…

      Karena sebenarnya keunggulan utama iridium itu bukan api yang besar, tapi daya tahannya..

      Nah kalau di mobil, ay prefer platinum, pertama businya 8 biji di si njess lawas (modar kan kalau kudu beli 8 biji wkwkwkwk)… Kedua, isi bbmnya premium.. jadi platinum lebih tahan dan performa dapat.
      Ketiga, udah pernah coba pake iridium tapi performa dan daya tahannya malah 11-12 dengan platinum…(ini akibat isi premium terus)…

      Suka

  12. christfridhobenz berkata:

    kerenn gan … jadi lebih tau skrg . makasih infonya 😉 suksess slalu ya

    Suka

  13. masih pakai yang standar aja bang…

    Suka

  14. gilaroda2 berkata:

    setau ane iridium malah gak boleh dibersihin deh, katanya lapisan iridiumnya bisa ilang…cmiuw… 🙂

    Suka

  15. Adhe145 berkata:

    Emank klo iridium vs chopper walau ukuran heat range sama2 di 22 tp iridium lebih dingin. Contoh motor sutandar klo mo diganti ma iridium harus setel pilot air screw (setelan angin) dikarbu dibikin kering, klo injeksi ya setel CO’y dibikin minus atau sedikit semburan bahan bakar’y, disesuaikan dengan muka sampeyan, eh muka busi’y warna cokelat bata, gitu kang kobay.

    Suka

  16. Anwar berkata:

    Kalau buat.honda CBR 150 CBU ane cocok yang mana kang.?

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      nah ini dia, gak tau wkwkkwwk… maaf ya

      Suka

    • Adhe145 berkata:

      @anwar :
      Klo ga slh ky vixion ukuran’y, klo NGK CR8E & Denso U24. Klo masih standar klo ga mo ubah CO (klo injeksi), seting angin (klo karbu) turun angka 1 step. klo denso iridium pake IU22.
      Enak’y sih mas bro cari aja thread kaskus yg ngebahas modif CBR.
      Ky ane suka mantengin kaskus Jupiter MX.

      Suka

  17. motobikerz berkata:

    Review Produk RESPIRO melalui Touring Jawa – Bali – Lombok http://motobikerz.com/archives/12120 via @motobikerz

    Suka

  18. ardee berkata:

    itu mah namanye bukan kekurangaan bang kobaaaaayyy .. itu bonus namanye …

    pertanyaannye yee mama dede, kalo skuprit karbu cucoknya nomer brape ??

    Suka

  19. ipy berkata:

    Harga mahal ngga di cantumin….

    Suka

  20. vanz.motoblog berkata:

    bisa jadi referensi buat nambah tenaga si ijum nih…

    Suka

  21. gondhes berkata:

    Setahu saya busi iridium gak boleh diamplas om

    Suka

  22. Jenset robin berkata:

    saya pernah pakai busi ini saat itu masih pake satria f. Efek negatifnya motor sering mati kalo ujan dan kalo abis di cuci susah di hidupkan. Alhamdulilah sekarang udah pake rr mono

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Terlalu dingin mgkin? Tinggal dmn?

      Suka

    • Hendro berkata:

      FU itu jk diajak becek2an siraja modar alias mudah mati sendiri itu bukan dari businya ttp dr cop businya mudah kmasukan air,,makanya FU jgn diajak hujan2an plg deras gmpang modar..jd cop businya yg sharga 100rb lewat tp mudah kmasukan air, konsleting tuh tegangan listriknya dr coil (ngeground)

      Suka

  23. New bonn djoovy berkata:

    Absen aj om
    Busiku masih sutandar ria haha

    Suka

  24. arief karburator berkata:

    ahaha emang kobay segala dioplos pcxnya kasih tuh entar nangis minta jajan

    Suka

  25. supra 2002 ku awet rajet berkata:

    setuju, ni busi emang sensitif banget sama bahan bakar. pakek premium dijamin 2 bln tewas, pengalaman di supra.

    Suka

  26. ibnu berkata:

    Numpang tanya mas, klo mio sporty itu sebaiknya pake busi iridium yang tipe panas apa yg tipe dingin ya mas? Trims

    Suka

  27. Mas Sayur berkata:

    Standar wae..aman..

    Suka

  28. dedisuryana berkata:

    Om, Filter Udara Ferrox, beli dimana? ada buat New Mega Pro karbu ga yak? :mrgreen:

    Suka

  29. Ini yang om kobay beli pas tumplek blek kemarin ya?

    Suka

  30. EYD berkata:

    hm..sudah kuduga 😀

    Managed WordPress Hosting 4 Blogger

    Managed WordPress Hosting by Sejutaumat

    Suka

  31. indoautoblog berkata:

    berapapun ukuran businya yang penting bisa tahan lama. dijamin lebih memuaskan. #eh…. 😀

    ________________

    http://indoautoblog.com/2015/06/03/yuk-mampir-spbu-muri-tegal/

    Suka

  32. yht2506 berkata:

    standar aja ah…lha wong spacy kok motornya….hehehe…
    —————–

    Motor Peugeot Dipastikan Masuk Indonesia Dengan 3 Varian

    Suka

  33. arczzuchruf berkata:

    kebayang pulsar ns saya 3 biji kalo pake iridiun gmn yak? ada yg udh nyoba?

    Suka

  34. johan berkata:

    tak panggil pak ya (karna sudah beranak) , kalo busi dingin itu nomer 22 ya pak? berarti kalo busi panas nomer berapa saja? maklum masih ga ngeh nomer2 busi 😀 … kadang toko sparepart cuma tahu asal jual saja 😀

    Suka

  35. dmnc berkata:

    Kang, ari busi iridium bukannya busi spek kompetisi ya? beda jeung Platinum yg memang buat harian. Jadi bukannya bakal lebih bagus daya tahannya si Platinum?
    btw Hayate ane kl dipanasin pertama kali di rpm tinggi sok ngebul. jgn2 apinya kecil ya?

    Suka

  36. mbah_anom berkata:

    jangan ganti busimotor pake curuk mitoha ! berikut efeknya 😀
    _________

    BEBEK “SPORT” BERMUNCULAN ! TORMAX DIMANA KAU BERADA ?

    Suka

  37. ronald berkata:

    busi iridium dipake pada motor 4 tak gak akan terasa apa2,coba pake di motor 2 tak baru tau keganasannya..tapi itu pake seminggu mati

    Suka

  38. 4nd1 berkata:

    “Jangan dibersihkan menggunakan bensin/ solar, cukup amplas halus”

    Cara kuno banget, Om.

    Pakai contact cleaner dong ……

    Suka

  39. rayman95 berkata:

    keknya perlu ditest nih lawan revo 100 😀 😀 😀 😀

    Suka

  40. barrabaa berkata:

    Efek positifnya lebih banyak euy.. Lagian efek negatifnya jg kaya bukan efek negatif itu mah 😀

    —————–
    http://travelmotoblog.com/2015/06/04/membandingkan-yamaha-grand-filano-dengan-vespa-s-125-3v-i-e/

    Suka

  41. denz berkata:

    iridium mah jangan dibersiin pake amplas.. ntr lapisan iridiumnya terkikis, semprot angin bertekanan doang.

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      siap ommm tq

      Suka

    • Lukman berkata:

      Busi Iridium DENSO itu bagian Iridiumnya bukan lapisan/coating, tp emang full batang iridium berukuran 0,4 mm yg dilas dgn teknologi laser ke centrr electrode berbahan logam lain, jd cuma ujungnya aja iridium (disambung),,, Karena kalo logam lain dibikin sekecil itu diameternya pasti meleleh,,,

      Suka

  42. Ping balik: Tematis Busi: Penggunaan Busi Iridium, Why Should, Why Should Not? | KobaYogas.COM

  43. Ping balik: Tematis Busi Iridium: Pengaplikasian Untuk Race, Seberapa Penting? | KobaYogas.COM

  44. Ping balik: Servis Pertama Yamaha NMax, Pakai Busi Iridium CBR 250 dan Pelumas Divergent Lads | KobaYogas.COM

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)