Kobayogas.com – Salam geber lads… Masih membahas kelanjutan seputar busi iridium nih.. Sebenarnya sesignifikan apa sih pengaplikasian busi iridium pada mesin kendaraan baik roda dua atau empat? Yuk bahas sedikit…
Dipercaya kalau penggunaan busi iridium itu dapat menaikkan tenaga mesin secara signifikan, benarkah demikian? Ya dan tidak.. Jadi why should and why should not kita mengganti busi standar chopper dengan iridium?
Ya, busi iridium dapat menaikkan tenaga secara signifikan jika kondisi mesin sudah oprekan karena tentunya disertai ubahan pada sektor lain.. tapi tidak signifikan jika mesin masih standar. Ada perubahan tapi tidak sedahsyat yang diperkirakan. Lagipula, syarat agar busi iridium dapat bekerja maksimal sudah KBY sebutkan pada artikel sebelumnya, salah satunya ya penggunaan jenis BBM beroktan tinggi.. tanpa itu ya percuma lads..
Jangan mengganti busi standar dengan iridium lads! simak efek negatifnya..
Jika pada roda empat, penggunaan busi tipe iridium sebenarnya lebih kepada durabilitas usia pakai si spark plug itu sendiri dan menghindari seringnya bongkar pasang busi saat dilakukan service berkala.. Mengapa demikian? Karena pada mobil-mobil modern saat ini, engine bay alias ruang mesin sudah sedemikian sesak dengan celah sempit yang mungkin sepasang kucing pun akan berpikir dua kali untuk kawin di situ 😀
Dengan makin rapatnya celah antar part yang ada di dalam ruang mesin, tentu akan sedikit menyulitkan teknisi ketika melakukan servis dan harus mengecek kondisi busi, okey, sulit mungkin sih tidak terlalu, namun yang jelas akan takes time alias boros waktu… karena bongkar pasang parts yang lebih banyak dari servis ringan yang tanpa harus mengecek kondisi busi. Dengan menghindari seringnya bongkar pasang, tentu kekuatan baut bawaan pabrik yang mengikat parts akan selalu terjaga kualitasnya.
Busi bertipe/ berbahan iridium ditengarai memiliki usia pakai yang sangat lama, beberapa produsen roda empat mengklaim usia pakai busi dapat mencapai 100,000 km tanpa harus dicek dan diganti!! Tentu dengan terms and conditions applied seperti mesin standar dan sehat serta pemakaian bbm dengan jenis yang dapat menopang usia pakai si busi itu sendiri, misalnya dengan RON (Research Octane Number) minimum 92, maka usia pakai sang busi memang dapat berlangsung sesuai klaim pabrikan.
Pun begitu, mengingat harga BBM sejak beberapa tahun lalu seringkali tidak jelas harganya, tentu kebanyakan para pemilik kendaraan lebih suka menggunakan jenis bbm yang terjangkau.. Dengan terms and conditions yang sudah disebutkan di atas, penggunaan jenis bbm yang tidak sesuai rekomendasi tentunya akan mengkebiri usia pakai dari busi iridium menjadi hingga setengahnya…
Sehingga pada prakteknya, bengkel resmi pun cukup rajin mengecek kondisi pakai sang busi iridium pada servis berkala kelipatan 20,000, dengan konsekuensi waktu servis pun jadi mengular, yang harusnya bisa 1 jam menjadi 2-3 jam akibat bongkar pasang pada ruang mesin.
Next article: Busi Iridium untuk keperluan race atau balap
Baca juga artikel lainnya lads…
- Modifikasi Yamaha NMax, Lampu LED Tambahan Asyik dan Aman Buat Turing
- Modifikasi Yamaha Byson Banyumas, Konsep Ala Ninja 250FI!
- Ketika Honda Verza Memakai Sarung Movistar
- Review Modifikasi Honda PCX 150 Pakai Kanvas Kopling Pantekan, Tetap Irit Tenaga Responsif!
- Wah Honda Tiger Pakai Speedometer Yamaha X-Ride, Unik …
- Ini Dia Spesifikasi dan Hasil Dyno Yamaha NMax 180cc, Kompresi dan Tenaga Naik..
- Modifikasi Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS, Ouput Hingga 30,9 HP!
- Modifikasi: Pasang Spion Yamaha MT25 Di Honda New PCX – From Competitor With Love..
- Sedap, Naik Kapasitas Mesin, Yamaha NMax Jadi Mudah Wheelie
- Pasang Spion Yamaha R25 Pada Yamaha NMax, Kok Lebih Sporty?
Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…
Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com
Contact me at…
email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
ati ati lho Mang…
Yamaha MT-25 ga MT series banget: http://wp.me/p1eQhG-1e6
SukaSuka
tambah gede apine… mesin ra kuat iso sempal… wkwkwkwk…
SukaSuka
kalo motor apa ad yg dr pabrikan pake busi beginian?
SukaSuka
seinget ay CBR 250
SukaSuka
Kalo busi yg kepala tekuk 3 sisi itu busi apa kang? katanya sih racing… dulu pernah pake sebentar, malah ga enak… lbh boros dan ga bisa langsam…
Tenaga? ya podo wae wong mtrnya supri fit….
SukaSuka
iridium standar ae jangan pake yang racing type
SukaDisukai oleh 1 orang
wew kalo pns 3 busi pake busi 3 kepala ini terus gimana yak 😀 hahahaha
SukaSuka
Wooow,, si api hijau, ehh biru.. 😀
SukaSuka
busi iridium wajib pake bbm oktan 92 ke atas….klo gk y gk usah pake….soalnya yg make udah kebanyakan duit..wkakkakaka
SukaSuka
Gak pake iridium ah……musti beli dulu, males ribet. hahahaha
SukaSuka
pernah pake busi iridium ngk cr8 di bletak ane.. pagi pagi gampang panasin. tapi pas udah di pake seharian pernah mati sendiri tuh busi.. padahal pake V-power selama 3th selama itu mati mesin kalo di inget ada kali 10kali.. nah dri itu pake budi setandar lagi u24 nye denso
SukaSuka
cr8 mungkin terlampau panas atau terlampau dingin sehingga mesin tidak pernah mencapai suhu optimumnya atau bahkan malah melampaui suhu maksimumnya (overheat)
SukaSuka
busi iridium minta settingan kering jangan dikasi basah karena apinya model fokus..
itu udah betul sih CR8EIX setara sama U24..
SukaSuka
ane pake Bosch Iridium…
SukaSuka
busi standar ajah ah…
————
https://yht2506.wordpress.com/2015/06/05/begini-nih-detail-yamaha-mt-25/
SukaSuka
Nyimak dulu aaahhh
http://macantua.com/2015/06/05/pecinta-alam-apa-pecinta-rupiah/
SukaSuka
Yup..bentuk..eh..betul..
http://bakulkangkungjpr1.com/2015/06/05/persiapan-touring-perdana-jayapura-cbr-riders-club/
SukaSuka
Ane mah nyimeng aja, eh nyimak.
SukaSuka
busi itu kebutuhan bukan pengupgrade performa
http://78deka.com/2015/06/05/kecelakaan-pertama-bersama-sipiter/
SukaSuka
Meski bisa sbg Upgrade juga…
SukaSuka
yups… upgrade mengikuti kebutuhan motor krn udah diupgrade bagian lainnya, sehingga membutuhkan busi tipe dingin.
SukaSuka
selama kodenya bukan dingin banget yg mana khusus mesin korekan, akan aman2 aja, misal kek ay punya IU22, hanya sedikit lebih dingin dari standar.. Yang kurang tepat itu pake IU27 utk mesin standar, apalagi tinggal di bandung misalnya wkwkwkwk
SukaSuka
Kalo yg digantinya sekaligus koil gimana om?
SukaSuka
lbih nyosss…
SukaSuka
oh.. ane inget pernah beberapa kali pake busi iridium…. ga enak pol…. krn saat selesai servis dibengkel businya berubah jadi busi biasa…. aneh!
SukaSuka
syeddd dicolong donk itu mah
SukaSuka
wkwkwk.. mekaniknya ambil yang baik tinggalkan yang buruk prinsipna
SukaSuka
pake platinum dulu sbelum naik ke iridium
SukaSuka
Mang Kobay mau diemut ga?
SukaSuka
jrootttt
SukaSuka
Diemut sama orang ini mang
https://fbcdn-photos-c-a.akamaihd.net/hphotos-ak-xat1/v/t1.0-0/11246478_1447521255542633_9179539854408402969_n.jpg?efg=eyJpIjoiYiJ9&oh=665f72db7d30e8bff89897785a9e9872&oe=55F7E0FE&__gda__=1443388406_d7162083c7d5a93b55bfdd6d12ce704c
SukaSuka
Cantik bingit mang.Dian Sastro Wardoyo mah liwat.
https://fbcdn-photos-a-a.akamaihd.net/hphotos-ak-xfp1/v/t1.0-0/11057217_1445741289053963_7078660778372748131_n.jpg?efg=eyJpIjoiYiJ9&oh=8533b6a4d9470dd0ab413fe0adb24b37&oe=56082280&__gda__=1441318864_2c2229802c8318fda28024f76a823d6f
SukaSuka
udah udahh.. ah jangan bawa2 kek gitu hehe
SukaSuka
Ini dia touring dengan Yamaha WR250R lewat Tol Cikapali http://motobikerz.com/archives/12175 via @motobikerz
SukaSuka
Ada cara biar busi standar berasa iridium, apinya aja, bukan umurnya, jadi fokus. Potong elektroda groundnya separo sambil dicongkel dikit. Jadi nanti ujung elektroda groundnya ada pas ditengah2 elektroda tengah.
SukaDisukai oleh 1 orang
siap mantau dan nyobain ntar
SukaSuka
kalau cuman di amplas/di asah aja tuh yg ground (yang mayungin) agar tepat ditengah bisa ngefek juga ga?
SukaSuka
Maksudnya motongnya pake cara diasah? Kalo gitu apa gak lama banget mendekinnya? Biar lebih jelas gimana bikinnya coba aja googling Side Gapped Spark Plug mas. Hasilnya emang ada yang pro, ada yang kontra. Tapi sy pribadi udah coba dan hasilnya emang sesuai sama apa yang dibilang. Terasa ada peningkatan torsi dari pertama gas dipelintir.
SukaSuka
Mank kmaren ente prnh janji mau bikin artikel tntng kekurangan n kelebihan berbagai mcm konfigurasi posisi penggerak roda di mobil, jgn smpe lupa ye, hehe
SukaSuka
sbnernya kekurangan n kelebihan fwd sama rwd udah ada di artikel lalu, yang kurang itu 4WD
SukaSuka
aku jg pake nih…
tapi yg double iridium, dari motor msh 6000km smpek skrg udah nyentuk 35000km masih hayuk aja…
diajak lari msih enak, di starter jg masih oke, mesin suara nya lebih ngebass, puaslah pkoknya..
😀
SukaSuka
mantaappp mang… double iridium dari duration?
SukaSuka
(oot dan ttg busi)
bedanya busi ngk R dan busi ngk biasa apa?
semisal busi standar ngk R, apa bisa pake busi iridum?
SukaSuka
Afaik jangan yg ada R alias resistor
SukaSuka
siipp gamblang (minjem lek iwan :D) eh blom ya, 1 artikel lag. ditungguuuu.
SukaSuka
siaapppp
SukaSuka
Ping balik: Tematis Busi Iridium: Pengaplikasian Untuk Race, Seberapa Penting? | KobaYogas.COM