Mesin Purwarupa, Wajar Jika Terjadi Trouble Saat Sesi Long Term Test…


MT125-1

Kobayogas.com – Salam geber lads…Setiap produsen kerapkali melakukan pengembangan pada setiap produknya.. Oleh karena itu jika kita perhatikan, suka ada tanda bintang kecil di bawah brosur kendaraan bermotor…

Memang tidak semua brosur menyatakan disclaimer tersebut, tapi rata-rata mereka (produsen/ APM) menyantumkannya.. bunyinya yang umum kurang lebih seperti ini “Karena pengembangan yang terus menerus, spesifikasi di atas bisa berbeda pada tiap produk/ negara”..

Artinya apa? Ya berarti development pada produk selalu dibuat lads.. sesuai tuntutan dan kondisi pasar. Dalam hal ini yang akan kita bahas adalah mesin DOHC 150 cc milik Yamaha yang menjadi fenomenal dalam pembahasan di jagad blogsphere.. Fenomenalnya sih karena banyak yang tidak percaya mesin 150 cc DOHC itu ada..

Mesin Yamaha Vixion DOHC Mengalami Trouble Saat Sesi Tes

Terlebih lagi ketika dikabarkan mesin 150 cc dan 180 cc DOHC yang sedang melakukan actual/reality running test tersebut dikatakan mengalami trouble (meleduk/ rusak).  Banyak yang tidak terima dan tidak percaya jika dilihat dari banyaknya komentar yang ada di beberapa blog. Jika dikerucutkan, maka komentar tersebut menjadi dua poin krusial:

  1. Tidak percaya akan ada mesin Yamaha 150 cc dan 180 cc DOHC
  2. Percaya ada mesin Yamaha 150 cc dan 18- cc DOHC tapi tidak percaya mesin tersebut mengalami trouble

Padahal jika kita kembali pada kalimat di paragrap tiga di atas, wajar jika suatu produsen (dalam hal ini Yamaha) membuat mesin baru yang memang diproyeksikan sebagai new breeder.. Baik itu memang untuk Yamaha Vixion series maupun seri yang benar-benar baru seperti MT-15 misalnya… Toh untuk penetrasi ke pasar juga ujung-ujungnya.

Yamaha siapkan MT 15 150 cc DOHC 6 Speed?

Masalahnya, pengembangan mesin tersebut bocor sebelum saatnya.. Jika lads penyuka film James Bond atau Mission Impossible, pasti ingat ingat apa kata Perdana Mentri “Negara akan menyangkal semua tindakan yang dilakukan agen, jika aksi agen terungkap (oleh dunia/ media)”. Kalimat tersebut bukan omong kosong pada film saja lads.. tapi pada kenyataannya memang demikian kok hehehe.. So, jika pun ada sangkalan dari pihak resmi terkait, ya wajar.. kan buat menutupi development yang sedang dilakukan..

Vixion Advance MotoGP depan

Finally, pendapat KBY sih jika dalam sesi test kemudian terjadi trouble, hal tersebut lumrah apalagi jika ini benar mesin 150 cc atau 180 cc DOHC baru, maka masuk kategori sebagai mesin purwacaraka eh purwarupa yang memang masih dalam tahap pengembangan.. Thus, lebih baik trouble saat kondisi tes untuk dijadikan sebagai feedback dan perbaikan sebelum dijadikan masspro daripada jebol saat sudah berada di tangan konsumen..

KBY menekankan bukan pada benar atau tidaknya ada mesin 150 cc dan 180 cc milik Yamaha tersebut, tapi lebih kepada trial and error and feedback dari development suatu produk dalam hal ini mesin baru adalah hal yang lumrah terjadi..

Am i right or am i right lads? 😀

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

KobaYogas from WordPress for Android

Iklan

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Artikel ringan, Diskusi, Sharing dan tag , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

78 Balasan ke Mesin Purwarupa, Wajar Jika Terjadi Trouble Saat Sesi Long Term Test…

  1. budbud berkata:

    apakah belum ada yang komen ?

    Suka

  2. budbud berkata:

    yeeaaa pertamax di blog nya om charming…

    Suka

  3. budbud berkata:

    barang purwarupa mah mau rusak mau apa kek, ga usah dipermasalahin om lads… namanya juga barang belum jadi

    Suka

  4. budbud berkata:

    idih… belum ada juga yg komen… blm pulang tarawih nih pada.. mantaapp

    Suka

  5. cvnadagroup2017 berkata:

    like

    Suka

  6. Ef ai berkata:

    Gagal podium

    Suka

  7. warungasep berkata:

    tolong tangkap yg bocorin vixion DOHC gan, kalo perlu kasih amplop.. eh amplop

    http://warungasep.net/tag/mt15

    Suka

  8. ardiantoyugo berkata:

    Hoaammm…

    Lebih dekat dengan Satria FU 2015: http://wp.me/p1eQhG-1gj

    Suka

  9. prieantara berkata:

    jadi beneran nih….?

    Suka

  10. New Bonn Djovy berkata:

    oot om, sonic150 dan k15g rilis pastinya kpn sih om? sblm lebaran atau ssudahx?

    Suka

  11. gilaroda2 berkata:

    U know U’re right!

    Suka

  12. Jeremy Clarkson berkata:

    seharusnya pake si r25 trus potong sebelah aja dan bore up. mwahahahaha . gak seru ah bahas 150. bahas preman prj aja rame bakar2an.

    Suka

  13. patnem berkata:

    ngikutin wangsitnya iwb saja,,,cespleng tnn,,

    Suka

  14. Mozart berkata:

    masalahnya yg bkin brita dri blogger kecil. jdi yg diungkapkan sama dengan hoak huachhhii Coba klo yg dapat info 2 blogger besar. pasti pada kalang kabut..

    Suka

  15. PotretBikers berkata:

    Nah, joss tenan mang Kobay (Y) (Y) 😀

    Suka

  16. balimotorider berkata:

    mesinnya msh di riset karna gak ada bajunya ya sementara ibi ditempelin di vixion dulu sebagai uji coba entah nanti bakal dikasih nama itu urusan mereka
    lagian jebolnya juga pas lagi ngetest nanjak ke suatu daerah di indonesia yg terkenal bnyk kelokan dan tanjakannya kemudian mesin trouble
    #upzzz……keceplosan

    Suka

  17. tukang_gorengan berkata:

    dan kemudian besok2 kaum BC bakalan ngebully besar2an. dapet bahan baru, selain pelek peyang, komstir oblak, mesin ngebul, terakhir mesin jebol.

    kok jadi kaya sequence yah hihihi… dari kaki2 – mesin kena BC semua :p

    Suka

  18. mboh berkata:

    Sapa tau mesin r25 dulu pas awal uji coba jg jeblug. Kasian ya, berhubung si sumber itu blogger kecil, yg ada malah dicaci maki, padahal klarifikasi dari blogger papan atas pun belum tentu benar

    Suka

  19. Hahaha berkata:

    Kalopun isu itu bener, yakin deh risetnya ga cuma sebatas DOHC. *Ngarep ada VVA juga. Hwehwehwe.

    Suka

  20. ninja150ss berkata:

    sudah kuduga

    :mrgreen:

    Suka

  21. goozir berkata:

    betul mang kobay…

    BTW kawasaki borong podium satu loh di WSBK
    http://www.goozir.com/2015/06/tim-kawasaki-borong-podium-satu-wsbk-misano.html

    Suka

  22. Anomerssss berkata:

    Garandeng gehellll
    nini saya keur bobo :v

    Suka

  23. captain slow berkata:

    normal kok kalo jebol pas jaman prototype..kalo dibilang jebolnya cuman boleh di lab justru salah. test sebenarnya ya di jalanan bukan di lab. kadang di lab test dikondisikan dengan variabel yang tidak sebanding dengan test langsung.

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      lab punya teori, terus diaplikasikan… ujian sbenernya dari teori ya praktek lapangan…

      Suka

      • captain slow berkata:

        yap, sometimes toeri ga sesuai di lapangan. r4 juga banyak yang trouble di lapangan saat test…cuman blow upnya terkesan kalo mesin ini mesin gagal dan ga jadi dipake padahal trouble saat test ride prototype adlah hal lumrah. menurut gw sih mesin DOHC 150cc yamaha itu ada dan memang bukan sekarang peluncurannya sebab diliat dari produk2nya umurnya masih belum memadai untuk all new.. palingan 2 tahun lagi baru nongol.

        Suka

      • Hahaha berkata:

        Teori itu waktu masih dalam bentuk blueprint diatas kertas. Kalo udah masuk lab, ya itungannya praktek. Tinggal parameter pengujiannya sampe mana. Lebih berat dari kondisi ril ato gimana ya mereka yang tau deh. Hwehwehwe.

        Suka

    • Hahaha berkata:

      Justru seharusnya pengujian dilab dilakukan dengan kondisi lebih berat dibanding test lapangan. Jadi ketauan batas limit mesin tsb sebelom dilempar kekonsumen. Jangan nantinya malah konsumen yang dijadiin kelinci percobaan, terus defectnya baru dibenerin di batch selanjutnya. *Lirik produk yang satu itu tuh. Hwehwehwe.

      Suka

  24. coapart1 berkata:

    dikira bengkel pinggiran apa?
    mana mungkin pabrikan ngetes mesin di luar pabrik.?
    (kalo cuma ngetes mesin doang)
    ngakak aja lah baca berita kaya ginimah

    Suka

  25. ardee berkata:

    mesin purwacaraka yaa .. pasti yamaha …
    kan kalo honda gak ngeluarin organ tunggal …

    Suka

  26. barrabaa berkata:

    Ane percaya Yamaha lagi ngembangin mesin itu, ane juga percaya kalo saat tes mungkin mesin rusak (namanya jg dalam tahap pengembangan), dan ane juga percaya pabrikan pasti menutup-nutupi sebelum mesinnya bener-bener siap.. Karena R&D emang dibutuhkan waktu lama untuk kesempurnaan..

    ————————
    MT-25 vs Competitors
    http://travelmotoblog.com/2015/06/21/mt-25-vs-kompetitor-desain/

    Suka

  27. Roti Goreng berkata:

    Motor prototype trouble wajar. Yang enggak wajar itu blow up trouble yang dialami pabrikan seolah-olah gagal bikin produk (padahal prototype). Bisa dikategorikan antara negative campaign atau black campaign.
    Blogger besar juga sejauh ini ngasih bocoran sekedar kebutuhan masyarakat, yaitu ada produk baru yang bisa jadi lebih bagus dari pendahulunya. Belum pernah saya lihat ada blogger sebelumnya yang bilang bahwa pengembangan produk mengalami kegagalan (padahal pabrikan pasti mengalami). Sedangkan info trouble, ya tau lah itu bukan makanan masyarakat. Jangan mengumbar permusuhan plis. Kita terlalu sering bermusuhan. 😂

    Suka

  28. biker pct berkata:

    blog kecil kadang malah lebih berani mengabarkan sesuatu yg kurang baik mengenai suatu produk, klw blog kondang masih ada ewuh pakewuh, lihat aja selama ini mana ada bloger kondang mengabarkan cacat produk

    Suka

  29. Adhe145 berkata:

    Biasa’y klo tes mesin doank dijajal didalem pabrik’y sendiri?? Klo udh lulus tes bru jajal dijalan, itu juga tes handling, power mesin, stabilitas dll. Cmiww

    Suka

  30. ademadan berkata:

    justru mesin prototype itu harus mbleduk, jadi para R&D bisa ngatur limit putaran mesin, redline ada karena ada alasannya bukan cuma penghias tachometer 😀

    Suka

  31. Darkly berkata:

    Betul.. Riset itu mahal, trial and error. Btw, siapa sih yg bikin isu? Kok nggak ada apa” tiba” heboh sendiri. Maaf blm update hehe

    Suka

  32. DidiMAYnem berkata:

    maaf oot bang kobay, minta linknya tutorial mengubah aki kering menjadi aki basah dong ? terima kasih yah

    Suka

  33. bdt berkata:

    yach wajarlah, khan pengetesan juga dilakukan dgn kondisi test, biasanya khan 1.5 kali kondisi standard

    Suka

  34. bdt berkata:

    mesin yg sudah di test bagus di sesi pengetsan, belum tentu juga bagus saat diproduksi massal.

    banyak faktor yg memperngaruh,

    instalasi waktu produksi,

    material,

    biasanya juga produk gen 1 materilanya lebih baek dari produk setelahnya,

    tujuannya untuk menarik konsumen dan mencari nama baek,

    setelah dah tertancap image baek, akan dikurangi dikit-demi dikit

    Suka

  35. Yuyus berkata:

    bintang kecil di langit yang biru

    Suka

  36. frunze berkata:

    Yuk nyanyi ♪♫♪♫♪♫~
    Bintang kecil ♪♫
    Di brosur yang biruuuu ♪♫
    Amat banyak ♪♫
    Menipu pembeli ♪♫

    Suka

  37. Fakhri berkata:

    Kalau kata blogger sebelah masa Yamaha pusat gabisa buat DOHC itu bukan tipe mesin baru DOHC 2 Silinder aja bisa masa yg 1 gabisa
    Ya kecuali development mesin tipe boxer, rotary atau duke d motor itu baru logis
    Imho loh ya

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      bukan masalah bisa gak bisa sih, pasti bisa, cuma kan ini bukan mindahin mesin R25/ MT25 ke motor lain.. ini development mesin baru.. wajar kalau ada ekperimen dan kegagalan…

      Suka

  38. jaran tempur berkata:

    ya diliat mawon pak kobay kedepannya?.
    kalau aku sih ra percoyo(yang mesin 180cc) kalau yang DOHC 150cc entahlah biar waktu yang menjawab, kalau bener ngarep ganti overbore atau minim square lah kurang nampol tarikan atasnya DOHC kalau masih overstroke.

    *kepanjangan yah :v

    Suka

  39. hilman berkata:

    Kalo mnurut ane sich ga perlu DOHC..SOHC juga udah cukup tinggal ditambah VVA NMAX aja udh bagus..mau putran bawah smpe tengah oke mau putaran mesin tinggi juga oke..mau boros oke mw irit jga ok..mending kayak gni nih yang masuk diakal drpda riset lg.

    Suka

  40. fBH pengen 250 cc mimpi 2 silinder DOHC berkata:

    Bruakakakakak

    Modus baru AHMocin beserta kacungnya buat nahan penjualan Vixion yang sukses meluluh lantakkan penjualan sport AHMocin yang mentok 150 cc, maka diblow up lah isu Vixion 150 cc bakal ganti mesin DOHC hahahahaha.

    Suka

  41. Ping balik: Inikah Yamaha MT15 Yang Diisukan Itu? Bermesin DOHC 6 Speed dan Suspensi USD? | KobaYogas.COM

  42. Ping balik: Beginikah Lawan Sepadan All New CBR150R? Yamaha R15 Sasis Trellis Yang Lebih Sporty!! | KobaYogas.COM

  43. Ping balik: Indikasi Kuat Next Sport Fairing 150 cc Yamaha Akan DOHC Overbore !… | KobaYogas.COM

  44. wew BU berkata:

    ternyata membuat mesin DOHC susah ya.

    ya ya saya baru tahu itu

    Suka

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s