Tips dan Trick: Mengemudi Mobil Transmisi Otomatis Agar Efisien


kembali pada CVT 7 Speed, juossss

kembali pada CVT 7 Speed, juossss

Kobayogas.com – Hola lads..salam geber dan selamat menikmati hidangan berbuka puasa di malam hari. Kendaraan berjenis transmisi otomatis dalam hal ini roda empat memang dibuat untuk memudahkan, tinggal gas, langsung ngacir…

Selain dibuat untuk memudahkan, transmisi otomatis pada roda empat juga dibuat agar lebih nyaman bagi pengemudi.. apalagi ditambah dengan pernak pernik teknologi update, seperti CVT dengan torque converter, Dual Shift Gearbox (atau Dual Shift Clutch), manual mode alias steptronic/ tiptronic/ multitronic, percepatan hingga 8 speed dlsb.. Pokoknya sudah mudah, canggih plus nyaman..!!

Sayangnya, seperti pada motor berjenis skutik, segala kecanggihan tersebut memang mau tidak mau mesti dibayar dengan penggunaan bbm yang lebih boros, lebih boros jika dibandingkan dengan transmisi manual dari produk sejenis…karena biasanya pada roda empat alias mobil, satu produk itu memiliki dua varian transmisi, manual atau otomatis lads..

Mengenal Transmisi Otomatis dan Cara Mengoperasikannya

transmisi CVT Jazz

Namun demikian, kita tetap bisa kok mengendarai mobil berjenis transmisi matik agar tetap efisien nyaris sehemat transmisi manualnya.. Bagaimana caranya? Simak ya lads tips dan tricks dari KBY berdasarkan pengalaman serta hasil dari literature..

Jangan heran jika tips ini mirip dengan tips pada “mengendarai skutik agar efisien”.. karena pada prinsipnya, keduanya sama-sama berjenis otomatis sehingga cara berkendaranya pun ada kemiripan..

Tips dan tricks mengendarai motor skutik agar efisien

PRE-DRIVING (Sebelum Mengemudi)

Kita bicara kendaraan yang dalam kondisi mesin sehat ya..

  • Cek tekanan ban jangan sampai berkurang, gesekan berlebih dengan permukaan jalan juga meningkatkan penggunaan BBM
  • Hindari membawa beban overload diluar bobot pengemudi
  • Putuskan jalan yang akan dilalui guna menghindari kemacetan
  • Gunakan jenis BBM sesuai kompresi kendaraan

DRIVING (Saat Berkendara)

Kita bicara dalam konsisi berkendara normal, tidak kena macet maupun tidak sedang tergesa-gesa (ngebut)

  • Kaki kanan harus disiplin dan disekolahin šŸ˜€
  • Hindari gas pol dan rem pol, biasanya di jalan yang banyak polisi tidur nih kejadiannya
  • Injak gas dengan cara merunut (push and glide) dan biarkan torsinya yang menggerakkan si mobil
  • Meski engine brake transmisi matik lebih minim dibandingkan manual, bukan berarti tidak ada sama sekali, manfaatkan engine brake ketika berkendara
  • Jika harus berkendara lebih cepat, tambah gas dengan gradual jangan langsung dibetot
  • Panteng kecepatan pada 60 – 80 km/ jam jika kondisi jalan memungkinkan

MEMANFAATKAN ENGINE BRAKE

Ada banyak cara dalam menggunakan dan memanfaatkan engine brake pada transmisi matik pada mobil, berikut tips-nya lads:

  1. Kenali jenis transmisi matik pada mobil lads, jika masih konvensional tanpa manual mode, lads dapat menggeser tuas transmisi dari D ke 3, atau tekan tombol O/D (Over Drive)
  2. Jika terdapat manual mode, manfaatkan penurunan gigi ala manual, turunkan gigi ke yang lebih rendah dengan menggunakan tanda plus (+) atau minus (-) pada tuas atau dapat menggunakan paddles shift di kolom setir jika ada

Begitulah lads tips dan trik mengendarai mobil bertransmisi otomatis dengan efisien.. Intinya ada pada gaya mengemudi, kalau kita sabar dan tidak agresif (defensive driver) maka efisiensi bahan bakar bisa didapatkan. Bagaimana dengan si Kuro Honda Jazz lawas AT? Ah pasrah si Kuro mah, selain mesinnya udah gak standar, jalur ngantor macet terus, itu kenapa KBY lebih suka pake motor aja buat harian šŸ˜€

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
tweetme: @kobayogasblog

Iklan

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Sharing, Tips & Trick dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

27 Balasan ke Tips dan Trick: Mengemudi Mobil Transmisi Otomatis Agar Efisien

  1. mas huda berkata:

    Nginjek gasnya pelan tapi pasti gitu ya

    Suka

  2. warungasep berkata:

    nice tips dan trick pak ketua, akan saya praktekan nanti.. šŸ˜€ eh.. mobilnya jg gak ada šŸ˜€ šŸ˜€

    http://warungasep.net/2015/06/29/5-kode-baru-produk-yamaha-gosipnya-dari-mulai-mt-15-hingga-x-ride-upsidedown/

    Suka

  3. sucahyoaji berkata:

    Gunakan overdrive (off) kalau ada. untuk motor matik, bisa coba trik lepas gas lalu gas lagi pelan.

    https://kupasmotor.wordpress.com/2015/06/26/besar-kemungkinan-suara-knalpot-suzuki-satria-fu-euro3-akan-jauh-lebih-senyap/

    Suka

  4. Marquezisasi berkata:

    Trik yg sangat berguna buat Lebaran mang …

    Suka

  5. Captain Slow berkata:

    Cvt ga asik… Ga ada sensasi kicknya…

    Suka

  6. ardiantoyugo berkata:

    cruise control…

    Penyebab motor ngebul dan boros oli: http://wp.me/p1eQhG-1gP

    Suka

  7. beatfi berkata:

    sekalian buat tips menghemat bensin pada mobil manual dong mang, soalnya ane kaga punya boil metik šŸ˜¦

    Suka

    • captain slow berkata:

      nebeng mobil temen pasti hemat abis om….

      inti penghematan bbm semua mobil itu ada di kaki kanan..kalo udah level S3 atau professor jelas bakalan hemat..kalo masihplaygroup atau TK ya pasti boros

      Suka

  8. jack berkata:

    koq tumben-tumbenan mng kobay bhas mobil trus apa krn fbh” sring ngebanggain klo honda bsa bkin mobil untk ngeledek fby..

    Suka

  9. bocah_koplak berkata:

    Awalnya sih gitu, kaki kanan sekolah … alusss…aluuusss …. lama2 kok di klaksonin mulu sama mobil mobil laen, akhirnya injek juga dalam-dalam. Lah konsumsi 1500cc jadi 1:8.5 km, setelah dipikir2 demi 1:11 – 1:12 dalkot malah dosanya banyak ngumpat2 sama yg pada ga sabar, dimaki2 sama sekitar. Ya sudahlah 8.5 kml diterima, sekarang malah berfikir mendingan naek ke 2.4L sekalian, dah diirit2in juga 8.5 kml top2nya 9 kml tapi ga diumpat2 sama sekitar, toel gas dikit (berkendara alus) ngacirnya sama dgn 1500cc yg injek dalam2, kl lukot jadi raja di jalanan sepi, mesin masih ‘berdendang’ sementara yg lain sudah jadi ‘rocker’ atau ‘heavy metal’ …. hm ….. ganti pa ya…

    Suka

  10. wolez berkata:

    Mas kobay mau tanya,, kalau emisi euro 3 dijalankan & kemungkinan motor 2tak tidak lolos, bagaimana nasib yg udah pnya motor 2tak ini ? Masih bleh digunakan atau ada syarat2 yg lain,,
    Maaf kalau diluar topik nya ..

    Suka

  11. elang berkata:

    Mang mau tanya sekalian. Itu yg tombil kecil sebelah gagang matik yang di punya sampean cumplung itu fungsinya buat apa ya? Kalo gak salah namanya shift lock. Soalnya saya bingung kok dirumah saya pencet2 kok ngga ada efek apa2 wkwk. Makasih mang

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      yang bolong? fungsinya buat parkir.. kalau ditinggal bisa didorong dorong.
      jadi pas mesin mati, kunci di cabut, posisi kan ada di P. Masukkin kuncinya ke lubang dan geser tuas ke N.. selamat mencoba

      Suka

  12. Nelvian berkata:

    senang matic ala DSG golf mk7… dan benci matic paling autis ford ecosport…

    Suka

  13. Heru berkata:

    Engine break itu apa Dan pas pada saat apa kita pake?

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      engine brake bukan break om hehe..
      secara sederhana bisa diartikan dengan pengereman menggunakan daya kerja mesin, bukan rem..
      contoh mudah sih di manual transmission, pindahin gigi ke yang lebih rendah, mesin terasa ketahan, itulah yang namanya engine brake

      Suka

  14. Ping balik: Liburan ke Cisarua Bogor Kena Macet Bersama Honda Jazz i-DSI CVT 2005 | KobaYogas.COM

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s