Kobayogas.com – Hola lads.. salam geber dan selamat menikmati hidangan berbuka puasa di malam hari. Kendaraan berjenis transmisi otomatis dalam hal ini roda dua memang dibuat untuk memudahkan, tinggal gas, langsung ngacir…
Memang salah satu tujuan dibuat model skutik atau scooter di luar negeri salah satu tujuannya ya itu, kemudahan dari sisi berkendara. Diakui di era modern seperti saat ini, dimana jalan raya sudah sangat penuh dengan hiruk pikuk kendaraan, kemudahan dalam berkendara sudah menjadi menu wajib.
Namun dibalik segala kelebihan yang dimiliki skutik, tersemat pula kekurangannya, yaitu apalagi kalau bukan sektor efisiensi bbmnya.. Meskipun saat ini segala teknologi sudah disematkan guna meningkatkan efisiensi BBM-nya, namun tetap saja jika kita bandingkan dengan roda dua bertransmisi manual dengan kapasitas serta bentuk yang sebanding, skutik masih kalah dari sisi kehematan BBM.
Mesin dan transmisi jenis matik afaik memang cenderung dibuat open throttle, alias gas selalu terbuka lebih besar dari jenis manual agar sang skutik siap melesat setiap saat, itulah salah satu penyebab penggunaan bbmnya lebih boros. Pun begitu, bukan berarti skutik tidak bisa hemat atau paling tidak mendekati klaim efisiensi dari standar pabrikan.. Simak beberapa tips dan trik yang KBY dapatkan dari pengalaman serta beberapa literatur..
PRE RIDING (Sebelum Berkendara)
Kita bicara kendaraan yang dalam kondisi mesin sehat ya..
- Cek tekanan ban jangan sampai berkurang, gesekan berlebih dengan permukaan jalan juga meningkatkan penggunaan BBM
- Hindari membawa beban overload diluar bobot pengemudi
- Putuskan jalan yang akan dilalui guna menghindari kemacetan
- Gunakan jenis BBM sesuai kompresi kendaraan
RIDING (Saat Berkendara)
Kita bicara dalam konsisi berkendara normal, tidak kena macet maupun tidak sedang tergesa-gesa (ngebut)
- Tangan kanan harus disiplin
- Hindari gas pol dan rem pol, biasanya di jalan yang banyak polisi tidur nih kejadiannya
- Buka gas dengan cara merunut dan biarkan torsinya yang menggerakkan si motor
- Meski skutik minim engine brake, bukan berarti tidak ada sama sekali, manfaatkan engine brake ketika berkendara
- Jika harus berkendara lebih cepat, tambah gas dengan gradual jangan langsung dibetot
- Panteng kecepatan pada 60 – 80 km/ jam jika kondisi jalan memungkinkan
- Manfaatkan teknologi yang ada, misal Idling Stop System (ISS) atau ECO indicator
- Matikan mesin jika tahu lampu merahnya lama atau keretanya masih lama lewat
Begitulah lads tips dan trik mengendarai motor matik/ skutik dengan efisien.. Sebagai contoh New PCX Sniego milik KBY dengan kondisi ban sudah lebih lebar dan air filter diganti after market, untuk harian kondisi jalanan normal dan macet masih bisa dapat 1:45.. Sejelek-jeleknya bisa 1:41 pada Multi Information Display (MID). Tapi begitu Nyonya yang bawa, pada MID bisa langsung drop ke 1:32 .. Gak tau tuh gimana bawanya ckckkcc..
Modifikasi Harian Honda New PCX Dengan Menggunakan Tapak Ban Lebar
Intinya ada pada gaya berkendara kita lads, berjalan kencang pun masih bisa efisien selama kita tahu triknya… Selamat mencoba dan semoga bermanfaat..
Baca juga artikel lainnya lads…
- Semangat Satu Hati Hijaukan Bumi Di Kampung Beting Bekasi
- Margo City Depok Dikunjungi Honda Sport Motoshow, Catat Jadwal Berikutnya!
- Suzuki Bike Meet Malang, Kota Malang Dibanjiri 750 Bikers Suzuki!
- Suzuki Punya Soul Of The Road, Mencari Destinasi Wisata Yang Menarik!
- AHM Gaungkan Cari Aman Di Kompetisi Safety Riding Di Jepang
- Peserta Safety Riding Dari AHM Kembali Jadi Juara Di Jepang
- PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) Gelar Ajang Honda Modif Contest (HMC) 2017 Seri Jakarta
- Para Pemenang Astra Honda Technical Skill Contest 2017
- Safety Riding Pake Moge? Ternyata Susah Juga Lads..! Cewek Ada Juga Lho..
- Terbukti Ngibul Hasil Konsumsi BBM, Mitsubishi Jepang Kena Masalah!
- Ngeri Amat Ban Moge Bisa Terkelupas Hingga Bikin Cidera Ridernya!
- ABS Yamaha NMax Bermasalah, Akhirnya Berubah Jadi Non ABS..
- Suspensi Depan Satria Injeksi Berbunyi? Tenang, Suzuki Sigap Melayani dan Gratis!
- Astra Motor Yogyakarta Kembali Gelar Honda Student Skill Contest
- Setelah Fans Page Toyota Sienta Palsu, Kini Ada Juga Fans Page Honda Forza Palsu
Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…
Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com
Contact me at…
email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
tweetme: @kobayogasblog
mantap tip na mang, ke ah rek dipraktekeun nya.. nuhun
http://warungasep.net/tag/kobayojazz
SukaSuka
mi sami mang…
SukaSuka
tambahan.. gunakan pelumas yang lebih baik untuk mesinnya
SukaSuka
Tips yang bermanfaat.. 🙂
SukaSuka
ikut absen kang
SukaSuka
absen kang
SukaSuka
kin di cobian
SukaSuka
nice tips paman Yogas ngoahahahahahaha http://bontot.net/2015/06/29/modifikasi-honda-cb150r-streetfire-ala-honda-cb650f/
SukaSuka
Dulu pernah begini nih pas selalu kommuter pakai tiger revo,, metodenya kyk tmcblog, jepret km brp.. Isi full,, bbrrapa hari pakai trus isi full lg,, dan hasilnya bisa 1:40 hahaha.. Yg paling capek itu mainin engine brake, krna misal ada polisi tidur ya hrs ancang2 jrk sekian udh hrs tutup throttle biar mesin deselerasi supaya enak nyaman lwt polisi tdr nya..
SukaSuka
betul, cuma emang mesti sabar aja sih wkwkkw,, ngerem atau kurangi gas dari jauh dan pake engine brake kalau MT…
SukaSuka
Kesuen Mang… Selak dikepret Mak Mak…
Yang menarik dari MotoGP Assen 2015: http://wp.me/p1eQhG-1gR
SukaSuka
Lebih iritt lagi kalo motornya disetut orang om😁 wkwk
SukaSuka
nahhh boleh dah tuh, gantian yak sehari sekali ma temen wkwkwkkw
SukaSuka
Kalo ane sih panteng di 40-60.. Kalo diatas itu mesinnya udah rada2 tereak
SukaSuka
bolehh.. tp biasanya 40 msh kurang mantap.. mesin/RPMnya agak nggerung. alias kurang sesuai dengan kecepatannya
SukaSuka
pake pertamax kang, pasti lebih irit…
SukaSuka
Di ikat tali trs ditarik sama motor or mobil atau pake bbm campur, campur dorong dijamin iritnya maksimal…wkwkwkwk…
SukaSuka
1 lg mang,,misal gk butuh ngerem y gk usah ngerem
SukaSuka
nahhh geber terussss 😀
SukaDisukai oleh 1 orang
mantap tipsnya
http://orongorong.com/2015/03/20/pilih-mana-antara-vario-125-esp-vs-gt-125-bluecore/
SukaSuka
sy ngarep kedepan iss bs ada d smua motor
lbh enak kl lampu merah mesin pada mati dulu
kan lumayan gak asep2an
sy pake produk y, cb ada fitur iss jg di produk yg entry level skalipun
cm sering liat d lampu merah skutik yg ud iss jg fiturnya di matiin
wong yg naik 2 tak aja pada mati mesin nyala ijo baru engkol
SukaSuka
bagusnya begitu, saya paling gak suka ada dibelakang motor yang gak terawat, kalau bisa ngehindar sih oke, kalau dah telat, ya udah pasrah smp kereta/ lampu hijau nyala.,..
apalagi kalau motornya seher bocor, wah racun banget deh tuh knalpotnya
SukaSuka
kl pas d blakang motor yg seher nya bocor, kita jadi nyamuk ya om kobay . .
di fogging . . 😵😷
SukaSuka
mabok beneran, pusing dan mual
SukaSuka
motor 2 tak saya sehernya normal dan mulus tapi selalu ngebul, kira2 itu kenapa yak?
SukaSuka
au ah wkwkwkwk
SukaSuka
lah kalo motor metik gimane caranye engine break ?
SukaSuka
tutup gasnya aja, biasanya ada sedikit hentakan tertahan meski gak langsung efeknya
SukaSuka
“Matikan mesin jika tahu lampu merahnya lama……………..”. Ini saya paling sering oom. Asal electric starter gak ada masalah. Kalo bermasalah alamat kudu di standar dua trus di engkol, plus di klaksonan ku motor nu di tukangeun… 😀
SukaSuka
huahahahaa, bari panik tea
SukaSuka
satu lagi yang sering lupa:
narik gas tapi rem masih dipencet, alhasil boros BBM sama kampas rem
SukaSuka
istilahnya setengah kopling ala skutik yeee hehe
SukaSuka
Berarti nyonya nda mikirin bensin om , hehehe .
SukaSuka
lha iya yang mikirin saya 😀
SukaSuka
Itu artinya nyonya sering gasspoll wkwkwk…
btw metik kalo buat angkatan kaya ada greg-greg, seperti selip gitu kira2 apanya mang? kalo udah jalan mah biasa aja….
SukaSuka
Bisa roller bisa kopling nya dah mulai aus
SukaSuka
Nyonya om Yogas cocok pakai Ferrox! 👍
SukaSuka
wkwkwkwk
SukaSuka
Cewek naik matic itu buka gas nya kasar
Dah gitu speed rendah bikin transmisi cvt boros
Kalo pengen matic irit, jangan sampe tutup gas lalu kick in, karena begitu gas nutup cvt akan memposisikan pada titik terberatnya, sehingga akselerasi berat
Kalo terpaksa sampai nutup gas, buka gas nya harus diurut
SukaSuka
iyak bukaannya kasar, pe-er ay balikin dari 1:32 ke 1:40.. mayan udah 1:39 lagi wkwkwkwk
SukaSuka
Tips untuk yg berbadan monster bila ingin irit naik metik adalah diet, pengalaman naek beat fi tembus 30an kpl karna bobot badan berlebih.
SukaSuka
wakakaakakka
SukaSuka
gw pake Vega RR 1L tembus 60KM. Speed gw panteng di 40-60KPJ. Kalo kosong paling 80KPJ mentok. jarang ngerem, biasanya deselerasi pake engine break terus perlahan turunin gigi.
gas di urut gak di betot (beda kalo bawa RGR/Tornado). alhasil dapet segitu. Klo lebih sabar lg mungkin bisa lebih irit lg.
SukaDisukai oleh 1 orang
Ping balik: Tips dan Trick: Mengemudi Mobil Transmisi Otomatis Agar Efisien | KobaYogas.COM