Tips dan Trik Mengendarai Motor Matik/ Skutik Dengan Efisien


BBM-Naik-Rakyat-Menjerit

Kobayogas.com – Hola lads.. salam geber dan selamat menikmati hidangan berbuka puasa di malam hari. Kendaraan berjenis transmisi otomatis dalam hal ini roda dua memang dibuat untuk memudahkan, tinggal gas, langsung ngacir…

Memang salah satu tujuan dibuat model skutik atau scooter di luar negeri salah satu tujuannya ya itu, kemudahan dari sisi berkendara. Diakui di era modern seperti saat ini, dimana jalan raya sudah sangat penuh dengan hiruk pikuk kendaraan, kemudahan dalam berkendara sudah menjadi menu wajib.

Namun dibalik segala kelebihan yang dimiliki skutik, tersemat pula kekurangannya, yaitu apalagi kalau bukan sektor efisiensi bbmnya.. Meskipun saat ini segala teknologi sudah disematkan guna meningkatkan efisiensi BBM-nya, namun tetap saja jika kita bandingkan dengan roda dua bertransmisi manual dengan kapasitas serta bentuk yang sebanding, skutik masih kalah dari sisi kehematan BBM.

Mesin dan transmisi jenis matik afaik memang cenderung dibuat open throttle, alias gas selalu terbuka lebih besar dari jenis manual agar sang skutik siap melesat setiap saat, itulah salah satu penyebab penggunaan bbmnya lebih boros. Pun begitu, bukan berarti skutik tidak bisa hemat atau paling tidak mendekati klaim efisiensi dari standar pabrikan.. Simak beberapa tips dan trik yang KBY dapatkan dari pengalaman serta beberapa literatur..

BBM Primavera

PRE RIDING (Sebelum Berkendara)

Kita bicara kendaraan yang dalam kondisi mesin sehat ya..

  • Cek tekanan ban jangan sampai berkurang, gesekan berlebih dengan permukaan jalan juga meningkatkan penggunaan BBM
  • Hindari membawa beban overload diluar bobot pengemudi
  • Putuskan jalan yang akan dilalui guna menghindari kemacetan
  • Gunakan jenis BBM sesuai kompresi kendaraan

RIDING (Saat Berkendara)

Kita bicara dalam konsisi berkendara normal, tidak kena macet maupun tidak sedang tergesa-gesa (ngebut)

  • Tangan kanan harus disiplin
  • Hindari gas pol dan rem pol, biasanya di jalan yang banyak polisi tidur nih kejadiannya
  • Buka gas dengan cara merunut dan biarkan torsinya yang menggerakkan si motor
  • Meski skutik minim engine brake, bukan berarti tidak ada sama sekali, manfaatkan engine brake ketika berkendara
  • Jika harus berkendara lebih cepat, tambah gas dengan gradual jangan langsung dibetot
  • Panteng kecepatan pada 60 – 80 km/ jam jika kondisi jalan memungkinkan
  • Manfaatkan teknologi yang ada, misal Idling Stop System (ISS) atau ECO indicator
  • Matikan mesin jika tahu lampu merahnya lama atau keretanya masih lama lewat

Begitulah lads tips dan trik mengendarai motor matik/ skutik dengan efisien.. Sebagai contoh New PCX Sniego milik KBY dengan kondisi ban sudah lebih lebar dan air filter diganti after market, untuk harian kondisi jalanan normal dan macet masih bisa dapat 1:45.. Sejelek-jeleknya bisa 1:41 pada Multi Information Display (MID). Tapi begitu Nyonya yang bawa, pada MID bisa langsung drop ke 1:32 .. Gak tau tuh gimana bawanya ckckkcc..

hasil terakhir pada MID sebelum direset

Modifikasi Harian Honda New PCX Dengan Menggunakan Tapak Ban Lebar

Intinya ada pada gaya berkendara kita lads, berjalan kencang pun masih bisa efisien selama kita tahu triknya… Selamat mencoba dan semoga bermanfaat..

jangan lewar tol juga kali...:D

jangan lewar tol juga kali…:D

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
tweetme: @kobayogasblog

Tentang Kobayogasblog

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Sharing, Tips & Trick dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

44 Balasan ke Tips dan Trik Mengendarai Motor Matik/ Skutik Dengan Efisien

  1. warungasep berkata:

    mantap tip na mang, ke ah rek dipraktekeun nya.. nuhun

    http://warungasep.net/tag/kobayojazz

    Suka

  2. Kobayogas berkata:

    tambahan.. gunakan pelumas yang lebih baik untuk mesinnya

    Suka

  3. arh thea berkata:

    Tips yang bermanfaat.. 🙂

    Suka

  4. COCODOT berkata:

    ikut absen kang

    Suka

  5. COCODOT berkata:

    absen kang

    Suka

  6. COCODOT berkata:

    kin di cobian

    Suka

  7. mottobiker berkata:

    Dulu pernah begini nih pas selalu kommuter pakai tiger revo,, metodenya kyk tmcblog, jepret km brp.. Isi full,, bbrrapa hari pakai trus isi full lg,, dan hasilnya bisa 1:40 hahaha.. Yg paling capek itu mainin engine brake, krna misal ada polisi tidur ya hrs ancang2 jrk sekian udh hrs tutup throttle biar mesin deselerasi supaya enak nyaman lwt polisi tdr nya..

    Suka

  8. ardiantoyugo berkata:

    Kesuen Mang… Selak dikepret Mak Mak…

    Yang menarik dari MotoGP Assen 2015: http://wp.me/p1eQhG-1gR

    Suka

  9. miirr berkata:

    Lebih iritt lagi kalo motornya disetut orang om😁 wkwk

    Suka

  10. beatfi berkata:

    Kalo ane sih panteng di 40-60.. Kalo diatas itu mesinnya udah rada2 tereak

    Suka

  11. harisnanggala berkata:

    pake pertamax kang, pasti lebih irit…

    Suka

  12. felitokia berkata:

    Di ikat tali trs ditarik sama motor or mobil atau pake bbm campur, campur dorong dijamin iritnya maksimal…wkwkwkwk…

    Suka

  13. ninja150ss berkata:

    1 lg mang,,misal gk butuh ngerem y gk usah ngerem
    :mrgreen:

    Suka

  14. irener berkata:

    sy ngarep kedepan iss bs ada d smua motor
    lbh enak kl lampu merah mesin pada mati dulu
    kan lumayan gak asep2an
    sy pake produk y, cb ada fitur iss jg di produk yg entry level skalipun
    cm sering liat d lampu merah skutik yg ud iss jg fiturnya di matiin
    wong yg naik 2 tak aja pada mati mesin nyala ijo baru engkol

    Suka

  15. DidiMAYnem berkata:

    lah kalo motor metik gimane caranye engine break ?

    Suka

  16. andi berkata:

    “Matikan mesin jika tahu lampu merahnya lama……………..”. Ini saya paling sering oom. Asal electric starter gak ada masalah. Kalo bermasalah alamat kudu di standar dua trus di engkol, plus di klaksonan ku motor nu di tukangeun… 😀

    Suka

  17. ardiologi berkata:

    satu lagi yang sering lupa:

    narik gas tapi rem masih dipencet, alhasil boros BBM sama kampas rem

    Suka

  18. Eri berkata:

    Berarti nyonya nda mikirin bensin om , hehehe .

    Honda Bersiap Mengusik Zona Nyaman Suzuki

    Suka

  19. petirabang berkata:

    Itu artinya nyonya sering gasspoll wkwkwk…
    btw metik kalo buat angkatan kaya ada greg-greg, seperti selip gitu kira2 apanya mang? kalo udah jalan mah biasa aja….

    Suka

  20. Xperia Z Ultra Black berkata:

    Nyonya om Yogas cocok pakai Ferrox! 👍

    Suka

  21. Rifz berkata:

    Cewek naik matic itu buka gas nya kasar
    Dah gitu speed rendah bikin transmisi cvt boros

    Kalo pengen matic irit, jangan sampe tutup gas lalu kick in, karena begitu gas nutup cvt akan memposisikan pada titik terberatnya, sehingga akselerasi berat
    Kalo terpaksa sampai nutup gas, buka gas nya harus diurut

    Suka

  22. noveri22 berkata:

    Tips untuk yg berbadan monster bila ingin irit naik metik adalah diet, pengalaman naek beat fi tembus 30an kpl karna bobot badan berlebih.

    Suka

  23. gw pake Vega RR 1L tembus 60KM. Speed gw panteng di 40-60KPJ. Kalo kosong paling 80KPJ mentok. jarang ngerem, biasanya deselerasi pake engine break terus perlahan turunin gigi.

    gas di urut gak di betot (beda kalo bawa RGR/Tornado). alhasil dapet segitu. Klo lebih sabar lg mungkin bisa lebih irit lg.

    Disukai oleh 1 orang

  24. Ping balik: Tips dan Trick: Mengemudi Mobil Transmisi Otomatis Agar Efisien | KobaYogas.COM

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)