First Drive Toyota Grand New Avanza dan Grand New Veloz, Memang [Sudah] Lebih Baik …!


Grand New Veloz

Kobayogas.com – Hola lads, Toyota Avanza adalah mobil yang paling fenomenal senusantara atau bahkan di dunia karena harga bekasnya bisa lebih mahal dari harga barunya. Kini dia telah bertransformasi menjadi Toyota Grand New Avanza dan Grand New Veloz..

Pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 kemarin, KBY mendapati dua mobil baru ini berada di lapangan area test drive.. Ah penasaran nih sekalian saja test drive bersama Kia Sportage Diesel CRDi 2.0, Ford Fiesta Ecoboost 1.0 dan Isuzu MU-X 2.5…

Kenapa KBY penasaran sama New Grand Avanza? Karena ini mobil punya prestasi luar biadab, punya julukan mobil dua juta umat (karena sejuta saja gak cukup sekarang), ngalahin reputasi Kijang yang sampai kini tiada duanya (dari gigi satu langsung ke tiga hehe).

Sooo.. mumpung ada di depan mata, KBY penasaran ingin tahu sejauh mana lompatan perbedaannya dengan Toyota Avanza sebelumnya terutama gen awal dan facelift gen awal (yang lampu remnya belum mengkurva itu loh). Untuk test pertama KBY pilih New Avanza Veloz matik.. bagaimana impresinya?

Sebelumnya perlu diketahui, area tes tidak begitu luas, gak tau berapa tapi sepertinya ada 50 x 80 lah ya.. dibuat sedemikian rupa ada tanjakan dan polisi tidur, lalu kelokan dan trek lurus yang gak memadai buat lari 40 km/jam hehe.. Meski dari sisi driving kurang mengena, namun KBY dapat melakukan kupas tuntas dari sisi eksterior, interior dan driving position Grand New Veloz dan Grand New Avanza.. geber lads…

Grand New Avanza 1.5

DESAIN

Eksterior

Perbedaan mencolok dari depan antara Grand New Veloz dengan Grand New Avanza adalah lampu utama, dan bumpernya, pada New Veloz lampunya dua plus proyektor, grillnya terpisah dengan bumper. Bentuknya lebih ke arah elegan.

Sementara Grand New Avanza lampunya hanya satu dan memakai H4, grillnya menyatu dengan bumper dengan sirip-sirip besar dan motif sarang lebah (honey comb) di bawahnya. Lekukannya pun lebih tegas, arah desainnya memang ke sporty.

Tidak ada perbedaan khusus di bagian belakang kecuali emblem 1.5 Veloz dan Automatic menggantikan emblem 4 AT. Lampu remnya sama dan guess what? Liat langsung sih itu tambahan lampu horisontal di belakang yang gak penting, tidak terlalu buruk meski masih agak maksa 😀

Lampu rem belakang Grand New Avanza dan Grand New Veloz kini memiliki fin alias sirip di bagian sisi luar seperti pada Toyota Altis dan Vios baru.. mungkin biar bisa lebih kenceng, kan ngaruh ke down force 😀

Grand New Avanza 1.5

Interior

Selain tentunya tuas transmisi karena Grand New Veloz itu matik sementara Grand New Avanza itu manual, perbedaan lainnya ada pada corak jok.. New Veloz memiliki warna jok hitam dan abu sedangkan Grand Avanza memilih warna coklat titanium dimana justru menurut KBY, kesan mewah malah di dapat Grand Avanza.

Dashboard Grand New Veloz juga didominasi warna hitam dengan plastik black piano yang mewah di bagian tengah, sementara Grand New Avanza memiliki warna two tone padu padan hitam dan coklat, dengan plastik silver titanium di tengah.. Lagi lagi warna two tone menurut KBY lebih kena dari sisi kemewahan. Tapi tetap saja desain dashboardnya menjemukan..

Plastik materialnya mengalami peningkatan kualitas jika dibandingkan Avanza Gen awal, terlihat memang Toyota Astra ingin menaikkan kasta dari Grand New Veloz dan Grand New Avanza ini.. Sektor speedometer kini lebih lengkap, ada MID segala dengan warna dasar biru untuk New Veloz dan merah untuk Grand Avanza  tapi tetap saja belum cukup terlihat mewah.

FIRST DRIVE

Nah ini dia, driving position alias posisi mengemudinya jauh lebih baik! Grand New Veloz AT yang sudah baik kini lebih baik lagi, singkat kata pas lah bagi driver. Tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah seperti Avanza terdahulu. Dan yang patut di apresiasi, versi manualnya juga nyaris sama! Jangkauan pedal kopling kini lebih manusiawi dan gak bikin cepat pegal.

Setirnya masih seperti yang lama, Grand new Veloz maupun Grand New Avanza kemudinya sangat ringan diputar.. Asik sih buat dalam kota, tapi luar kota pasti feedback dari roda ke kemudi akan berkurang, melayang lah istilahnya, kecuali keduanya sudah menerapkan adaptive steering yang akan bertambah berat ketika dalam kecepatan tinggi.

Bagaimana dengan kenyamanan? Baik Grand New Veloz maupun Grand New Avanza kini sudah lebih nyaman, bantingannya cukup pas, namun ketika melewati polisi tidur buatan, jika perlahan masih lompat lompat meski tidak separah yang terdahulu. Justru ketika dilalui dengan cepat, bouncingnya malah lebih baik. Begitu pula dengan kesenyapan kabin, ada improvement.

Mesinnya? Spesifikasi New Avanza Dual VVT-i bertenaga 104 PS@6000 dan torsi 139 NM@4200 (1500 cc) tidak tereksplorasi dengan baik karena area tes yang minim, pada kondisi tersebut KBY sih merasa sama saja, namun gejala menyentak sama sekali sudah hilang blas. Pilihan mesin lainnya adalah 1300 cc dual VVT-i dengan tenaga 96.5@6000 dan torsi 123 Nm@4200.

THE VERDICT

Tak dapat dipungkiri, Toyota Astra berusaha keras memperbaiki kelemahan Avanza, dan menurut KBY cukup sukses, dari segala sisi Grand New Avanza dan Grand New Veloz ada peningkatan. Fitur ISOFIX pada bangku belakang ditambahkan (semua tipe), jok paling belakang (3rd row) sekarang split alias 50:50 (semua tipe), MID, eco indicator, immobilizer, seat belt tengah (semua tipe), rem ABS (semua tipe), pengingat seat belt penumpang depan dan dual airbags.

Harga New Avanza yang KBY tes adalah sbb: Grand New Veloz 1.5 Rp. 226.900.000 dan Grand New Avanza 1.5 MT Rp. 211.000.000.. sungguh bukan harga yang murah bagi sebuah nama Avanza yang dulu menjadi MPV merakyat ini.. Tertarik punya satu? Silakan hubungi dealer Toyota terdekat di kota lads…

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
Tweet me: @kobayogasblog

Tentang Kobayogasblog

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Test Drive dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

62 Balasan ke First Drive Toyota Grand New Avanza dan Grand New Veloz, Memang [Sudah] Lebih Baik …!

  1. ardiantoyugo berkata:

    Absen sek Pak Kaji… Nek opo sesok iso tuku…

    Spotting di WAHH: http://wp.me/p1eQhG-1ko

    Suka

  2. macantua.com berkata:

    Dasar epbeha

    Yang OK dan Ga OK dari CB150R Facelift – http://wp.me/p2XD22-2EJ

    Suka

  3. Ferboes berkata:

    5 besar yess

    Suka

  4. RF berkata:

    Lebih mantab dari pendahulunya.
    Numpang sharing aplikasi android untuk merawat motor matic di Google play Gan
    https://play.google.com/store/apps/details?id=rifel.appliction.servisberkalamotormatic

    Suka

  5. arif dadot berkata:

    Ada selentingan kabar kalo sebelum versi ini, di antara duo astra itu xenia punya kenyamanan lebih baik dibanding Avanza. Dibandingin ama xenia, grand Avanza udah lebih nyaman, mang?

    Arif Rakhman Professional English-Indonesian Translator Contact: WhatsApp 082143168889 BBM 553AA755 E-Mail arifnrakhman@gmail.com

    Suka

  6. pertimix berkata:

    kang kobay pinter boso jowo…
    belajar dimn neh..!??!

    Suka

  7. churutzz berkata:

    kualitas plat bodynya dah ditest blm mang kobay? apa msh setebal kaleng krupuk atau malah justru lbh tifis lg??😄

    Suka

  8. Hahaha berkata:

    Maksa banget. Modelnya mau dimirip2in sama innova tapi kagak nyampe. Malah lebih demen versi yang sebelumnya. Hwehwehwe.
    Kalo berbicara masalah desain sih udah jangan ngarep produk astra lah. Hwehwehwe.

    Suka

  9. eka berkata:

    Ini gak ada DRL nya ya Lek? Kayaknya great xenia ada ya? Cmiiw

    Suka

  10. brigade jalan raya berkata:

    ternyatah ga ada 2 nya itu karena pada gear hanya ada pilihan 1, 3, 4 dan selain 2 :mrgreen:

    Suka

  11. ngoahaha... berkata:

    Desainnya kurang woow…. kalah ganteng ma r3 dan mobilio……

    Suka

  12. goozir berkata:

    ga baca mang, panjang bener ntar klo dah mau beli baru cari informasinya

    new vespa VXL dan SXL mengaspal di India

    http://www.goozir.com/2015/09/new-vespa-vxl-dan-sxl-mengaspal-di-india.html

    Suka

  13. kaltim lowongan berkata:

    mobilnya admin avanza 2009 alhamdulilah sampai hari ini ga pernah rewel,, mantap lah alau avanza

    Suka

  14. setia1heri berkata:

    minyakkkk…..

    Suka

  15. threeazz berkata:

    Dari depan kek HRV,
    Dari belakang kek angkot Cileungsi..
    Wkwkwkwk
    😀
    iMHO.

    Suka

  16. Marquezisasi berkata:

    Saat krisis spt skrg nih om Kobay, muncul 2 mobil yg paling ditunggu (Avanza-Veloz dan BR-V) memang bikin pusing. Kata AutonetMagz dan Motomobi, Avanza-Veloz itu worthed. Belum tahu kata om Fitra Eri OtoDriver spt apa.

    Om Kobay kenal sama om Fitra Eri ya ?

    Suka

  17. subaru berkata:

    Terasa lebih lemot akselerasinya….ga nyentak pas awalnya kek dulu..mungkin biar ga banyak orang seruntulan make papanja lagi 😆
    Overall perbaikannya memang bagus dan kalo setelah diliat aslinya ga jelek2 amat.

    Nilai masih 7/10 kalo gw..

    Suka

  18. sikuliberkas berkata:

    kualitas jok ada peningkatan kah? kualitas bahan avanza 2012 bener2 payah hehe.. iklan ertiga bener2 nampol, baru beli langsung ganti mbtech 😀
    sudah saatnya avanza fokus dan serius benahin interior..

    Suka

  19. 8ball berkata:

    dikomper om dgn merk lain direntang hrg sgitu,wat referensi

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Ama mobilio dan ertiga juga livina?

      Nomor 1 ertiga menang tipis dr mobilio di posisi dua, ketiga avanza menang tipis dr livina yg buncit, tp livina saya blm liat lagi spek safetynya, kalau dia lengkap kaya ertiga dan mobilio (abs, ebd, airbags) maka naik ke posisi 3…

      Ini bicara sisi handling, kenyamanan dan fitur… Kalau bicara tahan banting dan mobil perang serta resale value, avanza bisa jadi Kesatu

      Suka

  20. anggiwirza berkata:

    hooh udah lebih baik dari segi bantingan dan kenyamanannya 😀

    Suka

  21. Red Satellite berkata:

    Seprrti biasa toyota emang terkenal irit di kelasnya (tenaga & torsi) :p

    Suka

  22. jerryadipradian berkata:

    Enggak jelek jelek amat kan aslinya?? 😁😁

    Suka

  23. Yoga berkata:

    Juosss….

    Suka

  24. blade-in berkata:

    Kang, tu gambar mobil putih bawah yang cuma kliatan lampu belakang itu angkot jurusan mana, Mang ???

    Suka

  25. ademadan berkata:

    bang, tanggung jawab, ane tersedak pas mbaca tiada duanya, dari Gear 1 langsung ke 3 😦

    Suka

  26. paman tang berkata:

    body belakangnya tetep gak asyik diliat….
    keinget zaman daihatsu espazz atau zebra kali yakk

    Suka

  27. tandass berkata:

    AT nya masih sama kyk yang lama tuh kayaknya…4AT, rasa manual dibikin matic.. gak ada halus2 nya…

    Suka

  28. Ping balik: Pojok Opini: Efek Pasar Yang Dinamis, Usia Produk Jadi Lebih Singkat.. | KobaYogas.COM

  29. Ping balik: First Drive: Isuzu MU-X – SUV 7 Seater Lompatan Jauh Dari Panther | KobaYogas.COM

  30. Ping balik: Siap-Siap Menanti Kehadiran Mobil Dengan Sejarah Paling Fenomenal Di Indonesia – All New Kijang Innova!! | KobaYogas.COM

  31. Ping balik: Honda Jade 1500, Siapa Saja Yang Diincar? Siapa Yang Tertarik? | KobaYogas.COM

  32. Ping balik: Toyota Siapkan Calon Honda Freed Killer, New Toyota Sienta MPV 7 Seater! | KobaYogas.COM

  33. dian berkata:

    minta pendapatnya om…inopah diesel second vs grand veloz pilih mana ya…? selama ini cukup pake avanza 2008

    Suka

  34. Ping balik: Honda Mobilio Facelift Harga Mulai Rp. 180,5 Juta, Selamat Tinggal Dashboard Brio.. | KobaYogas.COM

  35. Aceng berkata:

    Wkwkwk, kalo sirip segitu pengaruhnya signifikan ke aerodinamis, itu grill yang menganga nyumbang drag berapa banyak?
    Trus kenapa jok baris kedua dipisah 50:50? Kalo yang kanan mau rebah tapi yang kiri mau tegak, yang tengah gimana?
    Ada-ada saja.

    Suka

  36. Ping balik: Nantikan New Toyota Sienta Di IIMS 2016, Harga Mulai Dari Rp. 230 Juta… | KobaYogas.COM

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)