First Ride Suzuki Burgman UH200, Skutik Bongsor Dengan Karakter Overbore..!


test ride Suzuki Burgman Kobayogas

Kobayogas.com – Ternyata rejeki memang tidak kemana, buktinya Suzuki Burgman UH200 ini ada di depan mata dan akhirnya KBY pun dapat merasakannya meski dalam tempo singkat…

First ride Suzuki Burgman UH200 ini KBY lakukan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) di bilangan Kemayoran Jakarta. Bersama beberapa motor lainnya, KBY pun akhirnya dapat menikmati sensasi mengendarai big skutik dari Suzuki berkapasitas 200 cc ini. dan melakukan reviewnya.. geber yuks..

DESAIN

KBY hanya akan secara brief (singkat) saja membahas sisi desain, yang jelas efek big skutiknya dapet, wow effect -nya pun dapat. Meski area fascianya debatable tapi Suzuki Burgman tidaklah buruk kok, tinggal selera saja yang bicara.

Paling enak melihat Suzuki Burgman adalah dari belakang dan samping, mewah dan berkelas. Lampu remnya yang terbagi dua menyiratkan bahwa dirinya adalah skutik mahal.

Seputar desain dan foto-foto lengkapnya sudah KBY bahas  di artikel ini: Foto-foto Suzuki Burgman UH200 dan Moge Suzuki Indonesia

ERGONOMI

Ah si Suzuki Burgman ini bakalan bikin seneng lads yang bertubuh semampai deh, KBY dengan tinggi 163 cm saja mampu menapak dengan baik hehee.. Ketinggiannya memang bersahabat bagi rider Indonesia kebanyakan lads..

Posisi kaki pun positif, mengendarai Suzuki Burgman kaki dapat beristirahat dengan tenang dan nyaman tanpa pegal.

KENYAMANAN

Jok Suzuki Burgman sangatlah nyaman, empuk dan supportif, mirip dengan New Honda PCX namun dengan dasar jok yang lebih luas dan panjang. Adanya lumbar support membuat pinggang serasa ada yang menopang. Sangat cocok untuk perjalanan jauh lads.

Mencoba menyisir area test ride yang menurut KBY pas untuk mengetes motor-motor sejenis skutik, suspensi Suzuki Burgman bekerja cukup lembut dan membuai di atas paving block. Getaran di setang ternyata cukup minim, artinya kekhawatiran akan kesemutan pada tangan dapat dihilangkan.

Namun semuanya tentu tergantung perawatan, biasanya ketika sudah saatnya servis, skutik semacam ini akan memberikan sinyal seperti getaran yang berlebih pada setang terutama pada konsisi awal start.

asik juga buat santay

PERFORMA dan HANDLING

Kok KBY bilang si Suzuki Burgman UH200 ini adalah skutik bongsor berkarakter overbore sih? Emang gimana? Hehehe.. habis gimana lagi, si Burgman baru mau bergerak saat gas dipuntir dan jarum RPM melewati angka 4000-an, dibawah itu diem aja, cuma menggerung.. dan mulai mengganas ketika menyentuh 7000 RPM.. maennya RPM atas kaya overbore kan? hehehe

Nah begitu sudah bermain di rentang antara RPM 6000-an ke atas, watak asli Suzuki Burgman ini baru keluar, dia terasa powerful dan siap diajak ngacir kapanpun, torsi dan tenaganya terasa padat di RPM tengah hingga atas. Agak mirip dengan karakter Yamaha NMax di putaran atasnya.

Membelok dan mencoba meliak liuk, Suzuki Burgman mudah dikendalikan, tentu tak semudah skutik kecil macam mio, beat atau Vario, namun untuk kategori skutik kelas ini Burgman tidaklah menyulitkan.

Suzuki Burgman Test Ride 14

THE VERDICT

Pada dasarnya, Suzuki Burgman UH200 adalah maxi scooter entry level yang baik, dari sisi kenyamanan ergonomi dan ayunan suspensinya pas, kompartemen banyak, bagasi luas, speedometer mewah dan lengkap. Fitur pelengkap seperti engine cut off dan passing beam (halooo Honda?) serta rem ABS ada. Desain pun meski tidak terlalu wow tapi sudah mewakili karakter maxi scoot.

Sayangnya, Suzuki Burgman dihargai terlalu tinggi, jika bicara value for money, Burgman kurang pas, apalagi beberapa kualitas material plastiknya kurang sepadan dengan harganya, lampunya pun belum LED. Itu mungkin sebabnya kita jarang melihatnya di jalanan. Namun harga Rp. 54 juta On The Road (sekarang 56 kali ya?) tersebut adalah harga CBU yang memang pajak tingginya tak dapat dihindari apalagi kapasitas mesinnya mencapai 200 cc.

Jika bicara prestige dan eklusifitas, Suzuki Burgman dapet banget efeknya.. Dare to have one lads?

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
Tweet me: @kobayogasblog

Tentang Kobayogasblog

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Suzuki, Test Ride dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

50 Balasan ke First Ride Suzuki Burgman UH200, Skutik Bongsor Dengan Karakter Overbore..!

  1. ardiantoyugo berkata:

    Cocok tenan Pak Kaji…

    Sensasi nyoba Pertalite: http://wp.me/p1eQhG-1kO

    Disukai oleh 1 orang

  2. gasspoll berkata:

    mantap kayanya cuman kalo ada x max 250 mending x max

    Suka

  3. arif dadot berkata:

    dibanding ini, mending sekalian ambil sym new 250 gts.
    btw, mang, posenya kok gak kayak pas ngetes benelli TNT tuh? dah model perwira tinggi aja :mrgreen:

    Suka

  4. FЭЯY berkata:

    pespa beureum naek burgman UH200 :mrgreen:

    Suka

  5. ockta berkata:

    kang, repiew xridenya kapan kang? hehehehe

    Suka

  6. MACHINE CHASER berkata:

    “Fitur pelengkap seperti engine cut off dan passing beam (halooo Honda?”

    jluebb

    ngaku sport kok ga ada 😛

    malu sama metik 😀

    Suka

  7. rr berkata:

    spidonya berasa mobil bgt.
    warna black matte nya garang mantab

    Suka

  8. udah pernah nyobain 2 bulan lalu.. shocknya nyaman, jok penumpag lebar benerr..

    Suka

  9. RF berkata:

    Sepertinya nyaman banget untuk di kendarai.
    Numpang sharing aplikasi android untuk merawat motor manual di Google play Gan
    https://play.google.com/store/apps/details?id=rifel.application.servismotorkopling

    Suka

  10. andikakusumaharyanto berkata:

    Mongtor idaman yang tidak terbeli…….karakter matic suzuki klo di buka gasnya ngak langsung ngeloyor

    Suka

  11. info dikit mang kobay : kemaren ditempat ane ngetest sonic (standar masih baru bgt) vs old cb150 (knalpot racing,pelg jari2 lebih kecil dari standar) vs fu (knalpot racing, ban cacing n banyak ubahan body style2 gaul gitu) vs r15 (knalpot racing + kata ownernya pakai busi iridium) drag race 201m lebih dikit lah jaraknya, hasilnya…
    old cb menang tipis bgt kira2 satu ban dari sonic, yg ke 3 r15 jaraknya hampir 1 motor dari sonic n terakhir fu (keknya joki kurang pengalaman telat oper gigi mulu)
    note : banyak rider vixion yg datang tapi ga ada satupun yg mau ikutan hmmm

    Suka

  12. dimensiontripper berkata:

    seumur umur udah lihat motor ini 2x dan kelihatannya manteb banget

    Suka

  13. boneman berkata:

    motor idaman ini,,,tapi sepertinya kegedean kalo cuman buat nganter anak sekolah ;p

    Suka

  14. daf berkata:

    mang kobay di group nmax br heboh mslh bearing gardan tu.sy jg mo gnt ah

    Suka

  15. Milothecat berkata:

    Wah gambot bener ya, mirip sama si benelli
    Ini pasti enak buat touring, maen rpm tinggi, di kota2 padat kurang worthed menurut ane

    Suka

  16. Win aja berkata:

    Tampang gede banget

    Suka

  17. Pengamat berkata:

    Material body biasa aja, tampang juga biasa aja umumnya metik.
    Tp soal mesin brugman pake spec kasta tertinggi stroke 53,6mm, max speed piston 11500rpm, torsinya tembus 17nm@6000rpm.
    bisa degan mudah ngasepin matik 250cc long stroke sym, benelli.

    Suka

  18. Ferboes berkata:

    Nitip yg bening2 bang…
    Aksi Para Model Cantik Di GIIAS 2015 – http://wp.me/p3RQvE-4Is

    Suka

  19. Tasank berkata:

    Kapan aku bisa incip2…. Mosok harus beli dulu…???

    Suka

  20. dewitya berkata:

    Halo salam kenal gan

    Suka

  21. ademadan berkata:

    Bener kok kalo mang kobay bilang motor ini jarang terlihat di jalanan, soalnya ane sering liatnya di garasi tetangga depan, jarang banget dipake, pas ditanya “kenapa jarang dipake?” “ini motor lebih langka daripada pcx, tau nggak gak enaknya motor langka? spare part susah, apalagi toko tempat beli ini motor udah tutup, mau dijual gak boleh sama istri, katanya jarang banget yg punya jok belakang selebar burgman”
    note: ane tinggal di malang, sym belum sampe sini

    Suka

  22. maxman155 berkata:

    Burgman emang joss kang naik ampe gak mau turun sayang harganya…ttp cinta nmax dirumaha aja skrng haha

    Suka

  23. kodokijo berkata:

    Wkt itu pengen beli tp gak jadi, krn material plastiknya krg bagus pas saya teliti lbh dekat terutama di bagian pembungkus setang serta cover plastik yg berwarna hitam doff, terus ditambah lg pas wkt itu hrgnya baru aja naik dari 54 jt menjadi 57,2 jt. Ngeselin banget pas pengen beli malah hrgnya naik 3,2 jt, kyk ngeledek aja tuh, ngincer banget dah, wkwkwkwkkkkkk…… Yg parah lg juga kaga dapet bonus spesial kyk helm dan jaket eksklusif. Emang sih kemahalan utk kubikasi yg hanya 200cc, mungkin 250cc lbh pas. Kebayang dgn hrg segitu bisa dpt 2 unit N-Max ABS, sadis…

    Suka

  24. st3v4nt berkata:

    Skutik bagus dengan harga nggilani…..

    Suka

  25. Jeremy Clarkson berkata:

    gakusah beli windshield tinggi. btw sama sym gtsevo pilih mana?

    Suka

  26. joko berkata:

    engine cutt off apaan ya bro?
    kalo cutoff lampu proyektor led tau ane

    Suka

  27. Farrel berkata:

    Gede banget ni motor, klo sama Benelli Zafferano gedean mana?

    Suka

  28. iwak banaran berkata:

    suspensi nya empuk bgt tapi jgn terkecoh,,
    mtr ini baru bisa enak kalo rpm tinggi,,

    artinya sgt tdk enak utk harian..
    walau jok nyaman.

    kalo putaran bwh lebih lelet dari nmax yg agak lelet putaran bwh nya.
    pasti sgt amat tdk nyaman di buat jln santai.

    Suka

  29. Ping balik: Suzuki Siapkan Burgman 200 Lokal Untuk Melawan Yamaha NMax dan Honda PCX? | KobaYogas.COM

  30. Ping balik: Suzuki Burgman 200 Lokal Tidak Akan Jadi Diproses? | KobaYogas.COM

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)