Yamaha NMax Non ABS 155 VVA versus Honda New PCX 150 eSP.. Which One Is Better?


PCX vs NMax

Kobayogas.com – Salam geber lads.. Clash of the Titans! Lebay dikit dah 😀 Saatnya mengkomparasi dua skutik yang diklaim sama-sama berlevel premium ini.. Yamaha NMax (non ABS) versus New Honda PCX..!!

Pertanyaan yang selalu sama pada tiap kesempatan yang ada, baik dari sahabat blogger sendiri, teman kantor maupun komentator blog…”Enak mana Yamaha NMax dengan Honda PCX?”

Sebelum menjawab, KBY selalu balik bertanya, enaknya dari sisi apa dulu? Riding Quality? Kenyamanan? Performa mesin? Atau lainnya? Nah biasanya baru deh mereka lebih spesifik lagi bertanyanya hehehe.. So kali ini kita akan kupas satu persatu antara Yamaha NMax versus Honda PCX.

DESAIN

Sebenarnya ini murni masalah selera, so KBY kembalikan lagi saja deh kepada calon buyer, mana yang lebih cocok. Tapi kalau ditanya secara personal dari desain secara keseluruhan loh ya, KBY memilih desain milik Honda PCX.

baca juga: Komparasi Yamaha NMax vs New Honda PCX dari sudut pandang wanita

baca juga: Apa Komentar Para Wanita Ini Tentang Yamaha NMax

KUALITAS

Dari mana ingin memulai? Tentu yang kasat mata lah ya, kalau jeroan mesin sih kudu dibongkar dan KBY rasa hanya yang paham metalurgi yang dapat menilainya.. So sektor kualitas akan akan KBY bagi dalam beberapa sektor atau area, seperti built quality (kualitas material) dan riding quality (kenikmatan berkendara)

1. Built Quality

Melihat dan meraba, tak bisa disangkal kualitas perakitan dan juga material plastik serta banyaknya area yang terkena cat menjadi milik New Honda PCX. Dari keseluruhan body-nya, bisa dikatakan 70% body New PCX terkena pengecatan dengan kualitas yang sangat baik.

Bungkus jok milik New Honda PCX juga berkualitas lebih baik dari Yamaha NMax. Kepedulian pada detail juga disematkan oleh PCX, seperti dudukan plat nomor depan, serta windshield yang lebih clean dan neat bebas dari baut. Bentuk rumah kunci kontaknya juga terlihat mewah dan elegan, hal-hal yang simple sih namun terlihat.

Sementara Yamaha NMax (dalam hal ini menunjuk versi Non ABS) di dominasi oleh plastik berwarna hitam dengan kualitas plastik yang biasa saja pada beberapa bagian, seperti pada area tombol-tombol lampu, laci depan dan plastik bagian bawah bodi, sepadan lah dengan harganya..

2. Riding Quality

Kita samakan dulu definisi dari kata-kata di atas, maksudnya adalah kehalusan berkendara, kenyamanan suspensi serta posisi mengemudi.

Di sektor ini juga masih dimiliki oleh New Honda PCX,. Motor ini begitu halus, tenang dan hening saat dikendarai, nggeleser kalau bahasa prancisnya hehe.. begitu tenang dengan ayunan suspensi yang nyaman. Posisi mengendarainya memang diset untuk menikmati perjalanan, posisi duduk lebih rendah, jok yang mengikuti kontur bokong, setang lebih mendekati pengendara dan posisi kaki yang rileks..

Yamaha NMax bukan berarti buruk, semuanya sudah sesuai filosofi Yamaha akan skutik ini, yakni sportsmatic. Skutik dengan cita rasa sport, posisi duduk dan raihan kemudinya pun lebih sporty dari New PCX. Ayunan suspensinya disetting firm. Namun pada beberapa posisi kaki, KBY lebih pas dengan yang dimiliki oleh NMax non ABS ini..

Selain itu, bagi rider berkaki panjang, tanpa adanya lumbar support pada Yamaha NMax maka posisi duduk bisa lebih ke belakang lagi dan kaki pun dapat lebih selonjoran..

FITUR

Pada sektor komparasi Yamaha NMax non ABS versus New Honda PCX ini KBY akan membagi dalam dua area, fitur keselamatan yang meliputi pengereman dan fitur pendukung seperti gimmick..

1. Fitur Keselamatan

Yamaha NMax sudah jelas memiliki dua varian, yaitu rem dengan anti-lock brake system (ABS) dan non ABS. Namun keduanya memiliki hal yang similar, yaitu penerapan dual disc brake depan dan belakang. Sektor ini jelas dimenangkan oleh Yamaha NMax. Tanpa ABS pun Yamaha NMax sudah unggul dari sisi konsistensi performa pengereman akibat penerapan dual disc brake tersebut.

Sementara pengereman milik New Honda PCX masih dapat dikatakan konvensional, cakram 3 pot di depan dan teromol alias drum di belakang. Hanya Honda menerapkan teknologi sederhana yang disebut Combined Brake System (CBS), yang membantu balancing pengereman antara depan dan belakang. Dengan hanya menarik satu tuas di kiri maka kedua rem depan dan belakang akan bekerja simultan dengan porsi rem belakang lebih banyak.

Kesimpulan sektor ini menurut KBY, Yamaha memang wajib menerapkan faktor kelebihan tersebut untuk membuat NMax memiliki beberapa hal yang lebih baik dari New Honda PCX yang sudah lebih dulu punya nama di mata konsumen. Jika sama saja ya sulit lads..

2. Fitur Gimmick

Yamaha NMax memiliki segudang fitur yang menyenangkan pada speedometernya, bahkan yang terlengkap di kelasnya! Namun pada sektor lain New Honda PCX berhasil mengalahkannya, sebut saja bagasi yang lebih besar, panjang dan lebih fleksibel, power outlet, kantung dengan penutup di depan, pembuka tutup bensin yang lebih ringkas, pencahayaan dengan full led, lampu hazard, alarm system standar, serta answer back system.

Sebenarnya KBY sangat suka dengan gaya bukaan jok Yamaha NMax, toel sedikit maka sang jok sudah terangkat dengan anggun secara perlahan, begitu juga saat menutupnya. Sayangnya derajat bukaannya terbatas, sementara New Honda PCX dapat terbuka lebih dari 90°, memudahkan saat bongkar muat barang bawaan.

ulasan lebih lengkap soal New Honda PCX dan Yamaha NMax, lads bisa klik link di bawah ini

TEKNOLOGI

Teknologi yang dimaksud disini adalah yang digunakan pada mesin, baik Yamaha NMax non ABS ataupun New Honda PCX.

1. Variable Valve Actuation (VVA) Yamaha NMax 

Teknologi yang ‘wajib’ disematkan pada Yamaha NMax, karena tanpa VVA maka Yamaha akan kesulitan ‘menjual’ NMax jika ingin bersanding atau melebihi New Honda PCX. Inilah salah satu nilai jual utama sang skutik selain filosofi bluecore serta harga jualnya.

baca juga: Mengenal Variable Valve Actuation

2. Enhance Smart Power

Teknologi andalan Honda yang kini diturunkan pada skutik-skutik low entry nya.. Sudah terbukti lebih halus, bertenaga serta efisien dengan ISS dalam mengkonsumsi bahan bakar.

Mengenal enhance Smart Power, teknologi mesin skutik milik Honda

Kesimpulan KBY, sejauh ini VVA sukses membuktikan bahwa Yamaha NMax dapat bertenaga lebih baik dengan konsumi BBM yang masuk akal.. Hanya waktu yang akan membuktikan durabilitas nya.

Okey lads, sementara sampai sini dulu komparasinya, KBY akan meneruskan komparasi antara Yamaha NMax non ABS versus New Honda PCX pada part II dimana akan membahas sektor performa, kenyamanan dan handling juga kesimpulannya.. Semoga bermanfaat… (sudah terbit artikel part II, silakan di klik sebelah sini lads..)

Baca juga artikel lainnya ya lads, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
tweetme: @kobayogasblog

Iklan

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Komparasi dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

81 Balasan ke Yamaha NMax Non ABS 155 VVA versus Honda New PCX 150 eSP.. Which One Is Better?

  1. MACHINE CHASER berkata:

    pertamax kah?

    Suka

  2. prieantara berkata:

    memang kembali ke selera jg y…
    tp akan lebih baik kl punya dua2nya, macam si Om ini…
    betul begitu…?
    ngahahaha….

    ditunggu part ll-nya…

    Suka

  3. pembaca blog otomotif berkata:

    pertalite,,,

    Suka

  4. bdt berkata:

    akhirnya keluar juga,

    tinggal nunggu kompare pcx ke tanjaken ekstrem

    Suka

  5. bdt berkata:

    u/ belanja ke pasar/mart,

    yach pcx

    Suka

  6. bdt berkata:

    muka pcx itu kaya kucing hello kitty,

    nmax kaya si angri bird

    Suka

  7. mochield berkata:

    sudah saya coba mang pcx saya sampai puncak dieng..heeee..

    Suka

  8. ken39 berkata:

    karena tidak ada bonus, saya tidak bisa menilai apakah artikel ini objektif atau enggak :p

    Suka

  9. ato berkata:

    seandainya pcx seharga n max non abs…ah sudahlah…..

    Suka

  10. FЭЯY berkata:

    PCX kudu di bawa touring ka Paseh mang 😆 …. Ameh aya komparasi touring na :mrgreen:

    Suka

  11. Blogger Ekonomi Lemah berkata:

    absen,,, mang
    gak kebagian boncengan diwarung sebelah.
    kalo komparasi yang ini cukup netral, atau boleh dibilang minus amplop.

    Suka

  12. maxman155 berkata:

    Nmax lagi rame bahas tentang suara mendengung saat aselerasi dan bersiul saat deaselerasi…mohon dibahas jg kang msh belum paham penuh ama mesin matic dan suara klotok2 efek laher

    Btw:ane pemakai nmax tp belum ngerasain gejala diatas..apakah orang mengabaikan inreyen jd berdampak seperti diatas?

    Trims

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      kalau siul kayaknya itu karakteristis VVA-nya… ngiiing gitu kan? Selama itu bukan anomali saya gak masalah…
      mendengung? kalau ngorok sih iya hehehe…

      Klotok2 laher gada nih tapi krn mumpung lagi di bengkel lek Ari ya saya minta cek sekalian

      Untuk laher seharusnya tidak terjadi kecuali selalu diberi beban overload terus menerus

      Disukai oleh 1 orang

      • maxman155 berkata:

        Yang saya alami dan user nmax lainnya katanya suaranya seperti benturan antar plastik katanya itu problem di laher gearboxnya…ane kira itu emang bunyi darisononya kalo kena jalan jelek.apa bener kang?kalau jalan mulus si no problem bunyi mulus2 aja

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        entahlah, sejak dudukan plat nopol belakang ay ganjel busa, bunyinya ilang…biasanya gredek gredek di jalan jelek…

        laher/ bearing sudah dicek lek ari fine2 aja

        Disukai oleh 1 orang

  13. RF berkata:

    Keduanya sama2 mantap, sayang harga pcx belum kompetitif.
    Numpang sharing aplikasi android untuk merawat motor manual di Google play Gan.
    https://play.google.com/store/apps/details?id=rifel.application.servismotorkopling

    Suka

  14. handoyo25 berkata:

    FBH will be FBH…..
    *beli Yamaha buat iseng*

    #sulutkompor

    Suka

  15. bdt berkata:

    mesin matic 150 cc ahm khan dah diujicoba jalanan oleh konsumen, gratis lagi.

    ganti rangka ama pake baju kedodoran plus mesin di setel ulang,

    jadi vario 150 premium deck ngak rata

    Suka

  16. bejoselamet berkata:

    Reviewnya bakalan bikin tambah bingung yang lagi galau mau pcx atau nmax nih..wkawka

    Suka

  17. dazz berkata:

    nmax banyak seliweran skr.. nyaingin new soul. Ka-Ciao

    Suka

  18. andikakusumaharyanto berkata:

    Design saya pegang Nmax, Riding Quality 11 – 12 , Kenyaman PCX, Built Quality PCX, Fitur 11 – 12

    Suka

  19. LEGIONARE berkata:

    Pcx = mewah
    Nmax = sporty

    Suka

  20. Jeremy Clarkson berkata:

    speedo ge lebih suka pcx lama. lebih besarrrr dan luas kayak mobil. hehhehee. buntut walaupun kayak spacy ge pilih pcx baru dibanding nmax. kalo bagian lampu depan gak ada pipinya dan nggak tinggi, nmax oke lah. tapi kalo dalam keadaan malam dan lampu hidup, pcx lah kayak forza. coba ada produk komposit dari bagian2 itu….ge tetep mau xmax sih. mwahahhahaa. udah bosen 150 cc

    Suka

  21. Hansel berkata:

    maunya sih pcx harga nmax kang 😛

    Suka

  22. touringonline berkata:

    saya pingin enmek, nunggu bekasnya 5 jutaan kira-kira kapan ya? 😀

    Suka

  23. ardiantoyugo berkata:

    Pcx lah…

    Angle of attack A320neo VS 737 Max: http://wp.me/p1eQhG-1lc

    Suka

  24. Maskur berkata:

    ini versi orang pingiran

    maskurmambang.com/2015/09/08/testride-pcx-150/

    Suka

  25. threeazz berkata:

    Ay nyimak aja dah.. Ogah komen..
    Takut salah, tar ga dikasih pinjem….
    😀

    Suka

  26. Matias Duarte berkata:

    Sporty-an NMAX
    Mewah-an PCX
    Oiya itu stiker samsat di windshield NMAX sama PCX dapet dari mana mang?

    Suka

  27. william stephano berkata:

    Saya rasa l3bih bagus pcx kang kby

    Suka

  28. sugiyantokenz berkata:

    PCX dilokalkan dan desain baru Nmax juga sudah Upgrade ke 2.0 nasib-nasib 😀

    Suka

  29. Kotaro berkata:

    ..pertanyaan simple Kang.. lbh suka pake yg mana.. lgsg jwb setelah 1 detik ya.. :mrgreen:

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      wah lewat deh hahaha

      gini, kalau lagi pake NMax, kangen ketenangan dan kenyamananya PCX…

      Pas lagi pake PCX, kangen tenaga dan handlingnya NMax…

      keduanya bagi ay saling melengkapi hahahaha

      Suka

  30. sapei berkata:

    gw naksir dua”nya, enak buat harian n touring gak pegel.sayang udah beli motor sport. keren sih tp lama” pegel juga gw betot kopling apalagi klo macet.hadeeh.

    Suka

  31. Leopold berkata:

    Menurut gw sih meskipun datang belakangan Yamaha tidak berkewajiban membenamkan fitur VVA dan ABS ke NMAX utk bisa menyaingi PCX. Kenapa? Krn pricing positionnya beda. VVA dan ABS jadi double blow.

    Suka

  32. New bonn djoovy berkata:

    Hmm makin penasaran ane…

    Suka

  33. blade-in berkata:

    PCX lawan jauh lebih bagus dan lebih mengalir garis desainnya ketimbang yang New. Headlampnya juga lebih pas ketimbang yang sekarang yang lebih “feminin”. Yang parah kaki-kakinya PCX terlampau kliatan kurus. Coba ikut NMax. Pasti lebih padet !!! Kekurangan NMax cuma di desain buntut yang kurang sporty dan, seperti biasa, sock belakang yang super atos !!! Selesai cicilan mobil, kayaknya mau ambil atu yang Non ABS !!!

    Suka

  34. FANS MANG KOBAY berkata:

    mang kobay itu platnya mesen apa gimana ? keren amat bisa triple 3 ama 4.. 😀

    Suka

  35. Ping balik: Komparasi Yamaha NMax Non ABS 155 VVA versus Honda New PCX 150 eSP.. And The Winner Goes To… | KobaYogas.COM

  36. Ping balik: Komparasi Singkat Yamaha NMax Non ABS vs New Honda PCX Dari Sudut Pandang Wanita | KobaYogas.COM

  37. Ping balik: New Honda PCX 2016, Warna Baru dan Fitur Baru Smart Key System Bikin Ngiler.. | KobaYogas.COM

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s