Test Ride dan Review SYM GTS 250i – Giliran Performa dan Handlingnya Lads..


SYM GTS 250i 2015 21

Kobayogas.com – Hola lads.. setelah sebelumnya KBY membahas seputar ergonomi, desain dan fitur yang dimiliki oleh SYM GTS 250i, kini saatnya menuju test ride dan review bagian duanya..

Gak pake babibu gak pake lama lads, ayo geber langsung sektor per sektor lanjutan dari SYM GTS 250i yang KBY lakukan di seputaran Buaran JakTim berikut ini…

baca artikel sebelumnya lads: Test Ride dan Review SYM GTS 250i, Desain, Ergonomi dan Fitur

PERFORMA

Lebih dari cukup! SYM GTS 250i berakselerasi halus, bahkan terlalu halus bagi rider enthusiast, karakternya lebih mirip dengan New Honda PCX dibandingkan sesama skutik 250 cc seperti Benelli Zafferano. Torsinya sendiri terasa lebih terangkat ketika jarum RPM mulai melewati angka 4000..

Saking kalemnya, ketika gas ditarik lebih banyak, SYM GTS 250i tidak serta merta melesat, tidak pula terasa jambakan atau dorongan ke tubuh, namun tetap saja kecepatannya bertambah seiring banyaknya gas yang diputar.. makin kencang dan kencang.. KBY tidak dapat mengeksplorasi performanya lebih jauh, selain jalanan tidak memungkinkan, ini motor kinyis kinyis lads, kilometernya aja belum sampai 70 😀

Performa rem dengan Dual cakram di depan tidak terlalu impresif namun memadai, yang pertama akibat SYM GTS 250i ini belum lagi mencapai 100 km, so remnya belum bedding in. Kedua, KBY tidak mau merusak proses sempurna bedding in nya dengan memaksakan perlakuan pengereman maksimal..

Overall, bagi yang suka tenaga keluar dengan kalem, SYM GTS 250i sangat cocok untuk dipinang lads..

tenaganya smooth sangat

tenaganya smooth sangat

Spesifikasi-GTS-NEW-250i-1022x1024

HANDLING dan KENYAMANAN

Saat mesin GTS 250i berkapasitas 250 cc ini hidup, terasa getaran dan goyangan di setangnya, problem klasik yang kerap di temui pada skutik. Getarannya lumayan, bagi yang menginginkan kesempurnaan pasti gakan kena deh. Namun seiring berjalannya si skutik, getarannya berkurang dan menjadi jauh lebih minim.

KBY masih merasa agak aneh dengan kemudi dari SYM GTS 250i ini.. Pada lintasan lurus setangnya terasa gugup dan tidak tenang, terasa tidak mau diam sehingga tangan kita selalu harus mengoreksi arah kemudinya. Jadi pada kondisi test ride tersebut, KBY tidak berani mencoba melepas kedua tangan untuk mencoba kestabilan skutik bongsor ini.

Prediksi sementara KBY, mungkin faktor tersebut datang dari ban Maxxis berukuran 110/14 di depan, namun ban Maxxis standar Vespa Primavera milik KBY dulu stabil-stabil saja lads.. Ataukah memang ini karakteristik kemudi SYM GTS 250i? Anehnya gejala ini seingat KBY tidak ditemui pada sesi test ride di IIMS lads..Ada yang pernah mencoba juga?

Pun begitu, ketika mencoba menikung cepat bersama SYM GTS 250i ini ternyata bodi bongsornya manut untuk ditekuk tekuk, cukup impresif dan mengejutkan.. tentu beloknya masih taraf normal, gak sampe gasruk, inget motor orang kinyis kinyis lads wkwkwkwk….

Sementara bantingan suspensinya yang berdiri tegak seperti milik Yamaha NMax sebenarnya sedikit firm/ keras, namun karena bodi SYM GTS 250i ini berat dan besar, ayunannya menjadi cukup pas. Disinilah kualitas busa jok si GTS berperan, jalan jelek mampu diredam dengan sangat baik sehingga getaran tidak sampai jok dan bokong kita pun tetap merasa nyaman lads..

Ketika mencoba impresi menjadi boncenger, KBY merasa joknya masih terlalu besar hahaha.. masih muat 1 orang lagi loh. Jok belakang SYM GTS 250i ini ternyata panjang dan juga cukup lebar. Tentu sangat nyaman bagi boncenger lads. Namun bisa jadi sebaliknya bagi sang rider, akibat adanya jarak/ ruang yang cukup jauh antara rider dan boncenger, maka pengendalian sang motor menjadi kurang baik.

Solusinya, boncenger harus lebih dekat duduknya dengan rider, namun jika hal tersebut dilakukan, senderan jok belakangnya malah jadi percuma tidak terpakai, simalakama juga ya hehehe…

handlingnya oke juga buat badan sebesar ini

handlingnya oke juga buat badan sebesar ini

THE VERDICT

SYM GTS 250i merupakan skutik bongsor yang lebih cocok digunakan ke luar kota.. Bodinya yang besar, joknya yang empuk dan lebar serta tenaganya yang mumpuni akan lebih pas digunakan turing. Bukan berarti dalam kota tidak nikmat, hanya jika terkena kemacetan ya akan bikin bete juga gak bisa selap selip toh? hehe

Fiturnya pun cukup memadai meski seharusnya bisa lebih lengkap lagi, kalaupun ada isu kurang sedap yang harus muncul dari SYM GTS 250i ini adalah beberapa part plastik yang masih kurang berkualitas dan tentu nama SYM yang masih belum dapat diterima oleh masyarakat Indonesia, termasuk KBY pun masih ragu hehehe…Maklum, gak murah juga ini motor..

Dengan harga Rp. 67 juta (bukan 65) on the road, inilah produk Big Deal bagi mereka yang ingin merasakan ‘naik kelas’ serta mendapatkan kenyamanan setara maxi scoot produk Jepang dengan memiliki big skutik yang harganya masuk akal. Dengan mengabaikan gengsi soal merek, tentu perhatian dari bikers lain akan lads dapatkan di jalanan, meski hanya sekilas.

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
Tweet me: @kobayogasblog

Iklan

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di SYM, Test Ride dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

22 Balasan ke Test Ride dan Review SYM GTS 250i – Giliran Performa dan Handlingnya Lads..

  1. ardiantoyugo berkata:

    Njileh Pak Kaji…

    Pabrik baru Airbus: http://wp.me/p1eQhG-1mb

    Suka

  2. bdt berkata:

    http://kobayogas.com/2014/10/20/all-new-honda-pcx-150-2014-kupas-tuntas-performa-handling-kenyamanan-dan-harga/comment-page-1/#comment-113839

    25. stupid.maximum – 20/10/2014

    Jangan percaya sodara sodara 😀 Karna setelah maxi scooter yamaha lahir januari tahun depan.. Niscaya harga pcx ini akan anjlok seanjlok2nya sampai menyetuh diharga 32 juta bahkan bisa beda tipis dengan harga yang dinegara asalnya sana 😀
    ============

    om kobay, pcx dah anjlok harganya???

    Suka

  3. mbah_anom berkata:

    Naha resep tes ride motor nu montok” ayeunamah ??
    Bejakeun heg ka si ibi :v
    bii yeu mang kobay ng-tes nu montok eh# :v
    ————–
    stress ?
    http://Mbah69anom.wordpress.com

    Suka

  4. binunrider berkata:

    XMAX…. siap nyalip di tikungan 😀

    Suka

  5. maxman155 berkata:

    Stangnya rada unik kang pas ane coba beda bentuknya melengkung ke bawah jd bawanya agak canggung…overall msh lbh enak burgman

    Disukai oleh 1 orang

  6. brew berkata:

    apakah next big skutik yamaha x-max yang akan berojol dibanderol di atas sym ? kalo harganya di bawah itu patut kita simak lads 😀

    sorry oot, harganya bisa jd patokan ntar klo xmax brojol mang hehehe

    Disukai oleh 1 orang

  7. rizkyrm berkata:

    Katanya motor bagus ya ini? Tp masih terdoktrin sama vespa dan piaggio.

    Suka

  8. ali * 32 berkata:

    SYM GTS 250 harga 67 juta..

    Burgman 200 harga 56 juta..

    overall mending keneh nu mana nya?

    mang kobay dudukna ngeunaheun kitu bisa selonjoran, sayah mah nekuk keneh suku na pas nyoba GTS & Burgman

    #kesalahan pada panjang kaki

    make enmak malah leuwih bisa selonjor.. :mrgreen:

    Suka

  9. goozir berkata:

    ga njambak ya kayak yamaha…

    kawasaki penjualan meningkat, fu di tempel ketat Sonic

    http://www.goozir.com/2015/09/penjualan-suzuki-disalip-kawasaki-satria-fu-ditempel-ketat-sonic-150r.html

    Suka

  10. daf berkata:

    wah jd kepengen….
    spionya 😀

    Suka

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s