Komparasi Lampu LED: New CB150R vs New Honda PCX vs Yamaha NMax…


komparasi lampu New CB150R vs PCX vs NMax

Kobayogas.com – Hola lads, mungkin banyak yang heran akan judul di atas, kok sport diadu dengan skutik? Ya gapapa toh? Wong lampunya yang diadu hehe..

Betul sekali lads, yang diadu adalah intensitas cahaya alias terang mana dari ketiga motor di atas. Kebetulan antara New CB150R dan New Honda PCX serta Yamaha NMax memiliki kesamaan, yaitu teknologi yang diusung pada pencahayaan lampu utamanya sudah menggunakan LED (Light Emitting Diode).

Bukan tanpa alasan ketiga motor tersebut menggunakan LED sebagai sumber cahaya utamanya, karena dengan daya watt yang lebih kecil namun performanya menyamai bahkan mengungguli bohlam konvensional lads.. Selain itu, watt yang kecil artinya hemat daya listrik/ setrum..

baca juga: Komparasi lampu LED Yamaha NMax vs New Honda PCX

Meski KBY kurang tahu berapa besaran watt pada masing-masing motor baik lampu LED New CB150R, Honda PCX maupun Yamaha NMax, namun total daya pada lampu depan pada ketiga motor tersebut masing masing tidak lebih dari 16 watt, bayangkan dengan lampu bohlam konvensional yang sebiji dayanya 35/35 watt (skutik) dan 55/60 watt. Kalau dua seperti Kawasaki Z250 atau Yamaha R15 dan CBR150? ya kalikan saja dua lads..

KBY mencoba mensimulasikan daya pancar baik dari jangkauan maupun intensitasnya pada kondisi gelap, tidak ada alat ukur khusus dalam komparasi ini lads..konvensional saja.. Silakan dinilai menurut pandangan lads…

baca juga: adu terang lampu New HOnda CBR150 K45 vs Honda PCX

Oia selain lampu depan, KBY juga menyempatkan untuk mengabadikan pancaran sinar lampu belakang baik senja maupun lampu remnya.. Hanya Yamaha NMax yang masih menggunakan bohlam konvensional pada lampu senja dan seinnya, sementara New CB150 dan New Honda PCX sudah menganut full LED hingga ke winker (sein).

*catatan: KBY merasa sinar lampu depan milik New CB150 masih kurang rendah, sayang KBY tidak menemukan posisi untuk mengatur tinggi rendahnya cahaya tersebut.

komparasi lampu New CB150R vs PCX vs NMax 4

THE VERDICT

Kesimpulannya semua lampu dari ketiga motor tersebut adalah sama-sama terang, hanya sedikit berbeda warna cahaya serta jangkauan dan karakter/ bentuk cahaya yang dipantulkan oleh reflektor lampunya. Artinya, ketiganya mumpuni untuk menerangi jalan pada kondisi normal.

Hanya kelemahan cahaya yang cenderung putih (cold) adalah ketika hujan dan menembus kabut, warna putih cenderung terserap aspal saat kondisi basah sementara ketika menerjang hujan deras dan kabut sinarnya seperti membentur tembok, alhasil jarak pandang berkurang..

Namun KBY rasa kita semua setuju ya kalau dalam keadaan hujan lebat maupun kabut, kecepatan sudah selayaknya dikurangi toh? Hehe. Tips lainnya, bisa mengganti dengan warna yang lebih warm seperti HID pada OEM kendaraan yang memiliki 4300 kelvin, hanya sedikit saja lebih putih dari warna konvensional (3000-3500 K).

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
Tweet me: @kobayogasblog

Iklan

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Honda, Komparasi, Yamaha dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

90 Balasan ke Komparasi Lampu LED: New CB150R vs New Honda PCX vs Yamaha NMax…

  1. Aduh berkata:

    Opini pribadi..buat lampu LED lebih nyaman NMax mang..buat rider jelas ke jalan..buat rider lain yg berlawanan arah lampu NMax ga bikin silau..kalo PCX tiap nemu jalan bikin silau serasa pengen lempar itu orang sama sandal..wkwkwkw..new cb150 mah belum nemu..tp kayanya bikin silau rider lain juga..honda lampu edan wae..

    Disukai oleh 1 orang

    • Kobayogas berkata:

      silau efek DRLnya, sorotannya sih gak, NMax gada DRL.. dan NMax reflektor bagian luar black piano.. terlihat murni sorotan cahayanya aja malah cenderung gelap kalau dari arah berlawanan.. gelap di area mukanya bukan berarti gelap seperti gada lampu loh

      Suka

      • Aduh berkata:

        Nah maksud abi teh begitu om kobay..yg NMax mika lampu nya lebih gelap kaya smoke2 gitu (dan sudah dijawab black piano)..
        Ooh..karena DRL nya yah?kalo vario 150 ada DRL nya ga om kobay..soalnya sama2 bikin silau..sama kaya vario 110 juga..da kalo yg dari yamaha mah ga pada silau..adem tapi caang..hehehe..

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        kayaknya bener kata temen2 yang komen, settingannya terlalu tinggi, kuduna disetting ulang.. saya ge vario 110 dan 125/150 silau euy rata2

        Suka

    • Yadi dalank berkata:

      Skupi juga silau. Oh iya kemaren ngetes vario 150 punya teman, cahaya lampunya malah gak terang ya. Lebih terang lampu biasa. Ato mungnkin sy aja yg gk terbiasa dgn lampu LED.

      Suka

  2. Red Satellite berkata:

    N-max terlihat lbh cool dibanding cb & pcx yg lbh warm

    Kalo ane sih lbh prefer yg lbh warm / 5500k, lbh mirip sinar matahari sm mata gak cpt capek..

    Itu fotonya udah pake wb yg sama?
    Soalnya N-max jauh kelihatan lbh cool

    Suka

  3. java36 berkata:

    Terang lampu jupe sexeh

    -jarejuraganiwak

    Suka

  4. bdt berkata:

    led khan ada yg warna kaya bohlam jaman dulu?

    Suka

  5. threeazz berkata:

    Lampu belakang ke terangan juga ga enak Om…
    Silau

    Suka

  6. sucahyoaji berkata:

    Perbandingan super. Memang setelan lampu Honda dari pabriknya jarang pas kali ya.

    Beberapa foto kelihatan tidak nyaman dilihat, mungkin setelah banyak yang pakai akan banyak yang mengeluh sakit mata saat pakai lampu LED.

    Kalau memfoto, mending white balance di off kan atau disetel di salah satu selain auto biar warna lampu bisa kelihatan sama.

    https://kupasmotor.wordpress.com/2015/09/18/saat-suara-knalpot-racing-tidak-lagi-merdu-cuma-asal-keras-dan-tidak-enak-didengar/

    Suka

  7. echol.sasaka berkata:

    terlihat NMAX lebih kalem Kang,
    kalau New CB150 ketinggian Kang. pasti silau Kang dari berlawanan arah..

    Suka

  8. HamHam berkata:

    Nmax sinarnya lebih fokus.

    Suka

  9. Mase berkata:

    Pektay

    Suka

  10. ardiantoyugo berkata:

    Pcx seh rodo kalem… Tapi tetep silau kabeh…

    Ketemu PK-LOF, langka: http://wp.me/p1eQhG-1mN

    Suka

  11. subaru berkata:

    Honda kalo jual motor settingan lampu LEDnya ngaco.. Ga cuman CB tapi kalo papasan sama vario series yang udah LED aduh silaunya… Wajib servis pertama minta diturunin sedikit biar lebih nyaman buat papasan

    Suka

  12. kawung berkata:

    usul om
    klo komparasi cahaya/lampu mending pinjem DSLR temen ato minta tolong temen yg fotografer šŸ˜€
    jadi semua disetting fix..whitebalance nya pake berapa Kelvin, ISO nya berapa, shutterspeed sepersekian detik, & diafragma lensa F berapa.
    baru hasilnya dibandingkan

    Suka

  13. rizal iman f berkata:

    Klo diliat dari foto,pcx paling mantep,disusul nmax,cebong tangki rata paling bucit. menurutku gtu

    Suka

  14. john cpu berkata:

    Lebih terang merkuri

    Suka

  15. goozir berkata:

    lampu Nmax lebih terkonsentrasi mang kobay, itu lebih baik dari pada cb dan pcx yang sinaranya nyebar. nmax juga lebih terang dari pcx dan cb, itu opini saya

    Ponsel china processor Samsung, weleh joss

    http://www.infotek.goozir.com/2015/09/Meizu-pro-5-ponsel-china-processor-samsung-exynos.html

    Suka

  16. RF berkata:

    Nyala lampu nmax mantap
    Numpang sharing aplikasi android untuk merawat motor matic di Google play Gan
    https://play.google.com/store/apps/details?id=rifel.appliction.servisberkalamotormatic

    Suka

  17. denz berkata:

    Perasaan setting lampu honda geblek semua. Mau vario, old cb, vario 150, pcx. TANGGAH kabeh matak serab mang. Buatin artikel lah mang meh AHM ngeh, cing baleg we nyetting lampu sblm Delivery teh. Soal rata2 user gk tau gimana nyetting ketinggian sorot lampu motor2 eta.

    Suka

  18. Kimochi berkata:

    Mana bisa menilai berdasarkan perasaan dan pengelihatan gt yg berujung sama terang, jadi pro dikitlah diliat spek lednya berapa masing2x motor, trus diukur pakai lightmeter/luxmeter punya anak fotografi dengan jarak yg sama, gampang kok, jangan terlalu netral, takut banget sama pabrikan kayaknya

    Suka

  19. r6 berkata:

    Secara kasat mata namex yang lebih baik cahayanya fokus tidak terpencar seperti picex yang paling parah cb lampu dekat sama lapu jauh tetep gak karuan ekekekekekeke

    Suka

  20. fahmi berkata:

    dekat banget hi dan lo cb150 nya…..

    Suka

  21. kudo78dk berkata:

    Cahaya nmax lbh pekat dan terkonsentrasi… Kalo pas nyetir si ipah papasan ama vario atau bit pengen tak ajak adu bagong aja…. Silaunya kebangetan

    Suka

  22. donimagie berkata:

    Depan blkg lebih bersahabat dan pas nmax

    Suka

  23. juli berkata:

    bohlam emang wattnya gede tapi menghasilkan pancaran panas. kabut terjadi karena salah satunya udara yg dingin.
    jadi?

    Suka

  24. marno berkata:

    yg komen kasi link nmax vs honda jaz rs kok mantep. malah terangan motor nmax wkwkwkkw

    Suka

  25. harisnanggala berkata:

    perlu edukasi setel ketinggian lampu pada motor baru dari para bloger kayaknya…

    Suka

  26. fby tulen berkata:

    Wkwkwkw

    Itu PCX kok real muka lele dumbo

    Ngoahahahaah

    Suka

  27. fby tulen berkata:

    Wkwkwkw

    Itu pcx lg demam yo kok make kompres dijidat

    Ngoahahahaha

    Suka

  28. fby tulen berkata:

    Wkwkwkw

    Itu pcx kayak gerobak sampahhhh

    Odong2 ban_nya cungkring

    Persis dah gerobak sampah

    Ngoahahahahaa

    Suka

  29. fby tulen berkata:

    Wkwkwkw

    Itu pcx ban cungkring rem tromol yo???

    Opo bedanya sm embit 12_an jeti

    Fbh kambing dikibulin suruh beli gerobak sampah 40jeti

    Ngoahahaahah

    Suka

  30. Ochad berkata:

    Tiga”nya udah enak sih. Tergantung selera. Klo terlalu kebawah jg gaenak. Kadang motor yg ga make lampu atau org nyebrang sembarangan ga kliatan. Btw. Thanks om kobay udah bikin artikel ini. Masuk list pertimbangan no 1 soalnya haha

    Suka

  31. Aduh berkata:

    Cocok pisan mang.. Matak cilaka dijalan hungkul..

    Suka

  32. cebong berkata:

    Emang NCB punya lampu senja mang kobay? Yang mana?

    Suka

  33. felitokia berkata:

    Bisa diganti bohlam biasa atau halogen atau HID ga mang Kobay? maksudnya semua motor yg mengadopsi lampu LED warna putih! terang memang tp ya sinarnya kurang tegas dibanding lampu bohlam, halogen aplg HID. lampu rumahan jg sama, lbh nyaman pake lampu hemat energi yg spiral ketimbang LED! misalnya tdk bisa, bisakah LED nya saja yg diganti dgn warna standar bohlam biasa? maksudnya tdk satu set dgn rumahnya.

    Suka

  34. fby smart berkata:

    Sinar pcx adem dan motor paling cakep disusul new cb trus nmax buncit

    Suka

  35. kobe berkata:

    saya ngerasa lebih nyaman lampuny pcx

    Suka

  36. Matias Duarte berkata:

    Lampunya bagus NMAX punya, ga silau dan lebih terang…
    Btw, yang make selang air mana? wkwkwkwk

    Suka

  37. Farrel berkata:

    Ketiganya sama2 keliatan cakep saat malem tapi menurutku sinar CB150R lebih lebar.

    Suka

  38. adityaprad berkata:

    New CB kok kaya agak nyebar yah
    kalo dijalanan kering N max menang

    Suka

  39. rifz berkata:

    sinar fokus kayak nmak enak kalo jalan lurus doang
    tapi begitu ketemu tikungan ampun2 dah
    apalagi model lampu bego gitu
    enak yang model cb nyebar kesamping, buat nikung2 malam hari setiap tikungan jelas terlihat

    matik yang lampu bego dan fokus, kayak beat, mio m3 dll bikin sebel tiap ketemu tikungan serasa blind corner semua

    mengenai ketinggian sinar lampu,, ketinggian yang pas adalah sinar sejajar jalan kedepan ketika berboncengan
    ngetesnya, saat berboncengan arahkan sinar ke tembok,, tinggi cut off sinar ( batas sinar lampu paling atas ) usahakan sama saat motor mendekat maupun menjauhi tembok

    Suka

  40. choenyitblog berkata:

    kebayang kalau masuk gang kecil bnyak org nongkrong ,lampu terang gk bsa d matiin (AHO)
    siap2 d lempar sendal jepit
    #pengalaman pribadi

    Suka

  41. din berkata:

    honda emg kurang cerdas/guoblok bikin led vario 110,125,150,cb,sonic cuma 2,2 watt, gk terang sama sekali mgkn diciptakan buat nyenter batu cincin, tp giliran papasan malah silau vario 110 sm pcx (payah bikin silau tp lampunya ngirit bgt daya dn sorotan gk terang) produk gagal di sektor lampu utama, disini soal value, engine dn tekhnology dan kualitas yamaha juara

    Suka

  42. brigade jalan raya berkata:

    kek nya lampu cb neh bikin silau. mudahan gak.ya.

    Suka

  43. Ndas leleā„¢ berkata:

    yamaho emang spesialis bikin lampu mata laron
    liat tuh si pigson, rongsok15, dll
    lampunya memprihatinkan

    Suka

  44. smartfaiz berkata:

    Nmax kelvinnya lebih tinggi ya, agak kebiruan… Sepertinya untuk all season lebih nyaman pcx

    Suka

  45. maxman155 berkata:

    Kayaknya kalau vario silau kebanyakan yg pake lampu jauh kang….pengetahuan biker tentang lampu msh kurang pokoknya sorot jauh itu lbh enak tp merugikan pengguna jalan yang lain..tapi lampu nmax emang joss kang terang benderang haha

    Suka

  46. ariqjr berkata:

    Pcx melengkapi kapasitas tangki bahan bakarnya yang cukup besar, bagasi luas, ergonomi yang nyaman, dan lampu yang cukup baik untuk all season/cuaca. Warna yang masih cenderung warm akan sangat useful ketika cuaca sdh mulai tidak bersahabat. Valuable to get ride farther.

    Disukai oleh 1 orang

  47. rookie berkata:

    Salam kenal kang..
    aku silent reader blognya Kang Kobay dr kota dingin jawa timur yg kebetulan pernah pusing juga nyari setelan tinggi rendah headlamp nya all new cb150r..
    posisi setelan memang hampir gak keliatan kang, tp ada lubang kira2 1cm x 0.5cm di batok lampu bawah sebelah kiri, persis di sebelah dalam besi batang pangkon plat nomer sebelah kiri setelah baut pangkon kedua.
    Sedikit lebih keliatan kl setir si belokkan ke kiri. Bentuk setelannya spt headlamp mobil, pakai semacam ring yg bergerigi di sisi sampingnya. Ungkit pakai obeng minus kecil ke arah atas untuk menurunkan arah sinar dan sebaliknya, ungkit ke arah bawah untuk
    menaikkan arah sinar.
    Sampuunn .. salam satu aspal Sam Kobay šŸ˜€

    NB: mohon maaf saya gak tau caranya kirim gambarnya disini kang.. makkum.. ndeso.. hehehe..

    Suka

  48. Ping balik: Headlamp Honda Sonic 150, Terang Sih Tapi… | KobaYogas.COM

  49. AYS nekadz berkata:

    Semoga ga terjungkal diaspal basah sehabis hujan yg pake LED… menang silau kurang fokus… mending pake bohlam yg kuning pelangi.. kabut tembus dan jalanan kliatan aman buat touring..

    Suka

  50. Ping balik: DIY: Setel Ketinggian Sorot Lampu Depan Honda New CB150R – Ternyata Gampang! | KobaYogas.COM

  51. overlap berkata:

    Sepertinya Honda tidak punya standar yg jelas ttg lampu. Sangat ajaib jika lampu CBR150 kalah sama lampu beat.. eh bead belum pake LED ya. Maksud ane kalah ama matic yg pakai LED. Ane nggak tau kalau PCX, tapi setahu ane yg lumayan Vario 125/150. Tidak silau jika berpapasan (sori beda pendapat) dan lumayanlah kalau dipakai pada saat jalan basah/hujan (karena lebih warm?).

    Suka

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s