Pojok Opini: Efek Pasar Yang Dinamis, Usia Produk Jadi Lebih Singkat..


spy shot MT15 jakarta 2

Kobayogas.com – Hola lads, jika kita perhatikan pasar otomotif di Indonesia, katakanlah 5-7 tahun belakangan ini, kita akan dapat merasakan perubahan yang cukup signifikan..

Adalah banyaknya brojolan/ peluncuran produk baru yang dilakukan para produsen otomotif, tak hanya di roda dua yang paling dinamis pergerakannya lads, namun hal tersebut juga terjadi pada roda empat..

Gak percaya? Masih ingat peluncuran Honda HRV yang belum juga setahun usianya tiba-tiba sang adik Honda BRV nongol menggoncang kompetitor yang baru saja siap-siap menghadapi kelahiran HRV sudah harus memutar otak dalam melayani lahirnya BRV tahun depan..

Itu yang baru, yang agak lamaan adalah lahirnya Suzuki Ertiga, lalu disusul Honda Mobilio, kemudian Avanza-Xenia menjadi wajib melakukan facelift guna menahan gempuran keduanya. Bahkan, Toyota pun merasa mesin uangnya wajib diperbaharui lebih cepat dengan meluncurkan Grand New Avanza dan Grand New Veloz.. hanya dalam waktu 2 tahun!

Pada sektor SUV, Honda pun sampai harus melakukan facelift terhadap Honda CRV dengan memberikan wajah baru dan lampu baru untuk memikat para loyalisnya yang mulai melirik Mazda CX5, Nissan New XTrail dan Mitsubishi Outlander Sport… Banyak juga contoh lainnya lads…

Akibatnya jelas, life cycle suatu produk menjadi lebih singkat lads, kendaraan buatan Jepang itu biasanya memiliki life span sekitar 4-5 tahun untuk berubah, baik minor maupun full model change, namun akibat pergerakan pasar yang dinamis dan persaingan ketat, jarak perubahan tiap produk menjadi lebih singkat!

Honda BRV S MT

DUNIA RODA DUA

Beralih ke roda dua, sama saja lads! Fenomena tersebut jika KBY perhatikan dimulai sejak era Honda CB150 Street Fire (CBSF) pada 12 Desember tahun 2012 yang dua hari kemudian 14 Desember 2012 dikejar oleh munculnya Yamaha New Vixion Lightning (NVL)..

baca juga: Pilih mana CB150 Street Fire atau Yamaha New Vixion Lightning?

Sejak era itu mulai lah bermunculan banyak produk baru untuk menggantikan produk sebelumnya yang usianya belum lagi lama.. Mungkin kita ingat teknologi YMJet-FI pada mesin skutik Yamaha, usianya tidak lama karena muncul filosofi bluecore yang diklaim lebih advance.. Efeknya para pemilik skutik Yamaha dengan YMJet-FI menjadi bertanya-tanya, apa teknologi sebelumnya gagal?

Kemudian kehadiran Yamaha New Vixion Advance yang lebih cepat dari usia edar sebelumnya, Vixion lahir tahun 2007, 5 tahun kemudian Vixion Lightning baru lahir, sedangkan hanya butuh 3 tahun bagi Yamaha untuk menelurkan sang Advance.. Hal yang sama terjadi dengan Honda, baru berusia 3 tahun, CB150 Street Fire sudah disuntik mati oleh kehadiran New CB150…

New Vixion Advance

Namun itu lah kedinamisan, menuju arah yang lebih baik kadang harus memakan korban, contoh terdekat adalah Honda CBR 150R K45 yang baru akan berusia dua tahun masa peredarannya digosipkan akan segera di – supersede (gantikan) oleh All New CBR 150R yang lebih baik dari sisi fitur dan teknologi mesin..

baca juga: New Vixion Lightning vs CB150 Street Fire, Nemesis dan Rivalitas tanpa batas

Contohnya yang digadang-gadang dan sempat bocor adalah lampu dengan Full LED depan belakang, speedometer Full Digital, mesin DOHC turunan New CB150R dan Sonic yang near square dan bertransmisi sangat halus… Apa gak kojel-kojel pemilik CBR 150 K45 dibuatnya? Belum lagi dulu CBR 150 Thailand dilokalkan kini si lokal akan dirubah lebih baik lagi?

baca juga lads: Test Ride New Honda CBR150 K45 – Stop Waiting Start Winning

Namun sepertinya pemakai Honda tidak akan kojel-kojel sendirian lads, karena pencinta Yamaha pun diperkirakan bakal ikutan kojel-kojel mendengar Yamaha siap luncurkan MT15 dengan fitur dan desain yang sangat menarik! Desain lebih macho dan sangat street fighter cenderung dragsters.. suspensi depan Upside Down, swing arm banana, lampu depan belakang LED!

baca juga: Tambah Kojel-kojel, Yamaha MT15 Tertangkap Kamera Sedang Tes Di Ibukota Jakarta

Jika Yamaha MT15 siap diproduksi lokal, maka banderol harganya diprediksi tidak akan terpaut jauh dengan Yamaha R15! Mungkin sekitar 28 – 31 juta lads bahkan mungkin bisa kurang mengingat mesinnya konon masih menggunakan common part Vixion Advance..

Strategi Yamaha dengan MT15 ini menyenangkan yang belum memiliki motor sport 150 cc, namun bisa jadi bumerang bagi pemilik Vixion dan R15, ada kemungkinan MT15 akan seperti magnet yang membuat banyak pencinta roda dua tertarik.. Akibatnya bisa diprediksi, yang sudah punya Vixion dan R15 ada kemungkinan ramai-ramai menjual motornya, sementara yang baru akan menunggu nongolnya…

Belum lagi keengganan mereka memilik Vixion dan R15, karena dengan hanya menambah 5 hingga 3 juta, bisa mendapatkan Yamaha MT15 yang lebih ciamik.. hal yang sama juga dapat terjadi pada pemilik Honda loh.. CBR k45 akan diabaikan karena akan ada yang lebih baru..

Yah ini lah efek buruk dari kedinamisan pasar, meski banyak juga sisi positifnya…

new cb150r wheelie

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
Tweet me: @kobayogasblog

Iklan

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Opini dan tag , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

48 Balasan ke Pojok Opini: Efek Pasar Yang Dinamis, Usia Produk Jadi Lebih Singkat..

  1. Apipblog berkata:

    Nah terkadang harga jual bekas nya juga pengaruh kali yah..? Masuk kategori long live capitalism gak yah …? Entahlah..

    https://abdulapip.wordpress.com/2015/09/26/yamaha-n-max-angka-penjualanya-bagus-warning-jangan-berleha-leha/

    Suka

  2. MACHINE CHASER berkata:

    mobil masih mending om life cycle nya msih agak lama

    lah motor? udah kayak hp

    apa lg sport ahm berasa hp cina

    sekali pake buang gr2 cepet ganti model baru

    Suka

  3. deris berkata:

    Absen malam lads :mrgreen:

    Suka

  4. otoborn.com berkata:

    Hemm..kojel berjamaah..
    Yang nabung pingin beli baru ngga kelar kelar dong

    Suka

  5. ardiantoyugo berkata:

    Baru 2,5 tahun udah menyandang predikat old version… Kasian deh loo…

    Sport Honda dipukuli habis habisan oleh Yamaha: http://wp.me/p1eQhG-1nc

    Suka

  6. john cpu berkata:

    Jadi kudu mengoleksi semua typenya dunk? Buruannn… berasa beli motor kayak beli kacang goreng.

    Suka

  7. dimensiontripper berkata:

    setidaknya besok besok kalo macet di samping depan belakang kita bukan cuma xeniavanza warna hitam silver atau krem dan motor honda supra x 125 warna hitam….

    enek bro lihatnya

    Suka

  8. New Bonn Djovy berkata:

    ky android aj ya, tiap thun ada Yg Bru terus ckckck

    Suka

  9. brigade jalan raya berkata:

    kek handphone saja.

    Suka

  10. FЭЯY berkata:

    apik cbr syempak 😆

    Suka

  11. bocah_koplak berkata:

    Menyikapi hal diatas kalau mau bisa sedikit gambling, pilih mobil/motor yang sudah memiliki reputasi terutama mesinnya.
    Beli mobil/motor yang mesinnya punya reputasi untuk (irit/kencang/ bandel/gampang dioprek dsb) dan belilah edisi terakhir, biasanya diskon gedhe (generasi selanjutnya akan ganti mesin).
    Nikmatin saja karena mobil/motor tersebut sudah melalui “perbaikan-perbaikan” selama anggaplah 10 th (dari awal sampai facelift sini sana, the best lah untuk tipe itu). Kalau ternyata mobil/motor anda jadi inceran orang (misalnya VTEC yang sebenernya) harga akan terjaga dan selalu di cari orang.

    *nb : kalau mau gambling ayo disikat mobil bermesin D4D, tahun depan mau ganti mesin tuh. Belum ketahuan apakah mesin baru ini setangguh D4D dalam hal kemampuan diopreknya, kalaupun tidak menjadi legend beli di tahun terakhir kadang lebih murah dari pada th 2014 (diskonnya lebih besar)

    Suka

    • subaru berkata:

      Vtec ekonomis yang ga seenak vtec purbakala ya hahahah

      Dedas desusnya sih dieselnya nonopah make yang lama soalnya diesel baru kalah kalo make solar busuk

      Suka

      • bocah_koplak berkata:

        Tetep D4D? Lah ganti baju doang dong, baru juga mikir ini mesin D4D bisa jadi buruan dimasa depan

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        Kaya dulu d4d awal sempet ilang kan di ipah, krn gak sanggup solar bosok… Pas disesuaikan lagi baru dia nongol lage

        Pure VTEC cuma buat kenceng, sementara isu kesini ya go green/ blue earth…

        Suka

  12. dwi berkata:

    mobil sama motor aja yg dibanyakin, makin sesak jalanan…pohon kek yg dibanyakin kasihan kuntilanak gag ada tempat nongkrong , tuh sekarang pada nongkrong di baliho, trus kalau da satpol pp lewat malah pada diteriakin “woooooi turuuun woooooi….” hehehehe

    Suka

  13. Hahaha berkata:

    Untuk kasus vixion mang kobay keliru nih.
    Vixion untuk major facelift biasa 5 tahun. Tapi dalam timeline 5 taon itu pasti ada minor facelift. Inget ovi yang berubah headlamp jadi segitiga? Jadi kasus NVL ke NVA ga bisa dibilang ganti model. Itu cuma minor brooh. Hwehwehwe.

    Laen cerita kasusnya kalo kaya CBR K45 & R15.
    YIMM terlambat masukin R15 karena model ini udah beredar dari 2011 di India. Kalo mau ikutin siklus, ya memang taon 2016 ini udah seharusnya major facelift. Kan 5 taon. Kalo CBR K45 terpaksa major facelift karena mesinnya jadi inferior dibanding sodaranya si NCB.

    Suka

  14. Raito yagami berkata:

    Ngoahahaa new product desain baru,teknologi baru,fitur baru menawan dan mengaggumkan syg byk yg downgrade bd mcem kendaraan dulu jelek buluk dekil mlayune pggah gesit tur awet

    Suka

  15. doels berkata:

    Yg saya takutkan smg tdk trjadi, masa lalu dsaat lifecycle motor msh 5 thn keatas mka tiap pabrikan akn brsha mnelurkan produk dgn kualitas bagus baik msin dan body mknya brni ksh grnsi lama jg, nah skrg krn lifecycle cpt beuuuddd tkutnya pabrikan nga bgitu prduli lg dgn kualitas, wong jrk 1thn aj dh kluar yg bru lgi, setubuh nga Om?

    Suka

    • chaser berkata:

      Setuju ama bro doels, entah kenapa produk motor sekarang gak kayak dulu lagi. Dulu produk honda yang terkenal cukup rapih finishingnya nggak kita temui di produk2 motor sekarang. Begitu juga yamaha dengan mesin yang punya performa mumpuni dan awet bin bandel hilang citra nya ditelan waktu.

      Yang paling saya perhatiin sih lihat aja gear pada motor2 sekarang, nggak honda nggak yamaha tipis banget gear nya bahkan di motor sport nya, bandingin sama supra series atau vega series yang notabene nya produk jadul, jauh banget kan kualitas nya.

      Suka

  16. Farrel berkata:

    Opini yg smart om, I like it.

    Suka

  17. maticwae berkata:

    Yg paling lama usia produk untuk mobil adalah merk nissan. Coba aja liat masing produk nissan grand livina dari 2007 sampe sekarang cuma facelift, serena brp tahun baru ganti model, xtrail, march, juke 😂😂

    Suka

  18. yadidalank berkata:

    Kalo cuman mau nurutin nafsu tp duitnya gak mendukung ya nyesek..
    Enaknya bagi yg banyak duit bisa gonta ganti motor dgn model baru. Sedangkan yg duitnya tipis tp pengen beli motor bisa nunggu secondnya..

    Suka

  19. 5 tahun kemudian Vixion Lightning baru lahir, sedangkan hanya butuh 3 tahun bagi Yamaha untuk menelurkan sang Advance.. Hal yang sama terjadi dengan Honda, baru berusia 3 tahun, CB150 Street Fire sudah disuntik mati oleh kehadiran New CB150…
    ____________________________________________________–

    ngawur kowe bay..
    Gen Vixion biasanya Major facelite tiap 5 tahun,,, dari NVL ke NVA itu bukan Major facelit, tapi Minor Facelit,!!
    Jangan kau samakan dengan CB150 street keong!! yang baru 2,5 tahun disuntik mati All new!! ganti mesin dll.!! buruan di Revisi Tulisanmu,,!!

    Suka

  20. NVL Minor Facelite jadi NVA === ganti batok doang,, sama revisi Dikit2,,!!
    Beda dengan oLD CB150 yang disuntik mati… ekekekkekeeeke alias major facelit… Jadi all new Cebong, ekekekekke

    Suka

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s